Author Topic: Umat Kristen Tunduk pd Hukum Taurat ato Hukum Kasih?  (Read 2999 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 28, 2015, 08:58:41 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2315
  • Gender: Male
  • Merdeka dalam Kristus
    • Christian Sermons
  • Denominasi: Kristen Trinitarian
Mungkin mesatukan hk taurat dgn kematian Yesus agar jadi manusia baru??
I don't stuck up with doctrines, with doctrines people judged each other, but I keep learning, so that I can reach the true wisdom.
October 29, 2015, 12:39:12 AM
Reply #31
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 19
waduuuh ramenya,...
baca yg tanggapan kalian jd ada 2kubu yah. emang ya spt ada kontradiksi di Mat 5, ((17)...menggenapi . bahkan ayat2 selanjutnya Tuhan Yesus me "Warning" bagi yg mengurangi hk Taurat) . Dengan di Ef 2:15. sebab dg matiNya sbg manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat...).
Bro Aleph dlm jg yah sy setuju

Sy percaya Firman Tuhan (Allkitab) Benar & Utuh. baik PL maupun PB.
Jadi klo pemahaman kita masih kontradiktif, dgn upaya mengabaikan salah satu ayat. Kepastiannya bhw kita msh kurang tepat dlm memahami maksud Tuhan. Mohon petunjuk ROH KUDUS.

Klo sy coba share bhw Mat 5 jelas Hukum Taurat msh berlaku sampai akhir dunia bahkan di tambah oleh Tuhan Yesus.

Dan di Ef. 2 :15, Paulus menjelaskan Yesus sbg manusia satu-satunya yg telah Cum Laude ama Hukum Taurat sehingga "KematianNya" CUKUP sbg Domba yg TIDAK bercacat, untuk menebus seluruh Dosa manusia.
Sehingga dikatakan Hukum Taurat dibatalkan oleh Yesus.
Sebab Tidak seorangpun ada, pernah, dan akan ada kecuali Yesus yg mampu menggenapi  Hukum Taurat.
(Yoh 7:19) ... namun tidak seorangpun diantara kamu yang melakukan hukum Taurat itu."

Kesimpulan sy, sekarang kita dituntut melakukan hukum Taurat, tp dengan motivasi yg Benar sesuai Hukum Kasih. (Bukan seperti org Farisi).  Motivasi untuk Kemuliaan Allah & Kasih thd sesama.
Manusia mampu sempurna melakukannya ??? Tidak, Tuhan pun tahu. Makanya kita disediakan Anugerah Penebusan utk Menyempurnakan dan Membatalkan Hukuman dari Hukum Taurat. Bagi Orang yg Percaya.
October 29, 2015, 09:12:18 AM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 541
  • Gender: Male
lah kenapa dipotong disitu?

lengkapnya kan :
menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru didalam diri Yesus

Sdh saya tanyakan di posting sebelumnya apa maksud dari manusia baru? Jika diciptakan menjadi manusia baru artinya sebelumnya ada manusia yg lama.. apa hukum taurat dan hukum kasih karunia itu manusia lama yg kemudian diciptakan ulang menjadi manusia baru? Apa Yesus karena dijadikan satu dengan Hk Taurat menjadi Yesus yg baru? :mad0261:  :mad0261:
« Last Edit: October 29, 2015, 09:44:20 AM by Gabriella_lissa »
October 29, 2015, 09:22:30 AM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 541
  • Gender: Male
waduuuh ramenya,...
baca yg tanggapan kalian jd ada 2kubu yah. emang ya spt ada kontradiksi di Mat 5, ((17)...menggenapi . bahkan ayat2 selanjutnya Tuhan Yesus me "Warning" bagi yg mengurangi hk Taurat) . Dengan di Ef 2:15. sebab dg matiNya sbg manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat...).
Bro Aleph dlm jg yah sy setuju

Sy percaya Firman Tuhan (Allkitab) Benar & Utuh. baik PL maupun PB.
Jadi klo pemahaman kita masih kontradiktif, dgn upaya mengabaikan salah satu ayat. Kepastiannya bhw kita msh kurang tepat dlm memahami maksud Tuhan. Mohon petunjuk ROH KUDUS.

Klo sy coba share bhw Mat 5 jelas Hukum Taurat msh berlaku sampai akhir dunia bahkan di tambah oleh Tuhan Yesus.

Dan di Ef. 2 :15, Paulus menjelaskan Yesus sbg manusia satu-satunya yg telah Cum Laude ama Hukum Taurat sehingga "KematianNya" CUKUP sbg Domba yg TIDAK bercacat, untuk menebus seluruh Dosa manusia.
Sehingga dikatakan Hukum Taurat dibatalkan oleh Yesus.
Sebab Tidak seorangpun ada, pernah, dan akan ada kecuali Yesus yg mampu menggenapi  Hukum Taurat.
(Yoh 7:19) ... namun tidak seorangpun diantara kamu yang melakukan hukum Taurat itu."

Kesimpulan sy, sekarang kita dituntut melakukan hukum Taurat, tp dengan motivasi yg Benar sesuai Hukum Kasih. (Bukan seperti org Farisi).  Motivasi untuk Kemuliaan Allah & Kasih thd sesama.
Manusia mampu sempurna melakukannya ??? Tidak, Tuhan pun tahu. Makanya kita disediakan Anugerah Penebusan utk Menyempurnakan dan Membatalkan Hukuman dari Hukum Taurat. Bagi Orang yg Percaya.

Hukum Taurat itu berlaku bagi yg berada di bawah Hk Taurat - PL, bagi kita yg berada dibawah HK Kasih karunia - PB tidak lagi melakukan Hk. Taurat untuk dibenarkan, karena Kristus sdh menggenapinya.

Yang dibatalkan adalah kebenaran melalui Hk Taurat (justification by law) digantikan dengan kebenaran oleh iman (justification by faith).. karena tidak ada satu orangpun yang bisa dibenarkan oleh Hk Taurat.

Yang tidak dibatalkan adalah tujuan diberikannya Hk Taurat yaitu bahwa Hk Taurat itu kudus dan standar Tuhan itu sempurna, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.

Hk. Taurat itu hanya berfungsi sebagai cermin yg memperlihatkan segala kekurangan dan kelemahan kita dlm mengikuti standar Allah, tp tidak memampukan kita untuk melakukannya.
« Last Edit: October 29, 2015, 09:25:20 AM by Gabriella_lissa »
October 29, 2015, 10:14:13 AM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9522
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Sdh saya tanyakan di posting sebelumnya apa maksud dari manusia baru? Jika diciptakan menjadi manusia baru artinya sebelumnya ada manusia yg lama.. apa hukum taurat dan hukum kasih karunia itu manusia lama yg kemudian diciptakan ulang menjadi manusia baru? Apa Yesus karena dijadikan satu dengan Hk Taurat menjadi Yesus yg baru? :mad0261:  :mad0261:

kamu bertanyanya sepotong gitu jadi kan maksudnya lain jadinya
mestinya apa maksud dari manusia baru didalam Yesus gitu kan?
kalo dipotong cuma sampe manusia baru aja ya sy pun bingung, karena ayatnya ngga seperti itu

untuk saat ini sy hanya menjelaskan Firman apa adanya aja
maaf kalau saya ngga jelasin detil
hukum taurat itu batal dan dijadikan satu dengan hukum kasih karunia didalam diri Yesus
hukum kasih karunia itu adalah kepanjangan dari hukum taurat, keduanya ga pernah bertentangan dan bahkan sejalan
orang yang hidup dalam kasih karunia bisa melihat taurat karena itulah salah satu rambu2nya apakah dia benar hidup dalam kasih karunia atau tidak

begitulah kalau mau baca apa adanya
jangan kalau tidak mengerti, kalimat Firman Tuhan itu sendiri diartikan beda dengan apa yang tertulis, atau disesuaikan dengan pengertian sendiri
terimalah kata per kata apa adanya

ngga pernah Firman Tuhan berkata hukum taurat batal saja
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 29, 2015, 10:30:17 AM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 541
  • Gender: Male
kamu bertanyanya sepotong gitu jadi kan maksudnya lain jadinya
mestinya apa maksud dari manusia baru didalam Yesus gitu kan?
kalo dipotong cuma sampe manusia baru aja ya sy pun bingung, karena ayatnya ngga seperti itu

untuk saat ini sy hanya menjelaskan Firman apa adanya aja
maaf kalau saya ngga jelasin detil
hukum taurat itu batal dan dijadikan satu dengan hukum kasih karunia didalam diri Yesus
hukum kasih karunia itu adalah kepanjangan dari hukum taurat, keduanya ga pernah bertentangan dan bahkan sejalan
orang yang hidup dalam kasih karunia bisa melihat taurat karena itulah salah satu rambu2nya apakah dia benar hidup dalam kasih karunia atau tidak

begitulah kalau mau baca apa adanya
jangan kalau tidak mengerti, kalimat Firman Tuhan itu sendiri diartikan beda dengan apa yang tertulis, atau disesuaikan dengan pengertian sendiri
terimalah kata per kata apa adanya

ngga pernah Firman Tuhan berkata hukum taurat batal saja

Saya sdh sampaikan tafsiran saya berdasarkan konteks bahwa kedua manusia itu adalah Israel jasmani dan "Gentiles" yg diciptakan menjadi manusia baru didalam Kristus. Banyak ayat pendukung ttg orang percaya sebagai manusia baru didalam Kritus, jika bro belum tahu ayat-ayat tsb akan sy bantu kutip disini.

Tetapi penafsiran kalo Hk Taurat dan Hk Kasih Karunia sebelumnya adalah manusia lama diciptakan menjadi manusia baru didalam Kristus .. Silakan bro sampaikan ayat pendukungnya utk pengajaran yg belum pernah saya denger ini, saya akui pengetahuan saya masih dangkal. 

Setahu saya kalau hukum digabung dg hukum tidak akan jadi manusia baru.. Dimana tertulis Hk kasih karunia itu kepanjangan dr hk Taurat?
« Last Edit: October 29, 2015, 10:35:15 AM by Gabriella_lissa »
October 29, 2015, 10:47:01 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9522
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Tetapi penafsiran kalo Hk Taurat dan Hk Kasih Karunia sebelumnya adalah manusia lama diciptakan menjadi manusia baru didalam Kristus .. Silakan bro sampaikan ayat pendukungnya utk pengajaran yg belum pernah saya denger ini, saya akui pengetahuan saya masih dangkal. 

wkwkwkwk

itu kalimat ayat apa adanya kok dibilangnya tafsir?
ayat pendukungnya udah berkali2 dicopas
ini tinggal masalah kamu mau terima apa adanya
saya ga pake tafsir2 nih

sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera

justru kalo kamu mengartikannya diluar kalimat itu, ya artinya kamu sedang menafsir

:)

sorry ya om
saya pikir untuk saat ini saya sudah cukup mengemukakan pendapat saya

so kita ga harus sependapat soal ini

terima kasih
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 29, 2015, 10:57:40 AM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 541
  • Gender: Male
wkwkwkwk

itu kalimat ayat apa adanya kok dibilangnya tafsir?
ayat pendukungnya udah berkali2 dicopas
ini tinggal masalah kamu mau terima apa adanya
saya ga pake tafsir2 nih

sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera

justru kalo kamu mengartikannya diluar kalimat itu, ya artinya kamu sedang menafsir

:)

sorry ya om
saya pikir untuk saat ini saya sudah cukup mengemukakan pendapat saya

so kita ga harus sependapat soal ini

terima kasih

Y sy sdh mengerti walau tidak sependapat.  :happy0025:
October 31, 2015, 10:44:57 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2522
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Umat Kristen harus paham Hukum Taurat PL, tetapi umat Kristen ada dibawah Hukum Kristus (Hukum Kasih).
Bahasannya di http://www.sarapanpagi.org/hukum-kasih-vt344.html#p746



syalom Bro Sarapan Pagi...

saya mau bertanya sehubungan dengan tulisan bro diatas...

pertanyaan saya adalah:

1. apakah hukum taurat itu bukan hukum kasih???

2. apakah hukum taurat itu bukan hukum Kristus??

terima kasih atas kesediaan bro Sarapan pagi untuk berkenan membagikan pandangannya...


salam...
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
November 01, 2015, 12:29:00 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Hukum Kristus juga dikenal dengan Hukum Kasih. Hukum ini memiliki 2 mitsvot (Kasih kepada Allah & Kasih kepada sesama manusia).

Hukum Taurat adalah segala macam ketentuan/ perintah/ mitsvot yang tersebar dalam 5 Kitab Musa. Jika diperincikan terdapat 613 Mitsvot di dalamnya.

Dari segi jumlah saja sudah beda, bukan?


Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)