Author Topic: Sejarah Bunda Maria ( Legenda yang turun - temurun )  (Read 3121 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 25, 2016, 02:29:01 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Kebiasaan buruk Protestan itu adalah selalu mencela dan bahkan mencap sesat hal2 yang ngga ada didalam Alkitab

ya wajar saja soalnya Protestan hanya punya Alkitab, mereka ngga pernah belajar tradisi suci dan sumber lain diluar Alkitab pada umumnya

Tapi kalau yang ngga prinsipil sebenarnya ngga perlu dipermasalahkan
apalagi yang jelas2 tujuannya untuk memuliakan/melindungi Yesus
Sebaliknya yang katolik/orthodox harusnya jujur, kalau memang sumbernya bukan alkitab akuilah terus terang. Memaksakan tradisi di luar alkitab seolah-olah ada di alkitab membuat diskusi jadi bertele-tele.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
May 25, 2016, 02:38:16 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1792
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Sebaliknya yang katolik/orthodox harusnya jujur, kalau memang sumbernya bukan alkitab akuilah terus terang. Memaksakan tradisi di luar alkitab seolah-olah ada di alkitab membuat diskusi jadi bertele-tele.

sebenarnya mereka bukannya tdk jujur bro :D

Mereka / kalangan katoloik/orthodox,  mengakui bhw sumbernya bukan alkitab,
namun mereka memandang  bhw tingkat kebenarannya sejajar dgn Alkitab.

nah dari kalangan protestan paling tidak ada 2 golongan :

golongan protestan yg mempermasalahkan keyakinan katolik tersebut  dan bahkan mengaggapnya sebagai sesat

dan

golongan protestan yg tdk mempermasalahkan keyakinan katolik tersebu,   namun tdk meyakini hal tersebut.
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
May 25, 2016, 02:53:53 PM
Reply #12
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Yg penting dikritisi saja sih Bro,
Kl sumbernya extra biblical, skrg ada banyak akses utk membaca sendiri sumber-sumbernya.

Yg pasti, tradisi pada awal berkembangnya Gereja adalah hal yg penting dan tradisi ini ngga semuanya tertulis di Alkitab (krn pd saat itu belum ada yg namanya PB).

Misalnya soal una-substantia-tres-personae alias satu hakikat tiga pribadi,
Itu mau diubek-ubek di Alkitab ngga akan ketemu ayat yg mnuliskan bhw Tiga Pribadi itu satu hakikat.
Bahkan ngga ada ayat Alkitab yg mjelaskan apa itu hakikat dan apa itu persona.

Pngajaran tsb dirumuskan oleh Bapa Gereja sblm secara resmi ada buku yg namanya Alkitab.
Kita myakini para Bapa Gereja (ssudah era rasuli) itu diinspirasi juga oleh ROH KUDUS dalam perumusannya.
Pengajaran itu lalu mjadi tradisi sampai masa kini, tradisi yg kita pegang sbg kebenaran walau ngga ada tulisannya di Alkitab.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
May 25, 2016, 03:10:02 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
hush hush...ini lagi bahas legenda....bukan bahas ayat alkitab  :D
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
May 25, 2016, 03:18:07 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9612
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalo ngga prinsipil percuma cape2 dikritisi
kalo tujuannya bagus ya sudahlah, ngapain ditentang2

kita nih bisa sok2 kritis2 karena kita ngga tahu persis gimana keadaan Kekristenan saat itu
bayangin aja dengan pengetahuan yang terbatas jaman itu, kita ngabarin injil kalo Tuhan datang jadi manusia
saya yakin akan sangat banyak orang yang mengcounter macam2

nah doktrin2 tentang Maria ini dibuat tujuannya tuh cuma satu, melindungi keTuhanan Yesus
dan memang mungkin juga saat itu diperlukan kita kan ngga tahu
May 25, 2016, 03:38:11 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1792
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
hush hush...ini lagi bahas legenda....bukan bahas ayat alkitab  :D

untunglah @cipluk pake kacamata
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
May 25, 2016, 06:41:43 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
May 25, 2016, 08:48:17 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10989
sungguh luar biasa 2 pages ini..

menunjukkan kepada kita semua bahwa sebenernya mayoritas penganut Kekristenan (katolik dan protestan) di indonesia adalah para pemeluk yang moderat, rasional, dan dewasa iman-nya..

cuma segelintir satu dua manusia aja yang memang engga rasional, dan ngebet jualan nyalah-nyalahin kelompok lain..
walaupun satu dua doang, tapi berisiknya minta ampun...
udah gitu berisiknya sok-sok ngutip alkitab pula..

sehingga berbahaya bisa menjadi batu sandungan iman bagi yang iman-nya belum kuat..
dikiranya memang "beriman nggilani" seperti itu SEOLAH-OLAH paling saleh dan persis tuhan, gara-gara DIKIT-DIKIT NGUTIP..

padahal itu sudah tertulis di alkitaab, bahwa:
"iblis itu menyamar sebagai malaikat terang"

tuhan sungguh luar biasa...
telah menunjukkan kepada kita semua bahwa: "penyamaran iblis" yang seolah-olah seperti malaikat terang itu..
hanya atas kuasa ROH KUDUS dan pimpinan Tuhan boleh di-NYATA-kan kehadapan kita semua, sehingga kita semua tidak TERTIPU lagi..

salam..
May 26, 2016, 09:45:57 AM
Reply #18
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Opo toh ini Bro Cadang tiba-tiba luar biasa aja, ckckckckck
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
May 26, 2016, 09:48:30 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1792
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Ada Apa Dengan kaCamata saya ?  :coolsmiley:

dgn kaca mata itu,

hanya ciluk yg bisa melihat bhw topik ini tentang Legenda
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)