Author Topic: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada  (Read 19985 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 21, 2018, 04:25:56 PM
Reply #90
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 309
  • Denominasi: Katolik
Hukum Taurat dan kitab para nabi masih berlaku sampai sekarang tetapi bukan keseluruhan hukum tersebut melainkan hukum yang digenapi oleh oleh Yesus menjadi Hukum Kristus.

Digenapi ini bukan berarti keseluruhan hukum Taurat dan kitab para nabi batal tetapi ada hukum yang tetap, disempurnakan, dihapuskan dan ditambahkan. Konteks Lukas 16:16 ini tidak bisa dilepaskan dari Lukas 16:17 yang diperjelas oleh Matius 5:17-20.

Jadi perkataan Yesus bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes bukan berarti keseluruhan Hukum Taurat dan kitab para nabi batal melainkan Hukum Taurat dan kitab para nabi yang belum digenapi berlaku sampai kepada zaman Yohanes. Sedangkan pada zaman Yesus sampai kiamat yang berlaku adalah Hukum Taurat dan kitab para nabi yang sudah digenapi oleh Kristus yang dilengkapi Kitab Perjanjian Baru menjadi Hukum Kristus.
Jadi Perjanjian Baru tetap tidak bisa dipisahkan dari Hukum Taurat dan kitab para nabi(PL)

Lukas 16:16-17
16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
16:17 Lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.

Matius 5:17-20
5:17. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.
5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

Lagipula bila kita lihat Matius 11:13, ayat ini tidak mengatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi tidak berlaku lagi melainkan menubuatkan kedatangan Yesus untuk menggenapinya
Matius 11:13 Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes

Orang- orang Kristen yang hidup di masa Perjanjian Baru bukan berarti tanpa hukum/ liberal tetapi terikat dengan hukum Kristus yang harus dipatuhi dan diminta pertanggungjawabannya di akherat.

Matius 11:28-30
11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."


Contoh Hukum Taurat yang masih tetap berlaku :

-2 Hukum terutama
Dalam PL :
Hukum Pertama : Ulangan 6:4-5, Ulangan 10:12,
Hukum kedua : Imamat 19:18

Dalam PB :
Hukum Pertama : Matius 22:37-38, Markus 12:29-30, Lukas 10:27
Hukum kedua :  Matius 22:39, Markus 12:31, Lukas 10:27

- 10 Perintah Allah
Dalam PL : Keluaran 20:1-17, Ulangan 5:6-22
Dalam PB : Matius 19:16-19 , Markus 10:17-20 dan Lukas 18:18-21

- Kesaksian yang sah
Dalam PL : Ulangan 19:15
Dalam PB : Matius 18:16, 2 Korintus 13:1, 1 Timotius 5 :19


Contoh Hukum Taurat yang disempurnakan :

- Hukum membunuh
Dalam PL : Keluaran 20:13, Ulangan 5:17
Dalam PB : Matius 5:21-22

- Hukum berzinah
Dalam PL : Keluaran 20:14, Ulangan 5:18
Dalam PB : Matius 5:27-28

- Hukum bercerai
Dalam PL : Ulangan 24:1-4
Dalam PB : Matius 5:31-32, Matius 19:9, Markus 10:11-12

- Hukum bersumpah
Dalam PL : Keluaran 20:16, Ulangan 5:20
Dalam PB : Matius 5:33-37

- Hukum pembalasan
Dalam PL : Keluaran 21:24, Imamat 24:20, Ulangan 19:21
Dalam PB : Matius 5:38-42
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
June 21, 2018, 04:38:38 PM
Reply #91
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 309
  • Denominasi: Katolik
Contoh Hukum Taurat dan kitab Para nabi yang dihapuskan :
- Pengorbanan hewan untuk menghapuskan dosa
Dalam PL : Imamat 5:14-19, Imamat 6:1-7,
Dalam PB : Efesus 5:2, Ibrani 7:25-27, Ibrani 9:24-28

Catatan: pengorbanan hewan dalam PL hanya dimaksudkan untuk dosa-dosa ringan, tetapi untuk dosa berat seperti menyembah berhala, praktek sihir, membunuh secara sengaja, hubungan sesama jenis, hubungan dengan binatang dihukum mati.
Dan Yesus datang untuk menebus dosa manusia baik dosa ringan dan dosa berat yang tentunya untuk orang yang beriman dan bertobat. Dan setelah beriman tentulah mereka harus berusaha berbuat baik dan berusaha menjauhi dosa. Bila mereka sering jatuh dalam dosa sekalipun tidak hidup dalam dosa dan belum sempat bertobat ketika meninggal maka mereka akan masuk api pencucian terlebih dahulu. Bila mereka hidup dalam dosa dan kehidupan dosa adalah bagian yang tak terpisahkan dari mereka dan tidak bertobat mereka tidak selamat meskipun mengaku Kristen.

- Kristen non Yahudi tidak diwajibkan sunat
Dalam PL : Kejadian 17:10-14,
Dalam PB : Kis 10:44-48, Kis 15:1-21

Orang non Yahudi yang percaya Yesus tidak dapat diperlakukan seperti kaum proselit(orang non Yahudi yang masuk agama Yahudi) . Dimana kaum proselit ini terikat pada Perjanjian Musa yang sebenarnya hanya mengikat orang- orang keturunan Yakub (bani Israel) yang dibebankan kewajiban sunat. Maka kaum proselit dianggap keturunan Yakub secara lahiriah yang terikat kewajiban sunat.

Sedangkan orang non Yahudi yang percaya Yesus terikat dengan Perjanjian Baru yaitu Perjanjian Kristus yang mengikat orang Yahudi dan non Yahudi bukan Perjanjian Musa sehingga tidak terikat kewajiban sunat, dimana kewajiban sunat ini hanya mengikat keturunan biologis Abraham dan orang asing yang masuk agama Abraham atau menjadi milik Abraham dalam satu bangsa sebagai perjanjian kekal yang dibebankan juga kepada mereka yang terikat Perjanjian Musa karena mereka keturunan biologis Abraham dan satu bangsa dengan Abraham.

- Arah Kiblat
Dalam PL : Bilangan 16:42, Bilangan 20:6, Daniel 6:10, I Raja- raja 8:44, 2 Tawarikh 6:34
Dalam PB : Yohanes 4:21-24

Umat Kristen tidak berkiblat lagi ke tempat tertentu. Kiblat mereka langsung tertuju kepada Allah. Jadi kiblat fisik telah digantikan kiblat rohani di hati kita karena kita menyembah Bapa melalui hati kita.

Contoh Hukum PB yang tidak terdapat pada Hukum Taurat :
- Perintah untuk selalu melakukan Perayaan Ekaristi : Lukas 22:17-20, 1 Korintus 11:23-26

Jadi kita harus ekstra hati-hati, teliti, detil dan tidak gegabah untuk mengatakan bagian hukum Taurat mana yang digenapi, tetap, dihapuskan dan ditambahkan karena kedatangan Yesus bukan menghapuskan hukum Taurat secara total melainkan menggenapinya.

Bisa dibaca juga :http://www.katolisitas.org/apa-hubungan-antara-perjanjian-lama-dan-perjanjian-baru/
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
June 21, 2018, 05:39:13 PM
Reply #92
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Ilustrasi:
Hukum negara Australia mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Indonesia mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Aussie tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang indonesia

Hukum kerajaan sriwijaya mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Indonesia yg sekarang mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum kerajaan sriwijaya tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang indonesia yg sekarang

Hukum Nuh mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Musa mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Nuh mengikat semua orang era PL, hukum Musa mengikat orang israel era PL saja

Hukum Musa mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Kristus mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Musa tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang2 era PB

Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 21, 2018, 07:02:31 PM
Reply #93
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 309
  • Denominasi: Katolik
Ilustrasi:
Hukum negara Australia mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Indonesia mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Aussie tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang indonesia

Hukum kerajaan sriwijaya mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Indonesia yg sekarang mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum kerajaan sriwijaya tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang indonesia yg sekarang

Hukum Nuh mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Musa mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Nuh mengikat semua orang era PL, hukum Musa mengikat orang israel era PL saja

Hukum Musa mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Kristus mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Musa tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang2 era PB

Seperti yang saya katakan bukan keseluruhan hukum Taurat dan kitab para nabi yang masih berlaku melainkan yang sudah digenapi. Jadi ada hukum yang tetap, disempurnakan, dihapuskan dan ditambahkan.

Jadi hukum Musa seperti  2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah tetap berlaku karena ditetapkan juga dalam Perjanjian Baru ---> masih mengikat/ berlaku terhadap orang2 era PB
Sedangkan hukum pembunuhan, hukum perzinahan, hukum perceraian, hukum bersumpah, hukum pembalasan disempurnakan.
Mengenai hukum pengorbanan hewan untuk menghapuskan dosa, hukum sunat untuk Kristen non Yahudi, beribadah dengan kiblat dihapuskan.
Dan perintah untuk selalu melakukan Perayaan Ekaristi ditambahkan.

Demikianlah pendapat saya.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
June 21, 2018, 07:59:58 PM
Reply #94
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Seperti yang saya katakan bukan keseluruhan hukum Taurat dan kitab para nabi yang masih berlaku melainkan yang sudah digenapi. Jadi ada hukum yang tetap, disempurnakan, dihapuskan dan ditambahkan.

Jadi hukum Musa seperti  2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah tetap berlaku karena ditetapkan juga dalam Perjanjian Baru ---> masih mengikat/ berlaku terhadap orang2 era PB
Ef. 2:15   sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

silahkan simak frase bold underline


Sedangkan hukum pembunuhan, hukum perzinahan, hukum perceraian, hukum bersumpah, hukum pembalasan disempurnakan.
kalo wa melihatnya, lebih tepat untuk bilang 'diperberat' sampe tahap agar semua orang nyadar bhw keselamatan itu karena kasih karunia yg bersifat unmerited, unearned favor dan diterima oleh iman


Mengenai hukum pengorbanan hewan untuk menghapuskan dosa, hukum sunat untuk Kristen non Yahudi, beribadah dengan kiblat dihapuskan.
Rm. 7:6   Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat.

udah dibebaskan kok pilih ga mau dibebaskan, gimana ini.. hehhe


Demikianlah pendapat saya.
kalo pendapat wa simple saja masbro:
hukum taurat dan kitab nabi2 sampai kepada zaman Yohanes, setelah itu injil

so, wa tanya simple saja:
1. yg diberitakan setelah zaman Yohanes itu INJIL atau taurat ?
2. apa artinya perjanjian yg baru jika yg lama masih berlaku?

Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 21, 2018, 08:40:34 PM
Reply #95
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 309
  • Denominasi: Katolik
Ef. 2:15   sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

silahkan simak frase bold underline

Apakah anda tidak percaya dengan 2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah?  Bahwa hukum- hukum tersebut batal/dihapuskan padahal tertera juga di PB ?

kalo pendapat wa simple saja masbro:
hukum taurat dan kitab nabi2 sampai kepada zaman Yohanes, setelah itu injil

so, wa tanya simple saja:
1. yg diberitakan setelah zaman Yohanes itu INJIL atau taurat ?
2. apa artinya perjanjian yg baru jika yg lama masih berlaku?

1. INJIL tetapi tidak bisa dilepaskan dari Taurat. Lagipula pada waktu itu Injil belum tertulis/ disampaikan secara lisan. Kitab tertulis pada waktu itu TANAKH/ septuaginta
2. Beberapa yg masih berlaku, bukan keseluruhan. Tetapi Injil tetap tidak bisa dipisahkan dari Perjanjian Lama supaya lebih dimengerti secara mendalam, mengetahui sejarah para nabi, berbagai macam hikmat dan pengajaran.
Oleh sebab itu Perjanjian Lama tetap digunakan oleh orang-orang Kristen dari dulu sampai sekarang
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
June 22, 2018, 01:24:39 AM
Reply #96
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 980
  • Denominasi: Protestan
Apakah anda tidak percaya dengan 2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah?  Bahwa hukum- hukum tersebut batal/dihapuskan padahal tertera juga di PB ?
Hukum Kasih menyempurnakan Hukum Taurat, menurut gue sih.
Betewe, gini aza, bray. Gimana kalo elo coba memaparkan POV elo atas Ef. 2:15 tersebut?

1. INJIL tetapi tidak bisa dilepaskan dari Taurat. Lagipula pada waktu itu Injil belum tertulis/ disampaikan secara lisan. Kitab tertulis pada waktu itu TANAKH/ septuaginta.
So, kesimpulannya Injil menyempurnakan Taurat dan kitab para Nabi.

2. Beberapa yg masih berlaku, bukan keseluruhan.
Lah itu, siapa yang berwenang memutuskan mana yang masih berlaku dan mana yang tidak?
Kenapa ada gereja yang bilang ini masih berlaku dan gereja lain bilang ini sudah tidak berlaku?
Ribet kan?

Tetapi Injil tetap tidak bisa dipisahkan dari Perjanjian Lama supaya lebih dimengerti secara mendalam, mengetahui sejarah para nabi, berbagai macam hikmat dan pengajaran.
Untuk pelbagai pengetahuan dan referensi pengajaran, gue sepakat bingits sama elo.

Oleh sebab itu Perjanjian Lama tetap digunakan oleh orang-orang Kristen dari dulu sampai sekarang
Sebagai pengetahuan dan referensi pengajaran, gue sepakat bingits, bray.
Kalo menurut gue, senantiasalah membaca Perjanjian lama dalam TERANG Perjanjian Baru.
Mungkin kira-kira seperti itu.
June 22, 2018, 01:58:06 AM
Reply #97
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Apakah anda tidak percaya dengan 2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah?  Bahwa hukum- hukum tersebut batal/dihapuskan padahal tertera juga di PB ?
Seperti yg telah wa ilustrasikan pada posting sebelumnya masbro:
Hukum Musa mengandung golden rule
Hukum Kristus mengandung golden rule

Sama2 mengandung golden rule, yg mengikat itu bukan hukum Musa melainkan hukum Kristus, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.
Dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.
Sedangkan dasar hukum Kristus itu iman; kita mengasihi karena Allah terlebih dahulu mengasihi kita


1. INJIL tetapi tidak bisa dilepaskan dari Taurat. Lagipula pada waktu itu Injil belum tertulis/ disampaikan secara lisan. Kitab tertulis pada waktu itu TANAKH/ septuaginta
Hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman. Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.

Kitab suci waktu itu memang Septuaginta, dan itu dipake sebagai REFERENSI ttg Kristus.. bukan artinya hukum taurat itu mengikat Jemaat.

Kis. 15:10   Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?


2. Beberapa yg masih berlaku, bukan keseluruhan. Tetapi Injil tetap tidak bisa dipisahkan dari Perjanjian Lama supaya lebih dimengerti secara mendalam, mengetahui sejarah para nabi, berbagai macam hikmat dan pengajaran.
Sekarang wa tanya lagi simple aja: Dalam Perjanjian Baru yang dimeteraikan dengan darah Kristus, KABAR BAIKNYA itu apa coba ?
Apakah menurut masbro kabar baiknya adalah; 'LAKUKANLAH taurat (dikorting ceremonial dikorting lagi bla-bla pilih sendiri) PLUS cungkillah mata, potonglah tanganmu jika menyesatkanmu SUPAYA selamat' ? itukah kabar baiknya ?

yg tadinya 'mata ganti mata' terus diperberat jadi diperintahkan untuk menyungkil mata, memotong tangan --> ini kabar baik atau kabar buruk sebenarnya ?


Oleh sebab itu Perjanjian Lama tetap digunakan oleh orang-orang Kristen dari dulu sampai sekarang
dibatalkan =/= ditiadakan
« Last Edit: June 22, 2018, 02:59:10 AM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 22, 2018, 03:49:56 AM
Reply #98
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
...
Contoh Hukum Taurat yang masih tetap berlaku :

...
- 10 Perintah Allah
Dalam PL : Keluaran 20:1-17, Ulangan 5:6-22
Dalam PB : Matius 19:16-19 , Markus 10:17-20 dan Lukas 18:18-21
Coba wa test ya masbro.. 1 aja deh coba; mas bro menguduskan hari sabat sesuai aturan dlm hukum Musa tidak ?

dilarang melakukan pekerjaan (versi yahudi ada 39 pekerjaan yg dilarang)
dilarang memasang api di manapun dalam tempat kediamanmu pada hari Sabat
selain sabat mingguan, ada juga sabat 7 tahunan dan 50 tahunan dgn aturan2nya masing2

dijamin pasti 100% masbro sendiri melanggar perintah 'kuduskan hari sabat' menurut aturan2 yg termuat dlm hukum musa...
hayooo looooo... iya apa iya ? ngaku aja.... hehehe



lagi... coba kutipkan dimari ayat PL ttg hukum musa itu diberikan bukan hanya kepada orang2 israel(yahudi) melainkan kepada gentiles juga ?


« Last Edit: June 22, 2018, 03:55:06 AM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 26, 2018, 11:04:57 AM
Reply #99
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9653
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalo wa melihatnya, lebih tepat untuk bilang 'diperberat' sampe tahap agar semua orang nyadar bhw keselamatan itu karena kasih karunia yg bersifat unmerited, unearned favor dan diterima oleh iman

yup setuju

kalo dulu melakukan zinah baru disebut dosa
Yesus sekarang bilang cuma lihat dan mengingini aja udah zinah

:)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)