Author Topic: Siapakah yang menerima Kasih Karunia TUHAN?  (Read 2135 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 15, 2015, 06:33:23 AM
Reply #10
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Apakah Kasih Karunia TUHAN itu?

Salam kenal Om TS..
Kalau menurut Om begimana?
saya tertarik untuk coba melihat dari Pov TS...
Apakah hanya orang2 Kristen saja yang menerimanya??? :)

Sebab TUHAN mengatakan:
Kel. 33:19   
"........: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."


 :afro:

Terlepas dari apa definisi kasih karunia (yang perlu kita samakan), pastinya bukan hanya orang Kristen..
kenapa?
1. Kristen -> pengikut Kristus
2. ayat itu ditulis pada masa exodus, dimana Kristus belum lahir
3. Selama masa penulisan ayat itu sampai Kristus lahir ada orang orang yang mendapat kasih karunia.
4. Orang orang itu tidak tahu siapa Kristus.

bagaimana berkenan kah? atau? ada pendapat lain?
September 15, 2015, 05:31:21 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Salam kenal Om TS..
Kalau menurut Om begimana?
saya tertarik untuk coba melihat dari Pov TS...
Terlepas dari apa definisi kasih karunia (yang perlu kita samakan), pastinya bukan hanya orang Kristen..
kenapa?
1. Kristen -> pengikut Kristus
2. ayat itu ditulis pada masa exodus, dimana Kristus belum lahir
3. Selama masa penulisan ayat itu sampai Kristus lahir ada orang orang yang mendapat kasih karunia.
4. Orang orang itu tidak tahu siapa Kristus.

bagaimana berkenan kah? atau? ada pendapat lain?

Salam kenal juga brother..

Jadi dalam hal ini anda mau mengatakan ---terlepas dari apa definisi kasih karunia itu sendiri--- bahwa bukan hanya orang-orang Kristen saja yang menerima kasih karunia TUHAN.... begitu-kan? :afro:

Tapi mengapa banyak orang-orang Kristen yang beranggapan bahwa hanya kelompok orang-orang Kristen saja yang mendapatkan kasih karunia TUHAN? apa alasannya?? :)
« Last Edit: September 15, 2015, 05:34:29 PM by sizxbn »
September 16, 2015, 03:04:38 PM
Reply #12
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 494
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Salam kenal juga brother..

Jadi dalam hal ini anda mau mengatakan ---terlepas dari apa definisi kasih karunia itu sendiri--- bahwa bukan hanya orang-orang Kristen saja yang menerima kasih karunia TUHAN.... begitu-kan? :afro:

Tapi mengapa banyak orang-orang Kristen yang beranggapan bahwa hanya kelompok orang-orang Kristen saja yang mendapatkan kasih karunia TUHAN? apa alasannya?? :)

Maaf, saya perjelas pendapat saya mas vbn

Jika pengertian Kristen ini kita sepakati sebagai orang yang beriman terhadap karya keselamatan Kristus, kematian dan kebangkitannya. Dan terus diperbaharui menjadi serupa Kristus dengan bimbingan ROH KUDUS.

Dan kasih karunia yang kita bahas disini sesuai dengan Keluaran 33:19 yang Mas Bro kemukakan..

Dimana kasih karunia adalah
Original: חן
Transliteration: chên
Phonetic: khane

Maka kasih karunia Tuhan tidak terbatas kepada orang "Kristen". Karena ada pernah tertulis

Kejadian 6:8  Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.

Keluaran 33:17  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia di hadapan-Ku dan Aku mengenal engkau."

Nabi Nuh dan Musa bukan "Kristen". Mereka tidak mengenal siapa Yesus.

Tapi mereka mendapatkan kasih karunia Tuhan..

Maka bukan hanya orang "Kristen" yang menerima..

Kecuali..

Kasih karunia yang dimaksud sesuai dengan di perjanjian baru yang kita artikan menjadi "grace" atau perkenan/pemberian Tuhan agar kita bisa mendapat "keselamatan" atau tempat di "surga"

Original: χάρις
Transliteration: charis
Phonetic: khar'-ece

Maka hanya orang "Kristen" yang mendapat kasih Karunia..

Karena ada tertulis

Yohanes 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Bagaimana Pak vbn?
Kasih karunia yang mana?
September 17, 2015, 10:47:07 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Maaf, saya perjelas pendapat saya mas vbn

Jika pengertian Kristen ini kita sepakati sebagai orang yang beriman terhadap karya keselamatan Kristus, kematian dan kebangkitannya. Dan terus diperbaharui menjadi serupa Kristus dengan bimbingan ROH KUDUS.

Dan kasih karunia yang kita bahas disini sesuai dengan Keluaran 33:19 yang Mas Bro kemukakan..

Dimana kasih karunia adalah
Original: חן
Transliteration: chên
Phonetic: khane

Maka kasih karunia Tuhan tidak terbatas kepada orang "Kristen". Karena ada pernah tertulis

Kejadian 6:8  Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.

Keluaran 33:17  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia di hadapan-Ku dan Aku mengenal engkau."

Nabi Nuh dan Musa bukan "Kristen". Mereka tidak mengenal siapa Yesus.

Tapi mereka mendapatkan kasih karunia Tuhan..

Maka bukan hanya orang "Kristen" yang menerima..

Kecuali..

Kasih karunia yang dimaksud sesuai dengan di perjanjian baru yang kita artikan menjadi "grace" atau perkenan/pemberian Tuhan agar kita bisa mendapat "keselamatan" atau tempat di "surga"

Original: χάρις
Transliteration: charis
Phonetic: khar'-ece

Maka hanya orang "Kristen" yang mendapat kasih Karunia..

Karena ada tertulis

Yohanes 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Bagaimana Pak vbn?
Kasih karunia yang mana?

Terima kasih atas penjelasannya.
----------------------------------------


Kembali kepada pertanyaan: Apakah hanya orang2 Kristen saja yang dapat menerimanya??? :)
September 18, 2015, 01:41:55 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1046
  • Denominasi: Umum
Apakah hanya orang2 Kristen saja yang menerimanya??? :)

Sebab TUHAN mengatakan:
Kel. 33:19   
"........: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."


 :afro:

Ya, hanya orang Kristen yg menerimanya.  :happy0025:
September 18, 2015, 11:42:41 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2614
Kembali kepada pertanyaan: Apakah hanya orang2 Kristen saja yang dapat menerima-nya (kasih karunia)? :)
...
Bagaimana Pak vbn? Kasih karunia yang mana?
September 19, 2015, 01:03:17 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Emangnya ada berapa sumber kasih karunia??? kok kasih karunia yang mana??? :rolleye0014:
September 21, 2015, 10:52:15 AM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12891
    • fossil coral cantik
Ikutan yah vbn....

Apakah hanya orang2 Kristen saja yang menerimanya??? :)
Kalo menurut sepanjang pengetahuan saya mengenai Kekristenan :

KasihKaruniaTuhan (KKT) itu didalam kehidupan manusia itu ada "inisial"-nya.

Dengan demikian menjawab pertanyaan diatas :
Pertanyaan diatas itu belon bisa masuk utk diajukan, KARENA pabila itu ada "inisial"  maka sebutan "orang Kristen" ke cuplis itu sendiri belon bisa eksis.

So.... siapapun orangnya, ijo kuning merah biru .... sipit belo buta, cantik ga cantik ganteng ga ganteng, kaya miskin ----> SEMUA didalam posibilitas menerima KKT.

IMO, secara "kasat-mata" (berupa adanya suatu kumpulan yg disebut Kekristenan) ...
cuplis yang menjadi beriman percaya kepada Yesus itu --->ini dikatakan mendapat KKT ---> selanjutnya barulah disebut si cuplis orang Kristen. (kayaknya kisah Kornelius bisa deh disandingin disini)


sementara versi saya sendiri secara "nggak kasat-mata" (bukan Kekristenan)
IMO, sso itu didalam posibilitas menjadi beriman percaya kepada "Kristus" (bukan ttg Yesus historically atopun Trinitas atopun KS org Kristen) ---> ini juga mendapat KKT ---> namun ya tetep aja ybs ga bisa disebut orang Kristen  :char11:

Pertanyaannya :
Apakah orang yg mendapat KKT itu juga masih didalam posibilitas "ngilangin" KKT tsb ?

:)
salam.
« Last Edit: September 21, 2015, 10:55:48 AM by odading »
September 24, 2015, 06:22:08 AM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1225
  • Denominasi: Kristen
Apakah hanya orang2 Kristen saja yang menerimanya??? :)

Sebab TUHAN mengatakan:
Kel. 33:19   
"........: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."


 :afro:

Reformed mengajarkan ada common grace bagi semua manusia tanpa kecuali tetapi ada saving grace hanya bagi kaum pilihan yaitu mereka yang menerima anugerah keselamatan.

September 24, 2015, 10:08:32 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Reformed mengajarkan ada common grace bagi semua manusia tanpa kecuali tetapi ada saving grace hanya bagi kaum pilihan yaitu mereka yang menerima anugerah keselamatan.


Betul.... tapi, bagaimana "penjelasan" dan "pembuktian"-nya?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)