Author Topic: apa maksud dilaksanakannya event pembaptisan ?  (Read 3379 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 25, 2015, 03:28:28 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
saya nemenin puluhan orang dibaptis ngga pernah ada tuh ditanya dulu kamu percaya Yesus? baru jawab ya, baru kemudian dibaptis, seperti yang kamu analogikan dengan pernikahan itu
udah dikasih tau, ini yang kedua kalinya loh ya... "jangan lagi bilang2 logika bablas !" ... mao tetep ngotot ? so, artinya kamu lagi menyatakan bbrp denom Gereja menjalankan logika bablas !

Just like in a marriage ceremony, the candidate will be asked some big questions during their baptism:

Do you acknowledge Jesus Christ as your Saviour and Lord?

When the candidate says ‘I do’ the Minister lowers the candidate under the water

http://request.org.uk/life/rites-of-passage/what-happens-in-believers-baptism/


“Are you trusting Jesus Christ as your Lord and Savior? If so, please respond by saying, ‘Jesus is my Lord.’”
http://www.rayfowler.org/sermons/baptism-service/


We ask those who are candidate for baptism questions like “do you believe that Jesus is the Son of God, who died on the cross and on the third day he rose from the dead for the forgiveness of your sins?”
http://evidenceforchristianity.org/what-is-the-correct-formulawords-to-say-for-doing-a-baptism-are-there-historical-accounts-which-help-can-decide-this-question/


The speaker then invites all baptism candidates to answer two simple questions as one way to make a verbal “public declaration” of their faith.
http://www.jw.org/en/publications/books/bible-teach/christian-baptism-dedication-to-god/

We feel it is proper for the baptismal candidate to publicly express his faith.  You will be asked to answer a question or two along these lines: “Do you believe that Jesus Christ is the Son of God, and do you proclaim Him as your Lord and Savior?”  Your response would be, “Yes, I do!” http://www.pikespeakchristian.org/pastoral-care/baptism/

Nggak malu ? ternyata ada gereja Kristen yg juga berlogika bablas ? 
sakit jiwa :char11:
« Last Edit: October 25, 2015, 03:34:10 AM by odading »
October 25, 2015, 06:46:43 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9608
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
mereka menanyakan hal itu sesuai dengan apa yang dikatakan di Alkitab
sesuai dengan apa yang diperbuat Filipus :
Apakah kau percaya Yesus?
Percaya !
wes dibaptis

hal itu biasanya ditanyakan pas saat katekisasi / pelajaran pas saat baptis / mengisi form baptis

kalopun ada yang menanyakan hal itu, mereka melakukannya karena percaya Firman Tuhan, bukan karena bablasnya logika mereka yang seperti ini :
Diketika Filipus mendengar sidasida berkata : Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah ---> ini "dihadapan" Filipus artinya si sidasida itu telah selamat/diselamatkan ? ato belon ?
ngga ada urusannya orang tersebut telah selamat / diselamatkan dihadapan Filipus
itu urusan ybs sama Tuhan
October 25, 2015, 01:42:06 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
kalopun ada yang menanyakan hal itu, mereka melakukannya karena percaya Firman Tuhan, bukan karena bablasnya logika mereka yang seperti ini :
Diketika Filipus mendengar sidasida berkata : Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah ---> ini "dihadapan" Filipus artinya si sidasida itu telah selamat/diselamatkan ? ato belon ?


pertama :
setelah saya kasih bukti bhw ADA itu gereja yg menanyakan spt waktu orang ngadain ritual perkawinan ... sekarang kamu berkelit mengenai apa yg kamu bilang bablas logika, yakni pihak yang membaptis menanyakan perihal percaya ke orang ybs.
Quote
saya nemenin puluhan orang dibaptis ngga pernah ada tuh ditanya dulu kamu percaya Yesus? baru jawab ya, baru kemudian dibaptis, seperti yang kamu analogikan dengan pernikahan itu

So, bold itu alasanmu bilang "bablas logika" karena saya berpendapat bhw sebelon di baptis - si pihak yang membaptis ada bertanya ke yg akan dibaptis terkait Yesus.

Makanya BACA pake otak itu tulisan saya :
Quote
Idem pasangan penganten menjawab "I do" - ngapain juga ditanya lagi apakah mereka bersedia sehidup-semati ? Itu juga logika bablas kan ? Memangnya mereka akan bilang "I don't" ? Tapi bukan ini point saya. Saya nggak segoblog itu berlogika.

Quote
saya nemenin puluhan orang dibaptis ngga pernah ada tuh ditanya dulu kamu percaya Yesus? baru jawab ya, baru kemudian dibaptis, seperti yang kamu analogikan dengan pernikahan itu

gak usah berkelit laaaah.....  :char11:



kedua :
Setelah nyadarin bhw ADA gereja yg bertanya ke orang yg akan dibaptis - sekarang jadinya kamu belokin ke perihal orange dibawah.


BACA lagi itu kalimat ungu pake otak.
Disitu terdapat tanda tanya !
ini "dihadapan" Filipus artinya si sidasida itu telah selamat/diselamatkan ? ato belon ?


Quote
ngga ada urusannya orang tersebut telah selamat / diselamatkan dihadapan Filipus
itu urusan ybs sama Tuhan
aduh ... goblog jangan dipiara atuh hen  :char11:.


Saya bertanya ungu ke orang Kristen, dimana saya menjabarkan pengertian saya sbb :

Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu."


Berangkat dari ayat diatas (imo) konsekwensi logik dari pov pihak yg membaptis adalah :
mereka percaya bhw orang ybs tsb sudah selamat/diselamatkan melalui pengetahuan mereka mengenai sikon orang ybs (contoh misal, Saulus / Kornelius) ... ataupun melalui ucapan dari si orang ybs itu percaya (contoh misal, sidasida) barulah mereka mao membaptis.



Quote
mereka menanyakan hal itu sesuai dengan apa yang dikatakan di Alkitab
sesuai dengan apa yang diperbuat Filipus :
Apakah kau percaya Yesus?
Percaya !
So... nggak bablas kan logikanya, bhw ADA itu gereja yg menanyakan ke orang ybs sebelon dibaptis kayak di ritual perkawinan ?  :tongue:

Quote
mereka menanyakan hal itu sesuai dengan apa yang dikatakan di Alkitab
sesuai dengan apa yang diperbuat Filipus :
Apakah kau percaya Yesus?
Percaya !
Sekali lagi saya tanyakan :

ini "dihadapan" pihak Gereja artinya si orang yg akan dibaptis itu telah selamat/diselamatkan ? ato belon ?

Baca lagi itu bold dan gunakan otak dalam mencerna kalimat tsb.
Saya tidak tulis "dihadapan pihak Allah" !
Dan itu kalimat bertanya !

Terkait pertanyaan ungu, saya kemukakan pendapat saya spt orange.
Kalo orange itu = SALAH .... nyatakan salah, lalu paparkan begimana yang bener !

JELAS GAK, HAH ?!
« Last Edit: October 25, 2015, 01:49:16 PM by odading »
October 25, 2015, 01:58:34 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Diadu juga gak apa apa, koq, karena memang itu apa adanya.

Di Katolik, seseorang baru tercatat sebagai anggota Gereja Katolik, saat seseorang di baptis secara Katolik, atau seseorang yang telah dibaptis di gereja lain, menyatakan diri masuk ke gereja Katolik.
Dalam ha ini, baptis, di Gereja Katolik adalah pintu gerbang yang harus dilalui.
oke... makasih brc atas masukannya.

Kembali mengenai pertanyaan saya, saya ingin tau dari pihak agama Kristen :
"dihadapan" pihak Gereja artinya si orang yg akan dibaptis itu telah selamat/diselamatkan ? ato belon ?

Sekali lagi, yang saya tanya adalah dari kacamata pihak Gereja (pov ajaran agama Kristen) BUKAN dari kacamata Allah.

Sementara menurut saya adalah :
Gereja percaya bhw orang ybs tsb sudah selamat/diselamatkan
Kalo orange saya salah, mohon dijelaskan yang begimana yang sebenarnya.


:)
salam.
October 25, 2015, 02:15:13 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
oke... makasih brc atas masukannya.

Kembali mengenai pertanyaan saya, saya ingin tau dari pihak agama Kristen :
"dihadapan" pihak Gereja artinya si orang yg akan dibaptis itu telah selamat/diselamatkan ? ato belon ?

Sekali lagi, yang saya tanya adalah dari kacamata pihak Gereja (pov ajaran agama Kristen) BUKAN dari kacamata Allah.

Sementara menurut saya adalah :
Gereja percaya bhw orang ybs tsb sudah selamat/diselamatkan
Kalo orange saya salah, mohon dijelaskan yang begimana yang sebenarnya.


:)
salam.

Seperti di atas sudah saya ebutkan, bahwa baptis adalah gerbang awal keelamatan. Yang belum melalui gerbang berarti belum masuk kan? Jadi yang belum dibaptis berarti belum selamat.

October 26, 2015, 02:10:11 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Baptisan air tidak bisa dijadikan jaminan pasti keselamatan orang yang melakukannya.

Baptisan air hanya merupakan tanda --kesungguhan-- seseorang yang mau diselamatkan oleh TUHAN...... itupun hanya teori saja (menurut pendapet saya); sedangkan kebenarannya sendiri hanya TUHAN saja yang menilainya.

October 26, 2015, 02:15:24 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Seperti di atas sudah saya ebutkan, bahwa baptis adalah gerbang awal keelamatan. Yang belum melalui gerbang berarti belum masuk kan? Jadi yang belum dibaptis berarti belum selamat.


Apakah yang sudah dibaptis pasti selamat?

Yesus Kristus mengatakan:
Mrk. 16:16   Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.  :D

"PASTI"-nya akan diselamatkan; bukan PASTI-NYA DISELAMATKAN.
October 26, 2015, 04:43:47 AM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2614
Apakah yang sudah dibaptis pasti selamat?

Yesus Kristus mengatakan:
Mrk. 16:16   Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.  :D

"PASTI"-nya akan diselamatkan; bukan PASTI-NYA DISELAMATKAN.
Saya mencoba membandingkan ayat Mrk 16:16 tersebut di interliner Biblehub dan menemukan sebagai berikut :

He who having believed and having baptized will be saved, the (one) however having disbelieved will be condemned.

Kata percaya menggunakan kata "pisteusas" sebagai Verb - Aorist Participle Active - Nominative Masculine Singular.

kata dibaptis menggunakan kata "baptistheis" sebagai Verb - Aorist Particple Passive - Nominative Masculine Singular.

kata tidak percaya menggunakan kata "apistēsas" sebagai Verb - Aorist Participle Active - Nominative Masculine Singular.



Kenapa pakai "AKAN" dan bukan "PASTI"?

Saya mundur 1 ayat ke ayat 15 :
(15) Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Saya menafsirkan bahwa ada empat kemungkinan yang terjadi antara waktu para Rasul memberitakan Injil sampai sebelum waktu "will be saved" atau "will be condemned" tiba :

1. Ada orang yang percaya dan dibaptis.

2. Ada orang yang tidak percaya.

3. Ada orang yang tadinya sudah percaya dan sudah dibaptis menjadi tidak percaya (apistēsas / having disbelieved) atau mengkhianati apa yang sudah dia percayai dan mengkhianati baptisannya.

4. Ada orang yang tadinya tidak percaya menjadi percaya (pisteusas / having believed) dan dibaptis (baptistheis / having baptized).



Apakah yang sudah dibaptis pasti selamat?

...
Berdasarkan tafsiran saya di atas, tidak.
October 26, 2015, 07:23:15 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9608
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik


pertama :
setelah saya kasih bukti bhw ADA itu gereja yg menanyakan spt waktu orang ngadain ritual perkawinan ... sekarang kamu berkelit mengenai apa yg kamu bilang bablas logika, yakni pihak yang membaptis menanyakan perihal percaya ke orang ybs.

yang saya bilang bablas logika itu adalah mengenai hal "rontgen hati", mengenai hal ini nih :

ini "dihadapan" pihak Gereja artinya si orang yg akan dibaptis itu telah selamat/diselamatkan ? ato belon ?

karena pihak gereja/yang membaptis gak bakalan lah bisa memastikan hal tersebut, emangnya kita bisa lihat hati orang beneran percaya atau kagak? justru hal tersebut hanya Allah yang bisa memastikannya, kita membaptis berdasarkan pengakuan ybs, setelah itu pun ybs wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup
itu menurut saya pertanyaan yang bablas

makanya saya tegaskan dikalimat ini kan :
kalo kamu masih nanya lagi artinya logikamu itu kebangeten

baca lagi post saya
« Last Edit: October 26, 2015, 07:27:19 AM by HenHen »
October 26, 2015, 10:21:16 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Saya mencoba membandingkan ayat Mrk 16:16 tersebut di interliner Biblehub dan menemukan sebagai berikut :

He who having believed and having baptized will be saved, the (one) however having disbelieved will be condemned.

Kata percaya menggunakan kata "pisteusas" sebagai Verb - Aorist Participle Active - Nominative Masculine Singular.

kata dibaptis menggunakan kata "baptistheis" sebagai Verb - Aorist Particple Passive - Nominative Masculine Singular.

kata tidak percaya menggunakan kata "apistēsas" sebagai Verb - Aorist Participle Active - Nominative Masculine Singular.



Kenapa pakai "AKAN" dan bukan "PASTI"?

Saya mundur 1 ayat ke ayat 15 :
(15) Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Saya menafsirkan bahwa ada empat kemungkinan yang terjadi antara waktu para Rasul memberitakan Injil sampai sebelum waktu "will be saved" atau "will be condemned" tiba :

1. Ada orang yang percaya dan dibaptis.

2. Ada orang yang tidak percaya.

3. Ada orang yang tadinya sudah percaya dan sudah dibaptis menjadi tidak percaya (apistēsas / having disbelieved) atau mengkhianati apa yang sudah dia percayai dan mengkhianati baptisannya.

4. Ada orang yang tadinya tidak percaya menjadi percaya (pisteusas / having believed) dan dibaptis (baptistheis / having baptized).


Berdasarkan tafsiran saya di atas, tidak.
Akur... :D
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)