Author Topic: apa maksud dilaksanakannya event pembaptisan ?  (Read 3592 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 12, 2016, 11:34:55 AM
Reply #80
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
Bro Oda percaya bahwa selama di dunia Yesus memberi teladan yang benar ? Bagaimana dengan peristiwa pembabtisan Yesus di sungai Yordan ? Disitu ada Kerendahan hati dan ingin menunjukan bahwa baptis bukan hanya simbol (tidak wajib). Yesus sendiri dipenuhi ROH KUDUS, dan DIA akan membaptis dengan ROH KUDUS. Sekarang Yesus sudah tidak ada secara fisik di dunia. Jadi sebenarnya yang berhak membaptis adalah seharusnya Orang-orang yang telah dipercaya oleh Yesus (Petrus dan penerusnya/komunitas orang yang hidup kudus serupa kehidupan Yesus,termasuk selibat).
Percaya saja tanpa di baptis bisa mengganggu pertumbuhan Iman, terutama dalam upaya memahami Alkitab,kita bisa bingung karena belum dituntun oleh ROH KUDUS(belum dibaptis). Roh Kuduslah yang  nantinya  akan menuntun ke dalam Roh Kebenaran sehingga keyakinan/iman kita benar-benar kuat dan kokoh.
GBU Bro Oda.
June 12, 2016, 11:53:05 AM
Reply #81
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593

Bagi yang percaya tapi belum/sempat di baptis ?. Untuk anak-anak yang masih belum mengerti ada dispensasi (Prerogatif Allah),acuan ayat Markus 10:14.
Kalau untuk dewasa dan sudah mengerti tapi tidak dibaptis, bisa berpedoman Marrkus 16:16.
Kenapa untuk anak-anak (terutama bayi/balita ada dispensasi ? karena kebanyakan masih polos(minim dosa karena free will blom kepake maksimal) dan biasanya yang seperti ini, Tuhan menyertai mereka selalu.
June 18, 2016, 02:20:48 PM
Reply #82
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12964
    • fossil coral cantik
Bro Oda percaya bahwa selama di dunia Yesus memberi teladan yang benar ?
(imo) sulit utk menentukan APA itu [teladan yg benar] yg dilakukan Yesus.

Quote
Bagaimana dengan peristiwa pembabtisan Yesus di sungai Yordan ?
Berdasarkan kalimat diatas yg mengacu event Yesus dibaptis ...(imo) orang juga jadi bisa bilang "Yesus disunat, so... teladanilah Dia".


anyway (imo), terkait perihal baptis ...
yang Yesus suruh itu adalah [mr.X utk membaptis mr.Y] bukan [mr.Y utk membaptiskan diri ke mr.X].

Karena mr.X tidak bisa perform baptisan pabila tidak ada orang yang datang minta utk dibaptis, selanjutnya barulah mr.X yang berucap ... menghimbau "serahkanlah dirimu utk dibaptis".

IMO, ibarat ilustrasinya kayak orang dagang.
Perintahnya : [jual nih buku] bukan [beli nih buku].
Yang mendapat perintah menghimbau [ayo belilah ini buku].
So... nggak ada paksaan.
Lu mao lu beli, lu nggak mao ya lu gak beli.... toh "PASTI" akan ada orang yang mao beli ... 0,00000001 % probabilitasnya dimana tidak ada satupun orang yang mao beli.

:)
salam.
June 19, 2016, 01:54:36 PM
Reply #83
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1593
(imo) sulit utk menentukan APA itu [teladan yg benar] yg dilakukan Yesus.
Berdasarkan kalimat diatas yg mengacu event Yesus dibaptis ...(imo) orang juga jadi bisa bilang "Yesus disunat, so... teladanilah Dia".


anyway (imo), terkait perihal baptis ...
yang Yesus suruh itu adalah [mr.X utk membaptis mr.Y] bukan [mr.Y utk membaptiskan diri ke mr.X].

Karena mr.X tidak bisa perform baptisan pabila tidak ada orang yang datang minta utk dibaptis, selanjutnya barulah mr.X yang berucap ... menghimbau "serahkanlah dirimu utk dibaptis".

IMO, ibarat ilustrasinya kayak orang dagang.
Perintahnya : [jual nih buku] bukan [beli nih buku].
Yang mendapat perintah menghimbau [ayo belilah ini buku].
So... nggak ada paksaan.
Lu mao lu beli, lu nggak mao ya lu gak beli.... toh "PASTI" akan ada orang yang mao beli ... 0,00000001 % probabilitasnya dimana tidak ada satupun orang yang mao beli.

:)
salam.
Mengenai "Sunat", tiap-tiap orang memahaminya bisa berbeda. Saya meyakini bahwa maksud Yesus adalah "Sunat hati". Saya meyakini dan menghargai ciptaan Allah sudah "sempurna". Sunat fisik menurut saya tidak menghargai itu. Roh yang "menggerakan "fisik", roh lah yang harus diperbaiki, tanpa harus "dipermak" fisiknya (tidak menghargai hasil ciptaannya/apa bedanya dengan operasi plastik?). Kalau udah "dipermak" lalu merasa lebih aman dan lebih bisa mengumbar hawa nafsunya ? Yang gampang aja deh mikirnya, Yesus lebih sering mengajarkan tentang "Fisik" atau "Rohani" ?

GBU Bro Oda.
June 29, 2016, 09:57:09 AM
Reply #84
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 41
sunat hati tidak dikenal di bible mas/mbak om/tante .....
June 29, 2016, 10:01:17 AM
Reply #85
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9650
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
sunat hati tidak dikenal di bible mas/mbak om/tante .....

coba baca dulu biblenya masbro
kalo ngga pernah baca ya ngga tahu
June 29, 2016, 10:12:08 AM
Reply #86
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 41
para pengikut kristus awal yang menulis "injil" pun semuanya bersunat fisik, sudah menjadi tradisi bangsa bani israil untuk sunat fisik sampai kiamat.
saya curiga ada penyelewengan tafsir ....
June 29, 2016, 10:15:19 AM
Reply #87
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9650
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
saya juga bersunat fisik
so what gitu loh
tapi saya tahu itu bukan perbuatan yang bikin saya masuk sorga

ngga usah meleber kemana2
anda bilang sunat hati ngga ada di bible itu merupakan ketidaktahuan belaka
kalau tidak tahu sudah sepantasnya belajar
June 29, 2016, 10:26:49 AM
Reply #88
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 41
Kan sudah saya bilang saya curiga ada salah tafsir. Paulus sedang bicara HAKIKAT IMAN. bukan meniadakan hukum Sunat.
seperti misalnya ada orang ISlam berkata "apa artinya kamu bersyahadat kalo kamu masih pergi ke dukun ??".
itu bukan peniadaan syahadat.
June 29, 2016, 10:30:48 AM
Reply #89
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9650
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kamu udah baca belum?

sunat hati itu ya kata2nya secara text begitu itu
ngga pake tafsiran lagi itu loh

coba makanya baca dulu baru komen

kamu baca aja kagak udah mau nafsir2
apa yang mau kamu tafsir coba?
aneh toh
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)