Author Topic: Ternyata Tuhannya Calvinis dan Arminis sama sama kejam....  (Read 9688 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 02, 2015, 05:41:11 AM
Reply #380
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
Magisterum mencakup ajaran2 para Bapa Gereja, Paus dan uskup.

Misal:

Doktrin "Trinitas" (bhs Latin), adalah produk Gereja ritus Latin, dari Bapa Gereja Tertulianus, abad ke-2

Semboyan "Ora et Labora" (bhs Latin), produk Gereja ritus Latin , dari pengajaran St Benedict, abad ke-5


Tetep bisakah diklaim bahwa ajaran2 tsb "tidak mungkin disertai Yesus"?


Saya pun bukan jemaat dari Gereja ritus Latin, tetapi kenapa hal-hal yang baik ini harus diklaim "tidak mungkin disertai Yesus" demi "menang2ngan debat di suatu forum diskusi"?


Saya tidak pernah mempersoalkan apa yang anda kutip itu !

Bagaimana dengan semua ajaran :

1.Mariolatry

2.Petrine

3.Papalism

Silahkan berikan dukungan Alkitabnya kalau bisa.

Ada pepatah yg mengatakan :

ORANG BODOH SELALU DITIPU OLEH PERSAMAAN TETAPI ORANG BERHIKMAT MENGENAL PERBEDAAN


"Ed fontes" back to the sources (Bible)
October 02, 2015, 05:46:49 AM
Reply #381
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
"mumet" ama thread sendiri, santai sejenak ah...
iseng2 coba ngejawab pertanyaan ed.


Intermeso saja mas,thanks atas responnya.

Quote
Quote from: edfontes on September 30, 2015, 06:57:10 AM
1.   Jadi anda menganggap Dekalog tidak berlaku lagi sekarang dan boleh dilanggar ?
Makna 10P masih berlaku dan gak boleh dilanggar.

Sependapat mas,bukan sekedar maknanya saja tetapi prinsipnya juga.

Quote
Quote
2.   Emangnya anda boleh sembarangan menambahi apa yang tidak tercatat didalan Kitab Suci ?
Boleh. Kenapa nggak boleh ? Toh yang ditambahin itu bukan mencetak ulang Alkitab dgn penambahan2nya tsb.

Kalau isinya bertentangan dengan Kitab Suci bagaimana ?

Apakah ukurannya bahwa penambahan itu sudah benar secara rohaniah ?

Quote
Quote
3.   Kalau bukan Alkitab makanya apa yang anda jadikan ukuran untuk menguji kebenaran ajaran gereja ???
Logika.

Apakah logika bisa memahami sepenuhnya semua hal hal rohani misanya Tritunggal,inkarnasi Kristus dan mujizat ?

Logika hanya ciptaan,makanya bisakah dia memahami seluruh pikiran Sang Pencipta tanpa pencerahan ROH KUDUS ?

Apakah logika lebih berotoritas ketimbang Firman Tuhan ?


Quote
Quote
4.   Apakah ajaran gereja harus ditelan bulat bulat alias membeo begitu sajakah ?
Makanya sebelon milih gereja, pelajarin dulu itu masing2 peraturan2 / dogma / doktrin2nya tiap gereja. Kalo udah pelajarin, memilih, masuk... ya dituntut utk nge-beo laaah... Blakangan ga betah, pindah aja ke gereja laen yg disukain. Toh sama sama Gereja Kristen.

Bagaimana kalau dari kecil orang tua sudah membaptiskan dan memasukkan anaknya menjadi anggota gereja tertentu ?

Bagaimana kalau orang itu tetap tidak sadar sudah kebius oleh ajaran gereja yang salah ?


Quote
Quote
5.   Apakah otoritas Alkitab lebih tinggi atau lebih rendah atau sama dengan tradisi bikinan manusia ?
Lah... Alkitab itu sendiri tradisi manusia membuat tulisan dan juga didalamnya ada berisi tradisi, kook.
Apakah bukan Hukum dan Perintah Tuhan isi dari Alkitab,bukan tradisi manusia ?

Apakah bedanya wahyu Tuhan dengan tradisi bikinan manusia ?

Apakah manusia memiliki otoritas mengklaim tradisinya infallible setara dengan Alkitab ?


Quote
Quote
6.   Apakah anda percaya bahwa Alkitab itu infallible ?
Ini yang infallible : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (23) kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu

Belum ada jawaban tegas ya atau tidak,karena apa yg anda katakan itu memang ajaran yg bersumber dari Alkitab sendiri.

Bersambung

"Ed fontes" back to the sources (Bible)
October 02, 2015, 05:47:03 AM
Reply #382
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
@odading


Quote
Quote
7.   Apakah tradisi manusia diuji oleh kebenaran Alkitab atau Alkitab yang diuji oleh tradisi manusia ?
Tradisi manusia gak perlu di uji uji. Suka - jalanin, ga suka - ga usah jalanin, ga suka dituntut utk dijalanin - pindah gereja laen.

Kalau tradisinya ternyata salah bukankah resikonya kebinasaan kekal ?

Apa ukuran anda suka atau tidak suka,apakah kesukaan anda pribadi atau apa yang menjadi kesukaan Tuhan untuyk mentaati kebenaran firman-Nya ?


Quote
Quote
8.   Atau ajaran manusia ditelan saja bulat bulat tidak perlu diuji seperti beo ?
Selama ajaran manusia itu ngerujuk ayat di nomor-6, telen itu bulet2 ... ga bisa telen, dicekokin juga ga papa.
Sementara ajaran manusia yg berupa tradisi, kembali ke jawaban nomor-4.

Jadi apa sebenarnya ukuran terrtinggi kebenaran anda,apakah Firman Tuhan atau logika menurut pengertian anda sendiri ?

Bagaimana mungkin logika pengertian anda setara atau lebih tinggi dari Firman Tuhan kalau logika itu sendiri termasuk pemiliknya yaitu manusia diciptakan oleh Firman Tuhan ?

Bagaimana pendapat anda akan ayat berikut ini :

Amsal 3:5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri

Apakah logika atau pengertian manusia boleh dijadikan sandaran ?

Quote
Quote
9.   Emangnya kalau tidak ada ayatnya secara hurufiah di Alkitab apakah dengan demikian anda tidak percaya bahwa Alkitab Firman Tuhan bukan sumber kebenaran tertinggi sebagai alat uji ajaran gereja walau secara implisit banyak dukungan ayatnya ?
Alkitab benda mati. Dipake sebagai patokan. Sumber kebenaran tertinggi itu sendiri ya TYME, bukan buku.

Kertasnya atau gadgetnya memang benda mati bagaimana dengan Firman Tuhan yang tertulis didalamnya apakah anda anggap mati juga atau suatu hidup ?

Bagaimana dengan ayat dibawah ini :

Kisah Para Rasul 5:20 Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak.

Yohanes 6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.


Quote
Quote
10.   Kalau ajaran penebus palsu,pengantara palsu dan manusia infallible palsu walau tidak ada ajaran dan ayatnya di Alkitab anda telan mentah mentah ?
Mao palsu kek - nggak kek, selama isi ajaran-nya semua yg kayak di ayat pertanyaan nomor-6, telen mentah2 - kalo perlu disodog pabila ga bisa ketelen-telen.

Kriteria yang anda cantumkan di butir 6 itu apakah berdasarkan karangan atau logika anda sendiri atau berasal dari ajaran Alkitab ?

Kalau ada orang yg menganggap ada orang yg sudah menyalahi Firman Tuhan apakah keliru kalau mereka diperingatkan ?


Quote

11.   Apakah kini bukan hipokrit namanya ?
Yang di ikutin ajarannya, kalo pengajarnya hipokrit ato palsu - ya atuh jangan di ikutin si pengajarnya.

Yang saya tanyakan bukan soal ikut atau tidak tetapi sikap atau cara bersikap hipokrit atau tidak kalau misalnya Tritunggal diterima tetapi otoritas Alkitab diragukan ?

Quote
Quote
12.   Bagaimana dengan Tritunggal apakah anda percaya atau tidak karena tidak ada istilahnya di Alkitab,walau secara implisit banyak dukungan ayatnya ?
Makanya pelajarin dulu itu gimana ajarannya. Ga bisa terima Tritunggal (Kristen), ada pilihan laen kok ... Trimurti (Hindu)

Apakah Trimurti bisa menyelamatkan manusia dari Neraka ?

Demikianlah tanggapanku mas.

« Last Edit: October 02, 2015, 05:49:23 AM by edfontes »
"Ed fontes" back to the sources (Bible)
October 02, 2015, 05:55:28 AM
Reply #383
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
PERLU KIRANYA SAYA INGATKAN DISINI BAHWA KRITIKAN SAYA TIDAK BERSIFAT MENYERANG (NO OFFENSE) SUATU AGAMA TETAPI BERDISKUSI DAN MENGKRITIK AJARAN SUATU DENOMINASI SEBAGAIMANA AJARAN PROTESTAN ATAU TULIP DARI CALVIN YANG MENURUT PENGAMATAN SAYA JUGA SERING DIKRITIK (BUKAN DISERANG) DIFORUM INI,KHUSUSNYA AJARAN PREDESTINASI,LIMITED ATONEMENT DAN OSAS.

Karena tidak ada yang menanggapi argumentasi saya mengenai ajaran Calvin sesuai topik melainkan malah mendapat tanggapan dari denominasi lain maka saya terpaksa terlibat didalam saling mengadu argumentasi terhadap posisi masing masing sesuai perkembangan jalannya diskusi.

Selama tidak ada peringatan dari Moderator maka saya tetap akan melanjutkan tanya jawab didalam diskusi ini mengikuti aliran diskusi yang sudah berjalan dari awal.


Ludahnya masih melekat dimuka anda terus sampai sekarang,mas.Wong @Cinta Bhinneka meludah ke muka pasangan diskusiku, kok. :D

Memang maksudnya ditujukan kepada orang lain tetapi dibawa angin jatuh kemuka sendiri karena sudah melawan angin (kebenaran) rupanya.


Quote
Quote from: edfontes on September 30, 2015, 06:17:24 AM
Kalau masa berlaku Hukum Taurat hanya sampai jaman Yohanes berarti 10 Perintah Allah yang merupakan bagian dari Hukum Taurat menurut anda tidak berlaku lagi sekarang dan siapapun boleh melanggarnya ,apakah benar demikian ?

Jawab saja dulu pertanyaan saya jangan ngeles kamana mana.

Rom 3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.

Bagaimana dengan makna ayat diatas menurut anda ?
Luk 16:16 "Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya"?
Tidak @Cinta Bhinneka temukan 10 Perintah Allah di ayat itu. Boleh tahu, dari mana inspirasi @edfontes menyinggung ke 10 Perintah Allah?
Pernahkah @edfontes membaca Mat 22:37-40? Begini: Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi[/u]."
Jika pernah, idealnya, pun kalau logikamu menggoda untuk menyimpulkan bahwa kemudian daripada itu lalu 10 Perintah Allah bebas untuk dilanggar, @edfontes akan mengurungkan niat memposkan tudingan bahwa pasangan diskusimu mengartikan siapapun boleh melanggar 10 Perintah Allah.
Jika belum pernah, baca sekarang.

Situ yang menanggapi secara tidak nyambung, kenapa menuding sebaliknya?
Ayat Luk 16:16 itu tidak berbicara tentang pelanggaran, kenapa @edfontes memaknainya sebagai terkait dengan pelanggaran?


Kapan saya mengatakan ada pelanggaran dlm kaitan dengan Lukas 16:16,apakah kebiasaan anda memanipulasi komentar orang lain itu belum bertobat juga ?

Yang selalu saya tanyakan mengapa anda menganggap Hukum Taurat tidak berlaku lagi sekarang ?

Apakah anda anggap Dekalog bukan merupakan Hukum Taurat Tuhan walau tercantum dengan jelas didalam Kitab PL ?

Apakah anda tidak baca bahwa Hukum Taurat Tuhan dimulai dengan Dekalog didalam Alkitab ?

Kalau tidak berlaku lagi mengapa masih dipakai didalam Alkitab ?

Mengapa Yesus dan para Rasul masih selalu mengutip ajaran ajaran dari kitab PL ?

Pernah baca Alkitab nggak,atau cuman katekismus doang modal anda mas ?


Bersambung
« Last Edit: October 02, 2015, 07:00:26 AM by edfontes »
"Ed fontes" back to the sources (Bible)
October 02, 2015, 05:55:41 AM
Reply #384
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
@Cinta Bhinneka

Quote
Rom 3:31?
Emang menurut logika @edfontes, apa yang dibicarakan oleh Rom 3:31? Jika Alkitab yang @edfontes gunakan adalah Alkitab yang sudah mengenal dan menggunakan perikop, seharusnya @edfontes mengerti bahwa Rom 3:21-31 adalah perikop yang berjudul Manusia dibenarkan karena iman. Bukan berbicara tentang hukum Taurat.
Sadari itu.


Saya kutip lagi ayatnya mas :

Roma 3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya

Baca lagi baik baik jangan suka memanipulasi makna ayat Alkitab karena disana jelas sekali Paulus menegaskan bahwa iman Kristen tidak membatalkan Hukum Taurat malah meneguhkannya !

Anda kan sukanya yang literal seperti seorang “Biblicist” sekarang dijawab secara literal malah menolak lagi,kok nampaknya anda semakin lama semakin kental kehipokritannya ?

Apakah kata Yesaya ?

Yes.40:8 Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya.

Itu sangat literal mas menyatakan bahwa firman Allah itu tetap untuk selamanya,apakah mau anda jadikan hanya simbolik sajakah ?

Camkan lagi baik baik perkataan Yesus berikut ini :

Matius 5:17 Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Matius 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Matius 5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.


Jadi jangan main comot satu ayat saja lalu mendirikan doktrin yang ngaco isinya,mas.

Tahukah anda ada berapa banyak ayat PL dikutip didalam PB ?

1.   Kitab Yesaya 419 kali
2.   Mazmur 414 kali
3.   Kejadian 260 kali
4.   Keluaran 250 kali
5.   Ulangan 208 kali
6.   Yehezkiel 141 kali
7.   Daniel 133 kali
8.   Jeremia 125 kali
9.   Imamat 107 kali
10.   Bilangan 73 kali

Sumber: Willmington’s Complete Guide to Bible Knowledge.

Masih kah anda mengatakan kitab PL sudah tidak berlaku lagi didalam kitab kitab PB ?

Ataukah anda hanya mau pakai tradisi sendiri saja tidak mau pakai Alkitab lagi didalam ajaran anda ?


Quote
Quote from: edfontes on September 30, 2015, 06:17:24 AM
Itu adalah contoh ajaran resmi denominasi anda jawaban dari pertanyaan anda sendiri,makanya saya tanyakan apa dasar Kitab Sucinya kok malah bertentangan dengan ajaran Yesus atau para Rasul seperti tradisi Yahudi yang ditentang Tuhan Yesus itu ?
Kenapa respon @edfontes tidak nyambung, ya?
Wong @edfontes diminta membuktikan tulisanmu bahwa ada penambahan terhadap yang tercatat dalam Alkitab, kenapa nyelonong ke hal yang tidak nyambung?
@edfontes masih punya sisa logika normal, kan? Jika @edfontes menuding ada penambahan pada yang tercatat dalam Alkitab, tunjukkan di bagian mananya Alkitab penambahan itu. Sudah diberitahukan kepada @edfontes, tidak pernah ada penambahan catatan di Alkitab, tetapi pernah ada yang mengurangkan beberapa kitab.


Saya mempersoalkan tambahan ajaran yang dianggap setara dengan Firman Tuhan karena dianggap infallible seperti layaknya wahyu Tuhan.

Mengapa sampai ada ajaran resmi denominasi Kristen membuat ajaran tambahan diluar kebenaran Alkitab,atau ajaran para Rasul ?

Kalau ajaran Protestan atau TULIP dari Calvin boleh dikritik diforum ini tentunya saya boleh dong mengkritik ajaran yang anda anut ?

"Ed fontes" back to the sources (Bible)
October 02, 2015, 06:01:03 AM
Reply #385
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
Agar @edfontes mengetahuinya, silahkan mengikuti perayaan ekaristi yang dilaksanakan oleh kelompok penerus para rasul. Jika @edfontes berpegang pada ajaran dari sempalan kelompok penerus rasul, dan @edfontes menilai perayaan yang dilaksanakan kelompok penerus rasul, penilaianmu sama dengan Jaka Sembung naik ojek bawa golok.


Yang saya persoalkan bahwa  setahu saya manifestasi kehadiran Yesus yg selalu anda dengung-dengungkan itu adalah berupa ajaran resmi bahwa Yesus hadir didalam setiap ritual ekaristi sehingga roti dan anggur berubah menjadi tubuh dan darah Yesus yang menurut saya sudah jauh menyimpang dari ajaran Yesus dan para Rasul.


Quote
Apparation? Apa pula itu? @edfontes yang mengartikan seperti itu, kenapa menuding-nuding?

Apakah itu bukan salah satu praktek golongan anda membuat banyak tempat pemujaan thd idola anda yang katanya suka muncul dimana mana itu walau sudah meninggal dunia ribuan tahun yang lalu dan kuburannya pun ada ?

Padahal Tuhan sudah berkata :

Ul.18:10 Di antaramu janganlah didapati seorang pun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir,
18:11 seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati.



Quote
Jika Edfontes tidak percaya pada Mat 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa atau Mar 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang", dan Yoh 6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman, jangan menganggap bahwa dirimu percaya pada apa yang tertulis dalam Alkitab. Itu adalah kebohongan dalam pribadimu, menyatakan percaya pada Alkitab tetapi mengabaikan yang tertulis dalam Alkitab.

Yesus memang mengatakan darah dan daging-Nya tetapi yang benar benar disediakan oleh Yesus untuk dimakan dan diminum pada perjamuan tsb hanyalah roti dan anggur,jadi bagaimana pula anda merubahnya menjadi darah dan tubuh beneran seperti kanibalisme saja layaknya.

Mengapa tidak mengikuti saja ajaran Yesus yang orisinil tidak usah dirubah rubah seenaknya ?

Karena anda kelihatannya percaya yang literal terus (Biblicist) maka apakah anda mau rubah sejarah di Alkitab bahwa pada saat perjamuan kudus oleh Yesus itu Dia mengambil pisau dan menyayat-nyayat tubuhnya sendiri untuk dimakan dan menampung darahnya untuk diminum ?

Maaf sekali lagi kalau saya terpaksa mengatakan bahwa sikap hurufiah (literal) anda didalam menafsirkan Alkitab menurut saya sudah kebablasan mas dan tidak konsisten sama sekali,melainkan memilih milih apa yang anda sukai saja,walau tidak ada dasar alkitabiahnya sama sekali.


Bersambung

"Ed fontes" back to the sources (Bible)
October 02, 2015, 06:01:18 AM
Reply #386
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
@Cinta Bhinneka

Quote
Quote from: edfontes on September 30, 2015, 06:28:25 AM
Apakah penyertaan ROH KUDUS didalam diri orang percaya bukan penyertaan yang mewakili Kristus didunia ini sesuai dengan pengutusan-Nya ?
Mengapa ROH KUDUS disebut juga sebagai Roh Kristus ?
Apakah Yesus juga anda anggap bisa gentayangan lagi didunia ini menyertai anda seperti ajaran “apparition” anda itu ?
Camkan baik baik apa kata Malaikat ini supaya tidak keliru terus argumentasi anda.

Kisah Para Rasul  1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Jadi janganlah membuat manusia sebagai pengganti Kristus didunia ini karena Dia hanya sekali lagi akan datang kelak pada Maranatha.
Apa yang ingin @edfontes bahas sebenarnya?
Tentang penyertaan senantiasa oleh Yesus Kristus, atau kedatangan Yesus Kristus pada akhir zaman?
Pastikan lebih dahulu.

Janganlah bersandiwara pura pura tidak tahu persoalannya bahwa saya mempertanyakan apa yang anda anggap penyertaan Tuhan Yesus itu ?

Apakah Yesus turun lagi dari Sorga setiap hari untuk disalibkan dialtar ekaristi anda atau ROH KUDUS yang menyertai semua orang percaya sebagai manifestasi dari penyertaan Yesus itu ?

Mana buktinya bahwa Yesus secara pribadi selalu naik turun dari Surga kedunia menyertai gereja ?

Apakah anda pernah baca apa yg dikatakan Yesus :

Yohanes 13:33 Hai anak-anak-Ku, hanya seketika saja lagi Aku ada bersama kamu. Kamu akan mencari Aku, dan seperti yang telah Kukatakan kepada orang-orang Yahudi: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang, demikian pula Aku mengatakannya sekarang juga kepada kamu.

Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,


Jadi berhentilah menyalibkan Tuhan Yesus setiap hari di altar anda mas karena itu penghujatan sifatnya bukan penyertaan Yesus karena Kitab Suci sudah mengatakan sbb :

Ibrani 9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

Jadi hanya sekali saja Yesus disalibkan dan hanya sekali saja lagi dia akan datang kelak sebagai Hakim.
Camkan baik baik ajaran tsb mas supaya iman anda bertumbuh dari firman yang benar bukan dari tradisi manusia yang sudah jauh menyimpang itu.

"Ed fontes" back to the sources (Bible)
October 02, 2015, 06:05:27 AM
Reply #387
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
Kalau @edfontes tidak dapat fokus, istirahat lebih dahulu.

Ibr 13:20 itu tulisan siapa?
"Gembala Utama" secara harfiah memang tidak terttulis dalam Alkitab. Namun, jika logikamu normal, dengan membaca ketiga ayat Yoh 21:15-17 ini:
Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku

seharusnya @edfontes dan semua pembaca Alkitab mengerti bahwa tugas penggembalaan atas domba Kristus diserahkan kepada rasul Petrus.

Sayangnya, banyak orang yang mengaku pengikut Kristus (termasuk @edfontes) dan percaya pada Kabar Keselamatan dalam Alkitab, mengabaikan ayat-ayat yang tidak sesuai seleranya. Menganggap tulisan dalam Injil (Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes) tidak berarti demi tulisan dalam kitab selain itu.

Tugas menggembalakan adalah awalnya tugas semua Rasul dan sesudah itu para Rasul menetapkan adanya jabatan gerejawi dimana salah satunya adalah gembala.

Jadi bertobatlah,jangan biasakan selalu meninggikan dan menjadikan manusia sebagai idola dengan ajaran “petrine” yang tidak alkitabiah itu karena baik istilahnya maupun ajaran mengenai “gembala utama” yang anda karang karang sendiri itu tidak ada kebenarannya.

Janganlah selalu membuat ajaran yang mereduksi peran Yesus dengan segala macam profesi manusia biasa yang sama sekali tidak ada dasar kebenaran Alkitabnya.

Petrus hanya mengaku dirinya sebagai Penatua bukan Gembala Utama seperti karangan anda itu (1 Pet.5:1).
Kis. 20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan ROH KUDUS menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri

Jadi jabatan gembala itu bersifat plural dan hanya satu Gembala Agung yaitu Tuhan Yesus Kristus dan tidak ada itu yang namanya gembala utama selain hanya rekayasa anda saja seperti kebiasaan anda yang suka membuat idola itu.

Kalau Petrus anda anggap Gembala Utama mengapa Paulus menganggap dirinya tidak dibawah otoritas Rasul siapapun dan berkata sbb :

2 Kor.11:5 Tetapi menurut pendapatku sedikit pun aku tidak kurang dari pada rasul-rasul yang tak ada taranya itu.

2 Kor.12:11 Sungguh aku telah menjadi bodoh; tetapi kamu yang memaksa aku. Sebenarnya aku harus kamu puji. Karena meskipun aku tidak berarti sedikit pun, namun di dalam segala hal aku tidak kalah terhadap rasul-rasul yang luar biasa itu.


Mengapa Yakobus yang memipin gereja perdana di Yerusalem ?

Kisah Para Rasul 8:14
Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, merekamengutus Petrus dan Yohanes ke situ.


Mengapa Petrus yang diutus bukan yang mengutus kalau di anda anggap sbg Gembala Utama

Kalau Petrus Gembala Utama menurut anda mengapa Paulus berani menuduhnya sebagai munafik (Gal.2:11) ?

Bagaimana pula tipe seorang berangasan yg tidak bisa mengendalikan diri,ringan tangan mencabut pedang memotong putus telinga orang yg tidak memberikan contoh tauladan yang benar,tetapi masih anda idolakan menjadi Gembala Utama ?

Hanya Petrus yang menyangkali Tuhan Yesus sampai 3 kali karena sikap hipokritnya (Mat.26:35) dan hanya Petrus yang dihardik sebagai Iblis oleh Yesus.

Jadi maaf sekali kalau saya terpaksa mengatakan bahwa klaim Gembala Utama itu menurut saya hanyalah ajaran palsu yang dibuat-buat dan tidak ada dasar kebenaran Alkitabnya sama sekali,mas.

Ajaran “petrine” anda itu hanya semangat meninggikan manusia belaka yg menurut saya sudah kebablasan,seperti banyak contoh lainnya misalnya mariolatry didalam kelompok anda itu.

"Ed fontes" back to the sources (Bible)
October 02, 2015, 06:11:06 AM
Reply #388
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
Tentunya termasuk juga yang memberikan ajaran ajaran yang menyesatkan sesuai ayat yg saya kutip itu,bukan hanya mujizat palsu saja.Para rasul penerima kewenangan mengajar, yang terorganisir dalam kumpulan yang semakin besar sampai seluruh pengikut Kristus menjadi satu seperti yang diinginkan Yesus Kristus, akan senantiasa disertai Yesus Kristus. Itu janji Kristus.

Roh Kuduslah pengajar yg sempurna sesuai ajaran para Rasul bukan manusia :

1 Yohanes 2:27 Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidakperlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

Dan ROH KUDUS selalu bekerja sesuai dengan kebenaran Kitab Suci yang diwahyukan dan di-inspirasikan sendiri oleh-Nya.

Jadi kalau ada orang yg ajarannya menyimpang dari Alkitab yg diinspirasikan oleh ROH KUDUS sendiri barangkali itu dibelakanngnya adalah oknum pimpinan roh kudis alias roh jahat.


Quote
Namun, mereka yang menyempal dari kumpulan itu, dan mendirikan organisasi baru menandingi Yesus Kristus dalam hal pendirian jemaat, tidak terbilang sebagai "pengikut kita" yang dimaksudkan dalam Markus 9:38 dan 49Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita."
Yohanes berkata: "Guru, kami lihat seorang mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena iabukan pengikut kita."
Kita di ayat itu ialah Yesus dan 12 rasul. Selanjutnya, kumpulan itu bertambah banyak. Kemudian, pada abad XVI, ada anggota itu menyempal, keluar dari kumpulan, dan membentuk komunitas baru, menamai komunitas baru itu sebagai jemaat Kristus. Yesus Kristus sudah mendirikan jemaat, berkembang terus, dan pada abad XVI, ada orang yang menandingi Yesus Kristus dalam hal mendirikan jemaat.
Pelajari sejarahnya, pastikan apakah @edfontes bagian dari "kita" yang dimaksudkan Markus 9:38 dan 49 itu, atau bukan.

Gereja perdana dibanyak tempat dahulu kala tidak ada yang menambahi ajaran Alkitab dengan segala macam ajaran yang menyesatkan yaitu mengidolakan manusia dengan mereduksi peran tunggal Tuhan Yesus sendiri termasuk peran ROH KUDUS,karena mereka selalu Back to Bible prinsipnya.

Ini tentunya tidak terlepas dari campur aduk (sinkretisme) agama paganisme yang pernah berkuasa di kota Roma yang mencampuradukkan para dewa idola mereka dengan merubah namanya menjadi seolah olah idola didalam Kekristenan padahal itu sebenarnya sangat bisa menyesatkan jemaat (idolatry).

Jadi hanya mengganti nama para dewa dengan tokoh-tokoh Alkitab padahal isinya sama saja dengan ritual paganisme baik itu di Babylonia,Mesir,India,Yunani,China dll.

2 Petrus 2:1
Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.



Quote
Quote from: edfontes on September 30, 2015, 06:33:51 AM
Sejak kapan saya mengatakan tidak percaya adanya tubuh Kristus,anda ngelindur lagi nampaknya ?
Yang saya tidak percaya adalah ada orang yang mengaku tubuh Kristus tetapi kerjanya hanya membuat banyak kristus palsu dan ajaran palsu didalam ajarannya.

Contoh penyandang peran kristus palsu dan ajaran palsu itu sudah saya beberkan diatas.
Coba.
@Cinta Bhinneka menulis Kelihatannya @edfontes tidak percaya bahwa Gereja adalah tubuh Kristus, tetapi @edfontes merespon, Sejak kapan saya mengatakan tidak percaya adanya tubuh Kristus.
Bagaimana mau nyambung?


Bagaimana mau nyambung kalau anda kerjanya selalu memanipulasi apa yang tidak pernah saya katakan persis seperti yg anda lakukan terhadap semua ajaran para Rasul itu ?


Quote
Lalu, 2edfontes ngacir ke adanya pihak yang membuat banyak kristus palsu dan ajaran palsu didalam ajarannya. @edfontes bisa fokuskah? Istirahat lebih dahulu, agar bisa nyambung. @edfontes sendiri menganggap dirimu berdasarkan Alkitab, tetapi memilih-milih ayat yang sesuai seleramu, tapi menuding serampangan.


Makanya semua bukti bukti ajaran keliru yang sudah menghujat Tuhan yang sudah saya berikan itu tidak pernah bisa dibantah padahal itu memang ajaran resminya.

Quote
Istirahatlah, @edfontes.

Itu ludah yg jatuh diwajah sendiri sudah dibersihkan belum,mas ?



"Ed fontes" back to the sources (Bible)
October 02, 2015, 06:13:28 AM
Reply #389
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 884
  • Denominasi: Reformed Christian
Justru, @edfonteslah yang tidak mengerti apa yang @edfontes tulis dan poskan.
@edfontes yang sok tahu ajaran kumpulan penerus rasul, padahal, komunitasmu adalah sempalan dari komunitas penerus rasul. Dengan nekad pula tereak-tereak. Menuding kumpulan penerus rasul yang dijanjikan Tuhan Yesus kristus sendiri akan senantiasa disertai sejak didirikan sampai kepada akhir zaman, mengadakan penyimpangan. Padahal, @edfontes dan kumpulanmu sendiri yang memilah-milah ayat Alkitab yang sesuai selera kalian.
Coba merenung, @edfontes.


Melenceng lagi dari persoalan sebenarnya karena tidak berani menyanggah ajaran resminya bahwa hanya segelintir orang tsblah yang  boleh memonopoli secara exclusive semua penafsiran Alkitab kalau tidak mau diusir dari institusi seperti halnya Luther.

Otoritarianisme sudah menguasai institusi karena politik,budaya dan agama sudah campur baur antara paganisme penguasa kota Roma dengan Kekristenan sehingga semua ajaran menjadi kacau balau dan canpur-aduk persis gado gado dan tidak konsisten dengan Firman Tuhan.

Padahal para Rasul sudah mengajarkan bahwa semua orang percaya dipimpin oleh ROH KUDUS dari dalam dirinya sendiri untuk memahami Firman Tuhan.

Yang fokus sajalah diskusinya mas,jangan suka wara-wiri melanglangbuana kemana mana.


Quote
Quote from: edfontes on September 30, 2015, 06:34:14 AM
Makanya tunjukkan mana itu ajaran lisan para Rasul yang belum termasuk didalam Kitab Suci,jangan bisanya hanya asbun belaka tidak ada buktinya.
Ayat yg kamu kutip itu ditulis sebelum semua Kitab Suci sudah lengkap tertulis mas,tetapi sebelum abad pertama berakhir semua Kitab Suci sudah selesai dan lengkap ditulis.
Makanya jangan selalu sok menunjuk kepada para Rasul yang sudah meninggal semua kalau anda sama sekali tidak bisa membuktikan masih adanya ajaran lisan para Rasul yang belum tertulis didalam Alkitab.
Kalau merasa diri mewarisi ajaran rasuliah janganlah membuat segala macam ajaran yang bertentangan dengan ajaran Alkitab hasil tulisan mereka mas.
Pakai logikamu @edfontes. Bagaimana menunjukkan yang lisan? Datang saja @edfontes bergabung di kumpulan yang meneruskan pengajaran rasul yang diberi kewenangan oleh Tuhan Yesus Kristus, maka @edfontes akan mengerti.
Menunjukkan ajaran lisan?
@edfontes itu seperti Tomas yang bilang kepada Yesus Kristus, "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." @edfontes tahu apa jawaban Tuhan Yesus Kristus? Begini: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami".

Nah, dalam hal @edfontes meminta ditunjukkan ajaran lisan, kelihatannya, @edfontes tidak mengerti apa yang @edfontes tulis dan poskan.


Bingung lagi tidak konsisten menjawab pertanyaan dan tidak bisa membuktikan pendapat sendiri.

Jangan mengalihkan jawaban kepada pihak lain tetapi jawab dan pertanggungjawabkan sendiri dong argumentasi yg sudah anda berikan,jangan ngacir pakai segala macam cara karena itu hanya mempermalukan diri anda sendiri didalam berdiskusi.

Saya ulangi lagi pertanyaannya yaitu kalau anda masih menganggap ada ajaran lisan diluar apa yg sudah tertulis didalam Alkitab buktikan dong ajaran yang mana itu dan jangan hanya omong gede isinya kosong belaka alias asbun mas.

Kalau anda menganggap masih ada ajaran lisan yang belum tertulis didalam Alkitab berarti sudah menghujat ROH KUDUS sebab Dia lah yang menginspirasikan semua penulisan firman Allah.

Atau anda menganggap boss anda itu sudah seperti Tuhan boleh membuat segala macam ajaran yang dianggap infallible layaknya Firman Tuhan ?


Bersambung
"Ed fontes" back to the sources (Bible)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)