Author Topic: perlukah gereja introspeksi diri jika jemaatnya pada pindah ke gereja lain?  (Read 404 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 05, 2015, 03:33:55 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1709
barangkali memang ada yg salah dgn gerejanya yg turut menyebabkan jemaatnya jd ga betah di gereja tsb??kan ga fair juga klo lempar kesalahan ke pihak jemaat mulu(barangkali masalahnya memang ada di 'dapur'nya sendiri)??
July 05, 2015, 04:32:31 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
barangkali memang ada yg salah dgn gerejanya yg turut menyebabkan jemaatnya jd ga betah di gereja tsb??kan ga fair juga klo lempar kesalahan ke pihak jemaat mulu(barangkali masalahnya memang ada di 'dapur'nya sendiri)??
ah sapa bilang kalo jemaat pindah gereja lalu salah gereja ??
yah pasti salah jemaatnya ngapain pindah rumah  ;D ;D

silahkan yg lain  :cheesy:
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
July 05, 2015, 05:47:19 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Ibarat statiun TV atau radio, ada banyak, begitu juga forum diskusi, bakan gereja, tinggal pilih sesuai selera. Kalau yang senang dangdut tentu salah kalau pilih CNN, kalau yang senang berita kemudian pilih TPI ya jelas keliru.

;D ;D ;D
July 05, 2015, 07:36:42 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1308
Jelas ada kesalahan dipengurusan gereja tsb , tak ada yg menarik di gereja tsb shg dijauhi orang ( mungkin salah satunya terlalu banyak membicarakan uang persembahan ato jemaatnya ber  grup2 an dlsb )
July 05, 2015, 09:23:14 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1709
klo di satu gereja bisa ada banyak pengerja(yg rajin pelayanan plus karakternya terbukti baik) yg pada pindah ke gereja/denom lain seiring waktu berjalan kok saya ngerasanya ada yg janggal ya(kayaknya bukan sekedar masalah pindah gereja biasa)?klo nyalahin jemaat mulu sih sampe kiamat juga 'dapur'nya ga akan dibenahi.ya namanya juga manusia sih maunya cari yg gampang2/instan aja(klo berbenah 'dapur' kan repot & capek prosesnya,jadi mendingan salahin jemaat terus aja biar ga perlu repot berbenah),at least begitu sih klo dipikir dgn logika(ibarat klo bisa tinggal nyeduh kopi instan sachetan ngapain repot2 bikin minuman kopi pake cara tradisional/manual??  ;D ) .
« Last Edit: July 05, 2015, 09:38:33 PM by jegan2000 »
July 05, 2015, 09:36:38 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4615
  • Gender: Male
barangkali memang ada yg salah dgn gerejanya yg turut menyebabkan jemaatnya jd ga betah di gereja tsb??kan ga fair juga klo lempar kesalahan ke pihak jemaat mulu(barangkali masalahnya memang ada di 'dapur'nya sendiri)??

Pemikiran yang rasional.

Gereja adalah sebuah komunitas sosial, dimana dipengaruhi juga oleh jaman dan budaya tiap generasi. Kebanyakan perpindahan jemaat terjadi saat ada gap generasi dalam gereja, dimana orang-orangnya menjadi dewasa tetapi tidak mendapat wadah untuk mereka lantaran generasi tua masih tetap dengan gaya lama mereka dan tidak beradaptasi dengan perubahan yang ada disekitarnya, baik dalam gereja itu sendiri maupun diluar gereja, lingkungan bermasyarakat.

Saat soerang merasa aspirasinya tidak tertampung, merasa tidak lagi menjadi bagian dari komitas karena tersisihkan, maka kecenderungan mereka akan pindah gereja. Secara logis memang ini adalah ketidak mampuan dalam menampung segala lapis generasi dan perkembangan usia dan berubahan status sosial. Tetapi disisi lain, jemaat yang memutuskan pindah juga tidak mempunyai kemampuan untuk berdapatasi saat didalam dirinya atau kehidupannya berubah.

Masing-masing harus intropeksi diri, memakai Alkitab sebagai panduan bersama. Memang paling mudah yang lebih besar (berkuasa) menyalahkan yang lemah (personal). Namun jangan menjadi putus asa, sebab seharusnya dimana kita berada kita dapat menjadi berkat. Menjadi berkat tidak harus kita terlebih dahulu menerima yang manis dan baik, bahkan saat kita menerima yang kurang baikpun kita tetap menjadi berkat dan terang bagi semua orang.

Jadi mari kita berhenti saling menyalahkan dan mulailah lembaran baru. Sebab kita semua adalah jemaat Allah, digembalakan oleh Gembala Agung yaitu Kristus dan diajar oleh satu guru yaitu ROH KUDUS. Masing-masing gereja, TUHAN-lah yang mengirim jemaat untuk dibina dan digembalakan disana.

Seperti halnya anak-anak, waktu kecil orang tuanya menaruh di sekolah A, tetapi saat sudah beranjak dewasa dipindahnya ke sekolah B. Semua agar kita dapat bertumbuh menjadi seperti Kristus.
July 21, 2018, 09:46:51 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Kupikir, hal introspeksi harus dilakukan senantiasa.
Tuhan Yesus Kristus hanya sekali mendirikan jemaatNya yang tidak akan dikuasai alam maut.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)