Author Topic: Doktrin Mariology : Gereja itu jamak  (Read 729 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 04, 2015, 03:39:22 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1179
Sedangkan posisi dya: menyatakan bhw Perempuan berselubung matahari (Why 12:1) adalah BUKAN Maria, tetapi Gereja.

Dengan demikian, tugas Dya adalah:
1. membuktikan bhw yg dilihat John itu JAMAK.
..dst..
Dan jawab yg nyambung jangan mengalihkan persoalan seperti biasanya ketika kamu sudah kepojok tidak sanggup menjawab !

Untuk membela doktrin mariologi, maka konsekuensinya para penganut doktrin ini harus ngotot bahwa gereja adalah JAMAK. Jika tunggal, maka bukanlah gereja.

Nah gereja yaitu pengantin Kristus itu dalam Alkitab adalah singular atau plural ?

Silahkan   :D


GBU
June 04, 2015, 04:33:26 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1179
Pertama-tama, @icxcnika bukan orang yang anti Maria. Bahkan, di vespers kami mempunyai akathist to the Theotokos. Akan tetapi, doktrin Immaculate Conception hanya berlaku di Gereja Katolik Roma. Kepercayaan Orthodox yaitu:


The Immaculate Conception is a Roman Catholic dogma which asserts that Mary, the mother of Jesus, was preserved by God from the transmission of original sin at the time of her own conception. Specifically the doctrine says she was not afflicted by the privation of sanctifying grace which afflicts mankind, but was instead filled with grace by God, and furthermore lived a life completely free from sin. It is commonly confused with the doctrine of the virginal conception of Christ, though the two doctrines deal with separate subjects.

Most Orthodox reject the dogma of the Immaculate Conception as unnecessary and wrong. Because Orthodoxy does not see ancestral sin as an inheritance of guilt or a stain, there is no reason for the miraculous removal of either. Nonetheless, Orthodox tradition does hold that the Theotokos remained free of personal sin, a belief shared with some reformers such as Martin Luther

Sumber diambil dari: http://orthodoxwiki.org/Immaculate_Conception


Menurut @icxcnika , menjelaskan perbedaan pandangan tiap-tiap gereja tentang Maria itu bukan berarti anti Maria. Akan tetapi, orang-orang yang kerap kali bilang mereka tidak anti kepada Maria, tidak menunjukkan itu :D bisakah kita menjelaskan tanpa ada unsur-unsur mengecilkan Maria? :)

Dan tentang komentar @cinta_bhinneka tentang kutipan 2 Tessalonika 2:15, dari ayat itu kitapun bisa mengetahui bahwa ajaran lisan tidak selalu tertulis.


Ps: saya refer diri sy sbg @icxcnika utk hindari kebingungan saat di quote xD


Jadi doktrin Maria Immaculata ini adalah unnecessary and WRONG.
Ya udah kitabahas topik lain aja yang berguna daripada meributin hal-hal keliru dan juga unnecessary. Buang-buang waktu.   :)

Thanks atas postingannya, singkat, jelas, padat, dan berbobot.  Postingan begini yang mantap, kebanyakan member kalo memposting sesuatu apalagi berkenaan Mariologi serba tidak jelas, bercabang, dan plintat-plintut. Kadang ngotot "A benar", kadang bilang "A salah".

GBU
June 04, 2015, 05:16:21 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4332
Untuk membela doktrin mariologi, maka konsekuensinya para penganut doktrin ini harus ngotot bahwa gereja adalah JAMAK. Jika tunggal, maka bukanlah gereja.

Nah gereja yaitu pengantin Kristus itu dalam Alkitab adalah singular atau plural ?

Silahkan   :D


GBU

kalau membaca tulisan sis sdt
maksudnya bukan seperti topik yang anda tulis mas

maaf
cara diskusi seperti ini kurang elegan
June 04, 2015, 05:17:14 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4332
Jadi doktrin Maria Immaculata ini adalah unnecessary and WRONG.
Ya udah kitabahas topik lain aja yang berguna daripada meributin hal-hal keliru dan juga unnecessary. Buang-buang waktu.   :)

Thanks atas postingannya, singkat, jelas, padat, dan berbobot.  Postingan begini yang mantap, kebanyakan member kalo memposting sesuatu apalagi berkenaan Mariologi serba tidak jelas, bercabang, dan plintat-plintut. Kadang ngotot "A benar", kadang bilang "A salah".

GBU

gak nyambung sama topik
tp terserah anda dech sebagai ts


June 04, 2015, 05:18:45 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4332
Jadi doktrin Maria Immaculata ini adalah unnecessary and WRONG.
Ya udah kitabahas topik lain aja yang berguna daripada meributin hal-hal keliru dan juga unnecessary. Buang-buang waktu.   :)

Thanks atas postingannya, singkat, jelas, padat, dan berbobot.  Postingan begini yang mantap, kebanyakan member kalo memposting sesuatu apalagi berkenaan Mariologi serba tidak jelas, bercabang, dan plintat-plintut. Kadang ngotot "A benar", kadang bilang "A salah".

GBU


Full title of Mary

The title Our All-holy, immaculate, most blessed and glorified Lady, the Theotokos and Ever-Virgin Mary (Greek: Τῆς Παναγίας, ἀχράντου, ὑπερευλογημένης, ἐνδόξου, δεσποίνης ἡμῶν Θεοτόκου καὶ ἀειπαρθένου Μαρίας)[1] is often used in Orthodox services when Mary is mentioned.
1. All-holy
The title Panagia (all-holy) never was a subject of dogmatic definition, but it is accepted and used by all Orthodox. This is because she is the supreme example of cooperation between God and the free will of man. "Behold the handmaid of the Lord; be it unto me according to your word" (Luke 1:38). Sometimes Mary is called the New Eve because her obedient submission to the will of God offset Eve's disobedience in Paradise.
2. Immaculate
The Orthodox Church calls Mary "immaculate," "pure," or "spotless" (achrantos in Greek). Some Orthodox state that she was free from actual sin, some say she never sinned, and others just say she died sinless.
As for original sin and the Roman Catholic doctrine of the Immaculate Conception, the Orthodox Church has never made any formal and definitive pronouncement on the subject. The majority of Orthodox have rejected the doctrine, for it seems to separate Mary from the rest of mankind, putting her in a completely different class from all the other righteous men and women of the Old Testament. It is important that Mary was the same as all mankind so that all Christians can follow her example and submit to God's will. Mary was born a sinner, a human with full human nature. Mary’s Son, Jesus the Christ, took flesh from her. So as Son of God, He assumed fallen human nature from her and redeemed humanity by His Crucifixion and Resurrection. Also, the original doctrine of the Immaculate Conception (1869) implies an understanding of original sin not held by the Orthodox Church.
3. Most blessed and glorified Lady
The Orthodox Church honors the Mother of God on account of the Son. St. Cyril of Alexandria, along with the Fathers of the Council of Ephesus, insisted on calling Mary "Theotokos" not just to glorify her, but to safeguard a right doctrine of Christ's person, the Incarnation. Orthodox Christians feel that one cannot really believe in the Incarnation and not honor Mary.
4. the Theotokos
See above. This is often translated as "the Mother of God."
5. ever Virgin Mary
See below. The Orthodox Church honors Mary as "ever Virgin." In iconography, her virginity before, during, and after the birth of Christ is represented by three stars on her shoulders and forehead.[2]

copy from http://orthodoxwiki.org/Theotokos
June 04, 2015, 05:36:47 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1179
Full title of Mary

The title Our All-holy, immaculate, most blessed and glorified Lady, the Theotokos and Ever-Virgin Mary (Greek: Τῆς Παναγίας, ἀχράντου, ὑπερευλογημένης, ἐνδόξου, δεσποίνης ἡμῶν Θεοτόκου καὶ ἀειπαρθένου Μαρίας)[1] is often used in Orthodox services when Mary is mentioned.
1. All-holy
The title Panagia (all-holy) never was a subject of dogmatic definition, but it is accepted and used by all Orthodox. This is because she is the supreme example of cooperation between God and the free will of man. "Behold the handmaid of the Lord; be it unto me according to your word" (Luke 1:38). Sometimes Mary is called the New Eve because her obedient submission to the will of God offset Eve's disobedience in Paradise.
2. Immaculate
The Orthodox Church calls Mary "immaculate," "pure," or "spotless" (achrantos in Greek). Some Orthodox state that she was free from actual sin, some say she never sinned, and others just say she died sinless.
As for original sin and the Roman Catholic doctrine of the Immaculate Conception, the Orthodox Church has never made any formal and definitive pronouncement on the subject. The majority of Orthodox have rejected the doctrine, for it seems to separate Mary from the rest of mankind, putting her in a completely different class from all the other righteous men and women of the Old Testament. It is important that Mary was the same as all mankind so that all Christians can follow her example and submit to God's will. Mary was born a sinner, a human with full human nature. Mary’s Son, Jesus the Christ, took flesh from her. So as Son of God, He assumed fallen human nature from her and redeemed humanity by His Crucifixion and Resurrection. Also, the original doctrine of the Immaculate Conception (1869) implies an understanding of original sin not held by the Orthodox Church.
3. Most blessed and glorified Lady
The Orthodox Church honors the Mother of God on account of the Son. St. Cyril of Alexandria, along with the Fathers of the Council of Ephesus, insisted on calling Mary "Theotokos" not just to glorify her, but to safeguard a right doctrine of Christ's person, the Incarnation. Orthodox Christians feel that one cannot really believe in the Incarnation and not honor Mary.
4. the Theotokos
See above. This is often translated as "the Mother of God."
5. ever Virgin Mary
See below. The Orthodox Church honors Mary as "ever Virgin." In iconography, her virginity before, during, and after the birth of Christ is represented by three stars on her shoulders and forehead.[2]

copy from http://orthodoxwiki.org/Theotokos

Sory postingannya salah masuk.  Tadi traffic dari luar Indonesia khusus ke FK error,  muter-muter terus. Mungkin karena tampak hang saya pencet-pencet mouse postingannya salah masuk ke trit lain :)

Dipindah saja ke trit yang sesuai.


GBU
June 06, 2015, 08:25:21 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Untuk membela doktrin mariologi, maka konsekuensinya para penganut doktrin ini harus ngotot bahwa gereja adalah JAMAK. Jika tunggal, maka bukanlah gereja.

Nah gereja yaitu pengantin Kristus itu dalam Alkitab adalah singular atau plural ?

Silahkan   :D


GBU
Menurut saya: pertanyaan diatas itu merupakan pertanyaan asbun krn didasari dari logika dari pendapatnya dya yg amburadul (maaf).

Alasannya:
1. yohanes saat itu TIDAK melihat sebuah kata tertulis "gereja" melainkan:
- pada why 12:1 = ia melihat SEORANG perempuan ...
- pada why 12:5 = ia melihat SEORANG perempuan, SEORANG Anak Laki2.

2. pada ayat why 12:1, 5 tidak tertulis kalimat ie; "Gereja/Jemaat yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum"



Logika:
1. ketika saya melihat kumpulan believers (jamak), saya katakan bhw saya melihat Jemaat (yg singular itu bentuk kata dlm tulisan, sedangkan realitanya itu kumpulan believers-jamak)

2. jadi kalo saya melihat TULISAN "Jemaat" = ya memang kata itu bentuk singular

3. adapun kalo saya melihat KUMPULAN ORANG2 PERCAYA = ya itulah pengertian JEMAAT secara realitanya.

4. so, jika yg dilihat yohanes wkt itu adalah kumpulan believers, maka ia akan menulis ie: "Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Jemaat berselubungkan matahari,..." atau  "Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: suatu kumpulan orang2 percaya berselubungkan matahari,..."

5. sebagaimana di ayat 7, ia melihat Mikhael (singular) dan malaikat2nya (jamak), naga (singular) dan malaikat2nya (jamak) maka ia tuliskan apa adanya: "Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,"



Maka, pertanyaan dya itu langsung saya counter... (cf. why 12:1,5):
1.  buktikan bhw:
a. yg dilihat yohanes waktu itu adalah sebuah kalimat yg tertulis "Gereja/Jemaat yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum"
b. poin 1a-lah yg yohanes lihat namun yohanes dgn sengaja berbohong krn ia tidak menuliskan apa yg ia lihat seperti poin 1a pada ayat termaksud, melainkan menulis kata "perempuan", "Anak laki2" pada ayat termaksud.

atau

2. buktikan bhw:
a. yg dilihat yohanes waktu itu adalah suatu kumpulan orang2 percaya yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum
b. tidak ada Yesus, rasul2, Maria, the saints yg tlah almarhum pada kumpulan poin 2a tsb
c. poin 2a dan 2b-lah yg yohanes lihat namun yohanes dgn sengaja berbohong krn tidak menuliskan apa yg ia lihat seperti poin 2a,b pada ayat termaksud, melainkan menulis kata "perempuan", "Anak laki2" pada ayat termaksud.

atau

3. jika anda tidak dapat membuktikan poin pertanyaan SdT poin 1 dan 2, maka buktikan langsung berdasarkan text ayatnya bhw ayat Why 12:1, 5 tertulis kalimat ie; "Gereja/Jemaat/kumpulan org2 percaya yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum YANG MANA tidak ada Yesus, rasul2, Maria, the saints yg tlah almarhum pada kumpulan tsb"


Sebab argumen dya valid hanya jika dya mampu membuktikan salah satu dari poin 1,2,3 pertanyaan SdT diatas...

Silahkan.


« Last Edit: June 06, 2015, 10:22:02 AM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 06, 2015, 12:04:30 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1179
Silahkan sista berembuk dulu dengan teman-teman sista,doktrin katolik mana yang benar : gereja itu plurar atau gereja itu singular.  Biasanya saya kalau diskusi dengan sista dkk suka dibuat bingung, sering ngotot A benar tetapi pada argumentasi yang lain  ngotot A salah. Double face   :)

Gereja hanya yang didirikan Yesus di atas Petrus. Jika ada yang lain, itu hanya mengaku-aku. Gereja itu hanya satu, kudus, katolik, dan apostolik.  ...dst..

Salam logika macam-macam.

dengan hormat juga bro JJ,

dalam perpektif katolik. bahwa GerejaNya adalah: SATU, KUDUS, KATOLIK, DAN APOSTOLIK. jadi karena Gereja itu hanya SATU. maka ..dst...  --->(ini cuma retorika doang apa beneran ??? <Dya4^_^>)

dan masih banyak lagi kalau saya mau kutip, tulisan2 retorika, di mana pada kesempatan lain argumentasi seperti di atas akan dibantahnya sendiri.   :)


GBU
« Last Edit: June 06, 2015, 12:14:36 PM by Dya4^_^ »
June 06, 2015, 12:33:11 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Silahkan sista berembuk dulu dengan teman-teman sista,doktrin katolik mana yang benar : gereja itu plurar atau gereja itu singular.  Biasanya saya kalau diskusi dengan sista dkk suka dibuat bingung, sering ngotot A benar tetapi pada argumentasi yang lain  ngotot A salah. Double face   :)

dan masih banyak lagi kalau saya mau kutip, tulisan2 retorika, di mana pada kesempatan lain argumentasi seperti di atas akan dibantahnya sendiri.   :)


GBU
Lho anda belum juga mampu mempertahankan konsep anda sendiri ???

1.  buktikan bhw:
a. yg dilihat yohanes waktu itu adalah sebuah kalimat yg tertulis "Gereja/Jemaat yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum"
b. poin 1a-lah yg yohanes lihat namun yohanes dgn sengaja berbohong krn ia tidak menuliskan apa yg ia lihat seperti poin 1a pada ayat termaksud, melainkan menulis kata "perempuan", "Anak laki2" pada ayat termaksud.

atau

2. buktikan bhw:
a. yg dilihat yohanes waktu itu adalah suatu kumpulan orang2 percaya yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum
b. tidak ada Yesus, rasul2, Maria, the saints yg tlah almarhum pada kumpulan poin 2a tsb
c. poin 2a dan 2b-lah yg yohanes lihat namun yohanes dgn sengaja berbohong krn tidak menuliskan apa yg ia lihat seperti poin 2a,b pada ayat termaksud, melainkan menulis kata "perempuan", "Anak laki2" pada ayat termaksud.

atau

3. jika anda tidak dapat membuktikan poin pertanyaan SdT poin 1 dan 2, maka buktikan langsung berdasarkan text ayatnya bhw ayat Why 12:1, 5 tertulis kalimat ie; "Gereja/Jemaat/kumpulan org2 percaya yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum YANG MANA tidak ada Yesus, rasul2, Maria, the saints yg tlah almarhum pada kumpulan tsb"


Sebab argumen dya valid hanya jika dya mampu membuktikan salah satu dari poin 1,2,3 pertanyaan SdT diatas...


Jawab yg nyambung jangan mengalihkan persoalan kalau sudah kepojok tidak sanggup menjawab !
Masih wa tunggu juga jawaban yang mantap dan jelas ajaran Alkitabnya walau semakin tipis harapan akan hasilnya !



Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 06, 2015, 01:17:34 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1179
um....      :onion-head48:


Muter-muter gak jelas juntrungannye   :tongue:


GBU
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)