Sy pribadi tidak percaya bahwa pada zaman skrg ini kuasa penyembuhan ada dimiliki oleh segelintir orang.
Jika ada yg 100% sembuh dalam sekejab atau waktu yg relatif singkat itu semata karena kehendak Tuhan.
Kuasa penyembuhan menurut penyelidikanku terhadap Alkitab hanya ada dimiliki para rasul yg diberi karunia khusus. Itu pun tidak lama karena pada waktu tertentu Paulus (sepertinya) tdk dapat menyembuhkan Ephraditus, Trofimus dan bahkan dirinya sendiri.
Jadi "YA" sy pribadi merasa sains tentu menyelamatkan jauh lebih banyak orang daripada agama.
Tapi ingat teman, setiap manusia pada akhirnya akan mati juga. Jadi kesembuhan baik oleh doa maupun sains pun hanya menunda kematian.
mnrt saya sains itu harus di kaji dulu, apakah itu
manifestasi harapan, atau
penelitian berlanjutManifestasi harapan itu berakar pd kebiasaan/ batas kewajaran suatu suku/bangsa/kelompok
misal : "tata cara sarana pengobatan", "pola fasilitas check up", atau "ketetapan terapi / tradisi pengobatan yg wajar/legal/sah"
contoh : berdsrkan berita > bangsa riau (yg di perkotaan) mengindikasi pola pedofelia sbg kasus kriminal, smntara pihak pelapor dianggap sbg korban > jadi pola 'pelaporan ke polisi' itu biasanya berkelompok atau serempak mampu meredakan kecemasan luas.
Sementara yg di daerah perkampungan/pedesaan menganggap itu penyakit & aib, shg hy dibawa ke 'medical check up ala kampung", karena tdk diangkat dlm kasus, tentu tdk menimbulkan kecemasan sosial. Jadi sains sndiri sudah mjd terlalu signifikan di perkotaan, tetapi dgn bentuk pengetahuan ala kampung, kendala "cemas" itu lebih cepat reda
Penelitian berlanjut selalu melahirkan byk istilah dan pengelompokan tata medis yg baru (tidak tetap & cenderung merubah zaman).
kata 'sains terlalu luas utk sesuai zaman atau terlalu dangkal bagi kelompok/suku/bangsa
agama protestan/katholik tidak menyelamatkan. Keimanan & kuasa Pencipta Esa yg mampu menyelamatkan.
Karena Kristen tentu gw sebut Yesus Kristus lebih dashyat dr agama.
simpulan : agama itu selalu mmbutuhkan konseling, tetapi bentuk keimanan pribadi/ keluarga mrpkan titik pokok paradigma keselamatan itu, tergantungl -apkh bentuk genetis, -apkh itu penyakit,- apkh itu lingkungan atau -kejelasan pengenalan akn sakit/penyakit.
> scr umum topik sains vs agama > topik yg tidak sah / belum konkrit / ilegal utk diskusi