Author Topic: [Perjanjian Lama] Lahir di bangsa yang salah. Adilkah?  (Read 1640 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 15, 2016, 03:40:04 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Anda semua pernah gak melihat orang terbakar? Sy pribadi blum pernah melihat secara langsung, tapi sy pernah melihat orang yg terbakar hidup2 di youtube. Dia berteriak minta ampun. Kondisinya sangat mengenaskan dan akhirnya dia tewas (sy tdk tau apakah video itu rekayasa atau bukan tapi videonya cukup "nyata"). Bayangkan jika seorang Mahatma Gandhi dibakar hidup2 di neraka selama2nya hanya karena dia "salah" dalam arti salah masuk keluarga. Dia terlanjur masuk keluarga nonKristen, jadi walaupun dia orangnya sebaik apapun bakalan masuk neraka.
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
August 15, 2016, 03:42:38 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Hal2 di atas membuat sy mendorong sy utk berpendapat bahwa Allah pasti lah adil sewaktu di akhirat nanti. Itu yg lebih penting. Adil atau tidak adil di bumi tidak begitu penting bila dibandingkan dengan keadilan di akhirat nanti. Sy tdk tahu apa yg akan terjadi tapi sy yakin Allah Maha Adil nantinya di akhirat.
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
August 16, 2016, 10:14:15 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
1. Berbaliklah kamu dari pada jalan-jalanmu yang jahat itu dan
2. tetaplah ikuti segala perintah dan ketetapan-Ku, sesuai dengan segala undang-undang yang telah Kuperintahkan kepada nenek moyangmu dan yang telah Kusampaikan kepada mereka dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, para nabi."


Yang pertama-tama Gandhi mesti percaya dulu bhw AdamHawa adalah nenek moyang semua orang.
Selanjutnya walopun AbrahamIshakYakub dlsb bukan orang India, Gandhi mesti percaya bhw AbrahamIshakYakub juga nenek moyang dia. Barulah kalimat ayat diatas bisa "masuk" buat Gandhi  :happy0062:.

Lah kalo orangnya aja udah duluan gak percaya bhw AbrahamIshakYakub adalah nenek moyang dia, begimana bisa percaya AdamHawa adalah nenek moyang dia ? Bukankah jadinya begini : maap, nenek moyang saya orang India BUKAN orang Israel.

 :char11:
August 16, 2016, 12:46:14 PM
Reply #23
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Gender: Male
  • Denominasi: Lutheranisme
Sbetulnya hal adil atau tidak adilnya itu tidak terlalu penting sepanjang masih di bumi. Hal yg tidak adil adalah masa depan nanti di akhirat. Kira2 spt ini urutan kejadiannya:
- si A dilahirkan sebagai seorang Filistin yg menyembah dewa2
- si A tidak pernah atau sangat sedikit mendengar tentang kebenaran dari Tuhan Israel.
- si A tetap menganggap Tuhannya orang Filistin yg benar
- pada waktu penghakiman di akhirat, si A menjalani kekekalan berenang dalam danau lautan api

Atau mungkin yg ini (jauh lebih "apes")
- si B dilahirkan sebagai seorang Buddhis yg sangat baik hati, ramah, dermawan, suka menolong, dll.
- si B tidak pernah atau hanya sedikit mendengar tentang Yesus Kristus.
- si B menganggap semua agama sama2 baik, tidak ada yg lebih baik dari yg lain, hanya bagaimana penganutnya menjalaninya.
- jadi si B tetap pada Buddhisme
- pada waktu penghakiman di akhirat, si B menjalani kekekalan berenang dalam danau lautan api (sama seperti si A)

Mungkin kasus A dapat dimaklumi tapi kasus B bagaimana? Ini menjadi renungan bagi orang2 Kristen, percaya atau tidak kasus B juga dipercayai akan terjadi oleh orang2 Kristen.

Jadi bukan menjadi bahasan penting mengenai keadilan kehidupan di bumi, tetapi menjadi persoalan "maha serius" apabila uda mencapai akhirat.

Yang menarik dalam diskusi ini adalah penekanan pada masa Perjanjian Lamanya.
boleh saya cerita sedikit secara awam tentang Perjanjian lama (kitab Abraham), kitab dalam Perjanjian Lama ini ditulis jauh sebelum kelahiran Yesus, dimana 97% isinya ditulis dalam bahasa Ibrani dan sisanya dalam bahasa Aram. Kitab yang intinya berisikan kitab Taurat, kitab sejarah, kitab hikmat, dan kitab para nabi. Dimana dituliskan tentang sejarah terjadinya alam semesta dan isinya serta turunnya Hukum Taurat (10 Perintah Tuhan) , Nubuat para Nabi Nabi yang berisikan peringatan yang terkait jika berpaling dari Allah, Puisi dan Hikmat yang berhubungan masalah kebaikan serta kejahatan dan sejarah bangsa Israel. Kitab ini merupakan titik sejarah manusia yang terbukti banyak kitab kitab lain menyalin dari kitab perjanjian lama, termasuk jemaat Kristen contoh : sejarah adam dan hawa, nabi nabi seperti Nabi Abraham bapak dari ismael, Nabi Musa, Nabi Nuh, nabi Daud dll yang banyak diadopsi oleh jemaat Kristen, kenapa? kerena perjanjian lama adalah bagian pertama dari kitab perjanjian baru dalam arti terhubungnya sejarah dengan kitab perjanjian lama.
Sejarah jemaat Kristen terletak pada kitab perjanjian baru.

Bagaimana dengan saudara kita yang lain, yang mengadops kitabnya pada perjanjian lama ? apakah mungkin didalamnya ada tertulis hukum hukum yang telah dibuat Allah yang harus dipatuhi?

Pertanyaannya : bangsa mana yang salah didalam perjanjian lama ?
jawaban  : siapa yang tahu?,  karena pada konteksnya sudah ada hukum yang ditulis pada saat itu (siapa yang taat dan tidak? selamat diakherat atau tidak?) dan ini juga bukan renungan bagi orang Kristen, kenapa?
Karena Jemaat Kristen itu ada pada kitab perjanjian baru, pertanyaan lagi, bagaimana pada jaman sekarang?  bangsa mana yang akan diselamatkan dari dosa/penghakiman terakhir/masa depan diakherat? jawabannya bangsa yang ada di kitab Perjanjian Baru,  bukan kasus si A atau si B / atau orang yang dibakar di youtube dll, jikalau pembahasan ini dilihat dari kacamata jemaat Kristen.
Semoga maklum.... GBU
August 16, 2016, 01:38:24 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Yang menarik dalam diskusi ini adalah penekanan pada masa Perjanjian Lamanya.
boleh saya cerita sedikit secara awam tentang Perjanjian lama (kitab Abraham), kitab dalam Perjanjian Lama ini ditulis jauh sebelum kelahiran Yesus, dimana 97% isinya ditulis dalam bahasa Ibrani dan sisanya dalam bahasa Aram. Kitab yang intinya berisikan kitab Taurat, kitab sejarah, kitab hikmat, dan kitab para nabi. Dimana dituliskan tentang sejarah terjadinya alam semesta dan isinya serta turunnya Hukum Taurat (10 Perintah Tuhan) , Nubuat para Nabi Nabi yang berisikan peringatan yang terkait jika berpaling dari Allah, Puisi dan Hikmat yang berhubungan masalah kebaikan serta kejahatan dan sejarah bangsa Israel. Kitab ini merupakan titik sejarah manusia yang terbukti banyak kitab kitab lain menyalin dari kitab perjanjian lama, termasuk jemaat Kristen contoh : sejarah adam dan hawa, nabi nabi seperti Nabi Abraham bapak dari ismael, Nabi Musa, Nabi Nuh, nabi Daud dll yang banyak diadopsi oleh jemaat Kristen, kenapa? kerena perjanjian lama adalah bagian pertama dari kitab perjanjian baru dalam arti terhubungnya sejarah dengan kitab perjanjian lama.
Sejarah jemaat Kristen terletak pada kitab perjanjian baru.

Bagaimana dengan saudara kita yang lain, yang mengadops kitabnya pada perjanjian lama ? apakah mungkin didalamnya ada tertulis hukum hukum yang telah dibuat Allah yang harus dipatuhi?

Pertanyaannya : bangsa mana yang salah didalam perjanjian lama ?
jawaban  : siapa yang tahu?,  karena pada konteksnya sudah ada hukum yang ditulis pada saat itu (siapa yang taat dan tidak? selamat diakherat atau tidak?) dan ini juga bukan renungan bagi orang Kristen, kenapa?
Karena Jemaat Kristen itu ada pada kitab perjanjian baru, pertanyaan lagi, bagaimana pada jaman sekarang?  bangsa mana yang akan diselamatkan dari dosa/penghakiman terakhir/masa depan diakherat? jawabannya bangsa yang ada di kitab Perjanjian Baru,  bukan kasus si A atau si B / atau orang yang dibakar di youtube dll, jikalau pembahasan ini dilihat dari kacamata jemaat Kristen.
Semoga maklum.... GBU
Sy capek menjelaskan tapi sy maklum karena pikiran orang belum tentu bisa dipahami orang lain.

Biar sy arahkan kembali ya, topik ini tentang keadilan..

Pertanyaan yg sangat2 sederhana utk meringkas pertanyaan dari TS:
Jika anda orang Filistin, dan di akhirat nanti anda (mohon maaf sebelumnya) dijebloskan ke neraka selama2nya berhubung anda itu tidak dibenarkan (atau tidak ditebus oleh Tuhan), maukah anda menerimanya?
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
August 16, 2016, 01:45:03 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1792
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Sy capek menjelaskan tapi sy maklum karena pikiran orang belum tentu bisa dipahami orang lain.

Biar sy arahkan kembali ya, topik ini tentang keadilan..

Pertanyaan yg sangat2 sederhana utk meringkas pertanyaan dari TS:
Jika anda orang Filistin, dan di akhirat nanti anda (mohon maaf sebelumnya) dijebloskan ke neraka selama2nya berhubung anda itu tidak dibenarkan (atau tidak ditebus oleh Tuhan), maukah anda menerimanya?

seseorang masuk neraka bukan karena suku, agama, atau ras,

tapi karena dosanya.

Jadi pertanyaannya, adalah sbb:


adilkah jika orang "berdosa" tidak masuk Neraka?


Seseorang masuk Sorga, buka karena Suku, Agama, atau Ras, tapi karena Anugerah,
pertanyaan lanjutannya adalah :


Adilkah seseorang yg telah mendapat anugerah keselamatan tiidak masuk Sorga?


REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 16, 2016, 01:52:51 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9611
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
pertanyaan lanjutan : (biar tambah pusying)

emang kalo sudah diputuskan demikian bisa kita tolak?
bisa kita debat sama Tuhan kok Tuhan ngga adil dalam memutuskan hukuman?
August 16, 2016, 02:00:47 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1792
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
pertanyaan lanjutan : (biar tambah pusying)

emang kalo sudah diputuskan demikian bisa kita tolak?
bisa kita debat sama Tuhan kok Tuhan ngga adil dalam memutuskan hukuman?

 :afro:

Bagi yg mau pusing silahkan pusing.

kayak LSM yg membela para penjahat :char11: :mad0261: :cheesy:
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
August 16, 2016, 02:32:39 PM
Reply #28
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Gender: Male
  • Denominasi: Lutheranisme
Sy capek menjelaskan tapi sy maklum karena pikiran orang belum tentu bisa dipahami orang lain.

Biar sy arahkan kembali ya, topik ini tentang keadilan..

Pertanyaan yg sangat2 sederhana utk meringkas pertanyaan dari TS:
Jika anda orang Filistin, dan di akhirat nanti anda (mohon maaf sebelumnya) dijebloskan ke neraka selama2nya berhubung anda itu tidak dibenarkan (atau tidak ditebus oleh Tuhan), maukah anda menerimanya?

apakah anda paham orang filistin ? jangan jangan anda tidak faham? saya kasih info lagi bro..
orang filistin adalah bangsa kreti yang berasal dari orang Patrusim, orang Kasluhim dan orang Kaftorimorang, mereka bangsa yang congkak, hidup menyembah allah lain / bermusuhan dengan Tuhan.

Nah pertanyaannya siapa yang mau hidup sebagai orang filistin?..bagaimana dengan anda, mau..? saya tidak..
maaf dikata ya bro..orang filistin adalah orang yang sudah dikutuk Tuhan Allah dan sudah pasti dijebloskan ke neraka..
(Zefanya 2:5. Celakalah kamu penduduk Daerah Tepi Laut, kamu bangsa Kreti! Terhadap kamulah Firman Tuhan ini: Hai Kanaan, tanah orang Filistin! Aku akan membinasakan engkau, sehingga tidak ada lagi pendudukmu).  bangsa filistin dah hangus bro...Gak ada kompromi dari Allah buat orang falistin..

sederhana aja bro..adilkah bangsa mereka masuk neraka..?  menurut anda bro?
ini dosa siapa..? ini salah siapa..? paham sejarah dulu ya bro..
jangan pusing2 ya bro....GBU

« Last Edit: August 16, 2016, 03:00:13 PM by edrich »
August 16, 2016, 02:34:19 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
bpk Edrich:
Sy percaya Surga itu disediakan bagi orang percaya.

bpk Wilefhas:
Ya sy di sini sebagai LSM nya, dan bisa dibilang mungkin sy membela kepentingan orang Filistin dan sejenisnya di sini.

Alkitab memberitahu bahwa hukuman terberat yg dapat ditimpakan kepada manusia adalah maut/mati/binasa ("Upah dosa ialah maut, Roma 6:23"). Ini hampir sama seperti di dunia ini, mau bagaimana jahatnya pun seorang penjahat dia hanya bisa dihukum mati oleh negara.

Yesus Kristus berkata di Matius 10:28 bahwa neraka itu bersifat membinasakan tubuh dan jiwa. Bandingkan dengan pemahaman kita selama ini yg mengatakan bahwa neraka itu menyiksa tubuh dan jiwa selama2nya. Ini sudah kesalahan pemahaman. Yang benar adalah bahwa tubuh dan jiwa itu akan mati binasa di neraka. Pemahaman kita selama ini sudah salah. Kalau seandainya maksud Yesus adalah menyiksa mengapakah harus dikatakan membinasakan? Ingat membinasakan tidak sama dengan menyiksa.
« Last Edit: August 16, 2016, 02:51:35 PM by acidking001 »
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)