Author Topic: Manusia dibentuk dan dijadikan pada hari ketujuh (Hari Sabat)  (Read 5470 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 11, 2017, 02:26:18 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12261
  • tidak menyimpan kepahitan
Apa bedanya menciptakan dengan menjadikan ???

Apakah manusia belum eksis didalam ayat 6 ???

Apakah Allah mengerjakan ciptaan manusia separoh separoh ?
Bedanya, "menciptakan" = berbentuk konsep/ide saja.... sedangkan "menjadikan" = mewujudkan konsep/ide yang dibuat.

Ya, jelas belum....  wong dijadikannya baru pada hari ketujuh. :)

Tidak separoh2... konsep (ciptaan) Allah itu sempurna.

Ayat yang anda kutip hanya melengkapi penjelasan kalimat pekerjaan Allah yang diayat 6 bukan melakukan penciptaan tambahan karena tidak dikatakan manusia diciptakan di hari ke 7 sebab dihari itu Allah beristirahat artinya tidak melakukan pekerjaan menciptakan atau menjadikan.

Yang ada Allah menjadikan hari ke 7 sebagai hari Peristirahatan-Nya bukan hari menciptakan manusia.
Yang beristirahat itu Allah, bukan TUHAN. :)

Baca ayat yg bener....


2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.
2:4   Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan (Allah). Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, --


Dalam ayat di atas jelas perbedaannya antara Allah dengan TUHAN Allah.
July 11, 2017, 03:17:40 AM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 816
  • Denominasi: Protestan
Gue coba dikit ah,

(31) Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

sungguh amat baik ya gue artiin sempurna dan ga perlu direvisi lagi dihari ketujuh.
July 11, 2017, 08:15:32 AM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2673
Bedanya, "menciptakan" = berbentuk konsep/ide saja.... sedangkan "menjadikan" = mewujudkan konsep/ide yang dibuat.

Ya, jelas belum....  wong dijadikannya baru pada hari ketujuh. :)

Tidak separoh2... konsep (ciptaan) Allah itu sempurna.


Alkitab tidak mengatakan soal ide selain pekerjaan mencipta didalam Alkitab, Kata בָּרָא - BARA dalam Bahasa Ibrani berarti Tuhan melakukan pekerjaan menciptakan bukan sedang ber ide ide.

Alkitab anda berbeda dengan Alkitab saya.


Quote
Quote from: jamu on July 10, 2017, 07:14:18 AM
Ayat yang anda kutip hanya melengkapi penjelasan kalimat pekerjaan Allah yang diayat 6 bukan melakukan penciptaan tambahan karena tidak dikatakan manusia diciptakan di hari ke 7 sebab dihari itu Allah beristirahat artinya tidak melakukan pekerjaan menciptakan atau menjadikan.
Yang ada Allah menjadikan hari ke 7 sebagai hari Peristirahatan-Nya bukan hari menciptakan manusia.
Yang beristirahat itu Allah, bukan TUHAN.

Baca ayat yg bener....


2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.
2:4   Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan (Allah). Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, --

Dalam ayat di atas jelas perbedaannya antara Allah dengan TUHAN Allah.

Kok jadi melenceng persoalannya ???

Bagi saya sama saja karena Allah mempunyai banyak sebutan,yang penting sudah jelas siapa yang saya maksud.

Yang fokus sajalah diskusinya,jangan OOT.
July 11, 2017, 08:59:50 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12261
  • tidak menyimpan kepahitan

Alkitab tidak mengatakan soal ide selain pekerjaan mencipta didalam Alkitab, Kata בָּרָא - BARA dalam Bahasa Ibrani berarti Tuhan melakukan pekerjaan menciptakan bukan sedang ber ide ide.

Alkitab anda berbeda dengan Alkitab saya.
1:1   Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2   Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Di ayat itu dikatakan bahwa Allah MENCIPTAKAN langit dan bumi..... apakah langit dan bumi jadi? Tentu tidak, karena baru ide.
Hal itu dinyatakan di ayat keduanya...bahwa bumi belum berbentuk dan kosong.
Hal itu juga membuktikan bahwa MENCIPTAKAN = IDE.

Kok jadi melenceng persoalannya ???

Bagi saya sama saja karena Allah mempunyai banyak sebutan,yang penting sudah jelas siapa yang saya maksud.

Yang fokus sajalah diskusinya,jangan OOT.
Apanya yg melenceng? Itu pernyataan Kitab Suci!!
Kamu yg gak ngerti.
July 11, 2017, 10:35:40 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2673
1:1   Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2   Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Di ayat itu dikatakan bahwa Allah MENCIPTAKAN langit dan bumi..... apakah langit dan bumi jadi? Tentu tidak, karena baru ide.
Hal itu dinyatakan di ayat keduanya...bahwa bumi belum berbentuk dan kosong.
Hal itu juga membuktikan bahwa MENCIPTAKAN = IDE.
Apanya yg melenceng? Itu pernyataan Kitab Suci!!
Kamu yg gak ngerti.

Soal ide itu hanya ada didalam pikiranmu saja sedangkan Alkitab tidak mengatakan demikian karena pekerjaan Tuhan itu tuntas bukan mengulang ulang apa yang sudah dikerjakan.

Isitlah Bara itu adalah pekerjaan menciptakan langsung selesai tidak ada dikatakan soal ide disana.

July 12, 2017, 01:39:46 AM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12261
  • tidak menyimpan kepahitan
Soal ide itu hanya ada didalam pikiranmu saja sedangkan Alkitab tidak mengatakan demikian karena pekerjaan Tuhan itu tuntas bukan mengulang ulang apa yang sudah dikerjakan.

Isitlah Bara itu adalah pekerjaan menciptakan langsung selesai tidak ada dikatakan soal ide disana.
Oleh karena kamu tidak mengenal TUHAN, Allah; maka pengertian kamu seperti itu.
Kamu tau gak kalo TUHAN, Allah dengan Allah Pencipta itu beda, tidak sama.  :)

July 12, 2017, 02:27:50 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12266
    • fossil coral cantik
Itu kata bro.oda...
Kalimat: "Hari Sabat diadakan untuk manusia, ..." itu menunjukkan bahwa hari Sabat itu diadakan adalah untuk menjadikan manusia. :char11:
Seperti yang udah saya sampaikan sebelumnya, kronologika kalimat bold itu : manusia precede - hari Sabat proceed, vbn.

ayat :
Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat

pov vbn thdp ayat diatas :
Hari Sabat diadakan untuk MENJADIKAN manusia dan bukan manusia untuk MENJADIKAN hari Sabat

Quote
Ya gak sama lah pernyataan oda dengan pernyataan saya.
Ranjang goyang (a cradle) diadakan untuk bayi.

vbn :
Ranjang goyang (a cradle) diadakan untuk MENJADIKAN bayi.  :D

Quote
Pernyataan saya jelas bahwa hari sabat diadakan TUHAN untuk TUHAN menjadikan manusia dan bukan manusia diadakan TUHAN untuk TUHAN menjadikan hari Sabat,
Kronologika vice-versa vbn nggak sesuai dengan bunyi ayat.

Quote
Sedangkan oda sendiri berbicara soal ranjang goyang.... dan itu gak sama bro. :D
Gak sama karena vbn sendiri sudah keluar dari logika thdp bunyi kalimat itu sendiri.

Ilustrasi ranjang goyang SETARA dengan kalimat ayat :
Hari Sabat diadakan untuk manusia
Ranjang goyang diadakan untuk bayi

Sementara versi saya sudah tak kasi ilustrasi "ranjang goyang" - saya pun mencoba mikiran ilustrasi yang sesuai dengan versi vbn, tapi saya nggak bisa ketemukan.

Basis logika dari kalimat ayat tsb adalah :
Blablabla diadakan untuk makhluk hidup
Hari Sabat (bla3x) diadakan untuk manusia (makhluk hidup)

ilustrasi oda :
Ranjang bayi (bla3x) diadakan untuk bayi (makhluk hidup)

Nah, sekarang vbn bisa kasih saya ilustrasi, dimana :

basis :
Blablabla diadakan untuk makhluk hidup

ilustrasi vbn :
(???)

sehingga bisa menjadi spt yg vbn simpulkan :
Blablabla diadakan untuk menjadikan makhluk hidup

Quote
Saya jawab dengan tegas pertanyaan bro.oda di atas: Masa penciptaan yang selama enam hari tsb tidak bisa dihitung/disamakan dengan waktu 1 hari 24 jam disetiap harinya..
Lalu, posibilitas yang vbn pilih apa ?

A. enam hari = 6 x KURANG dari 24 jam Iblis (Ha'Satan) berangan-angan ?

ataukah

B. enam hari = 6 x LEBIH dari 24 jam Iblis (Ha'Satan) berangan-angan  ?


Quote
Hari Sabat (ketujuh) yang saya maksud yang tidak akan pernah berhenti itu bukan hari sabat (hari ketujuh) berdasarkan perputaran hari-hari dalam seminggu; tapi hari-hari ini (minggu s/d sabtu) adalah termasuk dalam Hari Sabat TUHAN.
Sebab enam hari lamanya Yahweh menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya

versi vbn thdp ayat diatas :
1. Selama enam hari Iblis (Ha'Satan) (bukan Yahweh) berangan-angan (mencipta ---> ber-idea)
2. Yahweh tidak ada menjadikan apa apa selama enam hari tsb.

dan Ia berhenti pada hari ketujuh;

versi vbn thdp ayat diatas :
1. Yang berhenti pada hari ketujuh itu Iblis (Ha'Satan),
2. pada hari ketujuh mulailah Yahweh bekerja, menjadikan angan2 Iblis (Ha'Satan) selama 6 hari tsb.


Quote
Yaitu yang dimulainya dari sejak selesainya hari keenam dalam masa penciptaan langit dan bumi.
YA.... vbn menggunakan kosakata [penciptaan].
So, selama 6 hari Iblis (Ha'Satan) berangan-angan/berkhayal (mencipta ---> ber-idea).

Quote
Hari Sabat yang seperti itulah yang saya maksudkan yang sesuai dengan pernyataan Yesus Kristus: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, ..." :D
Point-nya disini kan : Kapan itu bokap-nya Yesus mulai bekerja, vbn.

vbn bilang :
dihari ketujuh Yahweh menjadikan (mulai bekerja)
enam hari sebelumnya Iblis (Ha'Satan) mencipta (berangan-angan ---> ber idea).

bersambung
« Last Edit: July 12, 2017, 03:27:32 AM by odading »
July 12, 2017, 02:28:01 AM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12266
    • fossil coral cantik
yang kebaca dihari kelima...

Iblis (Ha'Satan) berkata :
Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita

Selanjutnya :
Maka

Allah Iblis (Ha'Satan) menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah Iblis (Ha'Satan) diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah Iblis (Ha'Satan) memberkati mereka,
lalu Allah Iblis (Ha'Satan) berfirman kepada mereka:



Nah... bisa vbn tolong kasih ilustrasi analoginya kayak begimana ?
Yakni ilustrasi dimana si X menjadikan/membuat (action) blablabla terlebih dahulu - blakangan si X berangan-angan/beridea (mencipta, no action) blablabla tsb ?


Quote
Yang saya ingin sampaikan dari pernyataan Yesus Kristus: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang" ini adalah mengenai hari Sabat (ketujuh) TUHAN yang besar itu yang tidak terbatas-batasi oleh ruang-ruang waktu
Apa yah maksud kalimat bold diatas, vbn ?

Quote
Lah, siapa juga yang menghubung-hubungkan "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang" dengan "Manusia dibentuk dan dijadikan pada hari ketujuh (Hari Sabat)" oda?
vbn lah yang menghubung-hubungkannya... sbb :

Quote
Jika orang2 Israel diperintahkan hanya boleh bekerja selama enam hari --sedangkan hari ketujuh-- harus beristirahat adalah dikarenakan pada hari ketujuh itu adalah waktu bagi TUHAN untuk bekerja...."Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."


Quote
orang2 Israel diperintahkan hanya boleh bekerja selama enam hari --sedangkan hari ketujuh-- harus beristirahat adalah dikarenakan pada hari ketujuh itu adalah waktu bagi Yahweh untuk bekerja
Sebab enam hari lamanya Yahweh menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya

versi vbn thdp ayat diatas :
1. Selama enam hari Iblis (Ha'Satan) (bukan Yahweh) berangan-angan (mencipta ---> ber-idea)
2. Yahweh tidak ada menjadikan apa apa selama enam hari tsb.



Yang beristirahat itu Allah, bukan TUHAN. :)


dan Ia berhenti pada hari ketujuh;

versi vbn thdp ayat diatas :
1. Yang berhenti pada hari ketujuh itu Iblis (Ha'Satan),
2. pada hari ketujuh mulailah Yahweh bekerja, menjadikan angan2 Iblis (Ha'Satan) yang selama 6 hari tsb.



Quote from: vbn
Jika orang2 Israel diperintahkan hanya boleh bekerja selama enam hari --sedangkan hari ketujuh-- harus beristirahat adalah dikarenakan pada hari ketujuh itu adalah waktu bagi TUHAN untuk bekerja...."Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."

oda :
Ayat tsb nggak ada hubungannya, vbn.

vbn :
Ya memang gak ada hubungannya...

oda :
bagus dah kalo vbn tau.
so, vbn nggak pas ngutip2 ayat tsb setelah kalimat2 versi vbn yang vbn sampaikan spt di quote atas

vbn :
lantas apa yang mau oda sampaikan?

oda :
ungu.

vbn :
kenapa oda ?

oda :
karena gak ada hubungannya  :D

vbn :
Ya memang gak ada hubungannya...

oda :
bagus dah kalo vbn tau.

semoga selanjutnya vbn nggak mengajukan pertanyaan yang sama lagi, berupa : "lantas apa yang mau oda sampaikan?"  :cheesy:
« Last Edit: July 12, 2017, 03:33:59 AM by odading »
July 12, 2017, 08:20:34 AM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2673
Oleh karena kamu tidak mengenal TUHAN, Allah; maka pengertian kamu seperti itu.
Kamu tau gak kalo TUHAN, Allah dengan Allah Pencipta itu beda, tidak sama.  :)

Jangan mengalihkan persoalan !

Mengenal pekerjaan Tuhan dengan benar itu hanya bersumber dari Alkitab bukan di ide dalam pikiran anda.

Makanya penciptaan manusia itu jelas jelas dikatakan dihari ke enam jangan dirubah rubah dengan alasna ide dan segala macam dong.

July 14, 2017, 01:23:25 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12261
  • tidak menyimpan kepahitan
Jangan mengalihkan persoalan !

Mengenal pekerjaan Tuhan dengan benar itu hanya bersumber dari Alkitab bukan di ide dalam pikiran anda.

Makanya penciptaan manusia itu jelas jelas dikatakan dihari ke enam jangan dirubah rubah dengan alasna ide dan segala macam dong.
Enam hari masa penciptaan itu ter-realisasi pada hari ketujuh ketika Allah beristirahat dari pekerjaan penciptaannya.
Pengerjaan semua IDE Allah dikerjakan oleh TUHAN. :char11:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)