Author Topic: jadi begimana diketika baca kalimat2 di Alkitab ?  (Read 2620 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 14, 2015, 12:28:11 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12926
    • fossil coral cantik
Semisal ada kalimat berbunyi XXX di ayat.

Karena ada gereja yg mempunyai doktrin-nya masing2, nah begimana itu mengertikan XXX ?
apakah :

A. Mengertikan dulu XXX (tanpa latar belakang doktrin), setelah itu dicari apakah cocok dgn doktrin - kalo gak cocok maka disimpulkan bhw XXX emang nggak lagi bicarain tentang doktrin terkait.

ataukah

B. Doktrin dulu dijadiin landasan dengan demikian pengertian XXX otomatis tergantung doktrin. So, disini tidak ada itu ungu.

ataukah

C. Seperti point-A, namun kalimat orange-nya sbb : XXX dicocok-cocokin agar sesuai dgn doktrin.
So disini, pengetahuan ungu ada namun diabaikan.


:)
salam.
August 14, 2015, 01:43:29 PM
Reply #1
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Tgantung kawan.

Tgantung si pembaca apakah metode belajar utamanya dari buku doktrin/kotbah pendeta, ataukah dia sering baca Alkitab.

Kl orang lebih sering baca buku dan lebih sering denger kotbah,
Maka apa yg dia baca di Alkitab most likely akan disesuaikan/dicocok-cocokkan dg apa yg dia baca di buku/denger dr kotbah.

Kl sbaliknya,
Maka bisa sajai ktika dia baca buku/denger kotbah, maka di benaknya tpikir:
'Prasaan kmarin ktika saya baca Alkitab kok artinya bukan bgitu ya...knapa ya si pendeta/penulis bilangnya bgitu?'

Kl sudah bgitu,
Maka slanjutnya masuk ke faktor personal.
Misalnya, sbrapa kagum dia (atau kawan-kawannya) sama si penulis buku/pkotbah,
Sbrapa confident dia pd penafsiran pribadinya (atau dia kurang pede),
Sbrapa peduli (atau rajinnya) dia utk coba menyelidiki sendiri apa yg bbeda tsb,
Dll.
« Last Edit: August 14, 2015, 01:46:24 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
August 14, 2015, 02:02:43 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1792
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Semisal ada kalimat berbunyi XXX di ayat.

Karena ada gereja yg mempunyai doktrin-nya masing2, nah begimana itu mengertikan XXX ?
apakah :

A. Mengertikan dulu XXX (tanpa latar belakang doktrin), setelah itu dicari apakah cocok dgn doktrin - kalo gak cocok maka disimpulkan bhw XXX emang nggak lagi bicarain tentang doktrin terkait.

ataukah

B. Doktrin dulu dijadiin landasan dengan demikian pengertian XXX otomatis tergantung doktrin. So, disini tidak ada itu ungu.

ataukah

C. Seperti point-A, namun kalimat orange-nya sbb : XXX dicocok-cocokin agar sesuai dgn doktrin.
So disini, pengetahuan ungu ada namun diabaikan.


:)
salam.

Yang terjadi adalah kombinasi A, B, dan C
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 14, 2015, 03:03:58 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Semisal ada kalimat berbunyi XXX di ayat.

Karena ada gereja yg mempunyai doktrin-nya masing2, nah begimana itu mengertikan XXX ?
apakah :

A. Mengertikan dulu XXX (tanpa latar belakang doktrin), setelah itu dicari apakah cocok dgn doktrin - kalo gak cocok maka disimpulkan bhw XXX emang nggak lagi bicarain tentang doktrin terkait.

ataukah

B. Doktrin dulu dijadiin landasan dengan demikian pengertian XXX otomatis tergantung doktrin. So, disini tidak ada itu ungu.

ataukah

C. Seperti point-A, namun kalimat orange-nya sbb : XXX dicocok-cocokin agar sesuai dgn doktrin.
So disini, pengetahuan ungu ada namun diabaikan.


:)
salam.

Tergantung sejauh mana si pembaca mengetahui :

1. Mengerti isi Alkitab secara keseluruhan.
2. Gaya bahasa yang dipergunakan
3. Apa arti kata tersebut dari bahasa awalnya.
4. Hubungannya dengan doktrin yang diterima dari gerejanya.
5. Kekeraskepalaan, apakah bisa menerima pendapat berbeda, atau sekali ditulis tidak bisa dihapus walau salah.

;D
August 14, 2015, 03:32:29 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9613
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
D. menempatkan segala doktrin dan penafsirannya dibawah Alkitab
August 14, 2015, 03:45:23 PM
Reply #5
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
D. menempatkan segala doktrin dan penafsirannya dibawah Alkitab

Ngga bisa bgitu juga bro...
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
August 14, 2015, 03:53:02 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9613
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
August 14, 2015, 03:59:49 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
August 14, 2015, 04:06:18 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9613
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Judulnya maksa.com ?

 :mad0261:

y kagak, si om siip kan udah jelasin sebagian tuh :

Kl sudah bgitu,
Maka slanjutnya masuk ke faktor personal.
Misalnya, sbrapa kagum dia (atau kawan-kawannya) sama si penulis buku/pkotbah,
Sbrapa confident dia pd penafsiran pribadinya (atau dia kurang pede),
Sbrapa peduli (atau rajinnya) dia utk coba menyelidiki sendiri apa yg bbeda tsb,
Dll.

dll-nya itu kalo mau saya tambahin
akhir2nya percaya ayat Alkitab aja, doktrin, penafsiran pribadi, semuanya itu ditempatkan dibawah Alkitab

namun apakah itu disebut faktor personal? I dunno, setiap orang seharusnya bisa melakukannya
August 14, 2015, 04:07:26 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2315
  • Gender: Male
  • Merdeka dalam Kristus
    • Christian Sermons
  • Denominasi: Kristen Trinitarian
Baca, sesuaikan dgn khotbah, liat lagi di alkitab sesuai atau gak. Tambahannya berdoa. Kaya yg @Siip jelasin.
I don't stuck up with doctrines, with doctrines people judged each other, but I keep learning, so that I can reach the true wisdom.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)