Author Topic: JESUS BEFORE CHRISTIANITY  (Read 4569 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 13, 2015, 06:03:55 PM
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 60
  • Gender: Male
    • Teologi Rakyat
  • Denominasi: Protestan
Jesus before Christianity adalah sebuah buku adikarya Albert Nolan.

Buku ini sudah diterjemahkan kedalam sembilan bahasa (?). Itu bisa menjadi sebuah bukti bahwa buku ini mempunyai pengaruh tersendiri dalam wacana pemikiran Kristen.

Latar belakang penulisan buku ini menarik.

Buku yang saya baca aslinya diterbitkan pada tahun 1976 dan buku yang sudah saya baca adalah cetakan kelima.

Albert Nolan mengerjakan buku ini pada tahun 1970an ketika menjabat sebagai pendeta kampus untuk mengajar matakuliah iman dan teologi.

Albert Nolan merasa kesulitan untuk mengajarkan tentang Yesus kepada mahasiswa. Ketika itu, menurut Albert Nolan, mahasiswa sudah tidak lagi tertarik pada Yesus.

Untuk keperluan itulah, Albert Nolan akhirnya berinisiatif untuk ”menyajikan” kepada mahasiswa sebuah sudut pandang tentang Yesus yang bisa diterima.

Albert Nolan akhirnya mencoba memperkenalkan Yesus kepada mahasiswa dari sudut kemanusiaanNya (as a person) dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti.

Kesederhanaan dan mudah dimengerti merupakan ciri utama buku ini.

Albert Nolan sebenarnya tidak menyodorkan sebuah gagasan yang baru dalam usahanya membangun perspektif tentang Yesus. Albert Nolan tidak sedang membangun sebuah wacana Kristologi yang baru dan ”wah” layaknya teolog besar.

Sebenarnya, dalam buku ini, Albert Nolan hanya mengutip gagasan dan penelitian dari teolog lain tentang Yesus dan menyederhanakannya agar bisa dipahamai oleh mahasiswa yang sedang diajarnya.

Dikarenakan sifat penelitiannya tentang aspek kemanusiaan Yesus, maka Albert Nolan sering menggunakan pendekatan historis untuk melihat siapa dan bagaimana Yesus dizamanNya.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika akhirnya Nolan sering melihat tindakan dan pengajaran Yesus dalam sebuah situasi sosial-politik yang hadir ketika itu.

 Walau pun menggunakan pendekatan sejarah, tapi tidak serta merta Nolan terjebak seperti para sejarahwan Yesus (Jesus historian) lainnya.

Kebanyakan dari sejarahwan Yesus – entah kenapa – akhirnya sering jatuh pada sebuah kesimpulan: Yesus bukan Tuhan.

Karya Albert Nolan ini, tidaklah demikian.

Untuk lebih lengkap, Sobat bisa membaca resensinya di http://tongthink.blogspot.co.id/2015/11/jesus-before-christianity-partisipasi.html
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)