Author Topic: jadi begimana diketika baca kalimat2 di Alkitab ?  (Read 2618 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 14, 2015, 04:57:18 PM
Reply #20
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Sangat sependapat, terutama pada yang bold itu, contohnya di FK ada banyak sekali, begitu juga ketika kita berdebat dengan para pengikut SSY (yang sangat murni 'Alkitabiah')

Kl SSY itu indoktrinasi.
Justru mreka dipaparkan buku terbitan mreka trus-mnerus.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
August 14, 2015, 04:57:36 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9611
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Ngga bisa bgitu Bro Hen,
Krn ketundukan pd Alkitab akan dpengaruhi kemampuan interpretasi seseorang akan apa yg ia baca.

Misal ada org yg komit hanya mau meninggikan Alkitab, ngga mau pake doktrin apapun sbg patokan,
Ia lalu baca Alkitab, tetapi interpretasinya thd rangkaian ayat yg dibacanya itu salah (namun ia merasa benar dg interpretasinya),
Maka bisa-bisa ia mnentang semua doktrin Gereja krn dianggapnya tidak sesuai Alkitab (pdhl itu hanya tidak sesuai kmampuan interpretasinya).

itu kan yang ekstrim kayak vbn ;D

namun demikian orang yang benar2 murni mau melakukan ajaran alkitab tanpa doktrin apapun
gak bakalan jadi kayak gitu

karena dialkitab juga diajarkan :
1. tidak menjauhi pertemuan ibadah
2. tunduk sama otoritas
3. perlunya konfirmasi saudara seiman
4. tidak bersandar kepada pengertian sendiri
5. rendah hati
6. berubah oleh pembaharuan akal budi (open minded)
7. sadar dirinya ga mungkin jadi yang pasti benar
8. banyak kalo mau dilanjutin neh

vbn jelas tidak mau tunduk kepada otoritas dan menjauhi pertemuan ibadah, makanya jadinya kayak gitu ;D
dan banyak sekali ayat2 lainnya yang dia tak lakukan koq

hemat saya, orang yang menempatkan doktrin dibawah Alkitab ga bakalan jadi kek gitu, pasti ada yang salah

semuanya itu harus dilihat secara menyeluruh, ga bisa sebagian aja dipegang

so bukan maksudnya menginterpertasikan Alkitab sendiri, lalu berpegang kepada pengertian sendiri
karena dengan melakukan hal itu pun akan melanggar ayat yang jelas2 sudah tertulis

pelajarilah doktrin2 yang ada
terimalah doktrin2 yang diajarkan di gereja
tunduklah pada otoritas didalamnya
sharinglah selalu dengan saudara seiman
pada akhirnya tempatkan semua itu dibawah Alkitab
lakukan kesemuanya itu dengan kasih, seperti yang diajarkan Tuhan Yesus, rendah hati dan lemah lembut
dan jangan pernah berpegang kepada pengertian sendiri
lastly, selalu intim sama Tuhan

setidaknya, itulah yang saya coba lakukan
« Last Edit: August 14, 2015, 05:11:18 PM by HenHen »
August 14, 2015, 05:06:17 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Kl SSY itu indoktrinasi.
Justru mreka dipaparkan buku terbitan mreka trus-mnerus.

Memang beda0tipis antara orang yang membaca dan mengartikan sendiri kemudian ngotot benar, dengan orang yang diindoktrinasi oleh pimpinannya kemudian ngotot benar, tetapi keduanya sama sama ngotot berdasarkan ayat Alkitab.

 :tongue:
August 14, 2015, 05:10:24 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Semisal ada kalimat berbunyi XXX di ayat.

Karena ada gereja yg mempunyai doktrin-nya masing2, nah begimana itu mengertikan XXX ?
apakah :

A. Mengertikan dulu XXX (tanpa latar belakang doktrin), setelah itu dicari apakah cocok dgn doktrin - kalo gak cocok maka disimpulkan bhw XXX emang nggak lagi bicarain tentang doktrin terkait.

ataukah

B. Doktrin dulu dijadiin landasan dengan demikian pengertian XXX otomatis tergantung doktrin. So, disini tidak ada itu ungu.

ataukah

C. Seperti point-A, namun kalimat orange-nya sbb : XXX dicocok-cocokin agar sesuai dgn doktrin.
So disini, pengetahuan ungu ada namun diabaikan.


:)
salam.
Yesus Kristus mendirikan jemaat-Nya, yang disertai sampai kepada akhir zaman. Pemegang kewenangan mengajarkan ajaran Yesus Kristus ialah jemaatNya yang disertai sampai kepada akhir zaman. Kalo ada 'sempalan' dari jemaat Kristus, kemudian mendirikan jemaat dan menamakan jemaat itu adalah jemaat Kristus, ingatlah Markus 9:38-40:
Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita."
Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.
Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.


Namun, tetap berwaspada dengan Matius 7:21-23:
Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"


Salam logika macam-macam.
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
August 14, 2015, 05:21:33 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2315
  • Gender: Male
  • Merdeka dalam Kristus
    • Christian Sermons
  • Denominasi: Kristen Trinitarian
Vbn bukannya gak mau tunduk, dia tunduk kok, menjadikan dirinya sendiri Tuhan.

Vbn cuma menafsirkan sesuka hati aja. Kata robah dikit aja dibesar2in.

ELOHIM sama YHWH ELOHIM aja dibedain sampe gimana. Padahal YHWH ELOHIM itu YHWH, statusnya / jabatannya sbg ELOHIM.

ELOHIM sama Ha'ELOHIM aja dibedain. Btw, kalau ke board Non-Tri, liat betapa ribetnya ajaran vbn wkwkwk.

Padahal di Ibrani "Pada mulanya ya Tuhan, Engkau meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu"

Malah sama vbn "menciptakan" dgn "membuat" aja dibedain.

Padahal pas saya awal2 diskusi, jelas tanggapan vbn antara menciptakan dan membuat itu sama. Akhir2nya vbn bilang beda.

Kontradiksi wkwkwk.
I don't stuck up with doctrines, with doctrines people judged each other, but I keep learning, so that I can reach the true wisdom.
August 14, 2015, 11:03:05 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Kl sudah bgitu,
Maka slanjutnya masuk ke faktor personal.
Misalnya, sbrapa kagum dia (atau kawan-kawannya) sama si penulis buku/pkotbah,
Sbrapa confident dia pd penafsiran pribadinya (atau dia kurang pede),
Sbrapa peduli (atau rajinnya) dia utk coba menyelidiki sendiri apa yg bbeda tsb
kalo faktor "otaknya ke cuci" sebenernya ada apa nggak sih ya, siip ?

IMO, antara baca dgn patokan doktrin dengan baca dgn patokan tanpa doktrin ---setidaknya di pov saya--- perbedaannya keliatan banget.

Misal ni yah :

If
you live in Me
and
My words remain in you
and
continue to live in your hearts,

ask whatever you will, and it shall be done for you.


Secara seseorang tanpa tau doktrin apa apa (imo) kosakata "and" disitu menunjukan memang ada 3 point kondisi.

Dan (sementara walo saya baca secara ungu) dikarenakan saya tau ada doktrin, maka saya jadi "berhati-hati" dalam mengertikannya dengan mengertikan secara didalam opsi, misal :

a. memang ada 3 point kondisi
b. cuma ada 1 point kondisi dimana ketiga point tsb adalah satu paket.

Yang saya bilang [perbedaannya keliatan banget] disini adalah, pada opsi-B kalimatnya menjadi :

IF
you live in Me
and THEN
[My words remain in you and continue to live in your hearts]


kalimat orange diatas menjadi sebuah kalimat pemberitahuan ... dimana selanjutnya ayat biru diatas tidak berubah makna pabila di sajikannya sbb :
IF
you live in Me
ask whatever you will, and it shall be done for you


Oleh karena itu saya jadi bertanya-tanya dan membuat thread ini.
Taroh kata misal XXX adalah ayat biru diatas dimana orang ambil pengertiannya yg di opsi-B ... kira kira ada di kategori manakah orang yang mengambil pengertian secara opsi-B ?

X. Doktrin dulu dijadiin landasan dengan demikian pengertian XXX otomatis tergantung doktrin.
Y. Mengertikan dulu XXX (tanpa latar belakang doktrin), setelah itu dicari apakah cocok dgn doktrin - kalo gak cocok maka dicocok-cocokin agar sesuai dgn doktrin

Baik siip, wilef, brc sepertinya pendapatnya sama, yakni : tergantung orang-nya, tergantung sikon-nya dan bisa juga merupakan kombinasi.

pertanyaan selanjutnya :
yang saya bilang [perbedaannya keliatan banget] ---> dgn adanya perbedaan ini, sebenernya penting ato kagak ya secara metode dalam ajaran Kekristenan ? Maksud saya, apakah ["ya gpp kok walopun berbeda --- itu ga penting dan ga membawa dampak apa apa samasekali kok"] ato begimana ?

Itu diatas satu contoh ayat.
Saya dulu ada pernah sempet ketemu ayat, dimana pengertiannya ---setidaknya buat saya sekali lagi--- jadi sangat berbeda. Secara ringkesnya : kalimat YYY ---> pengertiannya [kalimat yg lagi ngajarin orang harusnya/baiknya begimana] VS [kalimat berita / pemberitahuan].

:)
salam.
August 15, 2015, 09:03:13 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10989
Ngga bisa bgitu Bro Hen,
Krn ketundukan pd Alkitab akan dpengaruhi kemampuan interpretasi seseorang akan apa yg ia baca.

Misal ada org yg komit hanya mau meninggikan Alkitab, ngga mau pake doktrin apapun sbg patokan,
Ia lalu baca Alkitab, tetapi interpretasinya thd rangkaian ayat yg dibacanya itu salah (namun ia merasa benar dg interpretasinya),
Maka bisa-bisa ia mnentang semua doktrin Gereja krn dianggapnya tidak sesuai Alkitab (pdhl itu hanya tidak sesuai kmampuan interpretasinya).

iihh... mas siiiipppp cakeeeeppp deh....

salam
August 15, 2015, 12:04:18 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Ngga bisa bgitu Bro Hen,
Krn ketundukan pd Alkitab akan dpengaruhi kemampuan interpretasi seseorang akan apa yg ia baca.

Misal ada org yg komit hanya mau meninggikan Alkitab, ngga mau pake doktrin apapun sbg patokan,
jadi gimana donk yah ?

Orang bikin doktrin itu :
berdasarkan logika ?
ataukah
tanpa logika, yakni murni secara "wow ... bukan main" (baca : suatu perihal yang diluar jangkauan logika manusia)





Orang membaca Alkitab itu
pake logika ?
atokah
telen aja itu bulat2 dari SEMUA yg tertulis berdasarkan "percaya" ?

IMO, "kesulitan" yang timbul disini adalah :
dari SEMUA yang tertulis tsb .....
PABILA eksis itu pemilahan [yg ini bisa ditelen bulat2] - [yg ono gak bisa ditelen bulat2]
---> maka otomatis disini sudah terlibat logika, kan ya ?

:)
salam.
« Last Edit: August 15, 2015, 12:06:35 PM by odading »
August 15, 2015, 12:23:00 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10989
jadi gimana donk yah ?

Orang bikin doktrin itu :
berdasarkan logika ?
ataukah
tanpa logika, yakni murni secara "wow ... bukan main" (baca : suatu perihal yang diluar jangkauan logika manusia)





Orang membaca Alkitab itu
pake logika ?
atokah
telen aja itu bulat2 dari SEMUA yg tertulis berdasarkan "percaya" ?

IMO, "kesulitan" yang timbul disini adalah :
dari SEMUA yang tertulis tsb .....
PABILA eksis itu pemilahan [yg ini bisa ditelen bulat2] - [yg ono gak bisa ditelen bulat2]
---> maka otomatis disini sudah terlibat logika, kan ya ?

:)
salam.

ikutan duduk disebelah mas odad yg lagi nunggu pancingan ikan ah...

salam
August 18, 2015, 09:19:13 AM
Reply #29
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
iihh... mas siiiipppp cakeeeeppp deh....

salam

Memang kata orang saya cakep.
Puji Tuhan ya Bro.

Ptanyaan Oda kamu jawab dooooongggg
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)