Author Topic: pengertian "the Word" antara sebelum dan sesudah Yesus mati ?  (Read 2186 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 04, 2015, 09:01:25 AM
Reply #60
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 59
Pengertian yang sangat .....

Seorang teroris yng melakukan bom bunuh diri, mati bersama 200 korbannya, karena mati maka sudah tidak berdosa, langsung masuk sorga bersama 72 bidadari....
Roma 6:7 
Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.
August 04, 2015, 11:57:33 AM
Reply #61
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Roma 6:7 
Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.


Maka untuk apa ada neraka? Atau neraka itu tidak ada bagi kepercayaan anda?
Atau mereka yang ke neraka tidak mati tetapi berangkat hidup hidup?

 :coolsmiley:
August 04, 2015, 10:25:20 PM
Reply #62
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 59

Maka untuk apa ada neraka? Atau neraka itu tidak ada bagi kepercayaan anda?
Atau mereka yang ke neraka tidak mati tetapi berangkat hidup hidup?

 :coolsmiley:

yg bilang gak ada neraka siapa ?
makanya ngaku Kristen baca Alkitab mas.


August 04, 2015, 10:30:43 PM
Reply #63
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
yg bilang gak ada neraka siapa ?
makanya ngaku Kristen baca Alkitab mas.

Oh, kamu baca Alkitab?

Lantas yang kasih kamu 'idea cemerlang' orang yang sudah mati bebas dari dosa itu siapa?

Bagaimana ke neraka kalau tidak mati? Kalau sudah mati dan bebas dari dosa ngapain ke neraka?


Nah, coba jawab....

 ;D ;D ;D
August 06, 2015, 04:57:34 PM
Reply #64
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12959
    • fossil coral cantik
Nah, sekarang saya kembali ke kalimat ungu di atas, bahwa lahir kembali menjadi satu paket dengan ketika seseorang bertobat/percaya. Saya terpaksa mengambil lagi kutipan yang sudah saya ajukan.
"Barangsiapa percaya kepada-Ku, dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup", ini adalah janji-Nya. Dia tidak berkata, "Barangsiapa percaya kepada-Ku, mungkin dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."
Ya... saya tidak sedang berpendapat demikian kok bla.



Quote
Yohanes 7:37-39
37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!
38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."
39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.
berikut adalah pemikiran secara nonK yang (imo) lebih logis ... hehehe...  :char11:

IMO,
1. berdasarkan kalimat merah maka [ayat 38 tanpa kalimat merah] adalah kalimat pengulangan. So... pengertiannya secara sbb : di kitab para Nabi telah mengandung kalimat (so, bukan secara blekplek bunyinya) yang pengertiannya spt sbb : Barangsiapa percaya kepada-Ku, Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup ---> so, this is "The Word" yang sudah ada di jaman sebelon Yesus ada di bumi, "tertulis" dgn tanda petik di kitab Nabi walopun tidak tertulis secara blekplek.

2. ayat 39 : adalah narasi/komentar si penulis.
Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya;
Roh itu akan DIterima OLEH orang yang percaya kepada-Nya.

sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan
Q : Yesus belon dimuliakan oleh siapa ?
A Kekristenan : Yesus belon DImuliakan OLEH Bapa.
A odading : Yesus belon DImuliakan OLEH orang yang percaya kepada-Nya.

3. Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup
Q1 : dari mana sumber air hidup tsb ?
A1 odading : dari Allah ---> absolut, segala jaman.

Q2 : apakah Yesus = Allah ?
A2 Kekristenan : YA.
A3 odading : whatever sebutan/namaNya ... Allah is Allah.

Q3 : apakah [sumber air hidup] tidak eksis, tidak mengalir (macet) karena Allah itu sendiri belon mati ?
A3 Kekristenan : YA.
A3 odading : TIDAK. [sumber air hidup] eksis dan mengalir ke orang2 yang [percaya kepada Allah DAN telah memuliakanNya] di segala jaman.

Q4 : apakah [sumber air hidup] tidak eksis, tidak mengalir (macet) karena Allah itu sendiri belon mati ?
A4 Kekristenan : [sumber air hidup] itu eksis namun tidak mengalir dikarenakan tidak eksis satupun orang2 yang [percaya kepada Allah DAN telah memuliakanNya]
A4 odading : memberi komentar A4 Kekristenan ---> maksa  :char11:

Q5 : apakah [sumber air hidup] tidak eksis, tidak mengalir (macet) karena Allah itu sendiri tidak pernah DImuliakan OLEH satu orang [OT believer] PUN didalam kurun sekian ribu tahun s/d Allah mati ?
A5 Kekristenan : YA... tidak ada satu [OT believer] PUN pernah memuliakan Allah - oleh karena itu [sumber air hidup] ini nggak bisa mengalir.
A5 odading : memberi komentar A5 Kekristenan ---> maksa  :char11:

Q6 odading : jadi yang mana yang bener ?
X. [sumber air hidup] tidak eksis KARENA Allah itu sendiri belon mati
Y. [sumber air hidup] eksis di segala jaman, namun tidak bisa mengalir KARENA Allah itu sendiri belon mati
Z. [sumber air hidup] eksis di segala jaman namun tidak bisa mengalir KARENA di pov Allah tidak eksis satupun orang2 yang [percaya kepada Allah DAN telah memuliakanNya] dalam kurun waktu ribuan tahun tsb.
A5 Kekristenan : monggooo... silahken di pilih itu XYZ :char11:

begimana menurut bla ?

edit :
X. [sumber air hidup] tidak eksis, tidak bisa mengalir (macet) KARENA Allah itu sendiri belon mati

menjadi

X. [sumber air hidup] tidak eksis KARENA Allah itu sendiri belon mati
« Last Edit: August 10, 2015, 06:05:48 PM by odading »
August 06, 2015, 04:57:49 PM
Reply #65
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12959
    • fossil coral cantik
sambungan

Quote
Gimana dengan para murid, dong, Bla?
Kan sudah dijelasin sama Yohanes, jika Roh itu belum datang.
Ya... belon dateng karena Yesus belon DImuliakan OLEH siapa ?

Quote
Siapa tahu pengalaman para murid terulang kembali? Maksud  saya, sudah percaya total, tapi ROH KUDUS gak dateng-dateng.
Kalau begitu, Roh Kudusnya mungkin turun, terus naik, terus turun, terus naik, terus turun lagi. Nah, di sana mungkin ROH KUDUS sedang naik. Sabar saja, siapa tahu ROH KUDUS turun lagi.
Tentunya penjelasan di atas akan Pak odading tentang sendiri, karena perihal naik-turun bukan perihal ROH KUDUS, melainkan perihal Mbah Surip.
RK = Allah.
Allah itu panjang sabar.
Q : apakah Allah didalam posibilitas habis kesabaranNya ?
A : Didalam diriNya sendiri ada LAW - so bukan tentang habis kesabaranNya, melainkan LAW-nya yang teraplikasi. Ibarat misal :
RK telah bersemayam di diri sso.
LAW diriNya sendiri : IF sampe 100 kali RK didukakan oleh orang yang udah gue kasi RK tsb, THEN ....   ---ato mungkin kayak gini--- IF orang yang udah gue kasi RK tsb mati jasmani didalam state mendukakan RK, THEN ....

Jadiiiiii.... nggak... (bukan).
Nggak (bukan) didalam pengertian RK keluar-masuk / turun-naek berulang-ulang kayak perihal mbah Surip, bla ... melainkan spt yg saya ilustrasikan diatas terkait LAW :happy0062:


Quote
Tapi terus terang saja, Pak odading, saya tidak mau berdebat habis-habisan bila pengertian Pak odading seperti itu. Maksud saya jika Pak odading memegang prinsip bahwa bisa saja seseorang sudah percaya secara mutlak dan total, tapi ROH KUDUS belum turun ke atas dia.
Oleh karena itu saya berpendapat bhw AWAL diketika orang percaya ---> ini bisa didalam ibarat sikon "power" yang 100 watt ---VS---  1000 watt.

Selain itu,
awal diketika seseorang bertobat/percaya ---> ini tidak sertamerta PASTI TELAH TERJADI ybs memuliakan Tuhan sebelon dia bertobat/percaya ---atopun--- segera setelah ybs bertobat/percaya. Imo, ada proses.

ilustrasi sikon :
begimana itu orang yg selama hidupnya jahat dan menghujat Allah, disuatu ketika dia bertobat/percaya pd tanggal 1 Jan 2015 ---> bisa ampe jadi dikatakan oleh orang lain di tanggal yang sama ybs TELAH memuliakan Allah ? Kalo sikon ungu ini mao di istilahkan [Allah telah menyatakan KemuliaanNya] ya oke oke saja lah menurut saya ... namun (imo) tidaklah bisa ampe jadi dikatakan bhw in literal sense  [ybs TELAH memuliakan Allah], bla

Quote
Soalnya mengenai jemaat Filipus, tertulis dengan jelas jika mereka menerima dengan bulat hati pemberitaan Injil, tapi ROH KUDUS belum turun ke atas mereka sampai Petrus dan Yohanes datang dan (hanya) berdoa serta menumpangkan tangan (tanpa memberitakan ulang mengenai Injil).
makanya saya bilang bhw kalo lewat baca kisah di Alkitab ---> ini "enak" ... bisa ketauan, dimana event RK turun itu di define didalam waktu dari kisah tsb.

Berdasarkan kisah jemaat Filipus tsb, kan bisa timbul kesimpulannya kayak gini :
A. Sekalipun mereka telah ungu .... ---NAMUN--- RK tidak sertamerta turun ke diri mereka ---> ini terbukti dari kisah dimana RK barulah turun setelah Rasul memintakanNya.

B. Diketika mereka telah ungu ... ---SEBENERNYA--- RK sudah sertamerta turun ke diri mereka .... ---NAMUN--- mereka tidak/belon menyadarinya .... blakangan setelah Rasul menumpangkan tangan barulah mereka menyadari bhw RK telah ada didalam mereka segera setelah mereka ungu tsb sebelonnya.

Nah... yang mana donk bla ?
yang A atokah yang B ?

:)
salam.
« Last Edit: August 06, 2015, 05:05:36 PM by odading »
August 10, 2015, 02:46:20 PM
Reply #66
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1571
  • Denominasi: Gak tau dah...
2. ayat 39 : adalah narasi/komentar si penulis.
Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya;
Roh itu akan DIterima OLEH orang yang percaya kepada-Nya.

sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan
Q : Yesus belon dimuliakan oleh siapa ?
A Kekristenan : Yesus belon DImuliakan OLEH Bapa.
A odading : Yesus belon DImuliakan OLEH orang yang percaya kepada-Nya.

Q6 odading : jadi yang mana yang bener ?
X. [sumber air hidup] tidak eksis, tidak bisa mengalir (macet) KARENA Allah itu sendiri belon mati
Y. [sumber air hidup] eksis di segala jaman, namun tidak bisa mengalir KARENA Allah itu sendiri belon mati
Z. [sumber air hidup] eksis di segala jaman namun tidak bisa mengalir KARENA di pov Allah tidak eksis satupun orang2 yang [percaya kepada Allah DAN telah memuliakanNya] dalam kurun waktu ribuan tahun tsb.
A5 Kekristenan : monggooo... silahken di pilih itu XYZ :char11:
Puyeng ah...
August 10, 2015, 06:09:23 PM
Reply #67
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12959
    • fossil coral cantik
Puyeng ah...
hahahaha... oke oke deh bla.
Saya nggak mao bla sampe jadi puyeng loh.

anyway, buat temen2 laen yang baca ... ini pertanyaannya :

ayat : Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup

dari mana datengnya "aliran-aliran air hidup" tsb ?
dengan kata laen : apakah "aliran-aliran air hidup" itu bersumber dari Allah ?

:)
salam.
August 10, 2015, 11:14:51 PM
Reply #68
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1256
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
ya ...
Yesus sendiri berkata :
Yohanes 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

PERSOALANNYA ...

adakah SAYA/ANDA ?

salam  :)
August 11, 2015, 03:21:01 AM
Reply #69
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12959
    • fossil coral cantik
Makasih cNc atas jawabannya.

Pertanyaannya :
apakah "aliran-aliran air hidup" itu bersumber dari Allah ?

jawabannya cNc
ya ...


Nah, pertanyaan selanjutnya :
1. kalimat Barangsiapa percaya kepada-Ku, pada kosakata "KU" disitu ngerujuk ke siapa ?

pilih :
a. Yesus historis yang saat itu lagi hidup ?
b. Yesus historis kalo nanti sudah Dia mati ?
c. Yesus/Allah segala jaman ?


2. Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.

Pada kalimat merah, itu maksudnya begimana ?
Apakah maksudnya di kitab para Nabi2 PL terdapat kalimat2 yang mengandung pengertiannya kira2 sbb ?
 
a. Yahweh : Barangsiapa percaya kepada-Ku, Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup

ataukah

b. Yahweh : Barangsiapa percaya kepada-Ku setelah Aku mati nanti, Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup

:)
salam.
« Last Edit: August 11, 2015, 03:23:07 AM by odading »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)