Author Topic: Saksi-Saksi Yehuwa adalah juga Kristen  (Read 9355 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 04, 2016, 07:16:26 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Quote
Ijin nimbrung.

Terkait dengan yang tebal bergaris bawah ini:
Quote from: Yudas2016
Sebenarnya Alkitab Terjemahan Dunia Baru adalah penggunaan internal di kalangan saksi. Mereka punya Alkitab lain seperti kebanyakan orang Kristen lain juga. Sama sekali tidak dilarang utk menggunakan Alkitab berbagai versi.
dibandingkan kepada Gal 1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.
Kira-kira, apakah Alkitab Terjemahan Dunia Baru yang digunakan secara internal di kalangan saksi itu sama dengan yang digunakan Kristen umumnya?
Salut jika bapak menguasai bahasa Ibrani dan Yunani dan dengan demikian berhak membandingkan dan menilai sendiri terjemahannya.
Kenapa tidak nyambung, ya? Apa kaitannya dengan kemampuan menguasai bahasa Ibrani dan Yunani?

Ooo... menurut dugaanku, @Yudas memandang bahwa @Cinta Bhinneka menilai, Alkitab terjemahan LAI lebih pas daripada terjemahan lain. Begitukah?
Kalau begitu, pandangan @Yudas2016 benar, bahwa menurutku terjemahan LAI lebih pas daripada terjemahan lainnya, dengan latar pikir, bahwa penerjemahan oleh LAI dikerjakan oleh banyak ahli yang relevan. Sementara terjemahan lain, belum kuperhatikan lebih lanjut.

Salam logika macam-macam.
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
March 04, 2016, 07:47:17 PM
Reply #41
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
Dasar SSY keukeuh beranggapan begitu itu, apa?

Jika itu berdasarkan ajaran lisan, siapa pengajarnya? Dalam melaksanakan pengajaran, kompeten atau tidak?
Jika itu berdasarkan ajaran tertulis dalam Alkitab, di kitab mana ayat berapa?
Yoh 14:28 "Bapa lebih besar daripada Aku" adalah dasar mereka." Setidak2nya ajaran mereka mengandung sedikit kebenaran.
Maksud @Yudas2016, berdasarkan Yoh 14:26 itu, maka SSY memandang: (1) Yesus dianggap Anak Allah, bukan Allah itu sendiri, dan (2) Dan Saksi YHW percaya jiwa manusia yg berdosa (tidak percaya) akan binasa (tidak disiksa kekal di neraka seperti kebanyakan Kristen lainnya)?

Kalau begitu, apakah ayat-ayat Alkitab hanya Yoh 14:26 itu? Ada juga ayat-ayat lain yang berisikan bahwa Yesus menyatakan diri-Nya Tuhan, kan? Di Yoh 13:13 dicatat Kamu menyebut Aku(Yesus Kristus) Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Apakah menurut mereka (SSY), cukup berpegang pada satu ayat Alkitab saja?

Salam logika macam-macam.
Yohanes 3:16 (TB)  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
March 04, 2016, 08:42:35 PM
Reply #42
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
Satu lagi yg layak direnungkan.
Yohanes 13:16 (TB)  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.

Skrg sy berkesimpulan. Yesus adalah Tuhan benar. Yesus adalah Anak Allah (Allah Anak, di bawah Allah Bapa) juga benar.
March 04, 2016, 10:45:02 PM
Reply #43
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9696
  • ForumKristen.com
Saksi-Saksi Yehuwa adalah juga Kristen karena mereka juga adalah pengikut Yesus.
Kisah Para Rasul 11:26
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Para pengikut Yesus disebut Kristen, bukan Saksi-Saksi Yehuwa. Di Alkitab tidak ada satupun frase Saksi-Saksi Yehuwa.
Di Alkitab Indonesia, YHWH diterjemahkan sebagai TUHAN. Tapi tadi saya cari "Saksi TUHAN" juga tidak ada.

Zaman Kisah Para Rasul dekat dengan zaman Yesus. Sedangkan Saksi-Saksi Yehuwa baru muncul sesudah tahun 1800, diawali oleh Charles Taze Russel. Dari segi sejarah, Saksi-saksi Yehuwa lebih tepat disebut pengikut Charles Taze Russel daripada pengikut Yesus.

Salam
Kesalahan-kesalahan dalam Kesaksian Meiga Fitri
Pancasila bukan Jimat, oleh Franz Magnis Suseno
Ahok Diwawancara CCTV
March 05, 2016, 09:11:14 AM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 794
  • Gender: Male
  • Denominasi: pro-testan
Kisah Para Rasul 11:26
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Para pengikut Yesus disebut Kristen, bukan Saksi-Saksi Yehuwa. Di Alkitab tidak ada satupun frase Saksi-Saksi Yehuwa.
Di Alkitab Indonesia, YHWH diterjemahkan sebagai TUHAN. Tapi tadi saya cari "Saksi TUHAN" juga tidak ada.

Zaman Kisah Para Rasul dekat dengan zaman Yesus. Sedangkan Saksi-Saksi Yehuwa baru muncul sesudah tahun 1800, diawali oleh Charles Taze Russel. Dari segi sejarah, Saksi-saksi Yehuwa lebih tepat disebut pengikut Charles Taze Russel daripada pengikut Yesus.

Salam

Benar sekali Bang Mod. sekitar th 1800 an memang banyak ajaran aneh yg muncul seperti SSY , Mormon ,dll sebagai ekspresi kekecewaan pada Kekristenan masa itu di AS.Seperti mormon dengan Nabi Joseph Smith nya.
"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.  "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
March 06, 2016, 09:32:11 AM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Salut jika bapak menguasai bahasa Ibrani dan Yunani dan dengan demikian berhak membandingkan dan menilai sendiri terjemahannya.

jaman sekarang ngga perlu seperti itu bro

minimal anda bisa bahasa Indo dan bahasa Inggris maka sudah bisa untuk membandingkan terjemahan

banyak sekali terjemahan Alkitab, tapi ngga ada satupun yang mendukung terjemahan Alkitab SSY, dan Alkitab SSY tidak diakui oleh dunia Kristen sebagai salah satu terjemahan yang valid, itu sudah menjawab kok, tapi kalau anda penasaran silahkan pelajari sendiri

coba bandingkan berbagai macam terjemahan pada ayat Yoh 1:1 salah satu contohnya

cek sendiri di biblehub.com

kalau anda mau blajar alkitab bahasa asli bisa di sarapanpagi.org

jaman sekarang informasi udah gampang didapat bro, keterlaluan kalo masih bisa disesatkan
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
March 06, 2016, 07:32:27 PM
Reply #46
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 342
  • Gender: Male
  • FK - Roman ChaTOLic
  • Denominasi: Kuasa Mengampuni para Paus merupakan bukti Antikristus dalam Alkitab?
Satu lagi yg layak direnungkan.
Yohanes 13:16 (TB)  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.

Skrg sy berkesimpulan. Yesus adalah Tuhan benar. Yesus adalah Anak Allah (Allah Anak, di bawah Allah Bapa) juga benar.
Gan,,, saksi jehuwa itu masih bentuk aliran... b'coz setiap pemimpin dri luar negeri tour ke tempat2 pengikutnya... arahan atau pola skeptisnya baru ketahuan....
spt :
1. skeptisme yg ditimbulkan tentang natal dan tanggalnya.
2. bentuk2 perkataan mirip nubuatan, pdhal dr kitab suci karangan timur tengah (bukan bible/alkitab/tanakh)
3. brand image Kristen (pengikut kristus) yg di seductifkan setara kafir (like moeslem)
4. tema ttg "pribadi yesus" hanya terungkap pd saat pemimpin aslinya berkunjung ke indonesia
5. debat kusir (suka banget debatin ayat kitab suci agama nya dgn agama lain)
6. pribadi Yesus Kristus dlm do'a bukan sbg pribadi pengampun/pentahir dn penebus dosa
7. aliran keyakinan jehova witness itu punya kitab suci yg mendompleng kitab suci protestan/katholik
8. Jehova /YHVH/YAHWE > bukan nama tuhan, dlm agama protestan/katholik > tuhan tidak menamai dirinya, musa dan bangsa2 keturunan israellah yg menyetarakan sebuah panggilan. misal adonai,lord, father dll
Galatia'5: 22-23
Research
From Antichrist to Brother in Christ: How Protestant Pastors View the Pope
March 07, 2016, 02:25:36 AM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12110
    • fossil coral cantik
Ijin nimbrung yah.
Saya nonK, cuma karena ingin bertanya makanya saya jadi nge-post.



Saya paraphrase dari hasil baca link yang pak Cosmic taroh di post sebelonnya :

Nubuat-nubuat ini pertama kali digenapi atas Yerusalem dan negeri Yehuda. Dalam melaksanakan penghakiman ilahi, Yehuwa mengizinkan orang-orang Babilonia menyerbu negeri itu. Namun, pada waktu itu Allah tidak membuat bola bumi tanpa penduduk, juga sekarang, Ia tidak bermaksud bertindak demikian.

Awal interpretasi para elders :
Nubuat Yesaya/Yeremia dinyatakan akan idem demikianlah AKAN terjadi thdp Babilon Besar.

Tetapi, Ia akan menghancurkan sama sekali imbangan zaman modern dari Yerusalem yang tidak setia, Susunan Kristen, yang mencela nama Allah dengan tindak tanduknya yang sesat.

Dewasa ini, ada sebuah organisasi seluas dunia yang mirip dengan Moab kuno. Itu adalah Susunan Kristen, bagian utama ”Babilon Besar”


Selanjutnya para elders menyatakan :
Babilon besar itu adalah Kekristenan (baca : Susunan Kristen)



Mereka menghindari sesuatu yg berlebihan, menghindari hal yg mirip duniawi


Nah... saya sebagai nonK berpendapat bhw merah itu adalah sesuatu yang berlebihan. Kenapa ? Karena para elders telah menunjuk Kekristenan (baca : Susunan Kristen) itu adalah "Babilon Besar" berdasarkan ngliat tata-cara Kekristenan yg ada (Natal, Paskah, Patung, Kayu Salib, dlsb).

Quote
apakah dengan menyatakan ORANG lain sesat berarti membenci orang Kristen lain?
Saya rasa bukan secara per-orangan deh... melainkan inti-nya adalah : menyatakan Kekristenan itu sesat, organisasi setan.

So, bukan perihal benci-membenci disini, namun (imo) merah itu adalah sesuatu yg berlebihan .... sementara padahal yudas bilang "mereka menghindari sesuatu yang berlebihan".

Namun ya entah juga sih kalo ternyata di point of view SSY merah itu bukanlah sesuatu yang berlebihan....  :char11:

:)
salam.
« Last Edit: March 07, 2016, 02:27:44 AM by odading »
March 07, 2016, 09:31:53 AM
Reply #48
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
Gan,,, saksi jehuwa itu masih bentuk aliran... b'coz setiap pemimpin dri luar negeri tour ke tempat2 pengikutnya... arahan atau pola skeptisnya baru ketahuan....
spt :
1. skeptisme yg ditimbulkan tentang natal dan tanggalnya.
2. bentuk2 perkataan mirip nubuatan, pdhal dr kitab suci karangan timur tengah (bukan bible/alkitab/tanakh)
3. brand image Kristen (pengikut kristus) yg di seductifkan setara kafir (like moeslem)
4. tema ttg "pribadi yesus" hanya terungkap pd saat pemimpin aslinya berkunjung ke indonesia
5. debat kusir (suka banget debatin ayat kitab suci agama nya dgn agama lain)
6. pribadi Yesus Kristus dlm do'a bukan sbg pribadi pengampun/pentahir dn penebus dosa
7. aliran keyakinan jehova witness itu punya kitab suci yg mendompleng kitab suci protestan/katholik
8. Jehova /YHVH/YAHWE > bukan nama tuhan, dlm agama protestan/katholik > tuhan tidak menamai dirinya, musa dan bangsa2 keturunan israellah yg menyetarakan sebuah panggilan. misal adonai,lord, father dll
Jawab:
1. Tidak ada salahnya tidak merayakan natal.
2. Alkitab yg digunakan adalah Alkitab dari manuskrip paling kuno (paling awal) yaitu manuskrip2 Ibrani dan Yunani. Beberapa kata seperti Yohanes 1:1 diambil berdasarkan Alkitab berbahasa Koptik (Mesir) yg mana bahasa Koptik biasanya menggunakan awalan artikel "a". Contoh "A god was the word" Jadi Yohanes 1:1 di terjemahan dunia baru (NWT) memang valid karena pernyataan "A God was the word/the word was a God" memang ada terdapat di Alkitab Koptik.
3. Sy tidak mengerti arti kata seductif?? Seductive= menggoda. Menggoda apaan?
4. Ok, terserah mereka.
5. Mereka menganggap mereka adalah agama yg benar.
6. Anda salah. Yesus dianggap putra Allah atau Tuhan yg sedikit di bawah Allah Bapa. Mereka juga menyanyikan lagu pujian yg memuji Yesus. Mereka berdoa dan membaptis juga dalam nama Yesus. Yesus bagi mereka juga sebagai pengampun dosa manusia/penebus. Yesus memegang otoritas penuh terhadap manusia. Mereka mencoba hidup meneladani Yesus.
7. Alkitab NWT memang sedikit memihak SSY, sama seperti Alkitab biasa juga memihak Tritunggal. Alkitab NWT diterjemahkan dari Alkitab Ibrani dan Yunani. Jadi utk mengatakan sesuatu itu salah kita harus menguasai dulu bahasa tersebut. Yg menjadi tugas para pihak Kristen Tritunggal adalah menjelaskan ayat seperti Yohanes 14:28, 13:16, dll. Sy rasa, pasti ada jalan tengah yg mana tritunggal benar tapi SSY juga benar.

Anda tidak tidak dapat mengatakan SSY sesat karena di Alkitab memang ada tertulis "Bapa lebih besar daripada Aku".
8. Bisa ya dan tidak. YHVH adalah "I am Who I am" itulah yg dikatakan Allah perihal siapa dirinya.

Sy menganggap ajaran mereka ada benarnya. Namun cuma satu yg sy kurang suka yaitu tentang mereka suka sekali memprediksi kejadian armagedon, kerajaan seribu tahun dan hari penghakiman. Hanya itu satu2nya yg kurasakan tidak benar. Sepertinya para saksi sangat terobsesi akan kedatangan kerajaan Yehuwa. Mereka sepertinya ingin agar segera saja Kerajaan itu datang.
« Last Edit: March 07, 2016, 09:49:18 AM by Yudas2016 »
March 07, 2016, 10:07:04 AM
Reply #49
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
Salah satu kelebihan yg dimiliki oleh SSY adalah mereka mampu menjelaskan perihal Bapa dan Anak dengan sangat baik. Menurut mereka Bapa dan Anak adalah pribadi yang berbeda. Hal ini sangat kontras dengan konsep tritunggal yg mana orang Kristen percaya, Bapa= Tuhan, Anak = Tuhan, ROH KUDUS= juga Tuhan namun Tuhan tetap cuma satu. Umumnya sangat sukar menjelaskannya.

Misalnya:
Orang Kristen percaya tritunggal, tapi marah kalau disebut punya tiga Tuhan. Orang Kristen bilang Tuhan cuma punya satu. Tapi marah juga kalau disebut Yesus adalah 1/3 (sepertiga) dari Tuhan.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)