Author Topic: Doktrin Tritunggal Yusuf Rony dan B.Noorsena yg aneh  (Read 12482 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 25, 2016, 01:58:41 PM
Reply #30
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6351
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Gereja Barat dan Timur tidak memiliki pemahaman dan pengimanan yang berbeda sedikitpun mengenai Tritunggal.
Pribadi Bapa memang adalah PRINCIPLE, Anak dan ROH KUDUS proceed dari BAPA.

===

Salam,


Ada sdikit pbedaan, Kawan.

Kl di eastern churches, sesuai dg yg Bro tulis itu.

Kl di western churches, ROH KUDUS proceed dari Bapa dan Anak.

Maka gambarannya scr sederhana spt ini:



Quote
The tripersonal God is one God, not three Gods.  So the question arises as to the unity of the Godhead.  What is the ground of God's unity? 

(Versi eastern)
There is one God because there is one Father, the Father being the 'cause' or 'source' of Godhead, the principle (arche) of unity among the three.  The Orthodox speak of the "monarchy of the Father."  The other two persons originate from the Father.  Because the principle of unity is the Father, and the Father is one of the divine persons, the principle of unity is personal in nature.  So although there are three persons in one God, the unity of these three persons is itself a person, namely, the Father.

The Western view, however, issues in the result that the principle of unity is impersonal.  The reasoning is along the following lines.  If the Holy Spirit proceeds eternally from the Father and the Son, then "the Father ceases to be the unique source of Godhead, since the Son is also a source." (219)  Consequently, "...Rome finds its principle of unity in the substance or essence which all three persons share." (219)  This implies that, on the Roman Catholic view, the principle of unity is impersonal. 


http://maverickphilosopher.typepad.com/maverick_philosopher/2010/06/eastern-orthodoxy-on-the-trinity.html

Tp ya sudahlah, itu perbedaan yg muncul dalam ranah penafsiran.

Kl dalam ranah praktis, siapapun yg mengaku bhw Yesus Kristus adalah Allah, maka dia sudah dikatakan menerima tritunggal.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
July 25, 2016, 03:30:06 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1775
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Masalahnya kalau Firman dan Roh bukan dianggap sbg pribadi tetapi hanya sbg sifat apakah anda imani juga sbg seorang Protestan ?

Kalau saya sih tidak !

emangnya apa yg harus diimani, sehingga seseorang itu layak disebut sbg pengikut Yesus?
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
July 25, 2016, 03:39:55 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 965
Ada sdikit pbedaan, Kawan.

Kl di eastern churches, sesuai dg yg Bro tulis itu.

Kl di western churches, ROH KUDUS proceed dari Bapa dan Anak.

Maka gambarannya scr sederhana spt ini:



http://maverickphilosopher.typepad.com/maverick_philosopher/2010/06/eastern-orthodoxy-on-the-trinity.html


Western juga menerima rumusan yang tanpa Filioque. Karena Filioque hanya persoalan semantik, bukan persoalan doktrinal antara Barat dan Timur.

Quote
Kl dalam ranah praktis, siapapun yg mengaku bhw Yesus Kristus adalah Allah, maka dia sudah dikatakan menerima tritunggal.


Not really. Karena ada aliran yang mengakui Bapa dan Putera, tetapi tidak mengakui ROH KUDUS. Afaik, United Church of God, sebagai contohnya.

===

Salam,
July 25, 2016, 04:50:01 PM
Reply #33
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 6
hehehe, bro saksang.

mungkin bisa coba cari arti hypostasis/shifat dalam kaitan dengan ajaran trinitas. nanti akan ketemu tiga hypostasis satu ousia. nah, hypostasis ini diterjemahkan persona (latin), person (english), pribadi (indonesia). sedangkan ousia = hakikat, dzat, substansi.

salam damai sejahtera.
July 25, 2016, 04:52:45 PM
Reply #34
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6351
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Western juga menerima rumusan yang tanpa Filioque. Karena Filioque hanya persoalan semantik, bukan persoalan doktrinal antara Barat dan Timur.

Not really. Karena ada aliran yang mengakui Bapa dan Putera, tetapi tidak mengakui ROH KUDUS. Afaik, United Church of God, sebagai contohnya.

===

Salam,

Baiklah jika bgitu.

Jika Bro tidak melihatnya maka saya pun tidak akan mbahasnya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
July 25, 2016, 07:05:57 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
Dear Saksang,
Sabarlah dahulu...
Izinkan saya utk coba menengahi ya...

Thanks atas responnya bro,sayang jawaban anda tidak relevan / menyentuh dgn persoalan yg saya kemukakan melainkan isinya menurut saya hanya mengenai teori pemahaman anda tentang Tritunggal.

Yg saya persoalkan berikut semua buktinya adalah dilema dari pandangan YR dan BN mengenai Tritunggal seperti :

1.   Mengapa Firman dan Roh disebut Sifat bukan pribadi dan Allah adalah Dzat sedangkan menurut Alkitab ketiganya adalah pribadi/personal yg berbeda secara kekal,apa dasar Alkitabnya ?

2.   Mengapa yg berinkarnasi hanya sifat dari Firman saja sedangkan Firman itu tetap tinggal didalam Allah/Dzat,jadi bisakah dikatakan Yesus adalah Allah ?

3.   Mengapa Firman dan Roh dianggap merupakan unsur dari sifat Allah /Dzat sedangkan Alkitab mengajarkan bahwa Firman adalah pribadi Anak Allah dan Roh adalah bersifat pribadi/personal ?

4.   Kesatuan yg dipahami oleh mereka adalah kesatuan pribadi dimana Satu Allah/Dzat bersatu dengan dua sifatnya tsb, menurut ajaran mereka antara Dzat dan sifat adalah dua esensi yg berbeda namun satu.sedangkan gereja Kristen memandang Tritunggal adalah kesatuan hakekat Allah dengan 3 pribadi yg berbeda.

5.   Mengatakan Firman keluar (proceed) dari Allah adalah suatu kekeliruan karena Firman diperanakkan sebagai Anak Allah didalam kekekalan. Hanya Roh yg keluar (proceed) dari Allah Bapa dan Allah Anak.

6.   mereka mengatakan bahwa Firman Allah itu adalah Allah sendiri (sifat-Nya), tetapi terbedakan dari sudut HUPOSTASIS-nya, yang ia artikan sebagai ‘keberadaan’ [padahal HUPOSTASIS seharusnya artinya adalah person / pribadi (Latin: persona)

7.   Mereka mengatakan masalah ketritunggalan adalah masalah “kebagaimanaan” Allah bukan “keberapaan”Allah,padahal istilah Tritunggal terdiri dari dua angka yaitu  1 dan tiga yang bersifat keberapaan / numeric.

8.   Bukankah menyangkal kepribadian RK identik dgn ajaran SSY ?

9.   Bagaimanakah bisa terjadi interrelasi didalam saling mengasih,saling memuliakan dan saling mengutus antara Dzat dan sifat ?

Sampai sekarang nampaknya saya belum menerima jawaban yg jelas apakah kesimpulan saya keliru atau tidak.

Syalom
« Last Edit: July 26, 2016, 08:31:56 AM by saksang »
July 25, 2016, 07:16:04 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
emangnya apa yg harus diimani, sehingga seseorang itu layak disebut sbg pengikut Yesus?

Tentunya beriman kepada Kristus yang diajarkan di Alkitab bukan misalnya :

1.Kristus yg tidak memiliki pribadi ilahi melainkan hanya sifat ilahi-Nya belaka.

2.Kristus yang diciptakan

3.Kristus yang kawin mawin

4.Kristus yg bukan merupakan satu satunya penebus dan pengantara manusia dgn Allah,dll.

Kita menyembah pribadi Kristusnya bukan hanya sekedar sifat ilahi-Nya doang.

Syalom

« Last Edit: July 25, 2016, 07:18:29 PM by saksang »
July 25, 2016, 07:21:27 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
Gereja Barat dan Timur tidak memiliki pemahaman dan pengimanan yang berbeda sedikitpun mengenai Tritunggal.
Pribadi Bapa memang adalah PRINCIPLE, Anak dan ROH KUDUS proceed dari BAPA.

===

Salam,


Mengatakan Firman keluar (proceed) dari Allah adalah tidak tepat karena Firman diperanakkan sebagai Anak Allah didalam kekekalan. Hanya Roh yg keluar (proceed) dari Allah Bapa dan Allah Anak.

Mazmur 2:7 Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.

Syalom

« Last Edit: July 25, 2016, 07:33:21 PM by saksang »
July 25, 2016, 07:26:20 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 627
  • Denominasi: Kristen
hehehe, bro saksang.

mungkin bisa coba cari arti hypostasis/shifat dalam kaitan dengan ajaran trinitas. nanti akan ketemu tiga hypostasis satu ousia. nah, hypostasis ini diterjemahkan persona (latin), person (english), pribadi (indonesia). sedangkan ousia = hakikat, dzat, substansi.

salam damai sejahtera.

Setuju, maka-nya hanya ada satu kesatuan ousia / hakekat /substansi Allah tetapi ada kejamakan 3 hupostatis / personal yang berbeda didalam Allah Tritunggal.

UNITY IN PLURALITY

Syalom
« Last Edit: July 26, 2016, 07:19:56 AM by saksang »
July 25, 2016, 08:06:13 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 965

Mengatakan Firman keluar (proceed) dari Allah adalah tidak tepat karena Firman diperanakkan sebagai Anak Allah didalam kekekalan. Hanya Roh yg keluar (proceed) dari Allah Bapa dan Allah Anak.

Mazmur 2:7 Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.

Syalom




KJV: John 8:42
Jesus said unto them, If God were your Father, ye would love me: for I proceeded forth and came from God; neither came I of myself, but he sent me.


LAI TB: Yoh 8:42
Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.
===

Begotten, proceeded, originated, ===> hanya pilihan kata mengenai prosesi/procession.

Semua kata kerja yang ada di semua bahasa di dunia ini tidak ada yang benar-benar tepat untuk menggambarkan  itu.

===

Salam,

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)