Author Topic: Penyalahgunaan Jabatan Gembala Sidang  (Read 3674 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 25, 2015, 12:36:23 PM
Reply #40
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Tetapi satu hal yang pasti adalah, produk yang baik tidak pernah dijual oleh salesman yang kelas pedagang kaki lima, karena produk unggulan tidak perlu diobral di kakilima....

Sekian sekilas teori marketing...

;D

Kl marketing,
Saya ada pendapat yg sdikit variatif,

Produk yg dijual di kaki lima oleh salesman kaki lima tidak pasti berarti itu bukan produk baik,
Krn segmen pembelinya menengah ke bawah, maka harganya dibuat murah walau kualitasnya tetap baik.

Utk produk murah dmikian, hal-hal yg tidak esensial akan dihilangkan dari proses produksi dan pengemasan. Dmikian juga investasi untuk branding diminimalisir walaupun dia tetap akan klaim sbg produk nomor 1 utk kelasnya.

Demikianlah variasi teori marketing.

Sekiyan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 25, 2015, 01:15:46 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1381
he..he.. Kalau di amati, sepertinya dagangan bro siip dan bro brc beda, walau mungkin saja jenisnya bisa saja sama. Dan juga otomatis segment pasarnya tentu beda pula.
.
Lha kalau di tempat bro brc pedagangnya kan  cuma satu, ya pastilah gak perlu dikecapin atau ditawar2in agar dagangannya  bisa laku. Gak perlu kuatir dan ngoyo nawar2in apalagi sampe harus ngecap segala. Wong dibiarin aja dagangannya tetep laku kok, dan yg pasti gak ada istilah gulung tikar.
.
Laen cerita kalau di tempat bro siip, pedagangnya yg jual barang dagangan yg sama banyak sekali, dan bejibun lagi, sampai2 ada yg harus ngemper di kaki lima. Jika gak rajin2 nawarkan barang kayak di roxy mas atau mangga dua, dan gak pinter2 ngecap, di jamin deh gak bakal lama pasti gulung tikar tuh pedagang. Bahkan agar bisa tetep hidup pedagang2 itu sampai2 harus  menghalalkan segala cara, termasuk ngrebut langganan pedagang saingannya, mulai dgn cara yg baik2 sampai dgn intrik2 dan fitnah2 yg keji.
.
Nenek bilang, ati2 kalau belanja kepasar. Teliti sebelum membeli. Jangan sampai beli barang palsu dgn harga mahal, atau bahkan sampai ketipu mentah2, yakni barang gak dapet(cuma sampah) dan duit pun amblas.
« Last Edit: February 25, 2015, 01:26:57 PM by Dream52 »
February 25, 2015, 01:30:51 PM
Reply #42
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Laen cerita kalau di tempat bro siip, pedagangnya yg jual barang dagangan yg sama banyak sekali, dan bejibun lagi, sampai2 ada yg harus ngemper di kaki lima. Jika gak rajin2 nawarkan barang kayak di roxy mas atau mangga dua, dan gak pinter2 ngecap, di jamin deh gak bakal lama pasti gulung tikar tuh pedagang. Bahkan agar bisa tetep hidup pedagang2 itu sampai2 harus  menghalalkan segala cara, termasuk ngrebut langganan pedagang saingannya, mulai dgn cara yg baik2 sampai dgn intrik2 dan fitnah2 yg keji.
.
Nenek bilang, ati2 kalau belanja kepasar. Teliti sebelum membeli. Jangan sampai beli barang palsu dgn harga mahal, atau bahkan sampai ketipu mentah2, yakni barang gak dapet(cuma sampah) dan duit pun amblas.

Tenang aja Broooww,
Produk ngga bohong.

Kl barangnya bagus, pasti laris.
Yg iri dg kelarisan pedagang lain mungkin saja lakukan yg saya bold.

Kl barangnya jelek, meskipun awalnya tkesan bagus, lama-lama bubar juga pembelinya.
Kl udah gitu, mungkin saja si pedagang yg ngga laku lakukan yg saya bold.

So spt kata orang maha bijak,
Lihat produknya apakah bagus ato ngga.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 25, 2015, 01:56:08 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1381
@siip
iya bener sekali.
Cuma untuk beli produk bagus dan bener2 asli, di jaman sekarang ini susah sekali bedainnya. Apalagi bagi konsumen2 yg awam.
.
Sy pernah punya pengalaman pahit bro, jadi kalau sekarang sy mo beli barang, sy perginya ke toko2 yg bertanda authorised dealer (aliran mainstream). Bukannya sy gak percaya sama toko2 kecil dan yg msh baru, krn bisa saja mereka2 itu memang jual barang yg bagus dgn harga yg lebih baik, hanya saja krn sy msh awam  maka cari jalan yg sy rasa cukup aman bagi konsumen awam spt sy.
.
Nanti kalau pengetahuan sy ttg produk dah memadai, baru sy berani main dan belanja ke toko2 kecil  atau toko2  baru tsb.
February 25, 2015, 02:14:12 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Bedainnya gampang kalau kamu bersama pembuatnya/penciptanya

kalau anda berbelanja produk Apple sembari ditemani oleh Steve Jobs
mau beli Apple dimanapun di seluruh dunia pasti dibawa oleh beliau ke authorized dealernya

sama aje kalau niat kita benar2 ikut Tuhan, dan hidup kita benar2 dipimpin oleh Firman Tuhan
masakan Tuhan bawa kita ke sarang ular berbisa

pengalaman saya,
biarkan saja orang jualan kayak gimana juga
biarkan saja orang ngejelek2in gimana juga
dan dimanapun, apapun keadaan lingkungan kita, orang2 yang mengenal Tuhan akan tetap naik dan ga akan turun
toh memang Kekristenan dari dahulu selalu ada diposisi yang "terjepit", tapi ga pernah berhenti berkembang
sampai sekarang

sebab kedewasaan kerohanian kita sepenuhnya tergantung pada diri kita sendiri
dan tak ada seorangpun atau keadaan apapun yang bisa menghalangi kita untuk bersekutu dengan Bapa
February 25, 2015, 02:44:22 PM
Reply #45
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
@siip
iya bener sekali.
Cuma untuk beli produk bagus dan bener2 asli, di jaman sekarang ini susah sekali bedainnya. Apalagi bagi konsumen2 yg awam.
.
Sy pernah punya pengalaman pahit bro, jadi kalau sekarang sy mo beli barang, sy perginya ke toko2 yg bertanda authorised dealer (aliran mainstream). Bukannya sy gak percaya sama toko2 kecil dan yg msh baru, krn bisa saja mereka2 itu memang jual barang yg bagus dgn harga yg lebih baik, hanya saja krn sy msh awam  maka cari jalan yg sy rasa cukup aman bagi konsumen awam spt sy.
.
Nanti kalau pengetahuan sy ttg produk dah memadai, baru sy berani main dan belanja ke toko2 kecil  atau toko2  baru tsb.

Ya ndak apa Brow.
Pngalaman orang beda-beda.

Saya pernah kerja di company yg sering banget rilis produk original pelopor ke pasaran.
Abis rilis, eh prusahaan laen ikut-ikutan bikin produk mirip-mirip dg bragam variasi-variasi.

Pd akhirnya produk prusahaan-perusahaan laen itu yg sustain krn mreka lebih tanggap thd aspirasi konsumen.

Ya beda-beda pngalamannya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 25, 2015, 04:15:10 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Kl marketing,
Saya ada pendapat yg sdikit variatif,

Produk yg dijual di kaki lima oleh salesman kaki lima tidak pasti berarti itu bukan produk baik,
Krn segmen pembelinya menengah ke bawah, maka harganya dibuat murah walau kualitasnya tetap baik.

Utk produk murah dmikian, hal-hal yg tidak esensial akan dihilangkan dari proses produksi dan pengemasan. Dmikian juga investasi untuk branding diminimalisir walaupun dia tetap akan klaim sbg produk nomor 1 utk kelasnya.

Demikianlah variasi teori marketing.

Sekiyan.

Kalau anda melihat tas bermerk Hermes di kakilima pasar-baru, kira kira itu produk asli atau bajakan, bro ?

 :azn:
February 25, 2015, 05:13:54 PM
Reply #47
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Jiaaaah Brc kembali brusaha mendebat.

Bro bicara soal Hermes,
Saya bicara soal tas.

Hermes menjadi MAHAL dan dijual di butik mewah krn rangkaian proses produksi dan upaya pembangunan brand-nya.

Tp saya bicaranya soal TAS.
Apakah tas yang dijual di kakilima/mangga dua/pasar baru sudah pasti jelek?

Kan ngga.

Saya yakin ada tas yg lebih kuat dan tahan lama dbandingkan brand Hermes di kakilima/mangga dua/pasar baru, tetapi jauh lebih murah daripada Hermes.

Atau Brc yakin banget kl tidak ada tas yg lebih murah dari Hermes yg bisa menandingi ketahan-lamaan dan kekuatan Hermes?

Saya ngga bicara soal 'brand' tp bicara soal 'tas'.

---------

Beli barang di kakilima oleh tukang jualan kakilima tidak brarti serta-merta itu barang jelek Bro.
Dari sisi penggunaan bisa jadi itu bagus skali, cuma bedanya dia ngga mngembangkan 'branding' aja.
Atau mungkin dia bukan produk impor.

Ataukah mnurut Brc yg impor udah pasti lebih bagus dari lokal (krn lebih mahal dan dijual di butik mewah)?

-------

Inilah beda sudut pandang kita.

Dg contoh yg Bro angkat,
Brarti yg namanya 'Gereja' tidak mungkin ditemukan dimanapun slain Gereja Katolik Roma.

Makanya gereja lain (dg ilustrasi kaki lima) yg bukan Gereja Katolik Roma (dg ilustrasi Hermes) pasti kalah kualitasnya.

Kl sudut pandang saya ngga gitu.
« Last Edit: February 25, 2015, 05:18:34 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 25, 2015, 07:15:46 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Ngga, ngga usah jauh jauh, bro.

Yang saya tanyakan adalah : Apakah anda percaya bahwa ada tas Hermes yang dijual di kakilima ?

Saya tidak mengulas soal branding, positioning dst, yang akan menyebabkan kita diskusi soal marketing berujung di delete momod, bro.

;D ;D
February 25, 2015, 11:44:21 PM
Reply #49
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 285
  • Denominasi: Kasih
yah berarti gembala anda dan anda sendiri jualan kecap juga dunk yah....kita semua pedagang kecap  ;D
tapi anda dan saya beda dikit, kalo ke toko saya selalu cari kecap atau terasi no 2  :cheesy:

Saya kalo jualan kecap ada trik dan strateginya sendiri
biasanya kalo kecap itu selalu padunya sama sambel,
nah strateginya dimana ada sambel disitu pasti ada kecap
Jualan sambel pasti kecap ikut abis

pesan ane sih simple kak , ente  boleh2 aja cari kecap nomor dua tapi semoga gak dinomorduakan oleh pedagang kecap juga

Kadang tuh "sakitnya tuh disini" * sambil ngupil
#kamu mengalihkan duniaku dengan satu senyuman, dan kamu mengalihkan hatiku dengan satu ciuman
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)