Author Topic: Menjawab Pertanyaan Orang: Mengapa Tuhan Membunuh Wanita dan Anak-anak?  (Read 1064 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 20, 2016, 06:08:50 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Pertanyaan yg sering dilontarkan saudara/i muslim.

Tuhan menyuruh Israel melakukan semacam "pembersihan total/eksterminasi" kepada bangsa Amalek. Termasuk di dalamnya membinasakan wanita dan anak2. Tuhan jg pernah menyuruh melakukan eksterminasi terhadap bangsa2 yg tinggal di Kanaan.

Mengapa Tuhan "tega" melakukan ini pada wanita dan anak2?

Nanti ayat2 akan sy sertakan. Silakan berdiskusi.
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
May 20, 2016, 06:16:14 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Inilah ayat yg dimaksud:

1 Samuel 15:2-3

2 Thus says the Lord of hosts, ‘I have noted what Amalek did to Israel in opposing them on the way when they came up out of Egypt. 3 Now go and strike Amalek and devote to destruction all that they have. Do not spare them, but kill both man and woman, child and INFANT, ox and sheep, camel and donkey.’ ”

1 Samuel 15:2-3 (TB)  Beginilah Firman Tuhan semesta alam: Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel, karena orang Amalek menghalang-halangi mereka, ketika orang Israel pergi dari Mesir.
Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai."
« Last Edit: May 20, 2016, 06:18:43 AM by acidking001 »
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
May 20, 2016, 06:27:26 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Infant sering kita artikan = bayi.

Ini definisi lengkap menurut kamus merriam webster:
a child in the first period of life

= seorang anak pada tahap/periode pertama kehidupannya.
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
May 20, 2016, 10:00:12 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Pertanyaan yg sering dilontarkan saudara/i muslim.

Tuhan menyuruh Israel melakukan semacam "pembersihan total/eksterminasi" kepada bangsa Amalek. Termasuk di dalamnya membinasakan wanita dan anak2. Tuhan jg pernah menyuruh melakukan eksterminasi terhadap bangsa2 yg tinggal di Kanaan.

Mengapa Tuhan "tega" melakukan ini pada wanita dan anak2?

Nanti ayat2 akan sy sertakan. Silakan berdiskusi.
gak usah repot...lihat saja request mereka kalo ada pembunuhan/pemerkosaan pada minta pelaku dihukum mati kok...liat pula doa dan harapan mereka kalo lagi muncul berita panas negara islam konflik sama israel  :tongue:
jadi gak perlu mempertanyakan Tuhan dulu deh, lebih baik mereka mempertanyakan diri sendiri dulu.
yang ada di alkitab gak perlu diperdebatkan dengan mereka  :D
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
May 20, 2016, 10:25:16 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9072
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
satu ayat ini menjawab semuanya :

Kejadian 15
16. Tetapi keturunan yang keempat akan kembali ke sini, sebab sebelum itu kedurjanaan orang Amori itu belum genap."
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 20, 2016, 11:58:48 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12136
    • fossil coral cantik
Pertanyaan yg sering dilontarkan saudara/i muslim.

Tuhan menyuruh Israel melakukan semacam "pembersihan total/eksterminasi" kepada bangsa Amalek. Termasuk di dalamnya membinasakan wanita dan anak2. Tuhan jg pernah menyuruh melakukan eksterminasi terhadap bangsa2 yg tinggal di Kanaan.


A. terkait bangsa Amalek, bekgron logika alesan Tuhan :
karena orang Amalek menghalang-halangi mereka, ketika orang Israel pergi dari Mesir.

Kesimpulan :
Hal tsb membuat Tuhan geram dan menyimpan dendam.
Dendam ini Dia simpan sampai disuatu saat yang tepat Dia lampiaskan balas dendamNya : Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel.

Quote
Mengapa Tuhan "tega" melakukan ini pada wanita dan anak2?
IMO, yah... namanya balas-dendam.... terkadang kan nggak perlu ngliat2 "oh... kalo yang perempuan dan bayi, nggak dibales-dendemin".



B. terkait sesama Israel, bekgron logika alesan Tuhan :
1. karena Israel menyembah Lembu Emas
2. karena setelahnya itu cuma suku Lewi yg memihak kepada Tuhan ---> "Siapa yang memihak kepada TUHAN datanglah kepadaku!" Lalu berkumpullah kepadanya seluruh bani Lewi.

Kesimpulan :
Hal ini membuat Tuhan geram ---> "udah salah menyembah Lembu Emas, eh blakangan masih juga gak mau memihak kepadaNya". Akibat selanjutnya, orang2 Lewi Tuhan perintahkan sbb :  "Beginilah Firman Tuhan, Allah Israel: Baiklah kamu masing-masing mengikatkan pedangnya pada pinggangnya dan berjalanlah kian ke mari melalui perkemahan itu dari pintu gerbang ke pintu gerbang, dan biarlah masing-masing membunuh saudaranya dan temannya dan tetangganya.".

Nah... yg merah diatas itu :
saudara ---> mungkin2 saja adiknya itu adalah bayi yang masih menyusu
teman ---> perempuan juga bisa seorang teman
tetangga ---> perempuan dewasa, remaja, bayi nyusu, kanak kanak bisa termasuk tetangga.
So... 3000 Israel yg dibantai Lewi itu mungkin2 aja juga terdapat perempuan dan bayi.

acid : iyaaa... ngerti, tapi Mengapa Tuhan "tega" melakukan ini pada wanita dan anak2?
oda : karena Dia Tuhan, bukan manusia. Kalo manusia itu mungkin ada yang tega - mungkin juga ada yang nggak tega selagi melampiaskan dendam/kemarahan.

Yang menjadi pertanyaan saya justru adalah sbb :
Q : mengapa ORANG tega melakukan itu pada wanita dan anak2 ?
A : karena itu Tuhan yang suruh. So... sekalipun sebenernya orang ybs itu gak-tega, namun karena dia berpendapat itu Tuhan yang suruh, maka orang ybs itu mematikan rasa gak-tega dia shg dia bantai itu wanita dan anak2.

:)
salam.
« Last Edit: May 20, 2016, 12:02:36 PM by odading »
May 22, 2016, 08:35:46 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
Pertanyaan yg sering dilontarkan saudara/i muslim.

Tuhan menyuruh Israel melakukan semacam "pembersihan total/eksterminasi" kepada bangsa Amalek. Termasuk di dalamnya membinasakan wanita dan anak2. Tuhan jg pernah menyuruh melakukan eksterminasi terhadap bangsa2 yg tinggal di Kanaan.

Mengapa Tuhan "tega" melakukan ini pada wanita dan anak2?

Nanti ayat2 akan sy sertakan. Silakan berdiskusi.


Peristiwa lainnya yg se irama dg itu : pada waktu peristiwa banjir zmn Nuh disitu juga pasti banyak bayi dan wanita yg ikut tenggelam, pada peristiwa Sodom dan Gomora di situ juga pasti banyak bayi dan wanita yg mati kebakar api dan belerang dan semua ini terlaksana lewat kehendak Allah sendiri.


Kalau kita ada dalam posisi org yg awam pada umumnya, yang jarang interaksi dg Alkitab.

Tentulah pertanyaan itu sangat mungkin muncul dalam benak kita, apalagi alkitab sendiri mencatatnya (bkn hanya catatan buku sejarah ) , tentu dari pertanyaan itu akan membawa kita pada pertanyaan berikutnya:

1. Apakah Allah se tega itu?, bukankah itu konotasi dari "kejam" ?.
Dari pertanyaan ini , langsung kita jawab "pastilah tidak kejam, krn Allah itu kasih , dan Allah itu tdk pernah pilih kasih", pastilah pertanyaan no 2 berikutlah yg perlu kita dalami.

2. Ada pesan atau ajaran yang sedang Allah bagikan lewat peristiwa itu, pesan apakah itu?, sebegitu pentingkah harus dipahami ?.



Jos6:21 Mereka menumpas dengan mata pedang segala sesuatu yang di dalam kota itu, baik laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda, sampai kepada lembu, domba dan keledai.

Kalau kita perhatikan dari bold di atas , seolah olah tdk ada bedanya antara penduduk asli kota itu dg domba,lembu keledai.

Kalau saja perintah memusnahkan seluruhnya itu di tujukan misl kepada ular, yg ada di kota itu tentulah perintah memusnahkan itu tdk lah menjadi suatu ganjalan karena ular memang beracun dan banyak memberikan mudarat.

Saya jadi teringat akan FirmanNya yg kira2 mengatakan : Aku mengasihi siapa Aku hendak mengasihi  ,dan menegarkan hati Ku kepada mereka yg Aku ingin menegarkan.
(hanya maaf saya lupa kalimat pastinya, dan juga tempatnya ).

Kel33:19 Tetapi firman-Nya: "Aku akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan nama TUHAN di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."

Kalau dari FT tsb kita dalami : kita akan sampai pada suatu kesimpulan bhw memang umat manusia itu terdiri dari dua jenis  di mata Allah, dimana yg satu kasih karunia Allah itu di anugerahkan dan yg lainnya tdk.
Pesan inilah yg ingin Allah bagikan ke kita (pertanyaan no2 di atas).

Rom9:7 dan juga tidak semua yang terhitung keturunan Abraham adalah anak Abraham, tetapi: "Yang berasal dari Ishak yang akan disebut keturunanmu."
9:8 Artinya: bukan anak-anak menurut daging adalah anak-anak Allah, tetapi anak-anak perjanjian yang disebut keturunan yang benar.


Yoh1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
1:13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.



bersambung.
May 22, 2016, 08:37:57 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
sambungan


Lalu apa yg membedakan dari keduanya itu?:
Kalau kita pelajari dr Alkitab:
Bahwa sebenarnya Allah dan semua karyaNya itu ditujukan pada alam kekal, suatu alam yg tdk akan lekang dimakan waktu , dan tentulah komunitas yg ada di dalamnya adalah makhluk roh.
Dan ternyata bumi tempat kita berpijak ini adalah alam sementara, dimana pada alam sementara ini berlaku hk gravitasi, berlaku demensi waktu (dari muda bisa tua), berlaku demensi ruang (penuh padat atau longgar,jauh atau dekat, besar atau kecil ).
dan pada hakekatnya makhluk roh itu tidak cocok untuk berada pada alam sementara ini (tdk mungkin bisa ada di alam sementara ini hanya oleh kemampuan regenerasi/beranakpinak dari makhluk2 sementara yg memang menurut naturenya memenuhi batasan alam sementara ini(manusia dan binatang dan tumbuhan) ).
Maka ketika ada makhluk roh di alam sementara ini , maka pastilah ada tangan Allah yg menempatkannya (iblis di lempar ke bumi ).

Lalu apakah keberadaan makhluk roh ini pada tubuh makhluk alam sementara ini, yang menyebabkan pembedaan perlakuan Allah pada pada dugaan adanya dua macam manusia di mata Allah di atas ?.
Sangat mungkin inilah sebabnya, krn jelas makhluk sementara itu tdk akan bisa hidup diluar demensi ruang dan waktu (spt alam kekal), yg artinya pula pasti tdk akan bisa masuk alam kekal mau bagaimanapun di upayakan (mau di kasihi seperti apapun tdk lah mungkin mencapai sorga/alam kekal ).

shg jelaslah bhw dasar dari mengasihi dan menbenci pd FT berikut adl keberadaan makhluk roh dan jati diri makhluk roh itu:


Rom9:7 dan juga tidak semua yang terhitung keturunan Abraham adalah anak Abraham, tetapi: "Yang berasal dari Ishak yang akan disebut keturunanmu.

Rom9:13 seperti ada tertulis: "Aku mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau."

Lalu kalau pada Yakub Allah menempatkan Yakub (pribadi roh ), apakah pada Esau Allah menempatkan Esau(pribadi roh), atau dialam kekal itu telah ada pribadi2 roh dalam perbendaharaan Allah(telah diciptakan sebelum dunia dijadikan) yg kemudian di kirimkan untuk berada pada jasmaniah Yakub dan Esau ?, kalau ya, tentu memang dari sononya Allah telah punya dua sumber perbendaharaan ( kitab kehidupan dan kitab mati ), lalu bagaimana penghakiman bisa di adakan kalau memang sumbernya sudah berbeda?.

Jawabnya memang Yakub (pribadi roh) Allah lah yg menempatkannya, tapi Esau tdk , Esau adalah makhluk jasmaniah murni yg dari padanya tdk mungkin bisa ada roh nya, lalu dari mana roh yg ada di Esau itu atau memang selamanya Esau itu tidak ber roh ?, ternyata roh yg nantinya akan diam pada jasmani Esau adl iblis sendiri, kenapa bisa demikian?

Kej3:14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.

Mark5:12 lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: "Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!"
(babi2 =perumpamaan dari mereka yg lahir dari darah dan daging ).


Perumpamaan debu tanah inilah sebenarnya yg berarti tubuh jasmaniah (lahir dari darah dan daging ).
Beberapa alasan yg menguatkan pendapat di atas:
1. Kalau iblis tetap pada kondisinya sbg makhluk roh selama mereka ada di bumi ini, maka iblis pasti tdk dapat dihakimi di penghakiman terakhir.
karena tdk akan bisa di dapatkan bukti materiil yg bisa digunakan untuk dasar tuntutan kepada mereka.
2. Tidak akan pernah ada di bumi ini :
Nabi palsu, anti kristus .
3. Tidak akan pernah gerejanya bisa turut menghakimi malaikat.

2Pet2:4 Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman;

2:9 maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman,

1Kor6:3 Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.


Sampai di sini , apakah masih ada ganjalan mengenai pertanyaan di awal thread.


Salam.
May 19, 2017, 02:58:37 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 724
  • Gender: Female
  • Denominasi: Kharismatik
Pada masa perang Harmageddon nanti bermilyar-milyar manusia akan terbunuh mungkin oleh perang nuklir, tapi bangsa Israel dilindungi Tuhan sehingga selamat dan banyak orang Kristen menjadi martir. Hanya sedikit sekali yang selamat dari perang Harmageddon. Jadi rakyat yang diperintah dalam kerajaan 1000 tahun nanti adalah bangsa Israel dan sisa bangsa-bangsa yang lolos dari antikris dan perang Harmageddon.
May 19, 2017, 10:43:33 AM
Reply #9
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Institusi beda dg pribadi.

Sbg contoh,
Dalam Taurat, Tuhan melarang orang per orang melakukan pembunuhan.
Namun sbg negara, Mahkamah Agama berhak dan sah menjatuhkan hukuman mati bagi pelanggar hukum.

Kalo Budi membunuh Amir, itu dosa;
Tp kl Budi sbg hakim yg mewakili negara mjatuhkan hukuman mati pd Amir, itu justice.

Tentunya orang per orang pribadi tidak boleh menyerang negara lain dan membunuh.
Namun sbg negara, Israel berhak berperang.

Tuhan mengutus Bangsa Israel sbg negara utk memunahkan bangsa-bangsa lain yg hidup dalam dosa.
Tuhan pasti punya alasan yg sah utk menetapkan dmikian.

Spt yg Henhen post, orang-orang ini hidup dalam kedurjanaan dan waktunya sudah genap utk penghukuman Tuhan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)