Author Topic: jadi begimana diketika baca kalimat2 di Alkitab ?  (Read 2622 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 20, 2015, 12:02:28 PM
Reply #50
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1792
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Kalo menurut saya sih sebenernya di jaman sekarang ini ada baiknya mengedepankan logika sekalipun itu tidak terdapat di Alkitab.

So... pabila ada suatu doktrin yang memang samar2/nggak eksplisit kliatan di Alkitab, kalo logikanya "masuk" ---> ya udah, ga ada yang perlu di "rame"in lagi. Sayangnya, sepertinya ada sebagian orang yang membutakan logika ... hasilnya... sekalipun orang ini nyadar bhw logikanya "masuk" namun ya tetep aja ga diterima dengan alesan tidak ada di Alkitab .

:)
salam.

Apakah ini disengaja oleh Allah dengan "kerja " ROH KUDUS?
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 20, 2015, 12:59:36 PM
Reply #51
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Kalo menurut saya sih sebenernya di jaman sekarang ini ada baiknya mengedepankan logika sekalipun itu tidak terdapat di Alkitab.

So... pabila ada suatu doktrin yang memang samar2/nggak eksplisit kliatan di Alkitab, kalo logikanya "masuk" ---> ya udah, ga ada yang perlu di "rame"in lagi. Sayangnya, sepertinya ada sebagian orang yang membutakan logika ... hasilnya... sekalipun orang ini nyadar bhw logikanya "masuk" namun ya tetep aja ga diterima dengan alesan tidak ada di Alkitab .

:)
salam.

Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Rasul Paulus.
2Kor. 3:6   Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.
August 20, 2015, 01:00:53 PM
Reply #52
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10990
Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Rasul Paulus.
2Kor. 3:6   Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.

bisa dielaborasi dimana sesuainya?
August 20, 2015, 04:39:16 PM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
bisa dielaborasi dimana sesuainya?
Yang pasti pada logika orang yang normal lahh.... :2funny:
August 20, 2015, 04:42:14 PM
Reply #54
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10990
Yang pasti pada logika orang yang normal lahh.... :2funny:

ya sudah kalo anda tidak mampu mengelaborasi-nya...

salam
August 20, 2015, 04:54:18 PM
Reply #55
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12934
    • fossil coral cantik
Apakah ini disengaja oleh Allah dengan "kerja " ROH KUDUS?
Nah itu. Saya sendiri masih menanyakan ["kerja" RK] itu definisinya begimana yah ?
a. sesuatu yang diluar jangkauan logika ? Dengan kata lain, tidak ada logika.

ataukah
b. terkait/berhubungan juga dengan logika ? Dengan kata lain, ada logika.


2Kor. 3:6   Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.

secara didalam konteks dan aplikasi di jaman/saat itu (imo) kalimat merah itu mengacu ke Kitab para nabi (PL ??). Bener gak yah ?

secara diluar konteks dan aplikasi di jaman sekarang ... kalimat merah itu jangan2 bisa juga masuk ke segala apa yang tercatat di Alkitab ?? (baik PL dan PB).

:)
salam.
August 20, 2015, 05:10:52 PM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1792
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Nah itu. Saya sendiri masih menanyakan ["kerja" RK] itu definisinya begimana yah ?

Saya juga tdk tau pasti.
Hanya... semua orang kan ngakunya dpt bimbingan ROH KUDUS dan wilef juga tdk bisa membuktikan "tidak"

Jika si A membaca Nats z, dan mengaku dibimbing RK, dan mendapat bisikan 'xxxxxx"
si B membaca Nats z, dan mengaku dibimbingan RK, dan mendapat bisikan "yyyyyyy",

kan dapat disimpulkan bhw RK dgn sengaja memberikan "multi tafsir" iaitu "xxxxxx" dan "yyyyyyy" ?!! :tongue:


Quote from:  
a. sesuatu yang diluar jangkauan logika ? Dengan kata lain, tidak ada logika.



ataukah
b. terkait/berhubungan juga dengan logika ? Dengan kata lain, ada logika.


IMHO untuk kasus husus a, tapi kebanyakan adalah b


Quote from:  

2Kor. 3:6   Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.

secara didalam konteks dan aplikasi di jaman/saat itu (imo) kalimat merah itu mengacu ke Kitab para nabi (PL ??). Bener gak yah ?

Pemahaman wilef juga begitu,

Quote from:  

secara diluar konteks dan aplikasi di jaman sekarang ... kalimat merah itu jangan2 bisa juga masuk ke segala apa yang tercatat di Alkitab ?? (baik PL dan PB).

:)
salam.

Pendapat ini bagi saya masih bersifat dugaan, karena :

Apakah Paulus sdh mengetahui bhw tulisannya kepada jemaat di Korintus bakalan dikanonkan menjadi Kitab Suci?

Ini hanya Tuhan dan Paulus yg tahu

salam
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 20, 2015, 05:26:05 PM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10990
Saya juga tdk tau pasti.
Hanya... semua orang kan ngakunya dpt bimbingan ROH KUDUS dan wilef juga tdk bisa membuktikan "tidak"

Jika si A membaca Nats z, dan mengaku dibimbing RK, dan mendapat bisikan 'xxxxxx"
si B membaca Nats z, dan mengaku dibimbingan RK, dan mendapat bisikan "yyyyyyy",

kan dapat disimpulkan bhw RK dgn sengaja memberikan "multi tafsir" iaitu "xxxxxx" dan "yyyyyyy" ?!! :tongue:

......

mas wilef..
saya kurang setuju dengan penarikan kesimpulan mas itu..

karena si A juga TIDAK MAMPU MEMBUKTIKAN bahwa dia BENAR-BENAR mendapat bimbingan RK

si B juga TIDAK MAMPU MEMBUKTIKAN bahwa dia BENAR-BNEAR mendapat bimbingan RK

sehingga kita tidak bisa menyimpulkan bahwa RK-lah biang keladi beda tafsir itu..

bisa aja A yang dapet RK, B engga, atau sebaliknya,
atau malah dua-duanya engga ada yg dibimbing..

salam
August 20, 2015, 10:57:05 PM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12934
    • fossil coral cantik
Saya juga tdk tau pasti.
Hanya... semua orang kan ngakunya dpt bimbingan ROH KUDUS dan wilef juga tdk bisa membuktikan "tidak"
oleh karena itu (imo) kalo mengenai "urusan" RK, ya emang sulit utk di bahas .... jadi (imo) mendingan ya dibiarinin aja ungu ini   :happy0062:


Quote
Jika si A membaca Nats z, dan mengaku dibimbing RK, dan mendapat bisikan 'xxxxxx"
si B membaca Nats z, dan mengaku dibimbingan RK, dan mendapat bisikan "yyyyyyy",

kan dapat disimpulkan bhw RK dgn sengaja memberikan "multi tafsir" iaitu "xxxxxx" dan "yyyyyyy" ?!! :tongue:
ya itu dah... itu yang bisa diakalin dengan berkata "itulah misteri Allah:char11:

NAMUN,
ya kembali lagi ke yg berikut ini :

Quote
IMHO untuk kasus husus a, tapi kebanyakan adalah b
Tidakkah dengan adanya pemilahan : untuk kasus khusus itu A (tanpa logik) - kasus kebanyakan adalah B (ada logik) ---> utk menyatakan spt orange itu sendiri terlibat logik ? Kalo menurut wilef gimana ?


Quote
Pendapat ini bagi saya masih bersifat dugaan, karena :
Apakah Paulus sdh mengetahui bhw tulisannya kepada jemaat di Korintus bakalan dikanonkan menjadi Kitab Suci?
Terlepas apakah penulis tau ato kagak bhw surat2nya dijadikan buku PB ....  secara diluar konteks (imo) kayaknya bisa masuk kalo kita perhatikan kalimat merah sbb :

2Kor. 3:6   Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh

Nah, secara dari pov jaman sekarang ... Perjanjian Baru itu kan terdiri dari "hukum" yang tertulis secara dituangkan dalam kitab PB ?

:)
salam.
June 18, 2016, 12:40:41 PM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Idealnya yang  benar adalah yang dituntun ROH KUDUS. ROH KUDUS dapat turun ke semua manusia, tapi relatif sifatnya.
Saya hanya meyakini doktrin-doktrin yang dijelaskan oleh mereka(manusia) yang dalam hidupnya berusaha untuk hidup "Kudus" seperti teladan Yesus sendiri karena ROH KUDUS bisa bekerja lebih maksimal kepada orang-orang yang hidupnya "Kudus"(Merekalah para pemegang otoritas di dunia).
Pemegang otoritas kalau banyak jumlahnya  bisa membingungkan umat/jemaat, sebaiknya satu, agar tidak ada potensi timbulnya perpecahan (ini tidak dikehendaki Yesus).
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)