Author Topic: Sejarah Bunda Maria ( Legenda yang turun - temurun )  (Read 3126 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 26, 2016, 09:54:10 AM
Reply #20
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Yg disebut 'legenda' itu di Gereja Katolik Roma disebut 'deposit of faith'.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
May 26, 2016, 11:33:44 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Yg disebut 'legenda' itu di Gereja Katolik Roma disebut 'deposit of faith'.
Begitukah?
Kuketikkan "deposit of faith" di kolom pencari google, ditampilkan di urutan pertama The Deposit of Faith and the Holy Spirit of God - Catholic Faith and .... Kuklik ganda, ditampilkan  http://www.catholicfaithandreason.org/the-deposit-of-faith-and-the-holy-spirit-of-god.html maka kusalin
Quote
The Deposit of Faith is the body of saving truth entrusted by Christ to the Apostles and handed on by them to be preserved and proclaimed. Jesus ordered them to teach the nations "everything I have commanded you" and assured them "know that I am with you always, until the end of the world." (Mt 28:18-20).  The metaphor of a "deposit" suggests that this teaching is an inexhaustible treasure, that rewards reflection and study with new insights and deeper penetration into the mystery of the divine economy of salvation [God's plan for saving mankind]. Although the Church's understanding of this teaching can and does develop, it can never be augmented in substance. The Catechism of the Catholic Church notes:

"The apostles entrusted the sacred deposit of the faith [the depositum fidei; see 1 Tim 6:20; 2 Tim 1:12-14] contained in Sacred Scripture and Tradition, to the whole of the Church. 'By adhering to (this heritage) the entire holy people, united to its pastors, remains always faithful to the teaching of the apostles, to the brotherhood, to the breaking of bread [the Eucharist] and the prayers. So, in maintaining, practicing and professing the faith that has been handed on, there should be a remarkable harmony between the bishops and the faithful.'"
Kusalin ulang dan kumasukkan ke Google Terjemahan, terjemahannya kusalin:
Deposit Iman adalah tubuh tabungan kebenaran dipercayakan oleh Kristus kepada para Rasul dan diserahkan oleh mereka untuk dipertahankan dan menyatakan. Yesus memerintahkan mereka untuk mengajar bangsa-bangsa "segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu" dan meyakinkan mereka "tahu bahwa saya dengan Anda selalu, sampai akhir dunia." (Mat 28: 18-20). Metafora dari "deposit" menunjukkan bahwa ajaran ini adalah harta tak habis-habisnya, yang memberikan penghargaan refleksi dan belajar dengan wawasan baru dan penetrasi lebih dalam misteri ekonomi keselamatan ilahi [rencana Allah untuk menyelamatkan umat manusia]. Meskipun pemahaman Gereja mengajar ini dapat dan tidak berkembang, tidak pernah dapat ditambah dalam substansi. Katekismus Gereja Katolik catatan:

"Para rasul dipercayakan deposit suci iman [depositum fidei; lihat 1 Tim 6:20; 2 Tim 1: 12-14] yang terdapat dalam Kitab Suci dan Tradisi, untuk seluruh Gereja 'Dengan berpegang (ini. heritage) seluruh bangsa yang kudus, bersatu dengan pendeta-nya, tetap selalu setia ajaran para rasul, bagi persaudaraan, untuk memecahkan roti [Ekaristi] dan doa-doa. Jadi, dalam menjaga, berlatih dan mengaku iman yang telah diserahkan, harus ada keharmonisan luar biasa antara para uskup dan umat beriman. ' "

Salam logika macam-macam.
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
May 26, 2016, 12:18:25 PM
Reply #22
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Yes Cinta,
Mohon maaf, sepertinya saya berlebihan.

Perlu saya koreksi tulisan saya.

Protoevangelium of James bukan deposit of faith.
Yg saya mau tulis itu maksudnya protoevangelium of James mendukung deposit of faith mengenai perpetual virginity of Mary.

Mohon maaf atas kesalahannya.
« Last Edit: May 26, 2016, 12:22:36 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
May 26, 2016, 05:10:10 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
O begitu.

Kemuliaan kepada Bapa, dan Putra, dan ROH KUDUS, seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad. Amen.

Salam logika macam-macam.
« Last Edit: May 26, 2016, 05:13:10 PM by Cinta Bhinneka »
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
May 26, 2016, 09:11:17 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12926
    • fossil coral cantik
Perihal sbb ini sering saya "pikirin", karena ---setidaknya buat saya--- saya nggak bisa nangkep sikon awal-nya itu kayak begimana....

A. Tradisi oral sudah ada duluan mengenai Keperawanan Maria.
Ujug2 ada pendapat dari orang2 yg berpendapat [Maria tetep Perawan]
Bapa2 Gereja sependapat dgn tradisi oral ini.
Blakangan diketemukan/diketahui ada PoJ.
So....PoJ makin menguatkan Tradisi oral tsb.

B. Tidak ada tradisi oral mengenai Keperawanan Maria.
Ujug2 Bapa2 Gereja setelah membaca Alkitab (belon ada PoJ) berpendapat [Maria tetep perawan].
Pendapat Bapa2 Gereja ini lama kelamaan menjadi tradisi oral.
Blakangan diketemukan/diketahui ada PoJ.
So, PoJ menguatkan pendapat Bapa2 Gereja.

C. Tidak ada tradisi oral mengenai keperawanan Maria. Tidak ada ujug2 dari pihak manapun.
Blakangan diketemukan/diketahui ada PoJ.
Oleh Bapa2 Gereja, input PoJ menuntun ke pendapat bhw [Maria tetep perawan]
Lama lama pendapat ini menjadi tradisi oral.

D. silahkan ditambahin kalo ada.

Mungkin ada yg bisa tolong kasih tau sikon awal-nya itu kayak begimana ?
A ? B ? C ? ataukah D ?

Jesuit bilang PoJ itu legenda tertulis. Yang menjadi pertanyaan :
sebelon PoJ diketemukan/diketahui, legenda itu sendiri sudah ada ato belon secara oral ? Dimana blakangan ditulis didalam PoJ.

:)
salam.
May 27, 2016, 01:46:47 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
ok bro Jes, ceritanya dapat dipahami.

cerita2 legenda yg beredar dan dilestarikan dikalangan ortodox bisa didapat secara online tidak yah ?
Sayang .. Jemaat oriental orthodox itu tidak seperti jemaat-jemaat gereja lainnya, banyak pemikir dari Gereja Orthodox Oriental, tetapi jarang yang menulis, hal ini mungkin sebagai akibat sejarah kelam yang pernah di alami oleh Jemaat-Jemaat dulu, yang telah menelan korban jutaan jiwa orang-orang tidak berdosa, sehingga banyak dari jemaat orthodox tidak mau menulis, jadi .. banyak cerita legenda yang di ceritakan, tetapi tidak ada dalam tulisan, mungkin anda bisa mencoba mencarinya di google.

Salam ....

May 27, 2016, 02:00:00 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1543
...cut..
Jesuit bilang PoJ itu legenda tertulis. Yang menjadi pertanyaan :
sebelon PoJ diketemukan/diketahui, legenda itu sendiri sudah ada ato belon secara oral ? Dimana blakangan ditulis didalam PoJ.

:)
salam.
Begini oda .. Ada banyak legenda yang tidak tertulis dan berkembang di kalangan timur, pertanyaannya adalah .. mengapa legenda itu tidak di tuliskan ?

Kita harus melihat kembali sejarah perkembangan Gereja Awal dan juga Sejarah Kelam Gereja - Gereje Timur, dimana sebagai akibat pembantaian terhadap para jemaat Kristen awal dan juga perpecahan Gereje Timur dan Barat ( Bukan Ritus Timur ), telah mengakibatkan ketakutan untuk tampil "Sebagai Jemaat Kristus", pada akhirnya .. tidak ada yang berani untuk menuliskan legenda-legenda tersebut, mungkin ada satu dua, tetapi tidak banyak.

Nah, jika kita mengikuti alur cerita legenda yang berkembang tersebut, tentang pertanyaan .. apakah Maria masih melahirkan anak-anak yang lain, selain Yesus, kemudian "Membandingkannya" dengan ayat-ayat yang ada di alkitab, maka saya yakin .. tidak akan ada permasalahan yang timbul, Dallas topik yang sering dibicarakan tentang adik-adik Yesus.

Sebab ternyata .. legenda dan Alkitab itu sejalan ... ( dalam topik apakah ada adik-adik Yesus )


Salam ...
May 27, 2016, 09:23:53 AM
Reply #27
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Perihal sbb ini sering saya "pikirin", karena ---setidaknya buat saya--- saya nggak bisa nangkep sikon awal-nya itu kayak begimana....

A. Tradisi oral sudah ada duluan mengenai Keperawanan Maria.
Ujug2 ada pendapat dari orang2 yg berpendapat [Maria tetep Perawan]
Bapa2 Gereja sependapat dgn tradisi oral ini.
Blakangan diketemukan/diketahui ada PoJ.
So....PoJ makin menguatkan Tradisi oral tsb.

B. Tidak ada tradisi oral mengenai Keperawanan Maria.
Ujug2 Bapa2 Gereja setelah membaca Alkitab (belon ada PoJ) berpendapat [Maria tetep perawan].
Pendapat Bapa2 Gereja ini lama kelamaan menjadi tradisi oral.
Blakangan diketemukan/diketahui ada PoJ.
So, PoJ menguatkan pendapat Bapa2 Gereja.

C. Tidak ada tradisi oral mengenai keperawanan Maria. Tidak ada ujug2 dari pihak manapun.
Blakangan diketemukan/diketahui ada PoJ.
Oleh Bapa2 Gereja, input PoJ menuntun ke pendapat bhw [Maria tetep perawan]
Lama lama pendapat ini menjadi tradisi oral.

D. silahkan ditambahin kalo ada.

Mungkin ada yg bisa tolong kasih tau sikon awal-nya itu kayak begimana ?
A ? B ? C ? ataukah D ?

Jesuit bilang PoJ itu legenda tertulis. Yang menjadi pertanyaan :
sebelon PoJ diketemukan/diketahui, legenda itu sendiri sudah ada ato belon secara oral ? Dimana blakangan ditulis didalam PoJ.

:)
salam.

Kl mnrt opini pribadi saya nih,
Soal virgin birth itu ada seiring tradisi tertulis dan tradisi lisan dan tradisi ini berkembang luas menjadi pengetahuan mutlak.
Jd soal virgin birth itu ngga ada masalah.

Soal perpetual virginity of Mary, ini awalnya tidak jadi fokus.
Kmungkinan ini baru jadi pertanyaan yg harus dirumuskan ketika muncul beragam ajaran mengenai keilahian dan kemanusiaan Kristus.

Pada saat banyak pendapat beredar di masyarakat, mgkn para pejabat Gereja mulai mengumpulkan dan mendengarkan beragam tradisi lisan maupun tulisan mengenai topik ini.
Namun bgitu, di antara sekian banyak tradisi lisan maupun tulisan tertulis mengenai topik ini, tidak ada yg diambil langsung dari surat-surat rasuli (materi Alkitab kanonik).

Injil sinoptik bicara mengenai Virgin Birth, bukan perpetual virginity, shg acuan mreka adalah tradisi extra-biblical yg mrupakan penafsiran orang maupun surat-surat non-kanonik.

-----

Sama spt kita ini deh,
Ajaran Calvinisme baru muncul scr resmi dan tekstual di abad 18.

Kl orang mau belajar Calvinisme, apakah mreka cukup baca Alkitab saja dan akan otomatis di otaknya ketemu rumusan Calvinisme?

Ngga akan.

Kalo orang cari di Alkitab, ngga akan itu ketemu yg namanya urutan TULIP dan OSAS.

Calvin sendiri ketemu dari mana?
Ia menafsirkan plus ia mendapat inspirasi dari tulisan Agustinus (yg juga menafsirkan).

Anggaplah tulisan Calvin dan Agustinus adalah sumber extra-biblical.

Di masa kini, penganut Calvinisme akan mngatakan bhw ajaran Calvin itu 'ada di Alkitab' walau Alkitab ngga plek-plek mngajarkan spt itu.

Skali lagi,
Kl orang mau belajar Calvinisme, apakah mreka cukup baca Alkitab saja dan akan otomatis di otaknya ketemu rumusan Calvinisme?

Nope.
Mreka harus baca Alkitab PLUS ajaran Calvin, barulah mreka bisa paham Calvinisme, kmudian mreka akan mhubungkan apa yg tertulis di Alkitab dengan perspektif Calvin (shg Alkitab jadinya menjelaskan soal Calvinisme).

Nah, orang-orang kan sukanya klaim bhw ini 'Just Alkitab' doang, padahal ngga gitu.
Ada sumber extra-biblical yg mpengaruhi pandangan orang.

Inilah maksud saya dan inilah yg terjadi juga ketika orang mnggunakan Alkitab utk mbahas perpetual virginity.
« Last Edit: May 27, 2016, 09:38:11 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
May 27, 2016, 10:59:56 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5740
  • Gender: Male
  • logikanya, logikamu, logikaku, logiskah
  • Denominasi: PKI (Penganut Kristen Independen)
Kl mnrt opini pribadi saya nih,
Soal virgin birth itu ada seiring tradisi tertulis dan tradisi lisan dan tradisi ini berkembang luas menjadi pengetahuan mutlak.
Jd soal virgin birth itu ngga ada masalah.

Soal perpetual virginity of Mary, ini awalnya tidak jadi fokus.
Kmungkinan ini baru jadi pertanyaan yg harus dirumuskan ketika muncul beragam ajaran mengenai keilahian dan kemanusiaan Kristus.

Pada saat banyak pendapat beredar di masyarakat, mgkn para pejabat Gereja mulai mengumpulkan dan mendengarkan beragam tradisi lisan maupun tulisan mengenai topik ini.
Namun bgitu, di antara sekian banyak tradisi lisan maupun tulisan tertulis mengenai topik ini, tidak ada yg diambil langsung dari surat-surat rasuli (materi Alkitab kanonik).

Injil sinoptik bicara mengenai Virgin Birth, bukan perpetual virginity, shg acuan mreka adalah tradisi extra-biblical yg mrupakan penafsiran orang maupun surat-surat non-kanonik.

-----

Sama spt kita ini deh,
Ajaran Calvinisme baru muncul scr resmi dan tekstual di abad 18.

Kl orang mau belajar Calvinisme, apakah mreka cukup baca Alkitab saja dan akan otomatis di otaknya ketemu rumusan Calvinisme?

Ngga akan.

Kalo orang cari di Alkitab, ngga akan itu ketemu yg namanya urutan TULIP dan OSAS.

Calvin sendiri ketemu dari mana?
Ia menafsirkan plus ia mendapat inspirasi dari tulisan Agustinus (yg juga menafsirkan).

Anggaplah tulisan Calvin dan Agustinus adalah sumber extra-biblical.

Di masa kini, penganut Calvinisme akan mngatakan bhw ajaran Calvin itu 'ada di Alkitab' walau Alkitab ngga plek-plek mngajarkan spt itu.

Skali lagi,
Kl orang mau belajar Calvinisme, apakah mreka cukup baca Alkitab saja dan akan otomatis di otaknya ketemu rumusan Calvinisme?

Nope.
Mreka harus baca Alkitab PLUS ajaran Calvin, barulah mreka bisa paham Calvinisme, kmudian mreka akan mhubungkan apa yg tertulis di Alkitab dengan perspektif Calvin (shg Alkitab jadinya menjelaskan soal Calvinisme).

Nah, orang-orang kan sukanya klaim bhw ini 'Just Alkitab' doang, padahal ngga gitu.
Ada sumber extra-biblical yg mpengaruhi pandangan orang.

Inilah maksud saya dan inilah yg terjadi juga ketika orang mnggunakan Alkitab utk mbahas perpetual virginity.
Pendapat @Siip di pos ter-quote di atas, berterima di logikaku, walaupun @Cinta Bhinneka tidak pernah secara spesifik mendalami Calvinisme.

Salam logika macam-macam.
niat baik yang tidak dieksekusi adalah sia-sia
May 27, 2016, 11:04:04 AM
Reply #29
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Ngga apa-apa Bro Cinta,
Skalipun kau bukan Calvinist, ngga paham Calvinisme dan menentang Calvinisme pun, kamu tetap masuk sorga.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)