Author Topic: Kristen, Agama Tanpa Diskriminasi dan Pilih Kasih  (Read 1566 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 27, 2016, 09:43:28 AM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 329
  • Gender: Male
  • Venite exultemus Domino, venite adoremus...
    • Kailasa Tour and Travel
  • Denominasi: Ut Omnes Unum Sint (Johannes 17:21)
kemaren2 kita heboh dgn kisah Ibu Saeni, yg warungnya dipaksa tutup oleh Satpol PP Serang dan makanannya dirampas, hanya karena dia tetap membuka warungnya saat jam puasa...

dan saya gak tau persis apa agama mereka... tapi para inisiator penggalangan dana untuk Ibu Saeni di media sosial, dari nama dan tampangnya saya rasa mereka orang Kristen... kenapa mereka bisa begitu??? karena memang, tidak ada dalil dalam agama Kristen untuk mengasihi, bersahabat, bersaudara hanya golongan tertentu saja...

ternyata beberapa orang "ustad" di FB mengatakan bahwa ada dalil yg melarang memberi makan kepada mereka yg tidak berpuasa... saya pikir, ya ampun, kok ada dalil seperti itu ya??? sampe untuk urusan memberi makan saja ada larangannya... mereka malah bersikap nyinyir dgn penggalangan dana bagi Ibu Saeni, dan dalil tersebut menjadi legitimasi kenyinyiran mereka...

sebelum itu, saya menonton beberapa ceramah seorang ustad dari Malaysia, yaitu Ustaz Azhar Idrus... beliau menjelaskan dalil agama Islam tentang larangan makan di warung yg dimiliki orang kafir (non-Muslim), kecuali jika yg memasak dan menyuci piringnya orang Islam... kemudian jika kita yg dianggap kafir mengucapkan "Assalamualaikum", maka mereka hanya boleh membalas "Waalaikum", bukan "Waalaikumsalam" (emang apa bedanya???)... bahkan tari poco-poco dilarang di Malaysia, hanya karena gerakannya membentuk pola seperti salib...

di agama Yahudi, ada pembeda perlakuan dalam kehidupan sehari-hari antara Yahudi dan non-Yahudi, menganggap bahwa Yahudi adalah golongan paling istimewa dari yg lainnya... lalu dalam agama Hindu, ada yg disebut dgn "warna", yaitu pembagi masyarakat ke beberapa golongan, yaitu Brahmana, Ksatriya, Waisya, dan Sudra... yg tidak termasuk 4 warna ini disebut dgn "Dalit", dan mereka mendapat perlakuan tidak sama dgn mereka yg termasuk 4 warna...

realitas agama2 ini membuat saya bersyukur bahwa sampai detik ini, Tuhan tetap mengizinkan saya menjadi seorang Kristen.... karena hanya agama inilah yg tidak membedakan manusia entah dari agama, suku, golongan, bentuk fisik, dan sebagainya... bahwa Tuhan Yesus dan Para Rasul tidak pernah mengajarkan kita untuk mengutamakan orang Kristen atau golongan tertentu untuk dibantu, tapi semua orang harus dibantu, dikasihi, dan dijadikan sebagai saudara...

bahkan, orang Kristen diberi tugas besar, yaitu memberi makan orang yang lapar, memberi pakaian orang yang telanjang, menghibur orang yang menderita... apakah Tuhan memerintahkan untuk mengutamakan mereka yg Kristen??? Tidak... Beliau hanya mengatakan "apa yang telah Kau perbuat bagi saudara-Ku yang paling hina ini, Kau telah melakukannya untuk Aku..." itulah tugas perutusan, yang selalu kita terima setelah ibadah hari Minggu... bahwa di luar gereja, semua orang membutuhkan uluran tangan kita...
"Molo na holong rohamuna di Ahu, radotanmuna do angka patikku."
Johannes 14:15

KAILASA TOUR & TRAVEL
Tiket pesawat (domestik & internasional) - kereta api - voucher hotel - paket tour
June 27, 2016, 09:58:21 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Saudara kita yg muslim jg terlalu memikirkan pantangan yg tidak masuk akal, kemudian juga tahayul, kemudian jg ritual "aneh" seperti menunjukkan jari telunjuk, mencium batu hajjar aswad, dll. Terlalu banyak tahayul yg sangat tidak masuk di akal dan sy belum dapat mengerti penjelasan mereka atas ritual2 tersebut..

Mungkin di Kristen ada sakramen (atau "ritual") memakan roti dan anggur tapi setidaknya ini masih masuk di akal bila dibandingkan secara "head to head" dengan ritual mengelilingi kaabah dan mencium batu. Jikalau Allah Kristen dan Islam sama maka seharusnya mereka tidak boleh mencium batu tersebut.
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
June 27, 2016, 10:14:13 AM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 329
  • Gender: Male
  • Venite exultemus Domino, venite adoremus...
    • Kailasa Tour and Travel
  • Denominasi: Ut Omnes Unum Sint (Johannes 17:21)
Saudara kita yg muslim jg terlalu memikirkan pantangan yg tidak masuk akal, kemudian juga tahayul, kemudian jg ritual "aneh" seperti menunjukkan jari telunjuk, mencium batu hajjar aswad, dll. Terlalu banyak tahayul yg sangat tidak masuk di akal dan sy belum dapat mengerti penjelasan mereka atas ritual2 tersebut..

Mungkin di Kristen ada sakramen (atau "ritual") memakan roti dan anggur tapi setidaknya ini masih masuk di akal bila dibandingkan secara "head to head" dengan ritual mengelilingi kaabah dan mencium batu. Jikalau Allah Kristen dan Islam sama maka seharusnya mereka tidak boleh mencium batu tersebut.
kalo untuk ritual saya gak mau ikut campur... itu adalah perkara interaksi antara manusia dgn Tuhan...

yg saya sedang bahas adalah interaksi sesama manusia... bahwa untuk interaksi sesama manusia, agama Kristen SANGAT UNIVERSAL... saya belum menemukan ajaran Alkitab dan Gereja yg mengajarkan untuk mengutamakan golongan tertentu dan menyingkirkan golongan tertentu... interaksi kita TANPA SEKAT... dan inilah yg saya yakini, dapat membuat dunia menjadi indah...

kenyataannya, ada orang Islam yg juga mengamalkan hal seperti ini, menolong orang2 lain tanpa melihat apa agamanya, malah dipandang sinis termasuk oleh orang2 yg mengaku "ustad" atau "kyai"... kasus terbaru, Ibu Sinta Nuriyah mau mengadakan acara buka puasa bersama di sebuah gereja Katolik, diprotes oleh sebuah ormas Islam... saya pikir hanya ormas Islam yg protes, ternyata mereka yg mengaku Muslim di FB pun banyak yg protes...

artinya, ketika mereka semakin dekat dgn ajaran agama mereka, maka mereka semakin diskriminatif dan pilih kasih... sementara ketika mereka meninggalkan ajaran agama mereka, di situ mereka baru bisa bersaudara dan saling membantu tanpa memandang siapa manusia itu, apa agamanya...
"Molo na holong rohamuna di Ahu, radotanmuna do angka patikku."
Johannes 14:15

KAILASA TOUR & TRAVEL
Tiket pesawat (domestik & internasional) - kereta api - voucher hotel - paket tour
June 27, 2016, 10:24:26 AM
Reply #3
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Saya stuju bhw Kekristenan tidak mengajarkan diskriminasi, krn Kristus tidak diskriminatif.
Pelacur, pemungut cukai dan orang berdosa lainnya bisa duduk makan bersama-sama Dia,
Bahkan yg kita anggap musuhNya, yaitu orang farisi dan ahli Taurat pun jika mengundang Dia maka Dia akan datang ke tempat mreka.

Namun bgitu, jika bicara soal 'penganut agama',
Rasanya 'penganut' agama manapun akan mulai buat masalah jika agamanya jadi mayoritas.
Kita yg Kristen di wilayah Jawa relatif damai mgkn krn kita bukan mayoritas.
Kl kita jadi mayoritas, jangan-jangan wajah Kekristenan kita akan berubah.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 27, 2016, 10:31:49 AM
Reply #4
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 329
  • Gender: Male
  • Venite exultemus Domino, venite adoremus...
    • Kailasa Tour and Travel
  • Denominasi: Ut Omnes Unum Sint (Johannes 17:21)

Namun bgitu, jika bicara soal 'penganut agama',
Rasanya 'penganut' agama manapun akan mulai buat masalah jika agamanya jadi mayoritas.
Kita yg Kristen di wilayah Jawa relatif damai mgkn krn kita bukan mayoritas.
Kl kita jadi mayoritas, jangan-jangan wajah Kekristenan kita akan berubah.
jika ada orang Kristen yg melakukan hal seperti itu, maka itu bukan ajaran agama...

om bisa lihat ke NTT, di mana umat Kristen jadi minoritas... hubungan dgn umat Islam di sana sangat akur...
"Molo na holong rohamuna di Ahu, radotanmuna do angka patikku."
Johannes 14:15

KAILASA TOUR & TRAVEL
Tiket pesawat (domestik & internasional) - kereta api - voucher hotel - paket tour
June 27, 2016, 11:00:43 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kamu lihatnya di Indo aja....

coba lihat di negara2 mayoritas agama Kristen
apakah mereka tidak menindas agama minoritas?
kalo soal rasis mah mereka itu jagonya, Indonesia begini2 negara juara toleran terhadap rasis menurut saya

intinya mah ada aja (mungkin banyak) yang ngaku2 agama tertentu tapi tidak menjalankannya dengan baik
dan semakin banyak orang yang begini ini ya itulah yang kluar

June 27, 2016, 11:01:38 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Kalau ingin melihat perbandingan dengan Kristen mayoritas maka Amerika adalah contohnya. Silakan lihat apakah Amerika jg berbuat demikian utk orang muslim di sana??
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
June 27, 2016, 11:13:30 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Cek ajah di google kejadian2 diskriminasi terhadap muslim di Amerika

sama sekarang ini calon Presidennya si Trump itu bener2 "anti-muslim" loh, itu menurut polling bisa aja memenangi pemilu Amerika
June 27, 2016, 11:15:16 AM
Reply #8
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Amerika diatur oleh hukum yg sekuler, Bro.
Kalau misalnya Indonesia majority Kristen, apakah para Bro di tempat ini setuju bhw negara memberikan kebebasan dan kesetaraan kpd kaum LGBT tmsk melegalkan pernikahan mreka?
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 27, 2016, 11:33:36 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Amerika "dulunya" Kristen abis
semua hukum mereka ada ngacunya sama Alkitab
di uangnya aja "In God we trust"
Amerika salah satu negara pengirim missionaris terbanyak ke negara2 berkembang
bahkan GBI itu ya bisa lahir karena kegerakan di Amerika....
sekarang ya gitu deh.......
« Last Edit: June 27, 2016, 11:41:58 AM by HenHen »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)