Author Topic: Saksi-Saksi Yehuwa adalah juga Kristen  (Read 9357 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 07, 2016, 10:15:11 AM
Reply #50
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
Saat ini sy berpandangan seperti ini:
1. Bapa = Tuhan, Anak = Tuhan, ROH KUDUS = Tuhan
2. Dalam tritunggal ada hubungan atasan dan bawahan. Bapa > Anak > ROH KUDUS. Tapi ketiganya tetap membentuk kesatuan sebagai Tuhan.
3. Walaupun sy tidak benar2 mengatakan itu benar, namun konsep Yesus = 1/3 dari Tuhan menurut sy bisa dibenarkan. Kalau melihat dua point di atas.
March 07, 2016, 10:38:52 AM
Reply #51
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 794
  • Gender: Male
  • Denominasi: pro-testan
Argumentasi  yang dipakai oleh SY untuk menolak keallahan Yesus dalam arti yang sesungguhnya adalah dengan menunjukkan beberapa ayat yang dianggap membuktikan ‘Yesus lebih rendah daripada Bapa’. Salah satu ayat terkenal yang biasa dipakai  adalah Yoh. 14:28.

Dalam bagian ini Yesus mengakui bahwa Bapa lebih besar daripada Dia. SY menganggap ayat ini sebagai bukti kuat bahwa Yesus bukanlah Allah dalam keseteraan dengan Bapa. Pandangan ini tidak tepat.

Pertama, kata mei,zwn tidak boleh dipahami secara ontologis, tanpa kontrol dari konteks. Kata ini dalam Injil Yohanes muncul beberapa kali dan tidak menunjukkan adanya perbedaan dalam hal esensi.
• Seorang hamba tidak lebih tinggi  daripada tuannya (Yoh. 13:16; 15:20).
• Ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu…(Yoh. 14:12).

Dari contoh di atas terlihat bahwa hamba dan tuan secara esensi sama-sama manusia, begitu juga dengan pekerjaan Yesus dan pekerjaan murid-murid-Nya. Dari konteks Yoh. 14:28 terlihat bahwa Bapa lebih besar daripada Yesus hanya dalam kaitan dengan eksistensi inkarnasi Yesus dibandingkan dengan eksistensi Bapa dalam kemuliaan yang sempurna di surga (bandingkan “Aku pergi kepada Bapa”).

 Kedua, pandangan SY mengabaikan bagian Injil Yohanes lain yang menunjukkan kesetaraan Yesus dengan Bapa (Yoh. 1:1; 5:26; 10:30; 17:5).

 Ketiga, insubordinasi Yesus kepada Bapa selama inkarnasi bukanlah hal yang aneh. Ia sendiri – selama  inkarnasi – menjadi lebih rendah daripada malaikat-malaikat (Ibr. 2:9).

 Keempat, bagian Alkitab lain membuktikan kesetaraan Yesus dengan Bapa (Flp. 2:6-7).
"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.  "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
March 07, 2016, 10:48:54 AM
Reply #52
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
Argumentasi  yang dipakai oleh SY untuk menolak keallahan Yesus dalam arti yang sesungguhnya adalah dengan menunjukkan beberapa ayat yang dianggap membuktikan ‘Yesus lebih rendah daripada Bapa’. Salah satu ayat terkenal yang biasa dipakai  adalah Yoh. 14:28.

Dalam bagian ini Yesus mengakui bahwa Bapa lebih besar daripada Dia. SY menganggap ayat ini sebagai bukti kuat bahwa Yesus bukanlah Allah dalam keseteraan dengan Bapa. Pandangan ini tidak tepat.

Pertama, kata mei,zwn tidak boleh dipahami secara ontologis, tanpa kontrol dari konteks. Kata ini dalam Injil Yohanes muncul beberapa kali dan tidak menunjukkan adanya perbedaan dalam hal esensi.
• Seorang hamba tidak lebih tinggi  daripada tuannya (Yoh. 13:16; 15:20).
• Ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu…(Yoh. 14:12).

Dari contoh di atas terlihat bahwa hamba dan tuan secara esensi sama-sama manusia, begitu juga dengan pekerjaan Yesus dan pekerjaan murid-murid-Nya. Dari konteks Yoh. 14:28 terlihat bahwa Bapa lebih besar daripada Yesus hanya dalam kaitan dengan eksistensi inkarnasi Yesus dibandingkan dengan eksistensi Bapa dalam kemuliaan yang sempurna di surga (bandingkan “Aku pergi kepada Bapa”).

 Kedua, pandangan SY mengabaikan bagian Injil Yohanes lain yang menunjukkan kesetaraan Yesus dengan Bapa (Yoh. 1:1; 5:26; 10:30; 17:5).

 Ketiga, insubordinasi Yesus kepada Bapa selama inkarnasi bukanlah hal yang aneh. Ia sendiri – selama  inkarnasi – menjadi lebih rendah daripada malaikat-malaikat (Ibr. 2:9).

 Keempat, bagian Alkitab lain membuktikan kesetaraan Yesus dengan Bapa (Flp. 2:6-7).
1 Korintus 11:3
Kepala dari Kristus ialah Allah.
Maukah brosis menerima bahwa tritunggal pun harus mengakui bahwa Bapa lebih besar daripada Anak?
March 07, 2016, 11:34:41 AM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Satu lagi yg layak direnungkan.
Yohanes 13:16 (TB)  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.
Skrg sy berkesimpulan. Yesus adalah Tuhan benar. Yesus adalah Anak Allah (Allah Anak, di bawah Allah Bapa) juga benar.
Lhoh, @Yudas2016 merdeka hendak mengartikan bagaimana dari ayat-ayat Alkitab.
Namun, menurut logikaku, semua ayat Alkitab perlu direnungkan. Bukan hanya satu atau dua ayat saja.

Menurut logikaku, dari sudut pandang umum, mustahil seorang hamba lebih tinggi/besar daripada tuannya, sangat mungkin tetapi tidak harus, seorang hamba lebih rendah/kecil daripada tuannya. Demikian juga dalam hal utus mengutus, mustahil yang diutus lebih tinggi/besar daripada yang mengutus, sangat mungkin tetapi tidak harus, seorang utusan lebih rendah/kecil daripada yang mengutus.

Tentang Yesus Kristus dengan Bapa, di Yoh 10:29-30 dicatat: Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu."
Yang kutangkap dari yang ijo itu, tidak dikatakan lebih besar dari pada Aku siapapun. Dengan demikian, kupahami, ayat 29 mengartikan Bapa lebih besar daripada siapa pun, tetapi dengan ayat 30, terpahami pula, Bapa sama dengan Yesus Kristus. Jadi, karena Bapa dan Yesus Kristus adalah satu, terkait dengan yang ijo di kutipan di atas, terpahami pula bukan: Bapa lebih besar dari pada Yesus Kristus.

Bagaimana menurut perenungan @Yudas2016?

Salam logika macam-macam.
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
March 07, 2016, 11:41:28 AM
Reply #54
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Salah satu kelebihan yg dimiliki oleh SSY adalah mereka mampu menjelaskan perihal Bapa dan Anak dengan sangat baik. Menurut mereka Bapa dan Anak adalah pribadi yang berbeda. Hal ini sangat kontras dengan konsep tritunggal yg mana orang Kristen percaya, Bapa= Tuhan, Anak = Tuhan, ROH KUDUS= juga Tuhan namun Tuhan tetap cuma satu. Umumnya sangat sukar menjelaskannya.

Misalnya:
Orang Kristen percaya tritunggal, tapi marah kalau disebut punya tiga Tuhan. Orang Kristen bilang Tuhan cuma punya satu. Tapi marah juga kalau disebut Yesus adalah 1/3 (sepertiga) dari Tuhan.
Yoh 10:30 Aku dan Bapa adalah satu, bukan  Aku dan Bapa adalah sepertiga.

Seharusnya, selaku orang Kristen, tidak punya kompetensi marah, jika orang lain hendak mengatakan bagaimanapun menganai Tuhan. Menurut logikaku, harusnya, orang Kristen tetap mengatakan seperti perkataan Yesus Kristus, "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Itu orang Kristen sejati.
Tapi, memang, selama orang Kristen masih makan dan minum, betapa sulitnya menghindar dari amarah. Namun, seharusnya, tidak perlu marah, karena marah hanya meningkatkan tensi dan mengundang Iblis menguasai.

Salam logika macam-macam.
« Last Edit: March 07, 2016, 11:47:05 AM by Cinta Bhinneka »
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
March 07, 2016, 11:53:00 AM
Reply #55
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Salah satu kelebihan yg dimiliki oleh SSY adalah mereka mampu menjelaskan perihal Bapa dan Anak dengan sangat baik. Menurut mereka Bapa dan Anak adalah pribadi yang berbeda. Hal ini sangat kontras dengan konsep tritunggal yg mana orang Kristen percaya, Bapa= Tuhan, Anak = Tuhan, ROH KUDUS= juga Tuhan namun Tuhan tetap cuma satu. Umumnya sangat sukar menjelaskannya.

Misalnya:
Orang Kristen percaya tritunggal, tapi marah kalau disebut punya tiga Tuhan. Orang Kristen bilang Tuhan cuma punya satu. Tapi marah juga kalau disebut Yesus adalah 1/3 (sepertiga) dari Tuhan.
Lhoh, @Yudas2016 belum tahu bahwa terkait dengan Tuhan itu adalah masalah percaya dan bukan masalah rasio?

Seperti Yudas Iskariot yang secara merdeka menentukan pilihannya menjual Yesus Kristus, demikian juga orang zaman ini, termasuk @Yudas2016, merdeka hendak menerima pemahaman manapun.

Salam logika macam-macam.
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
March 07, 2016, 12:46:38 PM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Salah satu kelebihan yg dimiliki oleh SSY adalah mereka mampu menjelaskan perihal Bapa dan Anak dengan sangat baik. Menurut mereka Bapa dan Anak adalah pribadi yang berbeda. Hal ini sangat kontras dengan konsep tritunggal yg mana orang Kristen percaya, Bapa= Tuhan, Anak = Tuhan, ROH KUDUS= juga Tuhan namun Tuhan tetap cuma satu. Umumnya sangat sukar menjelaskannya.

Misalnya:
Orang Kristen percaya tritunggal, tapi marah kalau disebut punya tiga Tuhan. Orang Kristen bilang Tuhan cuma punya satu. Tapi marah juga kalau disebut Yesus adalah 1/3 (sepertiga) dari Tuhan.
karena anda mengandalkan rasio anda baiklah kita berasio.

anda percaya bahwa kalimat Yesus bilang "Bapa lebih besar dari Aku" (Yoh 14:28) menandakan bahwa Yesus hanyalah 1/3 dari Allah, dan anda percaya mepercayai kebenaran penjelasan SSY dalam siapa Yesus yg tak lebih hanyalah Anak Allah.

pertanyaan saya tolong dijelaskan secara rasio saja :
1. pengertian anda akan Anak Allah itu bagaimana ?
2. pengertian SSY yang anda pahami akan Anak Allah itu bagaimana ?
3. bagaimana pengertian anda akan "Tuan diatas segala tuan" dalam Tim 6:15/Why 17:14 ?
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
March 07, 2016, 01:03:28 PM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12110
    • fossil coral cantik
Sun Go Kong bisa ada banyak.
Tapi Sun Go Kong nya itu sendiri cuma satu  :char11:
March 07, 2016, 01:46:24 PM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Sun Go Kong bisa ada banyak.
Tapi Sun Go Kong nya itu sendiri cuma satu  :char11:
padahal itu rasio manusia yah...
tapi tetep bisa gambarin walo ada banyak dan bisa melakukan hal yg beda beda tapi tetap SUN GO KONG itu 1 yah  :ashamed0004:
mosok kalo Allah saja yg gitu dibilang gak masuk rasio....berarti yg bilang itu mungkin rasionya lebih cupu dari rasio para penonton SUN GO KONG kali  ;D

kalo tetangga yang ono mah kalo dikasih tau gambaran gini paling jawab berarti Allahmu itu SUN GO KONG  :mad0261:
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
March 08, 2016, 11:22:22 AM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Salah satu kelebihan yg dimiliki oleh SSY adalah mereka mampu menjelaskan perihal Bapa dan Anak dengan sangat baik. Menurut mereka Bapa dan Anak adalah pribadi yang berbeda. Hal ini sangat kontras dengan konsep tritunggal yg mana orang Kristen percaya, Bapa= Tuhan, Anak = Tuhan, ROH KUDUS= juga Tuhan namun Tuhan tetap cuma satu. Umumnya sangat sukar menjelaskannya.

Misalnya:
Orang Kristen percaya tritunggal, tapi marah kalau disebut punya tiga Tuhan. Orang Kristen bilang Tuhan cuma punya satu. Tapi marah juga kalau disebut Yesus adalah 1/3 (sepertiga) dari Tuhan.


haha justru mereka menjelaskannya dengan sangat ngaco dan terpaksa mengubah terjemahan alkitab agar doktrinnya benar broooo, wake up plz

ngapain juga mereka harus sampe mengubah Alkitab jadi versi mereka sendiri kalo bukan untuk mendukung doktrin yang dianutnya?

namanya juga udah tritunggal, makanya Allahnya itu bukan 3 tapi 1
anda mempelajari doktrin tritunggal tapi trus berkesimpulan Allah ada 3 ya artinya anda salah mengerti
kita ini disini bukannya mencari2 penjelasan yang sesuai otak kita bro, dalam Kekristenan emang udah banyak kok yang ngga masuk akal, orang mati bangkit sendiri di hari ketiga aja itu udah ngga masuk akal, ada manusia lahir dari perawan juga ngga masuk akal, so why kamu mencari2 penjelasan yang masuk akal mengenai tritunggal? semuanya itu sudah tertulis tinggal dipercaya saja, tapi yang jelas bukan dengan cara mencari2 penjelasan yang masuk akal lalu mengubah isi kitab suci, itu ngga baik tentunya :)

untuk tritunggal coba boleh baca penjelasan disini siapa tahu mencerahkan :

http://forumkristen.com/index.php?topic=30813.0

1 Korintus 11:3
Kepala dari Kristus ialah Allah.
Maukah brosis menerima bahwa tritunggal pun harus mengakui bahwa Bapa lebih besar daripada Anak?


Yesus berkata siapa yang melihat Dia artinya telah melihat Bapa, artinya mereka itu sama saja :

Yohanes 14
9. Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

Yohanes dalam permulaan injil menulis ayat yang sangat jelas mengenai Ke-Allah-an Yesus

Yohanes 1
1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

tapi mohon maaf, ayat ini akan terdengar berbeda dalam Alkitab SSY, anda cek lagi aja, kalau saya suapin nanti bilangnya saya menyudutkan lagi :)

mana yang anda percaya? suatu gerakan yang lahir di tahun 1800 ataukah Yohanes yang mendapatkan hal ini langsung kita percaya dari inspirasi ROH KUDUS?

ur choice bro

Yesus itu adalah Allah sendiri (titik), ngga bisa diganggu gugat lagi, ngga mengakui hal itu sama saja merendahkan Yesus, dan ngga berhak menamai diri Kristen, mereka pun ngga mengikuti Yesus toh karena mereka mengganggap Yesus bukan Allah
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)