Author Topic: Gereja Jaman Sekarang  (Read 2732 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 23, 2016, 04:05:55 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1179
Yang ingin diketahui lebih jelas, berdasarkan ayat yang @Dya4^_^ kutipkan itu:
1) Siapa yang meletakkan?
2) Siapa yang diletakkan?
Ya dibaca saja ayatnya bahwa : tidak ada seorang pun ..  dst..
Jadi ayat ini ditujukan kepada siapa ? ya untuk semua





Lalu, dikaitkan dengan Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya, khususnya yang ijo, siapa yang dimaksdukan dengan batu karang ini?

Salam logika macam-macam.

"Joh_2:19  Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."

Sesudah itu, orang yang tidak mengerti Yesus mengira bahwa yang dimaksud dengan kata "ini" adalah gedung bait Allah. Padahal yang dimaksud Yesus adalah diriNya sendiri.


sama juga kejadiannya dengan ayat berikut:
Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku

Sesudah itu, orang-orang yang tidak mengerti Yesus mengira bahwa yang dimaksud dengan kata "ini" adalah Petrus padahal yang dimaksud Yesus adalah diriNya sendiri.


GBU
« Last Edit: March 23, 2016, 04:13:55 PM by Dya4^_^ »
March 23, 2016, 05:00:05 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1790
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
O begitu.

Apakah @wilefhas62 tidak ingin menjelaskan lebih jelas, apa yang ingin disampaikan?

Mungkin nomor posmu yang kusajikan tidak konsisten (karena diketik ulang), sekali #15, sekali #16.
Namun, pos yang ku-quoting tetap saja.
@Dya4^_^ memposkan ini:Dan pos tersebut @wilefhas62 quoting, lalu @wilefhas62 memposkan:Nah, jika berkenan, bisa dijelaskan?

Pun jika tidak berkenan menjelaskan, tidak apa-apa juga sih.
Hanya tidak nyambung.

Salam logika macam-macam.

sebenarnya saya juga ada salah ketik CB, wileh ngetik yg CB Quote, padahal maksud wilef adalh yg CB tuliskan. (Coba lihat lagi yg CB tulis dan yg CB qute kan beda ;D ;D)

namun jika CB ingin penjelasan ttg apa yg ingin wilef sampaikan, nah ini dia.

Coba kita urut :


Weh, nggak punya waktu yang cukup. Dan lagi, Tuhan Yesus Kristus hanya sekali mendirikan jemaat-Nya (Gereja), yang berziarah sampai ke akhir zaman dalam penyertaan Tuhan Yesus Kristus. Kalo ada varian-varian jemaat-Nya (Gereja), kenapa jadi aneh, ya? Sepertinya, pendiri jemaat-Nya (Gereja) dengan varian baru ingin menyaingi Tuhan Yesus Kristus dalam mendirikan jemaat Kristus. Nggak ah.

Salam logika macam-macam.

Yg direspon dengan :

Tuhan Yesus mendirikan jemaat dengan Yesus Kristus sebagai dasar. Kitab suci mencatat, tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain selain Yesus Kristus.

Yesus tidak mendirikan gereja dengan misalnya mencatut nama Petrus untuk dijadikan dasar gereja.

GBU

Kemudian wilef respon :

Mungkin gereja itu sifatnya franchise seperti McD

jadi hrs ada ijin dari Pricipalnya (Theology Owner) yg turun temurun dimiliki oleh Katolik Roma. :D

Terhadap respon wilef di atas wilef jelaskan sbb:

1.   Respon CB jangan serta merta dimaknai bhw  Yesus mencatut nama Petrus dlm mendirikan gereja.
Tidak mungkinlah Yesus mencatut nama manusia. :mad0261:

2.   harus diakui bhw Secara historis Katolik Roma ada dlm sejarah pembentukan Gereja  jadi KR punya peran yg sangat penting dlm sejarah gereja (hal ini wilef istilahkan dgn Theology  Owner).
 berdasarkan fakta ini juga kita jangan dgn mudah menyalahkan keyakinan katolik Roma.

3.   Namun wilef tdk serta merta setuju bhw semua gereja yg dibentuk pada era reformasi dan setelahnya adalah bukan Gereja Tuhan, karena perintah penginjilan,  saya maknai diinstruksikan kepada semua umat percaya.

4. Dgn istilah Franchise tersebut, wilef juga ingin menekankan bhw sebuah gereja tdk mungkin berbeda 100 % dgn Roma Katolik.  IMHO, masih  dimungkinkan ada perbedaan antara satu gereja dgn katolik Roma,, namun apabila berbeda total itu sdh meragukan.

demikan sekelumit penjelasan wilef, dgn harapan CB bisa memahami pandangan wilef ;D ;D



REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
March 23, 2016, 05:13:19 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Quote
Yang ingin diketahui lebih jelas, berdasarkan ayat yang @Dya4^_^ kutipkan itu:
1) Siapa yang meletakkan?
2) Siapa yang diletakkan?
Ya dibaca saja ayatnya bahwa : tidak ada seorang pun ..  dst..
Jadi ayat ini ditujukan kepada siapa ? ya untuk semua
Whaddhuhh... @Dya4^_^ mulai menunjukkan gejala tidak ingin diskusi.

@Dya4^_^ mengutip 1 Kor 3:11 Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.
@Cinta Bhinneka tanyakan: Berdasarkan ayat 1 Kor 3:11 itu, menurut @Dya4^_^, siapa yang meletakkan dasar itu?
Apa yang dimaksud dengan dasar yang diletakkan itu?
Dengan kata pertanyaan yang berbeda: Berdasarkan ayat 1 Kor 3:11 itu, menurut @Dya4^_^, Siapa Yesus Kristus? Apakah Yesus Kristus adalah dasar yang diletakkan?
Atau, apakah Yesus Kristus pihak yang meletakkan dasar?

Kenapa @Dya4^_^ ngacir ke peruntukan ayat itu dicatat?

Nggak nyambung.

Quote
Lalu, dikaitkan dengan Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya, khususnya yang ijo, siapa yang dimaksdukan dengan batu karang ini?
"Joh_2:19  Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."[/color]
Tidak nyambung.
Di Mat 16:18, Yesus Kristus menyatakan mendirikan jemaat-Nya, sementara di Yoh 2:19 menyatakan Bait Allah.

Sesudah itu, orang yang tidak mengerti Yesus mengira bahwa yang dimaksud dengan kata "ini" adalah gedung bait Allah. Padahal yang dimaksud Yesus adalah diriNya sendiri.
Di Mat 16:18, Yesus Kristus mengatakan mendirikan jemaat-Nya, bukan mendirikan Bait Allah.

sama juga kejadiannya dengan ayat berikut:
Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku
Lhah, kenapa memenggal batu karang dari ini? Bagaimana alas logika memenggalnya? Dikatakan-Nya, "Di atas batu karang ini", kenapa memenggal "ini"?

Sesudah itu, orang-orang yang tidak mengerti Yesus mengira bahwa yang dimaksud dengan kata "ini" adalah Petrus padahal yang dimaksud Yesus adalah diriNya sendiri.
@Cinta Bhinneka tidak menanyakan "ini", melainkan "batu karang ini".

GBU
Salam logika macam-macam.
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
March 23, 2016, 05:26:42 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1179
Ya dibaca saja ayatnya bahwa : tidak ada seorang pun ..  dst..
Jadi ayat ini ditujukan kepada siapa ? ya untuk semuaWhaddhuhh... @Dya4^_^ mulai menunjukkan gejala tidak ingin diskusi.

@Dya4^_^ mengutip 1 Kor 3:11 Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.
@Cinta Bhinneka tanyakan: Berdasarkan ayat 1 Kor 3:11 itu, menurut @Dya4^_^, siapa yang meletakkan dasar itu?
Apa yang dimaksud dengan dasar yang diletakkan itu?
Dengan kata pertanyaan yang berbeda: Berdasarkan ayat 1 Kor 3:11 itu, menurut @Dya4^_^, Siapa Yesus Kristus? Apakah Yesus Kristus adalah dasar yang diletakkan?
Atau, apakah Yesus Kristus pihak yang meletakkan dasar?

Kenapa @Dya4^_^ ngacir ke peruntukan ayat itu dicatat?

Nggak nyambung.
"Joh_2:19  Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."[/color]Tidak nyambung.
Di Mat 16:18, Yesus Kristus menyatakan mendirikan jemaat-Nya, sementara di Yoh 2:19 menyatakan Bait Allah.
Di Mat 16:18, Yesus Kristus mengatakan mendirikan jemaat-Nya, bukan mendirikan Bait Allah.
Lhah, kenapa memenggal batu karang dari ini? Bagaimana alas logika memenggalnya? Dikatakan-Nya, "Di atas batu karang ini", kenapa memenggal "ini"?
@Cinta Bhinneka tidak menanyakan "ini", melainkan "batu karang ini".
Salam logika macam-macam.

Sebenarnya nyambung, cuma kalo mau ngotot-ngototan begini aja deh..

"Ini" menunjuk pada objek yg lebih dekat dengan pembicara.
"Itu" atau "sono" menunjuk pada objek yang lebih jauh dengan pembicara.

Pada saat yesus berbicara, siapakah yang lebih dekat pada pembicara ,:
a. Yesus
b. Petrus

Jelas Yesus donk.
Jadi jelas bahwa dalam pembicaraan itu, Yesus=ini dan Petrus=itu=sana   hihihi   :D


GBU
« Last Edit: March 23, 2016, 05:29:19 PM by Dya4^_^ »
March 23, 2016, 05:31:11 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4716
Maklumlah Petrus adalah murid yang tercatat urutan kedua paling bandel sesudah Yudas Iskariot.
Yudas menjual Yesus 1x, dan tidak lama kemudian Petrus menyangkal Yesus bahkan hingga 3x.

Jadi harus diulang-ulang , diingatin, supaya nanti kagak ngacir dari panggilannya sebagai salah satu dari murid Yesus.
Dan sesudah diingatkan pun, tercatat petrus pernah dikritisi / dinasehati oleh Paulus karena dalam pelayanannya Petrus kembali kepada sifat lamanya waktu menyangkali Yesus, tertapi kali ini seolah-olah menyangkali jemaatnya sendiri dari kaum tak bersunat.

Gal 2:11  Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah.
Gal 2:12  Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat.
Gal 2:13  Dan orang-orang Yahudi yang lainpun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.


Jadi kita maklum mengapa kepada Petrus, Yesus harus mengulang-ulang hal yang sama, yang menjadi tugas dari para rasul.

GBU

hahaha
mo paling badung atau bukan menurut anda
yang tertulis di alkitab adalah dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi
belajar struktur dulu untuk mengerti dasar dan penjuru

ngomong2 tentang Petrus
kenapa melihatnya seperti begitu, kenapa tidak berpikir seperti ini
orang yang membunuh umatNya bisa dipilih menjadi rasulNya
orang yang menyangkal 3x bisa dipilih memimpin umatNya
bahkan disuruh menguatkan saudara2 lainnya
“Simon, Simon, lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum, tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.”
terlalu alergi ya dengan penyangkalan dan pembunuhan??
buktinya mereka yang dipilih Yesus tuch



March 23, 2016, 05:35:58 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Ya dibaca saja ayatnya bahwa : tidak ada seorang pun ..  dst..
Jadi ayat ini ditujukan kepada siapa ? ya untuk semua

"Joh_2:19  Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."

Sesudah itu, orang yang tidak mengerti Yesus mengira bahwa yang dimaksud dengan kata "ini" adalah gedung bait Allah. Padahal yang dimaksud Yesus adalah diriNya sendiri.


sama juga kejadiannya dengan ayat berikut:
Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku

Sesudah itu, orang-orang yang tidak mengerti Yesus mengira bahwa yang dimaksud dengan kata "ini" adalah Petrus padahal yang dimaksud Yesus adalah diriNya sendiri.


GBU

dibuat gampang aja bro

menurut anda,
gereja anda itu dibangun diatas Yesus Kristus aja?
atau
dibangun diatas dasar Rasul dan Nabi dengan Yesus Kristus sebagai batu penjuru?
March 23, 2016, 05:53:10 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Nah, jika @wilefhas62 ingin menyampaikan ini:
...
Terhadap respon wilef di atas wilef jelaskan sbb:
1.   Respon CB jangan serta merta dimaknai bhw  Yesus mencatut nama Petrus dlm mendirikan gereja.
Tidak mungkinlah Yesus mencatut nama manusia. :mad0261:
2.   harus diakui bhw Secara historis Katolik Roma ada dlm sejarah pembentukan Gereja  jadi KR punya peran yg sangat penting dlm sejarah gereja (hal ini wilef istilahkan dgn Theology  Owner).
 berdasarkan fakta ini juga kita jangan dgn mudah menyalahkan keyakinan katolik Roma.
3.   Namun wilef tdk serta merta setuju bhw semua gereja yg dibentuk pada era reformasi dan setelahnya adalah bukan Gereja Tuhan, karena perintah penginjilan,  saya maknai diinstruksikan kepada semua umat percaya.
4. Dgn istilah Franchise tersebut, wilef juga ingin menekankan bhw sebuah gereja tdk mungkin berbeda 100 % dgn Roma Katolik.  IMHO, masih  dimungkinkan ada perbedaan antara satu gereja dgn katolik Roma,, namun apabila berbeda total itu sdh meragukan.
demikan sekelumit penjelasan wilef, dgn harapan CB bisa memahami pandangan wilef ;D ;D
tentu pantas diucapkan terima kasih.

Tapi, @Cinta Bhinneka ingin mengomentari:
1. Justru, menurut logika @Cinta Bhinneka, Yesus Kristus bukan mencatut nama Petrus dalam pendirian jemaat-Nya. Berdasarkan Mat 16:18, Yesus Kristus menyatakan bahwa Dia mendirikan jemaat-Nya di atas batu karang Petrus. Bukan mencatut.
Mengapa logikaku bersimpulan begitu?
Karena pada Mat 16:18 itu, mitra, atau partner komunikasi, atau pasangan dialog Yesus Kristus adalah Petrus.
Batu karang ini dalam pembicaraan itu bukan diri Yesus Kristus, sebab, jika Yesus Kristus, maka Yesus Kristus bermegah di hadapan Petrus, bahwa Yesus Kristus dapat mendirikan jemaat-Nya.
Bukan pribadi Yesus Kristus bermegah.
Batu karang ini dalam pembicaraan itu bukan bahan bangunan, sebab, jika bahan bangunan, maka Yesus Kristus seolah melapor kepada Petrus, bahwa Yesus Kristus akan mendirikan jemaat-Nya di atas bahan bangunan itu. Yesus Kristus tidak melapor kepada manusia hendak mendirikan jemaat-Nya.
Batu karang ini dalam pembicaraan itu adalah Petrus, dengan tujuan agar Petrus menyiapkan fisik dan mental, dan didengar rasul lain.

2. Tidak ada komentar @Cinta Bhinneka untuk poin 2 itu.

3. Tentang penginjilan, menurut logikaku, semua pengikut Kristus wajib memberitakan/mengabarkan Injil, tetapi yang diberi kewenangan mengajar adalah 11 rasul mula-mula, ditambah Matias yang menggantikan kerasulan Yudas Iskariot, dan ditambah Paulus yang sebelum direkrut masih bernama Saulus.
Mengingat para rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman, maka penerus rasul, penerus dari penerus rasul,... akan senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman.

4. Dengan membaca poin 4 itu, tertangkap oleh logikaku, menurut @wilefhas62, pendirian suatu komunitas yang menamakan diri Gereja (jemaat Kristus), inisiatif atau gagasannya bersumber dari seorang atau sekelompok anggota jemaat. Sementara, yang kuimani, Yesus Kristuslah yang mendirikan jemaat-Nya. Artinya, pendirian jemaat Kristus dilakukan oleh Yesus Kristus sendiri, bukan oleh jemaat.   
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
March 23, 2016, 06:05:12 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Sebenarnya nyambung, cuma kalo mau ngotot-ngototan begini aja deh..
"Ini" menunjuk pada objek yg lebih dekat dengan pembicara.
"Itu" atau "sono" menunjuk pada objek yang lebih jauh dengan pembicara.
Nyambung gimana?
"Ini" dan "itu" adalah kata penunjuk. Dalam tulisan, bila tidak digandengkan dengan suatu kata (umumnya kata benda), akan ngambang. Jika digandengkan dengan kata, misalnya batu karang ini, akan tertangkap batu karang yang berada dekat kepada pemberi informasi.

Pada saat yesus berbicara, siapakah yang lebih dekat pada pembicara ,:
a. Yesus
b. Petrus
Jelas Yesus donk.
Yang namanya "dekat" berarti bukan menunjuk pada diri sendiri. Ketika Yesus berbicara, yang dekat kepada-Nya ialah bukan diri-Nya, melainkan apa saja yang disekitar-Nya.

Jadi jelas bahwa dalam pembicaraan itu, Yesus=ini dan Petrus=itu=sana   hihihi   :D
;D pelajaran Bahasa Indonesia yang ngaco.

GBU
Salam logika macam-macam.
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
March 23, 2016, 06:07:34 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
sekedar nyumbang pendapat, IMO:

Ef 2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

perlu dicermati dulu kalimatnya untuk "dasar para" menurut saya yang lebih tepat adalah "dasar dari para", sehingga klop dengan :

1Kor 3:10 Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya.
1Kor 3:11 Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.

sebab para rasul/nabi adalah para ahli bangunan, dan ahli bangunan meletakkan pondasi bukan menjadi pondasi, dan pondasi alias dasar itu adalah Yesus Kristus yang adalah Batu Karang yang teguh.

Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya

lantas jika karena menyebut "batu karang ini" tidak layak ditujukan ke Yesus sendiri karena seolah Yesus sedang bermegah dihadapan muridNya, bukankah yg ini harusnya lebih bermegah dihadapan orang banyak :

Yoh 2:19  Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.

lantas kenapa dibedakan yah ???  :huh:
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
March 23, 2016, 06:52:44 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1790
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Nah, jika @wilefhas62 ingin menyampaikan ini:tentu pantas diucapkan terima kasih.

Tks juga bro @ Cinta Bhineka yg ganteng ;D

Quote from:  

Tapi, @Cinta Bhinneka ingin mengomentari:
1. Justru, menurut logika @Cinta Bhinneka, Yesus Kristus bukan mencatut nama Petrus dalam pendirian jemaat-Nya. Berdasarkan Mat 16:18, Yesus Kristus menyatakan bahwa Dia mendirikan jemaat-Nya di atas batu karang Petrus. Bukan mencatut.
Mengapa logikaku bersimpulan begitu?
Karena pada Mat 16:18 itu, mitra, atau partner komunikasi, atau pasangan dialog Yesus Kristus adalah Petrus.
Batu karang ini dalam pembicaraan itu bukan diri Yesus Kristus, sebab, jika Yesus Kristus, maka Yesus Kristus bermegah di hadapan Petrus, bahwa Yesus Kristus dapat mendirikan jemaat-Nya.
Bukan pribadi Yesus Kristus bermegah.
Batu karang ini dalam pembicaraan itu bukan bahan bangunan, sebab, jika bahan bangunan, maka Yesus Kristus seolah melapor kepada Petrus, bahwa Yesus Kristus akan mendirikan jemaat-Nya di atas bahan bangunan itu. Yesus Kristus tidak melapor kepada manusia hendak mendirikan jemaat-Nya.
Batu karang ini dalam pembicaraan itu adalah Petrus, dengan tujuan agar Petrus menyiapkan fisik dan mental, dan didengar rasul lain.

Terhadap poin 1 ini, Wilefha tdk keberatan, karena mungkin berbeda dgn rekan lainnya yg protestan , wilef mengakui keutamaan Rasul Petrus.

Quote from:  

2. Tidak ada komentar @Cinta Bhinneka untuk poin 2 itu.

3. Tentang penginjilan, menurut logikaku, semua pengikut Kristus wajib memberitakan/mengabarkan Injil, tetapi yang diberi kewenangan mengajar adalah 11 rasul mula-mula, ditambah Matias yang menggantikan kerasulan Yudas Iskariot, dan ditambah Paulus yang sebelum direkrut masih bernama Saulus.
Mengingat para rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman, maka penerus rasul, penerus dari penerus rasul,... akan senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman.

dlam penginjilan pasti ada pengajaran,
namun dlm gereja wilef pengajaran yg disampaikan para penginjil sdh ada materinya dan sdh dibakukan.

materinya bakunya  tentu sesuai dgn kayakinan Asli sebelum reformasi + perubahan beberapa hal sesuai konteks reformasi.


Quote from:  
4. Dengan membaca poin 4 itu, tertangkap oleh logikaku, menurut @wilefhas62, pendirian suatu komunitas yang menamakan diri Gereja (jemaat Kristus), inisiatif atau gagasannya bersumber dari seorang atau sekelompok anggota jemaat. Sementara, yang kuimani, Yesus Kristuslah yang mendirikan jemaat-Nya. Artinya, pendirian jemaat Kristus dilakukan oleh Yesus Kristus sendiri, bukan oleh jemaat.

Tentu saja org tersebut berinisiatif karena adanya perintah pemuridan  dan dengan dorongan ROH KUDUS.

memang wilef sependapat bhw ada gereja yg terebntuk  karena inisiatif sendiri tanpa dorongan ROH KUDUS untuk mencari keuntungan, namun wilef tdk berani menghakimi, mana gereja yg demikian itu, namun wilef yakin hal ini bisa dilihat / ketahuan dari buahnya.

Sebagai bahan pertimbangan bagi VB yg brlogika macam-macam, ;D

Gerejaku terbentuk sebagai hasil martir missionaris eropa.

jika tdk karena demi Yesus dan dorongan ROH KUDUS, tdk mungkin orang2 itu mau datang untuk mengkristenkan bangsaku.

JADI wilef yakin, gereja wilef terbentuk atas inisiatif Yesus dgn mengirim missionaris yg siap mati demi nama Yesus.

Berbeda dgn beberapa gereja yg lahir di abad 20-21` ini, mereka dgn mudah tanpa perlu "berdarah-darah" tapi dgn eneknya, bisa dapat domba yg gemuk-gemuk.



REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)