Author Topic: Kristen, Agama Tanpa Diskriminasi dan Pilih Kasih  (Read 1495 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 27, 2016, 12:42:30 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Amerika "dulunya" Kristen abis
semua hukum mereka ada ngacunya sama Alkitab
di uangnya aja "In God we trust"
Amerika salah satu negara pengirim missionaris terbanyak ke negara2 berkembang
bahkan GBI itu ya bisa lahir karena kegerakan di Amerika....
sekarang ya gitu deh.......



Agama monoteistik Yahudi dan Kristen menganggap Musa adalah "nabi pertama" sebab dia yang menulis kitab-kitab pertama dalam Alkitab kita, yaitu Kitab Taurat yang berisi lima Kitab (Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan). Selain Musa yang diberikan ilham dari Allah untuk menuliskan hukum-hukum-Nya dalam sebuah kitab, dari pengajaran Musa kemudian muncul ide-ide keagamaan, tata cara upacara keagamaan, dan Musa juga meletakkan tatanan sosial yang tinggi pada masyarakat yang dipimpinnya. Musa berurusan dengan kekuatan besar melawan Firaun, Musa memimpin suatu bangsa yang dikhususkan oleh Allah ('AM SEGULAH) dari antara bangsa-bangsa kafir. Musa telah meletakkan dasar-dasar hukum, pemerintahan, keagamaan, etika sosial dll.

Karakter Musa memiliki pengaruh besar pada budaya Barat, terutama kepada sekelompok bangsa-bangsa ex Eropa masuk ke benua Amerika yang pertama kalinya dahulu. Mereka ini umumnya adalah orang-orang Kristen yang sebagian darinya adalah kelompok Anabaptis (keberadaan mereka tidak hanya ditentang Gereja Katolik, namun juga ditentang oleh Gereja-gereja Protestan yang berasal dari kelompok Reformator/ kalangan Calvinis). Orang-orang dengan latar belakang Kristen ini telah memahami sosok Musa. Mereka yang datang ke benua Amerika ini sebelumnya berkembang dari kaum Separatis di Inggris yang juga berkembang di banyak negara di Eropa. Mereka melihat kemenangan Musa, yaitu kebebasan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir; Bangsa Israel dalam pimpinan Musa terbebas dari tirani merupakan salah satu batu sudut di mana Amerika Serikat itu dibangun.

Pada awal abad ke-17, para pemukim yang datang dari Inggris yang pertama tiba di Amerika memandang diri mereka sebagai "bani Israel modern". Mereka menganggap bahwa Amerika adalah "Yerusalem Baru/ Tanah Perjanjian". Mereka meninggalkan "Mesir" mereka sendiri (yaitu: Inggris), menyeberangi "Laut Merah" (yaitu: Samudera Atlantik) dan tiba di Tanah Perjanjian - Amerika.

Pemukim baru di Amerika yang berasal dari Inggris kalangan Kristen ini mendirikan bentuk pemerintahan baru, yang disebut federalisme. Kata ini berasal dari kata Latin foedus, yang mengacu pada perjanjian antara manusia dan Tuhan. Banyak orang memandang hal ini berhubungan dengan perjanjian Allah yang dibuat dengan Abraham, Ishak dan Yakub. Untuk mengingatkan orang-orang pada perjanjian itu, maka orang Amerika pertama menggunakan kata ini untuk merujuk ke bentuk pemerintahan mereka. Itulah sebabnya Gereja Baptis di Amerika berkembang besar, dan sebagian besar presiden Amerika Serikat adalah seorang Kristen dari kalangan Baptis.

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
June 27, 2016, 12:42:44 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Untuk lebih memahami kedalaman pengaruh sosok Musa pada para politisi Amerika, kita cukup menyimak pidato Presiden Barack Obama "The Joshua Generation" pada Maret 2007 di sebuah gereja yang bersejarah, yaitu The Brown Chapel A.M.E. Church di Selma, Alabama. Karena isi pidato ini, kemudian Obama disebut sebagai "African-American Freedom Fighter" yang dengan sendirinya Obama menjadi anggota dari "The Joshua Generation" itu. Dan seperti yang kita ketahui Yosua adalah suksesor Musa yang menjadi pemimpin bangsa Israel.

Begitulah mengaruh sosok Musa pada kehidupan pemerintahan di Amerika Serikat. Anda pun dapat melihat patung Musa yang memegang 2 buah loh batu, pada bumbungan atap belakang Gedung Mahkamah Agung AS (The US Supreme Court), di Washington, D.C.:



Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
June 27, 2016, 12:54:38 PM
Reply #12
June 27, 2016, 04:00:52 PM
Reply #13
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 329
  • Gender: Male
  • Venite exultemus Domino, venite adoremus...
    • Kailasa Tour and Travel
  • Denominasi: Ut Omnes Unum Sint (Johannes 17:21)
kamu lihatnya di Indo aja....

coba lihat di negara2 mayoritas agama Kristen
apakah mereka tidak menindas agama minoritas?
kalo soal rasis mah mereka itu jagonya, Indonesia begini2 negara juara toleran terhadap rasis menurut saya

intinya mah ada aja (mungkin banyak) yang ngaku2 agama tertentu tapi tidak menjalankannya dengan baik
dan semakin banyak orang yang begini ini ya itulah yang kluar
kalo mereka rasis dan menindas, apakah itu ajaran agama mereka???

beda dgn larangan buka warung di bulan puasa, larangan makan di warung milik orang yg tidak seagama... itu memang ada dalilnya...

jadi jika mereka peduli dan bersahabat dgn kita yg tidak seagama dgn mereka, justru itu karena mereka tidak mengamalkan 100% ajaran mereka... contohnya ya Gus Dur dan istrinya Bu Sinta Nuriyah serta anak-anaknya ... begitu juga Quraish Shihab dan putrinya, Najwa Shihab...
"Molo na holong rohamuna di Ahu, radotanmuna do angka patikku."
Johannes 14:15

KAILASA TOUR & TRAVEL
Tiket pesawat (domestik & internasional) - kereta api - voucher hotel - paket tour
June 27, 2016, 04:14:22 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9545
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kalo mereka rasis dan menindas, apakah itu ajaran agama mereka???

beda dgn larangan buka warung di bulan puasa, larangan makan di warung milik orang yg tidak seagama... itu memang ada dalilnya...

jadi jika mereka peduli dan bersahabat dgn kita yg tidak seagama dgn mereka, justru itu karena mereka tidak mengamalkan 100% ajaran mereka... contohnya ya Gus Dur dan istrinya Bu Sinta Nuriyah serta anak-anaknya ... begitu juga Quraish Shihab dan putrinya, Najwa Shihab...

ya saya ngga pusing sama ajaran mereka ya bro

yang jelas Kristen yang ngga ada ajaran demikian pun melakukan penindasan terhadap minoritas koq

poin saya adalah jangan terlalu yakin kalo kita hidup sebagai mayoritas maka kita ngga melakukan hal yang demikian terhadap mereka yang minoritas
mungkin emang kitanya nggak, tapi kan orang banyak ya ngga tahu
sudah terbukti hal ini terjadi pada umumnya mayoritas itu "menindas" minoritas....
hal ini tercatat dalam sejarah loh, dimana waktu itu Kekristenan sangat mayoritas di benua Eropa, mereka melakukan penindasan-penindasan

So kita susah kalo ngomong : kalo kita mayoritas, kita ngga bakalan nindas minoritas..... faktanya ngga begitu..... lebih baik kita hidupi saja Firman sebaik2nya

-----

cuma saya sih dengar2 aja dari teman2 saya yang muslim, kalau ajaran2 Muslim yang sifatnya mengharamkan agama lain, melarang2 dan sejenisnya, itu adalah ayat yang mereka artikan diluar konteks

tapi saya ngga tahu sebenarnya, saya jg ngga mempelajari

cuma saya berpikir ya bro
kalo emang Islam itu ajaranya seperti itu dari sononya, katakanlah itu benar dan semua Islam mengamalkannya
percayalah kita ini orang Kristen ngga bakalan bisa hidup sama mereka di Indonesia ratusan tahun lamanya, pasti udah dibantai abis semuanya, kan mereka melakukannya demi ajaran agama, nah ini nyatanya kan tidak
June 27, 2016, 04:18:23 PM
Reply #15
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6462
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Memang ada bedanya sih...
Kl agama mreka penuh peperangan, penumpasan dan pembunuhan dlm mdirikan agamanya.

Kl kita nih skalipun kita tau bhw yg di luar kita adalah orang-orang berdosa, dunia, cemar, tidak kudus, gelap dan sejenisnya, tp kita terbentur dg teladan Kristus yg tidak pernah menindas orang berdosa dan teladan rasuli yg menyerahkan nyawa dg sukarela.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 29, 2016, 08:53:26 AM
Reply #16
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 329
  • Gender: Male
  • Venite exultemus Domino, venite adoremus...
    • Kailasa Tour and Travel
  • Denominasi: Ut Omnes Unum Sint (Johannes 17:21)


poin saya adalah jangan terlalu yakin kalo kita hidup sebagai mayoritas maka kita ngga melakukan hal yang demikian terhadap mereka yang minoritas
mungkin emang kitanya nggak, tapi kan orang banyak ya ngga tahu
sudah terbukti hal ini terjadi pada umumnya mayoritas itu "menindas" minoritas....
hal ini tercatat dalam sejarah loh, dimana waktu itu Kekristenan sangat mayoritas di benua Eropa, mereka melakukan penindasan-penindasan

So kita susah kalo ngomong : kalo kita mayoritas, kita ngga bakalan nindas minoritas..... faktanya ngga begitu..... lebih baik kita hidupi saja Firman sebaik2nya
makanya saya bilang, jika umat Kristen melakukan hal seperti itu, itu bertentangan dgn ajaran Kristen...

tapi jika umat Islam yg melakukannya, justru itu karena mereka mau mengamalkan dan menegakkan ajaran mereka...

karena memang ada dalil2 seperti larangan memilih pemimpin yg tidak seagama, larangan makan di warung yg pemiliknya tidak seagama, bahkan untuk menolong orang saja harus diutamakan yg seagama...


cuma saya berpikir ya bro
kalo emang Islam itu ajaranya seperti itu dari sononya, katakanlah itu benar dan semua Islam mengamalkannya
percayalah kita ini orang Kristen ngga bakalan bisa hidup sama mereka di Indonesia ratusan tahun lamanya, pasti udah dibantai abis semuanya, kan mereka melakukannya demi ajaran agama, nah ini nyatanya kan tidak
jika kita bisa hidup aman dan damai saat ini, karena mereka tidak 100% mengamalkan ajaran Islam yg katanya semua urusan diatur mulai dari masuk rumah pake kaki kanan, cebok pake tangan kiri, jenggot harus dipelihara, dsb...

di daerah Jawa sendiri, mayoritas orang Jawa adalah kaum "abangan", mereka mengamalkan sinkretisme antara Islam dan kultur Kejawen... itulah makanya, di sana hubungan antar umat beragama cukup baik, justru karena tidak mengamalkan 100% Islam... coba yg mengamalkan (hampir) 100% Islam seperti di Aceh atau Sumbar sana, keadaannya kurang kondusif...

mau contoh??? om inget sejarah gak??? dulu sila pertama Pancasila bunyinya: "Ketuhanan dengan Kewajiban Menjalankan Syariat Islam bagi Pemeluknya"... setelah itu, gejolak terjadi di wilayah2 yg mayoritas Kristen, terutama di Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua... akhirnya diubah menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa"...
"Molo na holong rohamuna di Ahu, radotanmuna do angka patikku."
Johannes 14:15

KAILASA TOUR & TRAVEL
Tiket pesawat (domestik & internasional) - kereta api - voucher hotel - paket tour
June 29, 2016, 03:47:02 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9545
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
makanya saya bilang, jika umat Kristen melakukan hal seperti itu, itu bertentangan dgn ajaran Kristen...

nyatanya dilakukan nggak?

jadi maksud anda Kristen baru bisa melakukan ajaran Kristen apabila mereka jadi minoritas? setelah jadi mayoritas langsung ngga Kristen Kristen lagi?

kalo begitu ya kita bersyukur atuh jadi minoritas
jangan sampe kita jadi mayoritas ;D

----

saya ngga tanggapi yang laen krn sy ngga mempelajari Islam
June 29, 2016, 03:53:46 PM
Reply #18
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 329
  • Gender: Male
  • Venite exultemus Domino, venite adoremus...
    • Kailasa Tour and Travel
  • Denominasi: Ut Omnes Unum Sint (Johannes 17:21)
nyatanya dilakukan nggak?

jadi maksud anda Kristen baru bisa melakukan ajaran Kristen apabila mereka jadi minoritas? setelah jadi mayoritas langsung ngga Kristen Kristen lagi?

kalo begitu ya kita bersyukur atuh jadi minoritas
jangan sampe kita jadi mayoritas ;D

ini bukan soal mayoritas minoritas...

tapi anda setuju kan, bahwa agama Kristen tidak mengajarkan diskriminasi dan semacamnya (politik apartheid, pemisahan, dll)???

jadi jika ada orang yg Kristen melakukan diskriminasi, entah itu saat mereka jadi mayoritas atau minoritas, maka itu bukan ajaran Kristen... setuju???
"Molo na holong rohamuna di Ahu, radotanmuna do angka patikku."
Johannes 14:15

KAILASA TOUR & TRAVEL
Tiket pesawat (domestik & internasional) - kereta api - voucher hotel - paket tour
June 29, 2016, 04:09:53 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9545
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
ini bukan soal mayoritas minoritas...

lha dari awalnya itu kok
anda lihat2 saja reply diatas

tapi anda setuju kan, bahwa agama Kristen tidak mengajarkan diskriminasi dan semacamnya (politik apartheid, pemisahan, dll)???

saya setuju
namun kenyataannya terjadi demikian gak?

anda "seolah-olah" mau bilang agama Islam mengajarkan kebencian, diskriminasi, dan sebagainya
kenyataannya sekarang begitu gak?
ketika ada diskriminasi terjadi apakah orang Islam diam saja dan mendukung hal itu? Kok saya lihat ngga ya

jadi jika ada orang yg Kristen melakukan diskriminasi, entah itu saat mereka jadi mayoritas atau minoritas, maka itu bukan ajaran Kristen... setuju???

setuju

lalu kalo ada orang Islam yang melakukan diskriminasi, itu artinya mereka melakukan ajaran Islam begitu?
saya ngga setuju

anda membuat opini seolah-olah Islam itu kalau dilakukan dengan benar pasti ujung2nya "pembantaian"
maaf yang saya lihat dilapangan ngga begitu

------

saya pikir akan lebih bijak apabila kita mengurus diri kita sendiri
toh kita yang katanya ngga diskriminatif ternyata masih diskriminatif juga tuh

daripada kita melabeli kepercayaan orang lain dengan hal2 yang negatif
seolah2 kitanya sendiri sudah ngga ada masalah lagi
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)