Author Topic: Doktrin Tritunggal Yusuf Rony dan B.Noorsena yg aneh  (Read 11450 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 24, 2016, 05:34:46 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
Tidak apa-apa tidak dikutip semua. Yang Anda tulis di atas sudah cukup, cuma kurang satu: pernyataannya Athanasius.

Coba Anda dengarkan audio Bambang Noorsena di sini:
https://drive.google.com/folderview?id=0B8jneO28aKb5LVJFOF9QTzFSd3c&usp=sharing#list
Di antara audio-audio itu mungkin ada pernyataan yang Anda cari tentang pribadi Allah.

Salam

Justru kalau bro dengar youtube dari Pdt.Esra Alfred Soru bagian terakhir tsb dikutip secara lengkap semua  pengakuan iman dari Athanasius sbg pembanding bro dimana sangat tegas dinyatakan dan diterima oleh konsili konsili terkemudian,  bahwa Tritunggal adalah pribadi yg terpisah satu sama lain walau satu Allah.

Koleksi kotbah dan ajaran B.Noorsena lengkap ada pd saya dan enak utk didengar kecuali tidak pernah ada konsep bahwa Firman itu adalah pribadi yg terpisah dari Allah.

Saya akan meralat kesimpulan saya kalau ada yg bisa menyanggah pendapat saya tsb dgn bukti yg kongkrit bukan abstrak atau masih bersifat kemungkinan.

Syalom
July 24, 2016, 05:51:26 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
Mungkin yg dimaksud itu shifat. Shifat dalam bahasa arab beda arti dengan sifat dalam bahasa Indonesia bro. Tidak sesederhana pengertian sifat yg kita pahami di jaman ini. Jadi pernyataan "hanya sifat" mungkin perlu diperdalam lagi. Perlu diketahui juga bahwa bahasa arab yg dipakai teolog Kristen arab belum tentu sama makna teologisnya dengan islam.

Lafal dan makna istilah serapan dari bahasa Arab setahu saya umumnya bermakna sama bro,sayang anda tidak memberikan bukti yg kongkrit bahwa istilah "sifat" tsb berbeda artinya.

Syalom
July 24, 2016, 06:09:12 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
Saya pribadi tidak mempersoalkan siapapun mendefinisikan "Doktrin Trintas" dengan cara yang bagaimana. Trinitas adalah doktrin, tak lebih tak kurang. Ya memang sumber dari doktrin ini berdasarkan Alkitab, tapi definisi doktrinnya sendiri baru muncul pada abad ke-2M, oleh Bapa Gereja Tertulianus (155-240 AD), dan isi doktrinnya pendek saja kok: "tres personae, una substantia" udah gitu doang.... simple, enak. Tapi justru di kemudian hari dipanjang-panjangin.... dengan berbagai2 ilustrasi pula, malah jadi rumit. Kata "Trinitas" sendiri ga' ada di Alkitab, wong kata "Trinitas" baru muncul ya dari Bapa Gereja Tertulianus ini.

Bagi saya, setiap orang yang  mengimani Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah, ya sudah. Dia adalah Kristen sejati. Dia dengan sendirinya sudah memahami "Doktrin Trinitas" dengan definisi pribadinya masing2.

Untuk BN saya cukup sering mendengar pengajarannya-nya, so far saya masih melihat dia mengimani Kristus adalah Tuhan dan Allah.

Janganlah suatu "kesalahpahaman" menjadi bahan tuduhan.

Saya sangat setuju kalau iman kepd Yesus berdasarkan ketuhanan dan kemanusiaan- Nya adalah iman yg benar tetapi mengatakan bahwa keilahian Yesus tetap di Surga tidak turun kedunia secara pribadi didalam diri Yesus Kristus melainkan tetap tinggal didalam diri Allah yg di Sorga setahu saya sama sekali bukan ajaran warisan dari para Rasul.

Gereja segala abad percaya bahwa Alkitab mengajarkan pribadi Allah Anak itu yg terpisah/berbeda dari Allah yg Esa itu memang turun inkarnasi kedunia bukan hanya sifatnya saja yg menjelma.

Saya tidak setuju ada toleransi penafsiran thd doktrin yg bersifat fundamental krn fondasi iman yg benar hrs didukung oleh kebenaran Kitab Suci sepenuhnya.

Allah adalah Roh bukan sekedar sifat yg bersifat melengkapi,adalah angat aneh bila konsep Tritunggal tidak berkaitan dengan 3 pribadi yang berbeda serta membedakan antara Dzat Allah dengan Firman dan Roh yg hanya sifat.

Demikian pendapat saya.

Syalom





« Last Edit: July 24, 2016, 06:36:34 AM by saksang »
July 24, 2016, 06:29:04 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
perlu diketahui bahwa pandangan Yusuf Roni dan Bambang Noorsena tidak dibangun sendiri berdasarkan latar belakang mereka yg dulunya muslim. justru ajaran trinitas yg mereka sampaikan itu sama persis dengan ajaran orthodox.

beberapa waktu lalu saya ketemu dengan orang orthodox koptik dan mendapati penjelasan BN sama persis dengan gereja koptik.

memang ada perbedaan penjelasan antara tritunggal versi barat (katholik & protestan) dengan timur (orthodox). tapi menurut saya semua mengakui trinitas. terlepas BN jarang memakai kata "pribadi", bukan berarti beliau menolak bahwa Bapa, Putra, dan ROH KUDUS adalah pribadi.

mengenai istilah dzat, mohon jgn disamakan dengan zat dlm pengertian fisika (padat, cair, gas). istilah dalam bahasa arab yg diserap ke dalam bahasa indonesia banyak yg mengalami pergeseran makna.

supaya nggak salah paham memang kita perlu mencari pengertian sesuai konteks yg dimaksud.

GBU

Kalau anda perhatikan ajaran Y.Rony yg mengatakan bahwa Firman dan Roh wajib ada,mutlak ada tidak mungkin tidak ada didalam diri Allah tentunya itu berkonotasi bahwa sifat itu hanya merupakan kelengkapan atau unsur yg ada didalam Allah berdasarkan konsep Allah model mereka.

B.Noorsena mengatakan :

1.Kalau Firman tidak ada Allah tidak mungkin bisa mencipta.

2.Kalau Roh tidak ada Allah tidak mungkin bisa hidup.

Dari keterangan diatas jelas sekali bahwa Firman dan Roh itu hanya bersifat fungsional saja didalam diri Allah agar utuh sbg Allah saja,bukan merupakan tiga pribadi yg terpisah sebagaimana yg dipercaya oleh gereja segala jaman.

Sejarah mencatat bahwa ajaran yg menyimpang selalu dibuat sangat mirip aslinya tetapi isinya sama sekali tidak benar.

Cobalah anda analisa semua kotbah mereka dimana pernah mereka mengakui bahwa Firman dan Roh itu adalah berpribadi.

Konsep Tritunggal adalah dasar kepercayaan yg fundamental dari iman Kristen dan ajaran yg tidak mengakui Tritunggal dgn 3 pribadi Allah yg Esa sudah pasti menyimpang dari prinsip ortodoksi,karena ketuhanan dan kemanusiaan Yesus yg berpribadi adalah bagian terpenting dari konsep ketritunggalan Allah.

Syalom.
« Last Edit: July 24, 2016, 06:45:22 AM by saksang »
July 24, 2016, 07:19:24 AM
Reply #14
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9696
  • ForumKristen.com
....bahwa Tritunggal adalah pribadi yg terpisah satu sama lain walau satu Allah.

Setahu saya Tritunggal itu memang bisa dibedakan, tetapi tidak dapat dipisahkan.

Berikut ini ada beberapa kutipan dari berbagai sumber.

Quote
Allah Tritunggal itu bisa dibedakan tetapi tidak bisa dipisahkan. Allah itu satu tetapi hadir dalam 3 pribadi yaitu Bapa, Putera dan ROH KUDUS:

https://web.facebook.com/katedraljakarta/posts/1459347870758213:0?_rdr

Quote
Sebagaimana Allah Tritunggal yang memiliki tiga pribadi yang berbeda, yang bisa dibedakan, tetapi merupakan Allah yang Esa yang tidak bisa dipisahkan.

http://www.buletinpillar.org/artikel/allah-tritunggal-dan-sejarah

Quote
Tetapi kesatuan Allah tidak bisa dimengerti tanpa adanya kebanyakan Allah, yaitu dalam Alkitab adalah Allah Tritunggal. Allah Bapa, Anak, ROH KUDUS dapat dibedakan, tetapi juga merupakan kesatuan. Satu dalam banyak, banyak dalam satu.

http://www.sarapanpagi.org/satu-dan-banyak-misteri-pengetahuan-allah-tritunggal-vt3034.html


Quote
Kelompok ini mengajarkan bahwa yang dimaksud dengan ajaran Tritunggal adalah Allah yang menyatakan diri dalam tiga cara, yaitu Allah Bapa yang berubah menjadi Allah Anak, serta Allah Anak yang berubah menjadi Allah Roh. Pengertian seperti inilah yang biasa digambarkan de gan air-es-uap.
Jadi, ajaran ini menyangkali adanya tiga oknum yang berbeda dalam Allah Tritunggal, yang dapat dibedakan sekalipun tidak dapat dipisahkan.

http://www.sarapanpagi.org/bidat-ajaran-sesat-vt331.html

Quote
Yohanes Calvin menjelaskan bahwa ketiga Pribadi tersebut tidak dapat dipisahkan menjadi tiga sosok yang terpisah

https://id.wikipedia.org/wiki/Tritunggal

Quote
ALLAH yang telah MENJADI Manusia Yesus Kristus yang ILAHI dan Yesus yang manusia SATU KESATUAN YANG ESA TIDAK DAPAT DIPISAHKAN, namun DAPAT DIBEDAKAN. (!)

https://gkbigombong.wordpress.com/pengajaran/trinitas-atau-tritunggal-dalam-Kekristenan/

Quote
Demikian pula Allah dikenal melalui FirmanNya, jadi Firman identik dengan Allah dalam hal kodratNya. Di mana Allah ada, Firman itu ada,….” Aku (Firman Allah yang menjelma) dan Bapa (Allah) adalah satu”….(Yoh 10:30). Firman dan Allah mempunyai kodrat dan hakekat yang sama, bisa dibedakan tetapi tidak bisa dipisahkan.

http://romeandorthodox.blogspot.co.id/2009/07/allah-tritunggal-mahakudus_25.html

Atau mungkin menurut Anda justru referensi-referensi di atas yang keliru?

Salam

NB: Kalau Anda perlu mengutip, cobalah untuk membuat seperti format yang saya tulis di atas supaya kutipan Anda lebih bisa dipertanggungjawabkan
Kesalahan-kesalahan dalam Kesaksian Meiga Fitri
Pancasila bukan Jimat, oleh Franz Magnis Suseno
Ahok Diwawancara CCTV
July 24, 2016, 08:16:18 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Ya, jika seorang Kristen mengimani Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah, dia dengan sendirinya sudah memahami Doktrin Trinitas dengan definisinya masing-masing.

Saya tidak pernah mempersoalkan definisi seseorang ttg Doktrin Trinitas yang dia imani. Definisi seseorang ttg "Trinitas" yang dia imani, itu bisa beda-beda, jika rujukan akhirnya adalah iman kepada Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah, ya sudah. Orang bisa dengan mudah dapat memahami Bapa dan Roh-Nya itu Allah. Namun, hal yang paling krusial dalam doktrin ini adalah keyakinan ke-Allahan Yesus Kristus.

Coba Anda tanya kepada semua member di FK ini pasti jawabannya beda-beda, dan dengan berbagai macam ilustrasi yang beda-beda pula.

Saya pribadi berpendapat, sebagai orang Kristen. Seseorang tidak harus paham "definisi baku doktrin Trinitas/ Tritunggal", sebab Trinitas hanyalah sebuah doktrin.  Sepanjang dia mengimani Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah, ya sudah. Dia dengan sendirinya sudah memahami Doktrin Trinitas dengan definisi pribadinya masing-masing.


:)

Setuju.
Pokoknya sosok2 yang ybs sudah mengimani bahwa:
1. Bapa dan ROH KUDUS dan ROH KUDUS masing2 adalah Allah.
2. Bapa dan Anak dan ROH KUDUS adalah pribadi/person distinct.
3. Bapa bukan Anak dan ROH KUDUS dan Anak bukan Bapa dan ROH KUDUS dan ROH KUDUS bukan Bapa dan Anak.
4. Anak adalah Tuhan dan Allah, begitu juga ROH KUDUS.
5. Hanya adalah Satu Allah.

Salam.
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
July 24, 2016, 08:23:52 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Saya pribadi tidak mempersoalkan siapapun mendefinisikan "Doktrin Trintas" dengan cara yang bagaimana. Trinitas adalah doktrin, tak lebih tak kurang. Ya memang sumber dari doktrin ini berdasarkan Alkitab, tapi definisi doktrinnya sendiri baru muncul pada abad ke-2M, oleh Bapa Gereja Tertulianus (155-240 AD), dan isi doktrinnya pendek saja kok: "tres personae, una substantia" udah gitu doang.... simple, enak. Tapi justru di kemudian hari dipanjang-panjangin.... dengan berbagai2 ilustrasi pula, malah jadi rumit. Kata "Trinitas" sendiri ga' ada di Alkitab, wong kata "Trinitas" baru muncul ya dari Bapa Gereja Tertulianus ini.

Bagi saya, setiap orang yang  mengimani Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah, ya sudah. Dia adalah Kristen sejati. Dia dengan sendirinya sudah memahami "Doktrin Trinitas" dengan definisi pribadinya masing2.

Untuk BN saya cukup sering mendengar pengajarannya-nya, so far saya masih melihat dia mengimani Kristus adalah Tuhan dan Allah.

Janganlah suatu "kesalahpahaman" menjadi bahan tuduhan.



Trinitas muncul dalam perjalanan sejarah theology yang pahit.
Trinitas muncul karena adanya sosok2 yang menolak mengakui/mengimani Anak sebagai Allah.
Kalau percaya Anak adalah Allah, pasti tritunggal tidak perlu.
Sampai sekarang banyak sekali sosok2 yang menolak trinitas bahkan sudah membangunkan gereja mereka masing2 dan bukan itu saja, mereka terang2 menentang iman kita sehingga orang percaya yang tidak ikut mereka dianggap Kristen sesat, Kristen yang terpengaruh ajaran setan, orang jahat yang dinubuatkan Alkitab dsb...
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
July 24, 2016, 11:29:16 AM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
Setahu saya Tritunggal itu memang bisa dibedakan, tetapi tidak dapat dipisahkan.

Berikut ini ada beberapa kutipan dari berbagai sumber.
https://web.facebook.com/katedraljakarta/posts/1459347870758213:0?_rdr
http://www.buletinpillar.org/artikel/allah-tritunggal-dan-sejarah
http://www.sarapanpagi.org/satu-dan-banyak-misteri-pengetahuan-allah-tritunggal-vt3034.html

http://www.sarapanpagi.org/bidat-ajaran-sesat-vt331.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Tritunggal
https://gkbigombong.wordpress.com/pengajaran/trinitas-atau-tritunggal-dalam-Kekristenan/
http://romeandorthodox.blogspot.co.id/2009/07/allah-tritunggal-mahakudus_25.html

Atau mungkin menurut Anda justru referensi-referensi di atas yang keliru?

Salam

NB: Kalau Anda perlu mengutip, cobalah untuk membuat seperti format yang saya tulis di atas supaya kutipan Anda lebih bisa dipertanggungjawabkan


Yg dimaksud terpisah itu adalah dalam pengertian sbb bro :

1.Allah Bapa berbeda secara pribadi dgn Allah Anak dan Allah RK bukan satu kesatuan yg bercampur aduk tidak bisa dibedakan

2.Kalau tidak ada perbedaan secara pribadi (person)  tidak mungkin ada saling mengasihi,saling mengutus dan saling memuliakan diantara mereka

3.Ketiga pribadi tsb pernah berada  bersama secara  berbeda oknum pada saat Yesus dibaptis

4.Allah Anak pernah menjelma jadi manusia dan turun dari Sorga kebumi tidak demikian dgn kedua oknum pribadi yg lain yg tidak berinkarnasi (kenosis).

5.Terpisah maksudnya bisa dibedakan satu sama lain dan adalah tidak wajar kalau Allah hanya satu pribadi tapi bisa saling berkomunkasi,saling memuliakan dll.

6.Demikian juga 2 sifat Yesus ada secara berbeda / terpisah didalam satu pribadi sewaktu didunia tidak bercampur atau berbaur menjadi satu,sehingga mengatakan Firman tetap tinggal didalam Allah adalah kekeliruan krn Alkitab sudah mengajarkan bahwa Anak Allah itu memang dilahirkan secara pribadi yg berbeda didalam kekekalan oleh Allah Bapa tetapi Alkitab juga mengatakan bahwa Firman itu telah ada didunia dan diam diantara manusia (Yoh.1).

7.Didalam ketritunggalan Allah tidak ada kesatuan pribadi seperti ajaran YR dwn BN melainkan kesatuan hakekat didalam tiga pribadi yang berbeda atau berbeza bahasa tetangganya.

Jadi esensi terpenting dari makna Tritunggal adalah adanya perbedaan secara terpisah secara pribadi satu dgn yg lain.

Makanya mengatakan Firman dan Roh adalah sifat dari Dzat Allah yg Tunggal adalah suatu kekeliruan besar nenurut saya.

NB
Maaf saya diluar kota jadi hanya bisa pakai HP yg terbatas kemampuannya dlm copy paste

Syalom


« Last Edit: July 25, 2016, 06:29:19 AM by saksang »
July 24, 2016, 03:03:20 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1095
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
terlepas cara menjelaskan (dipanjang-panjangin) doktrin trinitas yg berbeda,
maksud mereka :
"tres personae, una substantia", Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah
maksud anda :
"tres personae, una substantia", Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah

oleh sebab dipanjang-panjangin itu, sekelompok kita2 merasa paling benar & menyalahkan kelompok orang yg lain, yg menurut saya seharusnya sama2 kita hindari



July 24, 2016, 03:04:33 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
PENGAKUAN IMAN ATHANASIUS

1. Barangsiapa yang ingin diselamatkan, adalah perlu baginya di atas segala-galanya untuk memegang / mempercayai iman Katolik / universal / am. 2. Yang, kecuali setiap orang memelihara / mempertahankannya secara sempurna dan tidak diganggu gugat, ia pasti akan binasa selama-lamanya. 3. Tetapi iman Katolik / universal / am adalah ini, bahwa kami menyembah satu Allah dalam tritunggal, dan tritunggal dalam kesatuan. 4. Tidak ada kekacauan / percampuran pribadi-pribadi ataupun pemisahan zat. 5. Karena pribadi dari Bapa adalah satu, dari Anak adalah pribadi yang lain, dan dari ROH KUDUS adalah pribadi yang lain. 6. Tetapi dari Bapa, dari Anak, dan dari ROH KUDUS ada satu keilahian, kemuliaan yang sama / setara dan keagungan / kuasa yang berdaulat yang sama kekalnya. 7. Apa adanya Bapa itu, demikian juga dengan Anak, dan juga ROH KUDUS. 8. Bapa tidak diciptakan, Anak tidak diciptakan, ROH KUDUS tidak diciptakan. 9. Bapa itu maha besar, Anak itu maha besar, ROH KUDUS itu maha besar. 10. Bapa itu kekal, Anak itu kekal, ROH KUDUS itu kekal. 11. Tetapi tidak ada tiga yang kekal, tetapi satu yang kekal. 12. Demikian juga tidak ada tiga (makhluk) yang tidak dicipta, juga tidak tiga yang maha besar, tetapi satu yang tidak dicipta, dan satu yang maha besar. 13. Dengan cara yang sama Bapa adalah maha kuasa, Anak adalah maha kuasa, ROH KUDUS adalah maha kuasa. 14. Tetapi tidak ada tiga yang maha kuasa, tetapi satu yang maha kuasa. 15. Demikian juga Bapa adalah Allah, Anak adalah Allah, ROH KUDUS adalah Allah. 16. Tetapi tidak ada tiga Allah, tetapi satu Allah. 17. Demikian pula Bapa adalah Tuhan, Anak adalah Tuhan, dan ROH KUDUS adalah Tuhan. 18. Tetapi tidak ada tiga Tuhan, tetapi satu Tuhan. 19. Karena sebagaimana kami didorong seperti itu oleh kebenaran Kristen untuk mengakui setiap pribadi secara terpisah / individuil sebagai Allah dan Tuhan; demikian pula kami dilarang oleh agama Katolik / universal / am untuk mengatakan bahwa ada tiga Allah atau Tuhan. 20. Bapa tidak dibuat dari apapun, tidak diciptakan, tidak diperanakkan. 21. Anak itu dari Bapa saja, tidak dibuat, tidak dicipta, tetapi diperanakkan. 22. ROH KUDUS itu dari Bapa dan Anak, tidak dibuat, tidak dicipta, tidak diperanakkan, tetapi keluar. 23. Karena itu ada satu Bapa, bukan tiga bapa, satu Anak, bukan tiga anak, satu ROH KUDUS, bukan tiga ROH KUDUS. 24. Dan dalam tritunggal ini tidak ada yang pertama atau terakhir, tidak ada yang lebih besar atau lebih kecil. 25. Tetapi ketiga pribadi yang sama-sama kekal dan setara di antara mereka sendiri; sehingga mereka semua secara keseluruhan, seperti dikatakan di atas, baik kesatuan dalam tritunggal, maupun tritunggal dalam kesatuan, harus disembah. 26. Karena itu, ia yang ingin diselamatkan harus berpikir demikian tentang tritunggal. 27. Tetapi adalah perlu untuk keselamatan kekal bahwa ia juga percaya dengan setia / benar inkarnasi dari Tuhan kita Yesus Kristus. 28. Karena itu adalah iman yang benar bahwa kita percaya dan mengaku bahwa Tuhan kita Yesus Kristus adalah Allah dan manusia. 29. Ia adalah Allah, diperanakkan dari kekekalan dari zat Sang Bapa; manusia, dilahirkan dalam waktu dari zat ibuNya. 30. Allah yang sempurna, manusia yang sempurna, terdiri dari jiwa yang rasionil dan daging manusia. 31. Setara dengan Sang Bapa dalam hal keilahianNya, lebih rendah dari Sang Bapa dalam hal kemanusiaanNya. 32. Yang, sekalipun adalah Allah dan manusia, bukanlah dua tetapi satu Kristus. 33. Tetapi satu, bukan dari perubahan dari keilahianNya menjadi daging, tetapi dari penerimaan / pengambilan dari kemanusiaanNya kepada / ke dalam Allah. 34. Satu, sama sekali bukan karena percampuran zat, tetapi dari kesatuan pribadi. 35. Karena sebagaimana jiwa yang rasionil dan daging adalah satu manusia, demikian juga Allah dan manusia adalah satu Kristus. 36. Yang menderita untuk keselamatan kita, turun ke neraka, hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati. 37. Naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa, darimana Ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. 38. Pada kedatangan siapa semua manusia akan bangkit kembali dengan tubuhnya, dan akan mempertanggungjawabkan pekerjaan / perbuatan mereka sendiri. 39. Dan mereka yang telah berbuat baik akan pergi ke dalam kehidupan kekal; mereka yang telah berbuat jahat ke dalam api yang kekal. 40. Inilah iman Katolik / universal / am, yang, kecuali seseorang percaya dengan setia dan teguh, ia tidak bisa diselamatkan.
« Last Edit: July 24, 2016, 03:19:49 PM by saksang »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)