Author Topic: asal muasal Wujud manusia Yesus Kristus...  (Read 885 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 08, 2015, 08:50:49 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1046
  • Denominasi: Umum
Yang mengatakan itu wajah Jesus siapa?

Anda bisa bikin abang TS nya stress lho lama-lama  ;D
October 08, 2015, 08:51:24 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Oow jadi kl saya ke gereja ada salib besar ada patung org di salib itu bukan Yesus toh? Krn begitu foto yg td saya upload saya kasih liat ke ibu,kakak saya.. saya blg ini siapa? Mreka jawab Yesus.

Jadi, yang bilang itu wajah Jesus orang orang yang melihat gambar/patung itu kan?
Lantas mengapa anda tanyakan ayat Alkitab nya ?

October 08, 2015, 09:18:34 AM
Reply #12
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 43
  • Denominasi: katolik
Jadi, yang bilang itu wajah Jesus orang orang yang melihat gambar/patung itu kan?
Lantas mengapa anda tanyakan ayat Alkitab nya ?
Dl wkt saya ikt katekumen,kl gk salah inget frater nya blg wajah Yesus yg skrg ini kita tau adalah bentuk imajinasi dikarenakan kerinduan umat nya akan Yesus.
Nah yg saya tny disini masa sih sekedar asal saja mengimajinasikan Rupa Yesus. Kok berjanggut,kok rambt panjg dll. Saya kira ada disbt di ayat .gitu
October 08, 2015, 09:30:27 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Dl wkt saya ikt katekumen,kl gk salah inget frater nya blg wajah Yesus yg skrg ini kita tau adalah bentuk imajinasi dikarenakan kerinduan umat nya akan Yesus.
Nah yg saya tny disini masa sih sekedar asal saja mengimajinasikan Rupa Yesus. Kok berjanggut,kok rambt panjg dll. Saya kira ada disbt di ayat .gitu


Karena memang pada kenyataannya, wajah Jesus di gambar dan di patung itu adalah imajinasi para artis.
Kalaupun anda ingin menelusuri lebih jauh, maka adanya di kitab apocryphal yang tidak di kanon, antara lain dalam kisah Veronica, ketika Veronica menyeka wajah Jesus saat via dolorosa.
http://www.newadvent.org/cathen/15362a.htm

Kalaupun mau mencari yang lebih 'riel', maka mungkin kain kafan Turin bisa membantu :
https://www.shroud.com/#menu
https://en.wikipedia.org/wiki/Shroud_of_Turin
October 08, 2015, 10:04:03 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Jadi, jika mengacu ke sini:
Dl wkt saya ikt katekumen,kl gk salah inget frater nya blg wajah Yesus yg skrg ini kita tau adalah bentuk imajinasi dikarenakan kerinduan umat nya akan Yesus.
Nah yg saya tny disini masa sih sekedar asal saja mengimajinasikan Rupa Yesus. Kok berjanggut,kok rambt panjg dll. Saya kira ada disbt di ayat .gitu
Menurut logikaku, @koleta sudah dapat menjawab ini:
Knp dlm Kristen wajah,rupa Yesus tergambarkn seperti yg kita srg tau entah dlm bntk poster,patung?
Apa memang pernah di lukis?
Setidaknya, dengan mengetahui yang bergaris bawah itu, rasa penasaran terhadap yang tebal sudah berkurang.

Atau, masih penasaran juga?

@Cinta Bhinneka usul, meskipun @Cinta Bhinneka membaca Perjanjian Lama untuk pengetahuan saja, tapi terkait pada pertanyaan @koleta, menurut logikaku, ayat-ayat berikut sedikit mengobati:

Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
Dengan yang bergaris bawah, @Cinta Bhinneka mengartikan, bahwa manusia itu dibentuk segambar dan serupa dengan Allah. Maka, diimajinasikan sebagai punya mata, punya hidung, punya mulut dan indra-indra fisik lainnya.

Kej 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."
Walaupun ayat ini kuduga memberi pengertian bahwa hal kesamaan yang dimaksud ialah dalam hal mampu membedakan yang baik dan yang jahat, tetapi dapat juga diartikan bahwa Tuhan itu seperti manusia yang punya fisik (Yesus adalah manusia 100% dan Allah 100%).

Semoga membantu. :)

Salam logika macam-macam.
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
October 08, 2015, 01:32:25 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4732
  • Gender: Male
Knp dlm Kristen wajah,rupa Yesus tergambarkn seperti yg kita srg tau entah dlm bntk poster,patung?
Apa memang pernah di lukis?

Apakah anda seorang pengikut Kristus?

Lukisan, gambar dan patung yang mengambarkan sosok Yesus sebagai Anak Manusia, merupakan bentuk kecintaan mereka terhadap Tuhan. Mereka hendak memberikan visual gambaran wajah sesuai imajinasi mereka. Ada banyak versi gambar wajah Yesus, mulai bermuka asia, afrika sampai yang paling banyak berwajah renaisan.

Bagi sebagian orang hal itu tidak terlalu penting, dan bagi sebagian orang hal itu membantu mereka untuk menfokuskan diri dalam berdoa dan beribadah.

Seperti anda dan pacar anda. Apakah anda menyimpan atau memiliki fotonya? Untuk apakah menyimpannya atau memilikinya? Ada berbagai macam alasan demikian juga orang-orang yang melukis, memahat dan mengilustrasikan wajah Yesus.
October 08, 2015, 01:42:33 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
anda pasti juga sudah tahu bahwa di ganjuran, yogya ada gereja dengan karya seni patung yesus yang luarbiasa, dan sangat indonesia sekali, juga agak kehindu-hindu-an kan?




salam
October 08, 2015, 02:08:33 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2315
  • Gender: Male
  • Merdeka dalam Kristus
    • Christian Sermons
  • Denominasi: Kristen Trinitarian
Ttg fisik Yesus gak tertulis di Alkitab, kecuali Wahyu, "wajah-Nya bagaikan matahari, kaki-Nya bagaikan tembaga, mata-Nya berapi-api, dll".

Tapi mnurut saya gambar Yesus dipasang spy kita jg mengingat gimana kehidupan Yesus, gimana Dia mati, gimana Dia bangkit, dll.....

Jadi intinya gambar Yesus itu hanya sbg reminder gitu doang.....
I don't stuck up with doctrines, with doctrines people judged each other, but I keep learning, so that I can reach the true wisdom.
October 14, 2015, 01:29:56 PM
Reply #18
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 5
Yesus mengapa digambarkan berkulit putih, berambut pirang, berhidung mancung, berpostur tinggi?
Bolehkah saya menggambarkan Yesus sebagai berikut?: Berkulit hitam, berambut keriting, berhidung pesek, berpostur pendek, berwajah tembem, berperut buncit.
Jika tidak boleh, apa dasarnya?
Ketika hari Kiamat datang, banyak orang akan memanggilku, Tuhan...Tuhan...! Dengan namamu kita berbicara Kalimat Tuhan.... Kemudian Aku (Yesus) akan berkata kepada mereka: Aku tidak pernah mengenalmu, pergi dari hadapanku hai orang sesat!"
(mathius :21-23)
October 14, 2015, 01:45:15 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Yesus mengapa digambarkan berkulit putih, berambut pirang, berhidung mancung, berpostur tinggi?
Bolehkah saya menggambarkan Yesus sebagai berikut?: Berkulit hitam, berambut keriting, berhidung pesek, berpostur pendek, berwajah tembem, berperut buncit.
Jika tidak boleh, apa dasarnya?

Anda tentu pernah membaca Alkitab, di Alkitab dijelaskan bahwa Jesus lahir di daerah Yudea, beribu Maria, dari ras Caucasian.

Jadi, kalau anda ingin menggambarkan wajah Jesus sesuai dengan sejarah, maka tentunya anda harus mengikuti apa saja yang menjadi ciri dari orang caucasian.

Kemudian, membaca saat mudanya (12 - 30 th), Jesus membantu ayahNya bekerja sebagai tukang kayu, maka tentunya Jesus memiliki postur seorang pekerja, dan tukang kayu sepertinya tidak ada yang berperut gendut.

Tetapi, kalau anda ingin menggambarkan Jesus secara sesuai dengan imajinasi anda, dan terasa lebih dekat dengan Jesus yang berkulit hitam legam, berpipi tembam, berhidung pesek serta bermata sipit ataupun jereng. Tentu terserah anda, tidak ada yang melarang, sejauh anda juga tidak memaksakan khayalan anda untuk diterima oleh orang lain.

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)