Author Topic: Menjadi Pendeta Terkenal, Baik atau Buruk?  (Read 2180 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 15, 2015, 04:34:27 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Satu yang jelas (saya pribadi) rasakan adalah, Tuhan tidak pernah membiarkan kita dalam kekurangan, segala masalah pasti bia teratasi, semua kebutuhan pasti bisa terpenuhi.

Mat 10:29   Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. 
Mat 10:31   Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit. 

Saya punya sahabat, tepatnya sahabat keluarga istri saya, seorang pendeta yang sudah emeritus. Dengan tunjangan pensiun yang sekitar 1 jutaan, harus tinggal di Jakarta, ditambah penyakit jantungnya. Jelas tidak mencukupi.

Tetapi dengan segala kemurahan yang Tuhan berikan, beliau hidup tercukupi, bahkan beberapa kali dibiayai oleh mantan jemaatnya untuk berpesiar sekaligus berobat ke AS.

Jadi, seperi yang saya katakan di atas itu, Tuhan membuktikan janjiNya. Kekayaan materi bukan merupakan berkat yang utama, karena kalau saya bandingkan kehidupan sang pendeta emeritus ini dengan pendeta super kaya yang populer, ternyata kebahagiaan hidupnya memang tidak tergantung pada materi.

Syalom
itulah nilai "kaya" itu relatif tiap orang bisa beda.
tapi hal ini tidak membuat pendeta yg kaya jadi buruk dan sebaliknya juga  :D
semua relatif dan ada maknanya sendiri sendiri.

Mat 10:29 Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. 
Mat 10:31 Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

Ya dan Amin  :afro:
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
April 15, 2015, 06:04:57 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
IMO, kalo secara metafora - seseorang bisa dikatakan "kaya", pabila apa yang dia dapet - di pov orang ybs tsb adalah cukup di saat itu tanpa mengkhawatirkan begimana nanti dapetnya disaat lain. (tentunya ini nggak yang didalem kategori dgn jalan mencuri/menipu, jadi drug dealer, dlsb loh...  :char11:...). So, "kaya" akan iman-nya (mestakung???) :happy0025:
April 15, 2015, 08:01:46 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 557
  • Spirit is perfect, matter is imperfect
  • Denominasi: Rosae Crucis
Halo apa kabar semua? :)

Gimana menurut kalian tentang pendeta yang terkenal. Mereka banyak jemaat dan secara materi juga kaya. Hidupnya relatif enak dan bisnisnya banyak (karena koneksi yang juga banyak).

Dibanding masa awal-awal Kristen, zaman sekarang jadi pendeta malah dianggap profesi.
Zaman dulu penginjil harus bertaruh nyawa. Zaman sekarang malah asik, bisa khotbah di mall.

Apakah menurut FKers hal ini suatu kemunduran atau kemajuan?

Buruk.

Sudah seharusnya pendeta hidup memperhatikan lingkungan sekitar. Jika lihat jemaat sudah berkecukupan, lihat di Indonesia masih banyak yang berkekurangan. Hartanya seharusnya diberikan kepada yang berkekurangan.

Pendeta boleh kaya dengan penghasilan multi-milyuner, tetapi kekayaan tersebut sifatnya hanya lewat untuk dibagikan kepada yang berkekurangan. Penghasilan yang dipakai untuk diri dan keluarganya dibatasi hanya sebatas berkecukupan.

Kalau sulit menentukan ukuran berkecukupan, lihat indikator ekonomi di negara tersebut berapa penghasilan yang menjadi indikasi di atas garis kemiskinan. Misalnya, biasakanlah pendeta dan keluarganya hidup dengan pengeluaran senilai UMR. Biaya pendidikan anak dan rumah diberikan sebagai tunjangan dari gereja.
For by these He has granted to us His precious and magnificent promises, so that by them you may become partakers of the divine nature, having escaped the corruption that is in the world by lust. - 2 Pet 1:4 (NASB)

Follow me on Twitter @phantomlogy
April 15, 2015, 08:48:36 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
kaya itu buruk, kalo :
- dipake foya2 doank
- tidak berbagi dengan orang lain
- dipake untuk menguasai/menindas orang lain
- dstnya yg buruk2
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
April 16, 2015, 09:21:24 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
kaya itu buruk, kalo :
- dipake foya2 doank
- tidak berbagi dengan orang lain
- dipake untuk menguasai/menindas orang lain
- dstnya yg buruk2


Betul, ibaratnya adalah orang yang cuma dapat satu talenta, dan karenanya menyembunyikan talentanya karena merasa orang lain dapat lima talenta.

April 16, 2015, 10:19:08 PM
Reply #15
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 13
  • Denominasi: Yesus Mesias Putra Tuhan bukan Tuhan

Betul, ibaratnya adalah orang yang cuma dapat satu talenta, dan karenanya menyembunyikan talentanya karena merasa orang lain dapat lima talenta.

gak nyambung brow,,,
April 16, 2015, 10:23:29 PM
Reply #16
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 13
  • Denominasi: Yesus Mesias Putra Tuhan bukan Tuhan
mau terkenal atau tidak, itu hak2nya dia kok,

gitu aja kok repot?

kaya, kaya nya duit dia kok, gitu aja kok repot?

itu kan hasil kerja kerasnya dia, emangnya gampang apa jadi terkenal?
April 22, 2015, 05:15:14 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Kalau kita kebetulan diberi Berkat (harta duniawi) yang berlebih oleh Tuhan, selayaknya kita harus selalu  rendah hati (merasa "Miskin" di hadapan-Nya) dan tetap selalu memuliakan nama-Nya di atas segalanya. Semua yang ada pada manusia  adalah milik Tuhan, kita hanya dititipkan untuk dapat dikelola dengan baik dengan dasar KASIH. Jadi buat apa kita mau pamer dan sombong, Tuhan sangat membenci itu dan Dia dapat merubah keadaan sebaliknya semudah membalikkan tangan. GBU ALL
April 23, 2015, 08:00:25 AM
Reply #18
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 148
  • Denominasi: protestan
shalom...


-"terkenal" , "baik' dan "buruk" itu...parameternya seperti apa?    jaman berubah berarti tantangan berubah..konsekuensinya parameternya juga harus diubah...

- menurut saya :  "baik" atau "buruk" dapat dilihat output dan outcomenya...seberapa besar integritasnya dan seberapa besar manfaat bagi sekelilingnya...
May 06, 2015, 05:32:19 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
Halo apa kabar semua? :)

Gimana menurut kalian tentang pendeta yang terkenal. Mereka banyak jemaat dan secara materi juga kaya. Hidupnya relatif enak dan bisnisnya banyak (karena koneksi yang juga banyak).

Dibanding masa awal-awal Kristen, zaman sekarang jadi pendeta malah dianggap profesi.
Zaman dulu penginjil harus bertaruh nyawa. Zaman sekarang malah asik, bisa khotbah di mall.

Apakah menurut FKers hal ini suatu kemunduran atau kemajuan?

bROO@ATHEIS..

Kalau konteksnya adalah Pendeta...?? Maka zaman sekarang ini gelar tsb Harus didapat dari bangku kuliah. Gelarnya pendeta adalah S.Th.
Kemudian siapa pun yang memiliki gelar kesarjannan didunia ini. maka  ada bidang pekerjaan / lapangan pekerjaan yang di masukinya sehingga dikatakan Profesinya pun sudah jelas. Ada bidang pekerjaan yang di masuki dan digelutinya. syukur syukur dengan back ground pendidikan yang disandangnya.

Nah..Seorang Pendeta dng profesinya sebagai seorang pengkhotbah, maka jiak dilakukan dalam koridor yang benar dan sesuai aturan, maka PENDETA  tsb tidak boleh dislahkan untuk menerima upah dari jerih payahnya sebagai seorang profesional dalam bidang pekerjaannya sebagaimana gelar / titel yang disandangnya.

Kemudian jika seoarang Pendeta tsb jadi terkenal dan banyak Jemaatnya..?? Maka itu adalah suatu karunia berkat dari Allah sendiri yang mana FIRMAN NYA diberitakan oleh si Pendeta tsb kesemua orang dunia ini.
Nahh..kemudian dari segi finansial sipendeta itu menjadi melimpah dan kaya raya...?? Ya PUJI TUHAN banget. Tinggal bagaimana sudut pandang manuisa-manusia yang memiliki ukuran masing masing dalam memandang fenomena tsb.

Jadi soal Pendeta bisa kaya dan bisa biasa-biasa saja dari segi finansialnya..dan ketenarannya dalam bidangnya..maka lagi-lagi semua itu berpulang dari masing masing manuisia memandangnya. Yang penting semua pendeta tsb tetep berjalan seiring dng Firman Tuhan dan Tuhan Sendiri membimbing dan memeimpiinnya dalam sepang terjangnya.

Sehingga jika dilihat dari segi kemunduran ataupun kemajuan jika dibandingkan dengan zaman mula-mula kekeristenan itu ada. Mak sudah tentu kemajuannya sudah pesat, kemudian apakah segi  kwalaitasnya pun maju..??
sudah pasti kwalitasnya sama akan tetapai cara penyampaiannya yang sudah berbeda sesuai dng kemajuan zaman. baik di segi teknoOogi PEWARTAAN nya maupun kemajuan secara sosial masyarakat dllnya..

Mungkin seperti itu pendapat saya..

Salam GBU...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)