Author Topic: Gimana Menghadapi Pengerja Gereja yang Datang ke Rumah untuk Jualan?  (Read 1250 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 07, 2016, 10:57:44 AM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 13
Kulit masalah ini udah dibahas di forum, tapi saya mau angkat lagi karena kasus aku berbeda.
Saya beribadah di gereja yang kecil, udah hampir 3 tahun. Di daerah saya cuma ada gereja itu karena kebetulan orang Kristennya juga sedikit. Pengerjanya diwajibkan untuk mengunjungi jemaat, minimal setahun 2x. Akhir-akhir ini saya risih karena ada pengerja yang berkunjung ke rumah bukan sekedar nanya kabar atau mendoakan, tapi nawarin barang dagangan. Dulu saya pernah beli sekali, saya tahu dia juga kan butuh uang dan kebetulan barangnya bisa dipakai sama Oma saya. Sekedar informasi, produk yg dia jual itu bukan 100-200 ribu, tapi sampai jutaan. Tapi selanjutnya dia terus-menerus nawarin produk baru ato produk komplementer dari barang yang pertama saya beli.
Saya bingung gimana menghadapi orang seperti ini. Terus terang saya terganggu dengan kedatangan dia, bisa dibilang dia mengerjakan tugas gereja 30-40 menit dan nawarin dagangan sampai 3-4 jam. Saya bekerja kantoran 6 hari seminggu, jadi waktu 3-4 jam di rumah apalagi saat hari kerja, sangat berarti buat saya dan keluarga. Sempat terpikir mau berhenti datang ke gereja itu, tapi gereja lain jaraknya jauh sekali. Mohon pencerahannya ya teman-teman.
September 07, 2016, 03:44:43 PM
Reply #1
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan Kharimatik (GBI)
syalom,
jika pendapat saya, ini bukanlah suatu kunjungan jemaat oleh pelayan gereja, melainkan dia datang sebagai sales dagangan ke rumah anda, baiknya katakan dengan sopan bahwa anda sedang dalam kondisi lelah dan ingin istirahat..
bila datang sebagai pelayan Tuhan, bukalah pintu lebar2 mengijinkan ia kunjungan dan mendoakan,kunjungan jemaat biasanya hanya memakan waktu kurang lebih 30menit saja..

namun bila ia menawarkan barang dagangannya, katakan juga dengan baik bahwa anda memanglah merasa agak terganggu dengan berjualannya.. menurut saya itu hal yang wajar saja bagi kita untuk menegur dan mengutarakan hati kita, daripada hanya berdiam dan dalam hati kesal..
September 10, 2016, 12:12:12 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
kalo pelayanannya yah diterima.
abis itu kalo nawarin dagangan dan gak perlu/tertarik tolak saja di awal secara sopan.
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
September 20, 2016, 02:24:53 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 516
  • Denominasi: Kharismatik
kasih tau pimpinan gereja, klo ga berani terus terang untuk menegur, klo mau menegur, tegurlah dengan baik-baik.
January 23, 2017, 02:09:56 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4732
  • Gender: Male
Kulit masalah ini udah dibahas di forum, tapi saya mau angkat lagi karena kasus aku berbeda.
Saya beribadah di gereja yang kecil, udah hampir 3 tahun. Di daerah saya cuma ada gereja itu karena kebetulan orang Kristennya juga sedikit. Pengerjanya diwajibkan untuk mengunjungi jemaat, minimal setahun 2x. Akhir-akhir ini saya risih karena ada pengerja yang berkunjung ke rumah bukan sekedar nanya kabar atau mendoakan, tapi nawarin barang dagangan. Dulu saya pernah beli sekali, saya tahu dia juga kan butuh uang dan kebetulan barangnya bisa dipakai sama Oma saya. Sekedar informasi, produk yg dia jual itu bukan 100-200 ribu, tapi sampai jutaan. Tapi selanjutnya dia terus-menerus nawarin produk baru ato produk komplementer dari barang yang pertama saya beli.
Saya bingung gimana menghadapi orang seperti ini. Terus terang saya terganggu dengan kedatangan dia, bisa dibilang dia mengerjakan tugas gereja 30-40 menit dan nawarin dagangan sampai 3-4 jam. Saya bekerja kantoran 6 hari seminggu, jadi waktu 3-4 jam di rumah apalagi saat hari kerja, sangat berarti buat saya dan keluarga. Sempat terpikir mau berhenti datang ke gereja itu, tapi gereja lain jaraknya jauh sekali. Mohon pencerahannya ya teman-teman.

Semua dimulai dari segan, akhirnya isi hati tidak tersampaikan. Ujungnya menjadi masalah dibelakang.

Menurut hemat saya, baiknya setelah selesai materi tugas gereja 30 menit tesebut, anda dengan tegas mengatakan bahwa anda berkeberatan membahas tentang dagangan. Jika ia masih juga bersikukuh menjual dagangan setelah menerima keberatan anda, maka anda juga harus tegas mengatakan bukan lagi berkeberatan tetapi menolak dengan tegas dan mempersilahkan pulang. Anda juga harus istirahat bukan?

Pada orang-orang tertentu tegas itu perlu.
February 19, 2017, 07:05:47 PM
Reply #5
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
  • Denominasi: protestan
Kulit masalah ini udah dibahas di forum, tapi saya mau angkat lagi karena kasus aku berbeda.
Saya beribadah di gereja yang kecil, udah hampir 3 tahun. Di daerah saya cuma ada gereja itu karena kebetulan orang Kristennya juga sedikit. Pengerjanya diwajibkan untuk mengunjungi jemaat, minimal setahun 2x. Akhir-akhir ini saya risih karena ada pengerja yang berkunjung ke rumah bukan sekedar nanya kabar atau mendoakan, tapi nawarin barang dagangan. Dulu saya pernah beli sekali, saya tahu dia juga kan butuh uang dan kebetulan barangnya bisa dipakai sama Oma saya. Sekedar informasi, produk yg dia jual itu bukan 100-200 ribu, tapi sampai jutaan. Tapi selanjutnya dia terus-menerus nawarin produk baru ato produk komplementer dari barang yang pertama saya beli.
Saya bingung gimana menghadapi orang seperti ini. Terus terang saya terganggu dengan kedatangan dia, bisa dibilang dia mengerjakan tugas gereja 30-40 menit dan nawarin dagangan sampai 3-4 jam. Saya bekerja kantoran 6 hari seminggu, jadi waktu 3-4 jam di rumah apalagi saat hari kerja, sangat berarti buat saya dan keluarga. Sempat terpikir mau berhenti datang ke gereja itu, tapi gereja lain jaraknya jauh sekali. Mohon pencerahannya ya teman-teman.
usir aja... kalo perlu berikan tegoran keras karena alih2 ingin mendoakan tapi agama dijadikan alat bisnis. Kick out
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)