Author Topic: Sains vs Agama  (Read 3582 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 19, 2016, 02:24:12 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 990
  • Gender: Male
  • Condemnant quod non intellegunt
Harap dimengerti bahwa agama dlm konteks ini bukan mengacu kpd "Tuhan".
melainkan kepada orang2 yg "melayani" Tuhan ataupun tokoh2 gereja dalam arti institusi gereja secara keseluruhan (Katolik,Protestan,dll).

Saya berpendapat bahwa "pelayan" Tuhan dan tokoh2 agama sekarang ini secara keseluruhan telah "gagal" dan "kalah" dari ilmu pengetahuan/sains. karna secara statistik tidak bisa disangkal berapa banyak nyawa yg diselamatkan dan sakit yg disembuhkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan/sains. dibandingkan dgn nyawa dan penyakit yg mampu disembuhkan oleh para pelayan Tuhan. walaupun secara jelas telah dikatakan dalam alkitab bahwa salah satu tanda orang benar adalah kuasa menyembuhkan. so, apakah agama telah kalah dari ilmu pengetahuan?
Condemnant quod non intellegunt
March 20, 2016, 02:51:16 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Sy pribadi tidak percaya bahwa pada zaman skrg ini kuasa penyembuhan ada dimiliki oleh segelintir orang.

Jika ada yg 100% sembuh dalam sekejab atau waktu yg relatif singkat itu semata karena kehendak Tuhan.

Kuasa penyembuhan menurut penyelidikanku terhadap Alkitab hanya ada dimiliki para rasul yg diberi karunia khusus. Itu pun tidak lama karena pada waktu tertentu Paulus (sepertinya) tdk dapat menyembuhkan Ephraditus, Trofimus dan bahkan dirinya sendiri.

Jadi "YA" sy pribadi merasa sains tentu menyelamatkan jauh lebih banyak orang daripada agama.

Tapi ingat teman, setiap manusia pada akhirnya akan mati juga. Jadi kesembuhan baik oleh doa maupun sains pun hanya menunda kematian.
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
March 20, 2016, 02:45:15 PM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 342
  • Gender: Male
  • FK - Roman ChaTOLic
  • Denominasi: Kuasa Mengampuni para Paus merupakan bukti Antikristus dalam Alkitab?
Sy pribadi tidak percaya bahwa pada zaman skrg ini kuasa penyembuhan ada dimiliki oleh segelintir orang.

Jika ada yg 100% sembuh dalam sekejab atau waktu yg relatif singkat itu semata karena kehendak Tuhan.

Kuasa penyembuhan menurut penyelidikanku terhadap Alkitab hanya ada dimiliki para rasul yg diberi karunia khusus. Itu pun tidak lama karena pada waktu tertentu Paulus (sepertinya) tdk dapat menyembuhkan Ephraditus, Trofimus dan bahkan dirinya sendiri.

Jadi "YA" sy pribadi merasa sains tentu menyelamatkan jauh lebih banyak orang daripada agama.

Tapi ingat teman, setiap manusia pada akhirnya akan mati juga. Jadi kesembuhan baik oleh doa maupun sains pun hanya menunda kematian.

mnrt saya sains itu harus di kaji dulu, apakah itu manifestasi harapan, atau penelitian berlanjut
Manifestasi harapan itu berakar pd kebiasaan/ batas kewajaran suatu suku/bangsa/kelompok

misal : "tata cara sarana pengobatan", "pola fasilitas check up", atau "ketetapan terapi / tradisi pengobatan yg wajar/legal/sah"

contoh : berdsrkan berita > bangsa riau (yg di perkotaan) mengindikasi pola pedofelia sbg kasus kriminal, smntara pihak pelapor dianggap sbg korban > jadi pola 'pelaporan ke polisi' itu biasanya berkelompok atau  serempak mampu meredakan kecemasan luas.
Sementara yg di daerah perkampungan/pedesaan menganggap itu penyakit & aib, shg hy dibawa ke 'medical check up ala kampung", karena tdk diangkat dlm kasus, tentu tdk menimbulkan kecemasan sosial. Jadi sains sndiri sudah mjd terlalu signifikan di perkotaan, tetapi dgn bentuk pengetahuan ala kampung, kendala "cemas" itu lebih cepat reda

Penelitian berlanjut selalu melahirkan byk istilah dan pengelompokan tata medis yg baru (tidak tetap & cenderung merubah zaman).

kata 'sains terlalu luas utk sesuai zaman atau terlalu dangkal bagi kelompok/suku/bangsa
agama protestan/katholik tidak menyelamatkan. Keimanan & kuasa Pencipta Esa yg mampu menyelamatkan.
Karena Kristen tentu gw sebut Yesus Kristus lebih dashyat dr agama.

simpulan : agama itu selalu mmbutuhkan konseling, tetapi bentuk keimanan pribadi/ keluarga mrpkan titik pokok paradigma keselamatan itu, tergantungl -apkh bentuk genetis, -apkh itu penyakit,- apkh itu lingkungan atau -kejelasan pengenalan akn sakit/penyakit.

> scr umum topik sains vs agama > topik yg tidak sah / belum konkrit / ilegal utk diskusi
Galatia'5: 22-23
Research
From Antichrist to Brother in Christ: How Protestant Pastors View the Pope
March 21, 2016, 07:22:15 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 990
  • Gender: Male
  • Condemnant quod non intellegunt
waduh Mas, terlalu pelik cara berpikirnya... ga segitunya keles
Condemnant quod non intellegunt
March 21, 2016, 07:25:37 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 990
  • Gender: Male
  • Condemnant quod non intellegunt
Contoh sederhana ya??
- berapa banyak Dokter ahli bedah Otak A menyelamatkan nyawa pasiennya di banding dengan Paus mendoakan/tumpang tangan kpd seorang penganut Agama Kristen yg sekarat trus sembuh?
Condemnant quod non intellegunt
March 23, 2016, 09:48:09 PM
Reply #5
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 342
  • Gender: Male
  • FK - Roman ChaTOLic
  • Denominasi: Kuasa Mengampuni para Paus merupakan bukti Antikristus dalam Alkitab?
Contoh sederhana ya??
- berapa banyak Dokter ahli bedah Otak A menyelamatkan nyawa pasiennya di banding dengan Paus mendoakan/tumpang tangan kpd seorang penganut Agama Kristen yg sekarat trus sembuh?
pembandingannya illegal mnrt gw
Galatia'5: 22-23
Research
From Antichrist to Brother in Christ: How Protestant Pastors View the Pope
March 25, 2016, 03:36:43 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 990
  • Gender: Male
  • Condemnant quod non intellegunt
waduh... pake bawa2 legalitas lagi
Condemnant quod non intellegunt
March 26, 2016, 07:06:25 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Harap dimengerti bahwa agama dlm konteks ini bukan mengacu kpd "Tuhan".
melainkan kepada orang2 yg "melayani" Tuhan ataupun tokoh2 gereja dalam arti institusi gereja secara keseluruhan (Katolik,Protestan,dll).

Saya berpendapat bahwa "pelayan" Tuhan dan tokoh2 agama sekarang ini secara keseluruhan telah "gagal" dan "kalah" dari ilmu pengetahuan/sains. karna secara statistik tidak bisa disangkal berapa banyak nyawa yg diselamatkan dan sakit yg disembuhkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan/sains. dibandingkan dgn nyawa dan penyakit yg mampu disembuhkan oleh para pelayan Tuhan. walaupun secara jelas telah dikatakan dalam alkitab bahwa salah satu tanda orang benar adalah kuasa menyembuhkan. so, apakah agama telah kalah dari ilmu pengetahuan?
coba dipikir gini yah.

jaman Yesus dulu, Yesus beroperasi didaerah Isarel dan sekitarnya tuh, karena Yesus adalah manusia dan kemana mana hanya jalan kaki dan naik kapal serta naik keledai, bukan digendong mbah surip, maka pastilah perpindahanNya lambat yah.
nah bayangkan pada saat bersamaan orang sakit dari sekedar panu sampe kanker ada dimana mana bahkan diidap oleh manusia manusia jauh diluar israel termasuk indonesia.
apakah ini termasuk Yesus dan rasul2nya bisa disebut gagal ?  :azn:

kalo saya positif aja om/tante, itulah kenapa pada manusia dibukakan pengetahuan yg berlipat2 luasnya daripada dahulu sehingga banyak dokter2 tercecer dimana mana dari yg abal abal sampe profesional.
bahkan dokter pun gak bisa bekerja sendirian, mereka butuh engineer...insinyur teknis untuk dapat ciptakan peralatan medis yg beredar lagi lagi dari yg abal abal sampe canggih luar biasa.

tetapi dibalik itu semua mereka butuh riset bertaun taun lamanya untuk hasil yg sekarang.  :rolleye0014:
namun mujizat Tuhan gak pake lama jika Tuhan berkehendak lho....gimana dunk  :azn:
yah tentunya orang2 yg mendapat karunia penyembuhan tidaklah setiap orang yang mengaku murid2 Kristus, plus unsur kesembuhan itu masih melibatkan iman si penderita juga kok.
lha wong "iman" ke dokter saja antara dalam negeri dan luar negeri masih beda, gak usah jauh jauh deh antara puskesmas sama rs antara swasta atau pemerintah aja juga beda-beda, kok mengharapkan iman ke Yesus ??
Yesus mah kalah qty kalo dibandingkan sama dukun-dukun....rasanya  :mad0261:
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
April 05, 2016, 02:57:36 AM
Reply #8
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 197
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Harap dimengerti bahwa agama dlm konteks ini bukan mengacu kpd "Tuhan".
melainkan kepada orang2 yg "melayani" Tuhan ataupun tokoh2 gereja dalam arti institusi gereja secara keseluruhan (Katolik,Protestan,dll).

Saya berpendapat bahwa "pelayan" Tuhan dan tokoh2 agama sekarang ini secara keseluruhan telah "gagal" dan "kalah" dari ilmu pengetahuan/sains. karna secara statistik tidak bisa disangkal berapa banyak nyawa yg diselamatkan dan sakit yg disembuhkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan/sains. dibandingkan dgn nyawa dan penyakit yg mampu disembuhkan oleh para pelayan Tuhan. walaupun secara jelas telah dikatakan dalam alkitab bahwa salah satu tanda orang benar adalah kuasa menyembuhkan. so, apakah agama telah kalah dari ilmu pengetahuan?

Maksud yang dibold itu = pendidikan agama atau ilmu pengetahuan di bidang kerohanian
kemudian mau dibandingkan dengan ilmu pengetahuan di bidang kedokteran.

Kedua-duanya ilmu pengetahuan. Saling melengkapi dan bukan saling lomba atau saling mengalahkan.

 :)
April 05, 2016, 01:46:40 PM
Reply #9
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 342
  • Gender: Male
  • FK - Roman ChaTOLic
  • Denominasi: Kuasa Mengampuni para Paus merupakan bukti Antikristus dalam Alkitab?
@atas : qlu specifik mungkin bs lebih komparatif...
Galatia'5: 22-23
Research
From Antichrist to Brother in Christ: How Protestant Pastors View the Pope
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)