Author Topic: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada  (Read 6139 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 27, 2015, 05:30:48 PM
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 122
  • Denominasi: Nasrani

(Lukas 16:16 [LAI TB]   Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.)
Ὁ νόμος καὶ οἱ προφῆται μέχρι Ἰωάννου· ἀπὸ τότε ἡ βασιλεία τοῦ θεοῦ εὐαγγελίζεται καὶ πᾶς εἰς αὐτὴν βιάζεται.
Transliteration: Ho Nomos kai Hoi Prophetai mekhri Yoannou, apo tote he basileia tou theou evangelizetai kai pas heis auten biazetai


Well, kritikan itu perlu, karena jika manusia, lembaga, atau apapun namanya tidak pernah dikritik, tentu tidak baik dampaknya buat ke depan. Jadi, orang atau lembaga apapun yang ingin maju pasti selalu mau menerima kritikan.

Dalam ayat diatas tertulis bahwa Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi "Berlaku" sampai kepada zaman Yohanes. Padahal dalam teks Yunaninya, kata "berlaku" sama sekali tidak ada. Padahal ayat tersebut dalam bahasa Yunaninya, jika diterjemahkan, hanya berbunyi seperti ini:

(Lukas 16:16 [TERJEMAHAN BEBAS] Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi hingga Yohanes, dari waktu itu, kerajaan Allah sedang diberitakan dan setiap orang berusaha untuk masuk ke dalamnya
Ὁ νόμος καὶ οἱ προφῆται μέχρι Ἰωάννου· ἀπὸ τότε ἡ βασιλεία τοῦ θεοῦ εὐαγγελίζεται καὶ πᾶς εἰς αὐτὴν βιάζεται.
Transliteration: Ho Nomos kai Hoi Prophetai mekhri Yoannou, apo tote he basileia tou theou evangelizetai kai pas heis auten biazetai


Well, sebenarnya hanya itu saja bunyi ayat diatas. Sama sekali tidak ada kata "Berlaku" di dalam ayat diatas. Nah, apa yang sebenarnya yang dimaksudkan dalam ayat diatas? Perhatikan kata "apo tote ἀπὸ τότε (Dari waktu Itu)". Kata "apo tote ἀπὸ τότε (Dari waktu Itu)" ini mengacu kepada waktu yang mana?

Kata "apo tote ἀπὸ τότε (Dari waktu Itu)" itu mengacu kepada frase sebelumnya, yaitu "Hukum Taurat, Kitab Para Nabi hingga Yohanes". Jadi, maksudnya, dari zaman Hukum Taurat (Kejadian-Ulangan), zaman Kitab Para Nabi (Yosua sampai Malekahi [catatan, bagi kanon Yahudi, kitab para nabi itu dimulai Yosua dan diakhiri dengan Maleakhi]), dan sampai pada zaman Yohanes, kerajaan Allah itu sedang diberitakan. Itulah yang sebenarnya sedang dimaksudkan oleh ayat diatas.

"Jadi ayat diatas sama sekali tidak berbicara bahwa Hukum Taurat hanya berlaku sampai kepada zaman Yohanes sebagaimana yang sayangnya banyak sekali diajarkan oleh banyak pendeta dan juga banyak teolog. Penambahan kata 'berlaku" jelas salah satu faktor yang membuat munculnya teologi tersebut"

Jadi, sudah jelas sekarang, bahwa ayat diatas sama sekali tidak pernah sedikitpun mengatakan bahwa Hukum Taurat hanya berlaku sampai pada zaman Yohanes. Hukum Taurat kekal sebagaimana yang dilanjutkan sendiri oleh ayat berikutnya

(Lukas 16:17 [LAI TB]   Lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.)

Jadi, apa kita masih mau meyakini sebuah teologi yang dihasilkan dari terjemahan yang tidak sesuai fakta bahwa Hukum Taurat hanya berlaku sampai pada zaman Yohanes dan masih mau mengajarkan hal ini kepada orang lain?

Salam. TUHAN YESUS memberkati
« Last Edit: February 27, 2015, 09:56:26 PM by Varalla »
Orang-orang Kristen yang sejati sudah sangat tidak mungkin lagi untuk dikuasai oleh dosa/ hidup di dalam dosa-dosa mereka seperti merokok, berzinah, masturbasi, nonton video porno, menyembah patung, dll.

Karena setiap orang yang sudah berada di dalam TUHAN YESUS, tidak berbuat dosa lagi. 1 Yoh 3:6
February 28, 2015, 08:10:02 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
LAI TB memang tidak menterjemahkan "sesuai" kata harfiahnya. LAI-TB menggunakan gaya terjemahan secara kontekstual, bukan kata-per-kata.

Dan dalam mengkaji ayat Lukas 16:16 ini, kata kunci yang harus dilihat adalah kata Yunani "heos" (until, sampai), dan jika Anda memahami ini, Anda secara kontekstual akan memahami mengapa team penerjemah LAI-TB menerjemahkannya seperti itu.

Mari kita kaji naskah bahasa aslinya, sbb:

* Lukas 16:16
LAI TB, Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
KJV,  The law and the prophets were until John: since that time the kingdom of God is preached, and every man presseth into it.
TR, ο νομος και οι προφηται εως ιωαννου απο τοτε η βασιλεια του θεου ευαγγελιζεται και πας εις αυτην βιαζεται

Translit Interlienar, ho nomos {(kitab) Taurat} kai {dan} hoi prophêtai {(kitab) nabi-nabi} heôs {hingga} iôannou {yohanes} apo  tote  hê basileia  tou theou euaggelizetai  kai  pas  eis  autên  biazetai

Translit Interlienar, ho {the} nomos {law} kai {and} hoi {the} prophêtai {prophets} heôs {a conjunction, preposition and adverb of continuance, until (of time and place), until} iôannou {john} apo {from} tote {then} hê {the} basileia {kingdon} tou {of} theou {God} euaggelizetai {is being well messagized} kai {and} pas {every} eis {into} autên {her} biazetai {is being forced}

Dalam LAI-TB, kata "berlaku" memang tidak ada dalam naskah bahasa Asli Yunani. Dan, kita boleh mengabaikan kata tersebut. Namun, yang seharusnya yang digaris bawahi dalam Lukas 16:16 adalah kata "sampai" (Yunani: heôs) bukan yang lainnya.
Kata heôs seperti keterangan di atas adalah a conjunction, preposition and adverb of continuance, until (of time and place). Dan kata heôs dalam bahasa Yunani selalu menunjukkan batasan waktu.

Kata "Berlaku" tidak ada dalam naskah bahasa Asli Yunani, kata ini adalah penambahan dari team penerjemah LAI-TB. Meski Kata "berlaku" adalah tambahan dari penterjemah sebagai sajian terjemahan kontekstual. Namun hal tsb tidak "sepenuhnya salah" (jikalau ini hendak dipermasalahkan).
Kita juga dapat mengabaikan kata "berlaku" dalam terjemahan tsb. Tetapi kita tetap akan menemui "kata spesifik" terhadap batasan waktu yaitu kata Yunani εως - "HEÔS".



bersambung....

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
February 28, 2015, 08:10:29 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Kita akan pelajari kata Yunani εως - "HEÔS", "hingga" yang jelas merujuk kepada waktu sebelum sesuatu terjadi, yang tidak dapat diterapkan sesudahnya. Sebagai contoh, kita lihat ayat-ayat berikut ini :

* Matius 5:26
LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum (HEÔS) engkau membayar hutangmu sampai lunas.
KJV, Verily I say unto thee, Thou shalt by no means come out thence, till (HEÔS) thou hast paid the uttermost farthing.
TR, αμην λεγω σοι ου μη εξελθης εκειθεν εως αν αποδως τον εσχατον κοδραντην
Translit, amên legô soi ou mê exelthês ekeithen heôs an apodôs ton eskhaton kodrantên

* 1 Korintus 16:8
LAI TB, Tetapi aku akan tinggal di Efesus sampai (HEÔS) hari raya Pentakosta,
KJV, But I will tarry at Ephesus until (HEÔS) Pentecost.
TR, επιμενω δε εν εφεσω εως της πεντηκοστης
Translit, epimenô de en ephesô heôs tês pentêkostês

Yesus menyatakan Taurat HINGGA Yohanes. Artinya "Yohanes" disini adalah sebagai tanda dari batasan waktu itu.

Kata "berlaku" memang tidak ada secara harfiah, namun kata ini secara kontekstual tidak dapat dipersalahkan. Kalaupun kaat "berlaku" ini masih dipermasalahkan. Ya abaikan saja kata ini. Ketika kata "berlaku" ini "dicoret" Lukas 16:16 hasilnya akan seperti misalnya dalam terjemahan MILT di bawah ini:
Torat dan para nabi ada sampai Yohanes, dari sejak itulah kemudian kerajaan Allah diinjilkan dan setiap orang memaksa masuk ke dalamnya.

Kata "sampai" adalah batasan waktu, dan sosok Yohanes Pembaptis adalah sebagai tandanya. Yesus menyatakan durasi Torat dan para nabi sampai kepada Yohanes Pembaptis. Oleh sebab itu dalam kesempatan yang lain Yesus menyatakan bahwa Yohanes Pembaptis adalah nabi yang terbesar (Lukas 7:28, sebutan "terbesar" itu tidak dikenakan untuk Musa ataupun Elia). Sebab Yohanes Pembabtis inilah yang mengakhiri sebuah era.

Pengertian Lukas 16:16, The Law (kitab) Taurat dan The prophets (kitab) nabi-nabi, di bawah ini saya kutip beberapa Bible Commentary:

The Wycliffe Bible Commentary, Vol 3, Gandum Mas, 2001, hlm. 267:
Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai kepada zaman Yohanes. YESUS menyatakan bahwa Yohanes Pembaptis (yang digelari Nabi Terbesar) menandai akhir sebuah zaman. Sistem keagamaan yang lama dengan Hukum Taurat berlaku sampai Yohanes Pembaptis mulai memberitakan keatangan Sang Mesias dan memperkenalkan Kerajaan Allah.

Matthew Henry Commentary, Injil Lukas 13-24, Momentum, 2009, hlm 612:
Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai kepada zaman Yohanes. YESUS memberitakan kepada orang Farisi yang sombong, bahwa tata aturan Perjanjian Lama hanya berlaku bagi kalian, hai orang Yahudi, berlanjut hingga kedatangan Yohanes Pembaptis. Sejak Yohanes Pembaptis muncul, Kerajaan Allah diberitakan, yakni suatu tata aturan Perjanjian yang Baru yang sama sekali tidak menilai manusia dari sejauh mana mereka mendalami atau mengetahui Hukum Taurat.

Dr. BJ Boland, Tafsiran Alkitab, Injil Lukas, BPK Gunung Mulia, 2001, hlm394:
Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai kepada zaman Yohanes. YESUS berkata: zaman taurat seperti yang tercantum pada kitab-kitab Musa (dan dalam kitab nabi-nabi yang juga tergolong kepada zaman dahulu itu!) sudah lewat. Yohanes Pembaptis adalah nabi penghabisan yang dihitung kepada zaman itu. Sekarang sudah datang zaman baru, yaitu zaman pemberitaan Kerajaan Allah yang pada azasnya mulai datang. Zaman dahulu itu, cirinya adalah Hukum Taurat yang terbatas kepada orang Yahudi, tetapi kini sudah datang waktunya untuk memberitakan kasih Allah yang tak terbatas. Sebab Allah telah menyediakan keselamatan yang daripadaNya kepada semua orang (bandingkan Lukas 14:23, http://www.sarapanpagi.org/30-orang-orang-yang-berdalih-vt2125.html )


bersambung...
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
February 28, 2015, 08:10:53 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Tarfsir Alkitab Perjanjian Baru, Dianne Bergant & Robert Karris, Lembaga Biblika Indonesia, Kanisius, 2001, hlm. 145:
Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes. Yohanes Pembaptis adalah titik balik. Ia adalah nabi yang terakhir dari nabi-nabi Perjanjian Lama.

Keempat commentary di atas sepakat bahwa Ayat ini berbicara mengenai periode, Yohanes Pembaptis (nabi Yahya) sebagai tanda akhir dari sistem keagamaan yang menggunakan Hukum Taurat. Jika dikaitkan dengan gelar yang diberikan YESUS kepada Yohanes Pembabtis yang menggelarinya "NABI TERBESAR" kita akan semakin mengerti mengapa justru Yohanes Pembabtis mendapat gelar seperti ini, dan gelar ini tidak dikenakan kepada Musa ataupun Elia ataupun nabi-nabi yang lain. Sebab dialah tanda yang mengakhiri Era Perjanjian Lama dan dia adalah saksi yang merujuk langsung ke hidung "Allah yang inkarnasi," yaitu manusia yang bernama YESUS Sang Mesias yang membawa Hukum yang Baru.


Blessings,
BP
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
February 28, 2015, 09:10:44 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915

(Lukas 16:16 [LAI TB]   Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.)
Ὁ νόμος καὶ οἱ προφῆται μέχρι Ἰωάννου· ἀπὸ τότε ἡ βασιλεία τοῦ θεοῦ εὐαγγελίζεται καὶ πᾶς εἰς αὐτὴν βιάζεται.
Transliteration: Ho Nomos kai Hoi Prophetai mekhri Yoannou, apo tote he basileia tou theou evangelizetai kai pas heis auten biazetai


.....cut....

1.Mengapa harus ada hukum taurat ?.
Umumnya kita mengatakan bhw spy manusia itu tahu akan dosa ( segala sesuatu yg melanggar ketentuan taurat = dosa ), sebenarnya akan lebih jelas kalau dikatakan " supaya manusia itu tahu kalau dirinya = mati ".
Kalau taurat itu hanya berisi satu ketentuan, mk akan kurang kerasa untuk manusia tapi kalau sepuluh, seratus atau lebih dari seratus ( termasuk larangan2 di kitab para nabi ) mk diharapkan akan semakin efektif menyadarkan manusia akan keadaannya yg mati itu, tapi apa kenyataannya ?, selama berabad abad manusia itu tdk juga sadar akan kenyataan mati itu, ini terbukti dg tetap berusahanya manusia itu unt melakukannya spy kudus ( aneh bukan ? manusia yg mulia /segambar dan serupa Allah saja tdk dapat memenuhi ketentuanNya yg hanya satu, tapi manusia yg telah mati( Kej2:17) merasa masih mampu memenuhi ketentuanNya yg sepuluh bahkan yg lebih ), sampai digenapiNya/dimanifestasikanNya anugerah hidup itu , itu sebagai bukti bhw kenyataannya sampai waktu verifikasi akan kenyataan bhw "manusia itu mati dimata Allah" telah habis , manusia tdk juga sadar akan keberadaannya di mata Allah.


2.Apakah dg hukum itu manusia bisa selamat ?.
Dengan ketentuan yg sebanyak itu tdk dapat disangkal lagi : tdk ada satu manusiapun yg sapat melakukan hk taurat dg penuh dan benar, ini artinya tdk ada manusia yg bisa selamat krn melakukan hk taurat.


3.Mengapa setelah zmn Yohanes pembabtis dikatakan taurat berakhir ?.
Dg dimanifestasikan anugerah hidup itu oleh sang Mesias , mk manusia dipaksa "dicelikkan matanya" akan keberadaannya yg mati dimata Allah, ini artinya sejak saat itu manusia dipaksa mengakui  bhw tdk mungkin manusia itu bisa mencapai selamat krn upayanya sendiri sebaik apapun itu (Ef2:8), untuk kemudian sampai pada pengakuan bhw :" hanya karena belaskasihanNya/hanya karena anugerahNya saja manusia itu bisa selamat", dari mengerti akan kenyataan inilah manusia itu akhirnya bisa mengatakan " kemuliaaan itu hanya untuk Allah saja " = inilah tujuan dari penciptaan manusia.

Jadi sejak akhir zmn Yohanes , barulah manusia itu mulai tahu "apa dan bagaimana anugerah itu", shg dikatakan taurat hanya sampai zmn Yohanes.



Salam.
February 28, 2015, 09:27:49 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9130
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
2.Apakah dg hukum itu manusia bisa selamat ?.
Dengan ketentuan yg sebanyak itu tdk dapat disangkal lagi : tdk ada satu manusiapun yg sapat melakukan hk taurat dg penuh dan benar, ini artinya tdk ada manusia yg bisa selamat krn melakukan hk taurat.

jadi Daud, Yeremia, Yehezkiel, semua hakim2 dan nabi2 yang ada saat hukum taurat berlaku semuanya tidak selamat?
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
February 28, 2015, 09:51:05 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
jadi Daud, Yeremia, Yehezkiel, semua hakim2 dan nabi2 yang ada saat hukum taurat berlaku semuanya tidak selamat?
Mereka selamat karena anugerah Allah , bukan krn melakukan hk Taurat.



Salam.
February 28, 2015, 10:25:25 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9130
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Mereka selamat karena anugerah Allah , bukan krn melakukan hk Taurat.

Salam.

kalau mau dikatakan seperti itu, maka
karena mereka bertekun dalam hukum taurat
makanya mereka menerima anugrah Allah

hukum taurat itu baik pada masanya, tentunya juga membawa keselamatan pada masanya
kalau hukum taurat sampai dikatakan tidak membawa kehidupan buat apa itu diturunkan, hukum taurat juga jelas bukan produk gagal

Musa yang mengeluarkan hukum taurat berkata kepada Israel untuk memilih kehidupan

Ulangan 30
15. Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan,
16. karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.
19. Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

dipertegas dengan Paulus

Roma 10
5. Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
February 28, 2015, 11:58:03 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
kalau mau dikatakan seperti itu, maka
karena mereka bertekun dalam hukum taurat
makanya mereka menerima anugrah Allah

hukum taurat itu baik pada masanya, tentunya juga membawa keselamatan pada masanya
kalau hukum taurat sampai dikatakan tidak membawa kehidupan buat apa itu diturunkan, hukum taurat juga jelas bukan produk gagal

Musa yang mengeluarkan hukum taurat berkata kepada Israel untuk memilih kehidupan

Ulangan 30
15. Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan,
16. karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.
19. Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

dipertegas dengan Paulus

Roma 10
5. Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."

Quote
kalau mau dikatakan seperti itu, maka
karena mereka bertekun dalam hukum taurat
makanya mereka menerima anugrah Allah
Ini artinya sdr HenHen belum cukup mengerti : mengapa Allah memberikan hk Taurat kepada milikNya ( bgs Isrl) bisa di review point 1. di reply saya di atas.

Selamat = anugerah tdk mensyaratkan dilakukan sesuatu ( prakondisi ) , pada si penerima anugerah itu.
Si penerima anugerah itu : bisa seorang sarjana teologi dg iq 140, seorang pendeta terkenal, seorang buruh kasar yg buta huruf, seorang yg tdk pernah bisa sekolah krn iq nya hanya 40/idiot, seorang cacat mental/gila.


Quote
hukum taurat itu baik pada masanya, tentunya juga membawa keselamatan pada masanya
kalau hukum taurat sampai dikatakan tidak membawa kehidupan buat apa itu diturunkan, hukum taurat juga jelas bukan produk gagal
Kalau hk taurat membawa keselamatan , itu artinya tdk perlu ada mesias krn manusia dg upaya ketekunannya  akan hk taurat bisa sampai kepada selamat.
Hk taurat diturunkanNya untuk mencelikkan manusia akan kebebalannya dimana mrk tdk satupun yg mau mengakui bhw mrk adl mati dimata Allah ( Kej2:17 ).


Quote
Musa yang mengeluarkan hukum taurat berkata kepada Israel untuk memilih kehidupan

Ulangan 30
15. Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan,
16. karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.
19. Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

dipertegas dengan Paulus

Roma 10
5. Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."
Memang benar yg dikatakan di Ul 30 dan Rm10:5 itu, tp kesadaran akan ketidak mampuan manusia memenuhi ketentuan itu adl inti dr FT tsb, mirip spt ungkapan sbb: " kalau mau hidup terang, tdk ada gelap , tinggallah di matahari " review di Kej2:17, itu adl dasar yg mengokohkan bhw selamat adl anugerah.



Salam.
February 28, 2015, 02:29:28 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9130
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Memang benar yg dikatakan di Ul 30 dan Rm10:5 itu, tp kesadaran akan ketidak mampuan manusia memenuhi ketentuan itu adl inti dr FT tsb, mirip spt ungkapan sbb: " kalau mau hidup terang, tdk ada gelap , tinggallah di matahari " review di Kej2:17, itu adl dasar yg mengokohkan bhw selamat adl anugerah.



Salam.

kalau benar
artinya hukum taurat pada masanya memang membawa kehidupan

itu saja yang mau saya sampaikan
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)