Author Topic: Pelayanan Karir Bagi Remaja Dalam Menentukan Jurusan Studi dan Pekerjaan  (Read 705 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 07, 2015, 09:48:51 AM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: Protestan
Syalom,

Pekenankan saya untuk berbagi pelayanan karir bagi remaja di gereja kami.
Pelayanan karir di gereja kami diadakan karena adanya fenomena bahwa cukup banyak kaum remaja tingkat SMA yang belum mengetahui identitas karir mereka, dengan kata lain mereka belum dapat memutuskan jurusan kuliah atau bidang kerja yang akan ditekuninya.

Menurut Teori Psikososial Erikson, remaja sedang berada pada tahap Identity formation Vs. Identity confusion. Pada tahap ini tugas perkembangan remaja adalah mengembangkan sense of identity, pertanyaan yang dapat mewakili adalah “Siapakah aku ini?”. Jika pertanyaan ini dapat dijawab dengan baik maka remaja akan kenal dengan dirinya sendiri termasuk kekuatan dan kelemahannya sehubungan dengan pemilihan jurusan studi atau bidang pekerjaan. Jika tugas perkembangan ini tidak dapat dituntaskan dengan baik, maka akan dibawa terus sepanjang hidupnya dan menunggu untuk diselesaikan. Jika dalam waktu lama tidak dapat diselesaikan maka akan terjadi krisis identitas.

Kami membantu para remaja untuk mengenali bakat, minat, nilai hidup, dan kepribadian unik masing-masing sebagai dasar untuk memilih jurusan studi atau bidang pekerjaan yang sesuai untuknya. Selain faktor di dalam diri maka faktor eksternal remaja juga mempengaruhi proses pemilihan ini. Pekerjaan pun terbagi menjadi beberapa bidang sesuai dengan teori-teori pembagian bidang kerja. The right man on the right job adalah kondisi yang ideal bagi seseorang untuk menemukan panggilan hidupnya di bidang kerja yanc cocok untuknya. Seseorang dapat mengembangkan potensi dirinya dengan lebih maksimal apabila bekerja di bidang yang sesuai dengan;

1.Minat (cenderung lebih tekun dalam bekerja).
2.Bakat/ketrampilan/karunia yang menonjol (faktor nature dan nurture).
3.Nilai-nilai hidup (memberikan dorongan/motivasi dalam bekerja).
4.Kepribadian (secara alami memberikan rasa nyaman dalam bekerja).

Berkuliah atau bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan faktor-faktor tersebut akan menimbulkan resiko seperti frustasi, stress, prestasi biasa saja/buruk, tidak puas/bahagia, dan pindah-pindah jurusan studi/pekerjaan, 

Secara Theologis, saya percaya kita sudah diberi karunia pelayanan yang berbeda-beda, sebaiknya kita dapat mengenali karunia pelayanan tersebut dan menggunakannya untuk melayani Tuhan kita Yesus Kristus. Seringkali kita menemukan panggilan hidup kita melalui pekerjaan yang dilakukan sehari-hari baik di lingkungan gereja/lembaga Kristen maupun dunia kerja sekuler. Kita melayani-Nya melalui apa yang kita dapat kerjakan dengan paling baik untuk kemuliaan nama-Nya.   

Saya memiliki latar belakang pendidikan tingkat S2 Pastoral Konseling dan S2 Sains Psikologi. Sejak kuliah S2 saya memang mempunyai ketertarikan khusus pada proses pembentukan identitas karir remaja.

Jika bapak/ibu ingin membantu remaja di gereja dalam pemilihan jurusan studi atau bidang pekerjaan ini, saya bersedia membantu dengan melakukan konseling tatap muka di gereja bapak/ibu, khusus yang berlokasi di Jakarta. Saya juga ingin membuka komunikasi dengan bapak/ibu yang mempunyai kerinduan yang sama untuk melayani dalam bidang karir, dengan membangun komunitas atau jejaring pelayanan karir.

Bapak/ibu dapat menghubungi saya via email : pastoralkarir@gmail.com 

Mohon maaf disebabkan adanya keterbatasan informasi jika berkomunikasi melalui email sehingga menyebabkan informasi yang tidak lengkap/utuh, maka saya tidak menerima konseling melalui email
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)