Author Topic: Salam Bahagia pertanyaan mengenai dasar iman Katolik  (Read 3144 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 17, 2015, 12:43:14 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Saya bantu,

secara Hukum, saya di KTP jadi Katolik demi mengurus persyaratan ke pendudukan karena di Indonesia adalah illegal untuk menikah berbeda agama.

Secara iman, saya percaya kepada Yesus Kristus... that's it. Kalau dibilang masuk aliran mana, saya juga bingung karena di Kristen, gereja-gereja nya juga menerapkan ajaran dan doktrin berbeda-beda.

Saya sekarang juga tiap minggu ke gereja Katolik tapi tidak minum dan makan roti perjamuan suci di sana dan tidak berdoa kepada bunda Maria.

Setiap minggu pula saya ke gereja Kristen bethel.

Saya tidak suka penggolongan, yang saya sukai adalah kita percaya Tuhan yang sama, hanya cara yang kita tempuh agak berbeda :)
wah 2x kebaktian :)
btw saya baru tahu kalo ktp harus ganti karena beda katolik/protestan, sebab dari yg saya lihat tidak ada kerumitan dalam pernikahan antara protestan-katolik sebab sudah disepakati bersama dan sudah di ajukan ke pihak catatan sipil tanpa perlu pindah agama salah satunya lho.
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
March 17, 2015, 12:45:15 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Waktu konseling pra nikah, Romo tersebut ada mengeluarkan surat pernyataan berjanji kepada calon istri saya. waktu itu saya bertanya, "Surat apa itu, mo?"

Dia jelaskan kalau ini surat pernyataan berjanji untuk mendidik anak-anak secara iman tetap Katolik, yang di tanda tanganin oleh calon istri (tentu saja saya tidak tanda tangan), kemudian di lanjutkan dengan penjelasan dari Romo kalau ini cuman berupa Syarat agar pernikahan Katolik dilaksanakan, di hari kedepan, iman anak itu terserah kepada orang tua nya yaitu kami berdua.


Menurut saya ini penjelasan nya cukup enak dan bisa diterima dan ini kami berdua yang mendengar langsung :)
Malah saya yang heran, ada hal demikian yang mengharuskan mendidik anak secara Katolik karena apa yang saya dengar dan jalanin itu berbeda.
wah romonya malah mengajarkan yg gak bener  ;D
harusnya sarannya romo kalo udah ada surat perjanjian yah wajib ditepati dunk  ;D
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
March 17, 2015, 12:50:26 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Saya bantu,

secara Hukum, saya di KTP jadi Katolik demi mengurus persyaratan ke pendudukan karena di Indonesia adalah illegal untuk menikah berbeda agama.

Secara iman, saya percaya kepada Yesus Kristus... that's it. Kalau dibilang masuk aliran mana, saya juga bingung karena di Kristen, gereja-gereja nya juga menerapkan ajaran dan doktrin berbeda-beda.

Saya sekarang juga tiap minggu ke gereja Katolik tapi tidak minum dan makan roti perjamuan suci di sana dan tidak berdoa kepada bunda Maria.

Setiap minggu pula saya ke gereja Kristen bethel.

Saya tidak suka penggolongan, yang saya sukai adalah kita percaya Tuhan yang sama, hanya cara yang kita tempuh agak berbeda :)

Bro, anda terdaftar sebagai Katolik, padahal anda bukan Katolik, itu sebabnya.
Segera perbaiki administrasi kependudukan anda, supaya ke depannya menjadi tanpa masalah lagi.

March 17, 2015, 12:51:49 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4332
wah romonya malah mengajarkan yg gak bener  ;D
harusnya sarannya romo kalo udah ada surat perjanjian yah wajib ditepati dunk  ;D

wah
saya juga baru denger kasus ini
jadi saya gak bisa komeng
setahu saya romo lebih ketat dari umat bro
March 17, 2015, 12:52:54 PM
Reply #44
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 43
  • Denominasi: Kharismatik
Bro, anda terdaftar sebagai Katolik, padahal anda bukan Katolik, itu sebabnya.
Segera perbaiki administrasi kependudukan anda, supaya ke depannya menjadi tanpa masalah lagi.

Tidak ada masalah dengan ktp tersebut :)
March 17, 2015, 12:55:30 PM
Reply #45
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 43
  • Denominasi: Kharismatik
wah romonya malah mengajarkan yg gak bener  ;D
harusnya sarannya romo kalo udah ada surat perjanjian yah wajib ditepati dunk  ;D

Menurut saya, kalau iman itu harus didasarkan selembar kertas yang di tanda tanganin lebih baik anak saya tidak usah menjadi Katolik sama sekali.

Nanti juga waktu besar juga anak saya bisa memilih sendiri iman yang dia rasa nyaman.
March 17, 2015, 12:55:48 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8767
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalo pandangan di karismatik keseluruhan saya gak tau, tapi di GKI ini sudah lumrah bukan kecolongan tapi memang ada prosedurnya, beberapa GBI juga ada entah disebut kecolongan ato gak  :D

yang saya maksud kecolongan bukan kayak gitu

tapi yang kayak gini :

wah romonya malah mengajarkan yg gak bener  ;D
harusnya sarannya romo kalo udah ada surat perjanjian yah wajib ditepati dunk  ;D

itu kecolongan dalam arti yang sebenarnya
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
March 17, 2015, 01:06:12 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11835
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
wah
saya juga baru denger kasus ini
jadi saya gak bisa komeng
setahu saya romo lebih ketat dari umat bro

Saya ada juga temen yang nikah dengan katolik di gereja protestan. Baru tahu saya, kalau pernikahan orang katolik di luar gereja katolik dianggap zinah.

Hukumannya apa? di ex-comuni atau gimana?
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
March 17, 2015, 01:25:04 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Tidak ada masalah dengan ktp tersebut :)

Di KTP anda tertulis Katolik, sementara anda sejatinya bukan Katolik.
Untuk apa mengakui agama yang tidak anda percaya?
Bukankah lebih tepat kalau anda menuliskan agama yang anda percaya?

March 17, 2015, 01:30:59 PM
Reply #49
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 43
  • Denominasi: Kharismatik
Di KTP anda tertulis Katolik, sementara anda sejatinya bukan Katolik.
Untuk apa mengakui agama yang tidak anda percaya?
Bukankah lebih tepat kalau anda menuliskan agama yang anda percaya?

Karena jikalau saya menulis Kristen pun saya tidak yakin Kristen yang mana. Seperti yang saya utarakan di atas, saya mengubah KTP dari Kristen ke Katolik untuk syarat perkawinan catatan sipil bukan berarti saya mengakui saya menjadi orang Katolik.

Ketika SMP, KTP saya tetap Budha selama bertahun-tahun, sedangkan saya sudah percaya dan menerima Yesus pada waktu itu.

Atau mungkin saya seharusnya tidak mengubah KTP saya, dan memaksa calon saya mengubah KTP nya menjadi Kristen walaupun dia bukan Kristen? Atau mungkin lebih bagus lagi, kita menikah di luar negri dimana antara agama masih bisa di lakukan, yang sayangnya tidak dapat kami lakukan karena kendala dana.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)