Author Topic: Saksi-Saksi Yehuwa adalah juga Kristen  (Read 12413 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 17, 2016, 09:56:10 AM
Reply #140
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13152
    • fossil coral cantik
ngga usah ribet2 begitu

tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan/Allah = bukan Kristen
Sepanjang yang saya tangkep, pov JW itu berpendapat Yesus adalah lesser God, Allah tapi bukan Allah yg utama (allah semua lower case, tapi bukan Allah kapital A). Dugaan saya, jadinya idem kayak semacem malaikat.

Orang membuat hukum :
KARENA
Yesus itu adalah Allah yang Allah yg utama

MAKA
yang percaya [Yesus itu Allah yang Allah yg utama] baru boleh/bisa disebut Kristen
yang tidak percaya [Yesus itu Allah yang Allah yg utama] tidak boleh/bisa disebut Kristen



Saat ini sy berpandangan seperti ini:
1. Bapa = Tuhan, Anak = Tuhan, ROH KUDUS = Tuhan
2. Dalam tritunggal ada hubungan atasan dan bawahan. Bapa > Anak > ROH KUDUS. Tapi ketiganya tetap membentuk kesatuan sebagai Tuhan.
3. Walaupun sy tidak benar2 mengatakan itu benar, namun konsep Yesus = 1/3 dari Tuhan menurut sy bisa dibenarkan. Kalau melihat dua point di atas.

Dari tulisan diatas, saya nangkepnya jadi kayak gini :
Tuhan terdiri dari 3 bagian yang sama (1/3 + 1/3 + 1/3), namun tiap bagian mempunyai hirarki.
1/3 sbg top level
1/3 sbg middle level
1/3 sbg lower level

Ibarat kue di belah 3 sama rata.
1/3 potongan terdiri dari coklat mesyes keju kacang (bernilai goban)
1/3 potongan terdiri dari coklat keju (bernilai saban)
1/3 potongan terdiri dari coklat doank (bernilai noban)
« Last Edit: March 17, 2016, 10:09:18 AM by odading »
March 17, 2016, 10:36:26 AM
Reply #141
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Ibarat kue di belah 3 sama rata.
1/3 potongan terdiri dari coklat mesyes keju kacang (bernilai goban)
1/3 potongan terdiri dari coklat keju (bernilai saban)
1/3 potongan terdiri dari coklat doank (bernilai noban)
kalo mau logis - logisan sih, Yesus itu gak mungkin 1/3nya.....

sebab ada tertulis :
Ibr. 2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

jadi Yesus itu seperberapa yah harus tahu dulu malaikat itu seperberapanya Allah maka Yesus dibawah itu  :cheesy:
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
March 18, 2016, 01:02:13 AM
Reply #142
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
Songong kenapa dipelihara, @Jesuit_DM?

Ini, kusalin ulang tulisanmu, dengan kucoba memberi "ciri" untuk gampang @Jesuit_DM tangkap tentang penangkapanku.Bah! Itu pemahaman @Jesuit_DM terhadap penjelasan itu?

Coba jangan terburu-buru menilai.

Mari kita lihat:
Dari post @Jesuit_DM yang kugarisbawahi itu, menurut @Jesuit_DM, masihkah "alkitablah satu-satunya dasar kebenaran mutlak"?
Tidakkah @Jesuit_DM melihat, ternyata ada dua "dasar kebenaran", yaitu Alkitab dan segala hal(yang disampaikan rasul) yang sesuai dengan Alkitab?

Catat, yang disampaikan rasul yang sesuai dengan alkitab, itu bukan Alkitab.

Apakah menurut logika @Jesuit_DM, yang disampaikan rasul yang sesuai dengan Alkitab adalah Alkitab?

Menurut logikaku, jika yang disampaikan rasul yang sesuai dengan Alkitab adalah Alkitab, maka rasul tidak perlu menyampaikan hal yang sesuai dengan alkitab.
Tertangkap oleh logika @Jesuit_DM?
Maka, dasar kebenaran mutlak ialah (1) Alkitab, dan (2) yang disampaikan rasul yang sesuai dengan Alkitab.

Lalu, jika dicermati ke sejarah Alkitab, di mana Yesus Kristus tidak meninggalkan tulisan (Alkitab) tetapi meninggalkan kewenangan mengajar yang diberikan kepada rasul, menjadi berterima di logika, bahwa Alkitab terbentuk dari hasil pengajaran rasul. Begitu, bukan?
Atau, @Jesuit_DM bisa memberikan penjelasan berbeda dari itu?

Dengan demikian, dasar kebenaran mutlak adalah (1) pengajaran rasul, dan (2) Alkitab.
Ada penjelasan lain dari @Jesuit_DM?

Salam logika macam-macam.
Saya bingung, anda kok jadi muter-muter, sederhananya saya ingin bertanya kepada anda, yaitu : Apakah menurut anda, alkitab itu adalah kebenaran mutlak yang harus dikuti atau kah tidak ? ==> simpel bukan..

Salam ...
March 18, 2016, 01:24:09 AM
Reply #143
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
kalo mau logis - logisan sih, Yesus itu gak mungkin 1/3nya.....

sebab ada tertulis :
Ibr. 2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

jadi Yesus itu seperberapa yah harus tahu dulu malaikat itu seperberapanya Allah maka Yesus dibawah itu  :cheesy:

Hahahah ... benar-benar, harus tahu dulu, malaikat itu seberapanya Allah ?

Tapi disinilah saya menjadi bingung, mengapa ?

Para pembela Ajaran Tritunggal yang memahami, bahwa Yesus adalah 1/3 dari Allah, namun menentang habis-habisan SSY, pada hal .. pemahaman SSY dengan mereka tidak jauh berbeda, yaitu .. Yesus itu 1/3 dari Allah atau dengan kata lain, SSY mengatakan .. Yesus itu adalah suatu Allah. ==> Dimana beda Ajarannya ?

Bingung dan sangat membingungkan, hehehehe ..

Bagi saya, Yesus itu bukan 1/3 Allah, tetapi Yesus itu adalah Allah yang Esa atau Allah yang Tunggal dan bukan 1/3 Allah.

Contoh :

Hakikat dari Sang Ada atau Alfa dan omega adalah Allah.
Kepribadian Sang Ada atau Alfa dan omega adalah Bapa, Anak.
Sehingga :

Bapa = Allah
Anak = Allah

Kesimpulan :

Hakikat Allah itu = Satu = Tunggal = Esa, tetapi Kepribadian Allah itu = 2, yaitu Kepribadian Bapa dan Kepribadian Anak.==> Inilah yang dimaksut dalam kredo nikea, sebagai Una Substantia ( SATU  Substansi ), Tress Personae ( Tiga Kepribadian ). atau dalam pernyataan iman nikea disebutkan ... bahwa Anak itu "SEHAKIKAT" dengan Bapa.

Artinya seperti contoh diatas, Jika hakikat itu = Allah, maka :

Bapa = Allah ==> Bukan pula Bapa menjadi 1 / 2 Allah ( Keliru ).
Anak = Allah ==> Bukan pula Anak menjadi 1 / 2 Allah ( Keliru ).
Bapa / Anak = Allah ==> 1 Allah yang Esa / satu Allah yang tunggal.


Salam ..
March 18, 2016, 01:29:37 AM
Reply #144
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
kalo mau logis - logisan sih, Yesus itu gak mungkin 1/3nya.....

sebab ada tertulis :
Ibr. 2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

jadi Yesus itu seperberapa yah harus tahu dulu malaikat itu seperberapanya Allah maka Yesus dibawah itu  :cheesy:

Lalu pertanyaannya adalah .. mengapa dalam ibrani 2 : 9 dikatakan, .. dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat..?

Jawabnya adalah : Karena Firman itu telah menjadi manusia.. ( Yohanes 1 : 14 ), karena Firman itu telah menjadi manusia, maka secara otomatis, Ia menjadi sedikit lebih rendah dari pada para malaikat, tetapi jika Firman itu telah menjadi Manusia / Allah, maka Ibrani 2 : 9, "Harus dihapuskan dari Alkitab". Sebab tidak mungkin Allah itu lebih rendah dari para malaikat, ==> TIDAK  MUNGKIN.


Salam ..
March 18, 2016, 03:56:49 AM
Reply #145
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2613
Lalu pertanyaannya adalah .. mengapa dalam ibrani 2 : 9 dikatakan, .. dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat..?

Jawabnya adalah : Karena Firman itu telah menjadi manusia.. ( Yohanes 1 : 14 ), karena Firman itu telah menjadi manusia, maka secara otomatis, Ia menjadi sedikit lebih rendah dari pada para malaikat, tetapi jika Firman itu telah menjadi Manusia / Allah, maka Ibrani 2 : 9, "Harus dihapuskan dari Alkitab". Sebab tidak mungkin Allah itu lebih rendah dari para malaikat, ==> TIDAK  MUNGKIN.
Baca juga dong ayat 7 dan 8 nya :

(7) Namun Engkau telah membuatnya untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat,

(8) segala sesuatu telah Engkau taklukkan di bawah kaki-Nya." Sebab dalam menaklukkan segala sesuatu kepada-Nya, tidak ada suatupun yang Ia kecualikan, yang tidak takluk kepada-Nya. Tetapi sekarang ini belum kita lihat, bahwa segala sesuatu telah ditaklukkan kepada-Nya.

Dan pamungkasnya di ayat 18 :

(18) Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai.
March 18, 2016, 08:34:16 AM
Reply #146
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Tapi disinilah saya menjadi bingung, mengapa ?

Para pembela Ajaran Tritunggal yang memahami, bahwa Yesus adalah 1/3 dari Allah, namun menentang habis-habisan SSY, pada hal .. pemahaman SSY dengan mereka tidak jauh berbeda, yaitu .. Yesus itu 1/3 dari Allah atau dengan kata lain, SSY mengatakan .. Yesus itu adalah suatu Allah. ==> Dimana beda Ajarannya ?

Bingung dan sangat membingungkan, hehehehe ..
ya anda memang pantes bingung....lha sapa yg bilang penganut Tritunggal bilang Yesus itu 1/3 Allah ??  ;D
itu mah hanya klaim anda saja sendiri  :char11:
« Last Edit: March 18, 2016, 10:23:04 AM by cipluk »
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
March 18, 2016, 08:39:22 AM
Reply #147
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Lalu pertanyaannya adalah .. mengapa dalam ibrani 2 : 9 dikatakan, .. dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat..?

Jawabnya adalah : Karena Firman itu telah menjadi manusia.. ( Yohanes 1 : 14 ), karena Firman itu telah menjadi manusia, maka secara otomatis, Ia menjadi sedikit lebih rendah dari pada para malaikat, tetapi jika Firman itu telah menjadi Manusia / Allah, maka Ibrani 2 : 9, "Harus dihapuskan dari Alkitab". Sebab tidak mungkin Allah itu lebih rendah dari para malaikat, ==> TIDAK  MUNGKIN.


Salam ..
kalo rasul sudah bilang gitu maka yah itu adanya, bagi Tuhan tidak ada yg tidak mungkin.
kalo gak percaya alkitab yah ikut SSY aja modifikasi sendiri  :cheesy:
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
March 18, 2016, 09:59:39 AM
Reply #148
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2613
Hahahah ... benar-benar, harus tahu dulu, malaikat itu seberapanya Allah ?

Tapi disinilah saya menjadi bingung, mengapa ?

Para pembela Ajaran Tritunggal yang memahami, bahwa Yesus adalah 1/3 dari Allah, namun menentang habis-habisan SSY, pada hal .. pemahaman SSY dengan mereka tidak jauh berbeda, yaitu .. Yesus itu 1/3 dari Allah atau dengan kata lain, SSY mengatakan .. Yesus itu adalah suatu Allah. ==> Dimana beda Ajarannya ?

Bingung dan sangat membingungkan, hehehehe ..
...
Yang di-color maroon di atas, maksudnya siapa yah? Apakah Anda sedang membicarakan diri Anda sendiri? Kalau benar, seperti kata @cipluk, ya wajar saja kalau Anda bingung dan semakin lama semakin bingung. Ini terbukti, ketika Anda, entah dapat ide dari mana, menyamakan ajaran tritunggal dengan ajaran SSY.

Maka dari itu, supaya Anda tidak bingung, ikuti saja rumusan tritunggal yang asli dari Tertulianus yang termaktub di dalam makalahnya yang berjudul "Against Praxeas" (Melawan Praxeas), berjumlah 31 pasal, yang mana prinsip-prinsip dasar penyusun doktrin ini, secara khusus dituangkan di pasal II hingga pasal XIII.

Tapi itu kalau Anda mau lho...
March 18, 2016, 10:46:17 AM
Reply #149
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2613
Begini saudara ku ...

Semua gereja yang ada dibumi ini, akarnya adalah satu, yaitu : Gereja yang dibangun oleh Para Rasul yang ada di Antiokhia, dimana dasar dari Gereja tersebut adalah Alkitab yang ada saat ini, nah .. karena kami adalah akar dari semua gereja yang ada, maka anda jangan heran, kalau semua ajaran denom Kristen yang ada dibumi ini, termasuk ajaran agama tetangga sebelah, akan memiliki beberapa kemiripan dengan pemahaman kami, sebab semuanya berasal dari akar yang yang sama.

Nah .. Ajaran oneses dan yang lebih ekstrim monofisit, mengajarkan bahwa Allah menjadi manusia dalam diri Yesus, dimana pada saat Ia menjadi manusia, Yesus itu memiliki dwi nature, yaitu :"Allah dan Manusia", nah .. disinilah yang membedakan pemahaman kami, "sangat tipis", tetapi berbeda jauh, dimana kami memahami seperti apa yang dituliskan dalam Alkitab dan yang ditetapkan pada Konsili Nicea, yaitu : Saat Allah itu Inkarnasi menjadi manusia dan bernama Yesus, maka Yesus saat hidup didunia, telah menjadi manusia biasa yang sama dengan saya dan saudara semua, serta saat hidup didunia, Yesus itu tidak dapat disebutkan lagi sebagai Allah, tetapi karena Ia berasal dari Allah yang sesungguhnya, maka Yesus itu disebutkan sebagai Anak Allah.


Salam ..
Pantas saja @Jesuit_DM membela SSY.
« Last Edit: March 18, 2016, 10:59:23 AM by shadowing »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)