Author Topic: Jadilah Kristen, bukan katolik,bukan protestan  (Read 1318 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 27, 2015, 10:50:01 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9216
Alkitab yang sama, ayat yang sama, bisa memiliki pengertian berbeda jika dilihat dengan cara pandang Katolik, Protestan, Orthodox ataupun Pntekosta, sis.

Jika perbedaan cara pandang itu kemudian diclaim sebagai kebenaran mutlak, maka bukan lagi ALkitab yang jadi panutan, tetapi justru carapandangnya.

Gampang Bro, saya setuju dengan anda.

Dasar dari denom dapat kita lihat latar belakangnya.

Katolik berdasarkan Megisterium dan tradisi.

Protestan berdasarkan Alkitab, hanya yang masih suam suam kuku dan yang sudah kharismatik.

Pentakosta, berdasarkan Alkitab, lebih menekankan karunia ROH KUDUS.

Sehingga kita dapat hindari yang berlebihan dan berpusat pada yang tertulis di Alkitab saja.

Memang penafsiran berbeda, tapi tidak akan terlalu jauh , dan saya percaya pada bimbingan ROH KUDUS, dnegan menggumulin terus Firman Tuhan.

Contohnya banyak ajaran ajaran yang mula mula tidak dapat diterima dan dimengerti, ditekuni lama lama terbuka pikiran dan mengerti apa yang dimaksud Alkitab.

Memang memerlukan ketekunan dan banyak baca buku buku bro, tidak gampang .

Tapi saya percaya setiap orang diberi bertahap tahap atau progresif, tidak langsung instan.
June 27, 2015, 10:57:02 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
Gampang Bro, saya setuju dengan anda.

Dasar dari denom dapat kita lihat latar belakangnya.

Katolik berdasarkan Megisterium dan tradisi.

Protestan berdasarkan Alkitab, hanya yang masih suam suam kuku dan yang sudah kharismatik.

Pentakosta, berdasarkan Alkitab, lebih menekankan karunia ROH KUDUS.

Sehingga kita dapat hindari yang berlebihan dan berpusat pada yang tertulis di Alkitab saja.

Memang penafsiran berbeda, tapi tidak akan terlalu jauh , dan saya percaya pada bimbingan ROH KUDUS, dnegan menggumulin terus Firman Tuhan.

Contohnya banyak ajaran ajaran yang mula mula tidak dapat diterima dan dimengerti, ditekuni lama lama terbuka pikiran dan mengerti apa yang dimaksud Alkitab.

Memang memerlukan ketekunan dan banyak baca buku buku bro, tidak gampang .

Tapi saya percaya setiap orang diberi bertahap tahap atau progresif, tidak langsung instan.

yakin nih anda berdasarkan Alkitab??

wkwk...
June 28, 2015, 01:18:45 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2315
  • Gender: Male
  • Merdeka dalam Kristus
    • Christian Sermons
  • Denominasi: Kristen Trinitarian
suam2 kuku? yg suam2 kuku itu yg "ah gimana lu aja..ke gereja sok...ngga jg gpp" (tengah2 juga malah "terserah lu aja")
"Iman lu mah ya udh gitu itu bukan urusan gw" (ngga panas (percaya penuh), ngga dingin (tdk percaya), malah tengah2)
Ditanyain: "Milih aktif misal kaya ikut paduan suara ato diam saja?" (Kedua2nya sama2 panas, tdk dingin) jawab: "ah tengah2 aja selang-seling, kadang ikut kadang ngga" (malah milih tengah2, hangat, suam2 kuku)
Trrus ada yg protestan "udah karismatik"
Belom tentu juga buat yg panas juga belom tentu
jadi,ada "suam2 kuku, panas, panas+karismatik (penuh ROH KUDUS)"
itu pendapat saya
CMIIW

Kemajuan saya, saya udh mulai ke gereja protestan 3 kali, cuma masih bingung soal baptis ulang/tdk. Kalo nanya ke gotquestions.org jawabannya "kalo dibaptis pas bayi, lebih baik baptis ulang, kalo pas udh besar, kalo "tdk yakin" aka  Kristus lbh baik baptis ulang, kalo tiak jgn. Kalo bingung soal baptisan tdk alkitabiah lebih baik baptis ulang"
Nah saya nganggap alkitabiah sama tdk alkitabiah (suam2 kuku baptisan, antara alkitabiah atau tdk alkitabiah), karena : forma alkitabiah, tapi caranya tdk alkita iah
« Last Edit: June 28, 2015, 01:27:31 PM by teddyttd »
I don't stuck up with doctrines, with doctrines people judged each other, but I keep learning, so that I can reach the true wisdom.
June 28, 2015, 01:57:39 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1542
  • Denominasi: Gak tau dah...
Nah saya nganggap alkitabiah sama tdk alkitabiah (suam2 kuku baptisan, antara alkitabiah atau tdk alkitabiah), karena : forma alkitabiah, tapi caranya tdk alkita iah
1. Yang format alkitabiah itu yang bagaimana?
2. Yang cara alkitabiah itu yang bagaimana?
June 28, 2015, 02:03:28 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2315
  • Gender: Male
  • Merdeka dalam Kristus
    • Christian Sermons
  • Denominasi: Kristen Trinitarian
Dari gotquestions.org & dr pelajaran agama & dr alkitab & dr pendapat sendiri :
-Forma : dibaptis dalam nama Bapa Anak/Putra dan ROH KUDUS
-Cara : dibaptis itu "menyelamkan/menenggelamkan diri" (gotquestions.org)
I don't stuck up with doctrines, with doctrines people judged each other, but I keep learning, so that I can reach the true wisdom.
June 28, 2015, 02:46:40 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Dari gotquestions.org & dr pelajaran agama & dr alkitab & dr pendapat sendiri :
-Forma : dibaptis dalam nama Bapa Anak/Putra dan ROH KUDUS
-Cara : dibaptis itu "menyelamkan/menenggelamkan diri" (gotquestions.org)


Yang bold itu, baoleh anda cari di Alkitab tidak akan ketemu....

June 28, 2015, 04:04:41 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1542
  • Denominasi: Gak tau dah...
Dari gotquestions.org & dr pelajaran agama & dr alkitab & dr pendapat sendiri :
-Forma : dibaptis dalam nama Bapa Anak/Putra dan ROH KUDUS
-Cara : dibaptis itu "menyelamkan/menenggelamkan diri" (gotquestions.org)
Maka menurut Anda sendiri, apakah para rasul dan semua orang percaya yang berkumpul di satu tempat pada hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2:1) sudah dibabtis dengan format yang benar, yaitu dibabtis dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS?
July 21, 2018, 10:25:38 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Maksud "pribahasa" itu gimana ya...?
soalnya kalo misal : "ikuti perkataan Kristus, jadikan bible sbg pedoman hidup, dan ikuti dan taati aturannya" protestan juga gitu
Misal ibadah itu yg serius, hatinya hrs bersih, jgn memberhalakan sesuatu" protestan jg begitu
jadi maksud "pribahasa": jadilah Kristen bkn katolkk bukan protestan itu gimana ya..?
Menurut pendapatku, perkataan seperti judul trit ini adalah dari orang yang pernah kecewa kepada oknum-oknum yang menamakan diri aktifis gereja.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
July 25, 2018, 11:44:56 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 780
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
@SP

Dari gotquestions.org & dr pelajaran agama & dr alkitab & dr pendapat sendiri :
-Forma : dibaptis dalam nama Bapa Anak/Putra dan ROH KUDUS
-Cara : dibaptis itu "menyelamkan/menenggelamkan diri" (gotquestions.org)

Maka menurut Anda sendiri, apakah para rasul dan semua orang percaya yang berkumpul di satu tempat pada hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2:1) sudah dibabtis dengan format yang benar, yaitu dibabtis dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS?

Atau kita bahas yg merah2 itu saja dulu, Bro!
Soalnya banyak org yg rela dibabtis dua kali
Ada yg bilang tak afdol jika tak di S.Yordan
Pls, pendapatmu!

Salam Damai!
« Last Edit: July 25, 2018, 11:47:31 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
July 29, 2018, 06:07:57 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1709
beberapa gereja menggunakan format baptis selam dgn argumen bahwa Tuhan Yesus dibaptis di sungai Yordan dengan cara demikian, mengenai kenapa di beberapa gereja lain malah berubah formatnya jadi baptis percik ane juga ga telalu paham sih (mungkin ada yg bisa bantu kasih pencerahan?).
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)