Author Topic: MESIAS atau Gereja Katolik di Matius 16:18?  (Read 6299 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 08, 2016, 10:57:30 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
SIAPAKAH BATU KARANG ROHANI

KITA ANALISA BAHASA ASLINYA


Beneran nich?  :wink:


Petra, bersifat feminine noun yang berarti Batu Karang (mass of rock) yaitu penyataan dari Petrus tentang Kristus,kata ini juga digunakan pada Matius 7 : 24,25.

Sedangkan Petros bersifat maskulin yaitu nama orang yang artinya adalah batu kecil atau kerikil.


Teori dari mana bentuk maskulin menjadikan suatu kata benda menjadi bermakna "diminutive"?

Jangan gara2 ga' menerima apa yang dipercayai umat Katolik Roma, lantas mengajukan pernyataan yang ngawur.
Orang non Katolik ga' boleh ngawur dalam berargumentasi. Harus jujur. Kalau artinya "Batu Karang, ya batu karang" lah, jangan di-discount. PETRA jadi PETROS yang itu udah pasti, sebab ini adalah nama bagi seorang laki-laki. Namun secara makna tetap, yaitu "Batu Karang" (bukan kerikil).


Saya bukan seorang Katolik Roma, tapi saya mau fair saja.

Petrus adalah nama pemberian dari Tuhan Yesus kepada Simon (Yunani: πετρος – petros, nomina maskulin) yang artinya "The Rock", batu karang, batu besar. Jadi bukan kerikil.



"Kerikil/ batu kecil" dalam bahasa Yunani adalah, sbb:

- πετραδάκι - PETRADAKI (bentuk diminutive dari "PETRA"), bentuk "diminutive" yang demikian barulah artinya adalah:pebble, batu kecil

- πετράδι - PETRADI (bentuk diminutive dari "PETRA"), batu perhiasan/ jewel, pebble

- χαλίκι - KHALIKI, gravel, pebble, grit, rubble (bandingkan dengan bahasa Indonesia "kerikil" barangkali darisini asal kata-nya)

- βότσαλο - BOTSALO, shingle, pebble, cobble


Semoga dapat dijadikan referensi, dan JANGAN NGAWUR LAGI.
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
September 08, 2016, 12:46:06 PM
Reply #11
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 46
  • Denominasi: Kristen
Jawabannya sih simpel banget, bray. Karena elo ga percaya. Titik ga pake koma.

Mau bukti, bray? Elo Kristen beneran kan?
So, coba tarik garis Kekristenan gereja elo ke atas, nyambungnya ke gereja katolik ga?
Gue udah buktiin ke gereja gue, bray.

TAPI itu kalo elo punya GEREJA ya, bray. Karena sekarang banyak Kristen-Kristen yang entah di mana gerejanya.

Saya sih percaya Yesus adalah Mesias Anak Allah yang hidup sesuai janji Allah pada umatNya.

Tarik garis gereja nyambung gak ke gereja katolik?

Makanya kan membingungkan kok pernyataan Allah Bapa dan Yesus di Matius 16 mengenai Yesus adalah MESIAS ANAK ALLAH YANG HIDUP berubah jadi gereja katolik yang didirikan kaisar roma konstantin?
September 08, 2016, 12:59:54 PM
Reply #12
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 46
  • Denominasi: Kristen
yang saya tahu sih tulisan dalam Alkitab ataupun Injil tidak pernah ada nyebut2 nama denom gereja.klo menurut anda ayat itu merujuk pada salah satu denom gereja yg ada skrng ya itu hasil dari ribetnya otak anda sendiri(pdhal kitab aslinya juga ga nyantumin nama denom).

Salah baca kali bro  :azn:

Matius 16 memang tidak menulis Yesus sedang mendirikan lembaga agama yang baru berdiri di abad 3, apalagi denom.

Allah Bapa dan Yesus menyatakan diriNya adalah MESIAS di matius 16 ini. Barang siapa percaya pada Yesus adalah Mesias anak Allah yang hidup berarti menjadi jemaatNya yang berdiri diatas batu karang yang teguh sesuai jawaban Petrus mengenai siapa Yesus.

Yang bilang soal agama apa denom siapa jg wkwkkw
September 08, 2016, 01:08:33 PM
Reply #13
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 46
  • Denominasi: Kristen
Beneran nich?  :wink:


Teori dari mana bentuk maskulin menjadikan suatu kata benda menjadi bermakna "diminutive"?

Jangan gara2 ga' menerima apa yang dipercayai umat Katolik Roma, lantas mengajukan pernyataan yang ngawur.
Orang non Katolik ga' boleh ngawur dalam berargumentasi. Harus jujur. Kalau artinya "Batu Karang, ya batu karang" lah, jangan di-discount. PETRA jadi PETROS yang itu udah pasti, sebab ini adalah nama bagi seorang laki-laki. Namun secara makna tetap, yaitu "Batu Karang" (bukan kerikil)....


Saya bukan seorang Katolik Roma, tapi saya mau fair saja.

Petrus adalah nama pemberian dari Tuhan Yesus kepada Simon

Semoga dapat dijadikan referensi, dan JANGAN NGAWUR LAGI.

Terima kasih referensinya pak.

Ada yang ingin saya tanyakan, waktu Simon bin Yunus menjawab bahwa Yesus adalah MESIAS ANAK ALLAH YANG HIDUP, Yesus kemudian berkata diatas batu karang ini itu merujuk pada diri Petrus atau pada jawaban Petrus akan siapa sesungguhnya Yesus?
September 08, 2016, 02:15:17 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1425
  • Gender: Male
Entah sudah yang keberapa topik yang membahas Mat 16:18 ini.

Kupikir, dengan sederhana, hanya dengan akal sehat, dengan menggantikan "batu karang" menjadi "bahan bangunan", Yesus Kristus, dan Petrus, sudah memberi gambaran, apa atau siapa gerangan "batu karang" itu.

Diganti dengan "bahan bangunan":
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas bahan bangunan ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Ini menggambarkan seolah-olah Yesus Kristus melapor pada Petrus bahwa Dia akan mendirikan jemaat-Nya. Mungkinkah Yesus melapor kepada Petrus?
Tidak mungkin.
Berarti, "batu karang" di situ bukan bahan bangunan.

Diganti dengan "Yesus Kristus":
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas Yesus Kristus ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Ini menggambarkan seolah-olah Yesus Kristus berbangga kepada Simon Petrus, bahwa Dia akan mendirikan jemaat-Nya.
Mungkinkah Yesus Kristus berbangga kepada murid-Nya atau kepada orang lain?
Mustahil.
Berarti, "batu karang" di situ bukan Yesus Kristus.

Diganti dengan "Simon Petrus":
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas Simon Petrus ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Ini menggambarkan pemberitahuan kepada Simon Petrus.
Ini yang paling logis, di mana Yesus Kristus secara tersirat memerintahkan Simon Petrus menyiapkan mental dan fisik, karena Yesus Kristus akan mendirikan jemaat-Nya di atas Simon Petrus.

Salam olahraga.
Coba tebak, avatarku sedang sakit gigi atau menyeringai?
September 08, 2016, 05:03:31 PM
Reply #15
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 46
  • Denominasi: Kristen
@cinta bhinneka, ulasan yg menarik.

Tapi jgn gak disertai kata INI dalam batu karang ini. Gak gitu nanti batu karangnya diganti entah apa gara2 kata INI nya dihilangkan.

Kata "INI" tentunya merujuk dari percakapan Yesus dan murid2 sebelum maupun ayat sesudahnya, jadi bukan asal comot batu karang entah dari mana.

Ayat lain di matius 16 diakui gak oleh gereja katolik? Kalau nggak ya sudah beda kasus.

September 08, 2016, 05:59:38 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1725
Makanya kan membingungkan kok pernyataan Allah Bapa dan Yesus di Matius 16 mengenai Yesus adalah MESIAS ANAK ALLAH YANG HIDUP berubah jadi gereja katolik yang didirikan kaisar roma konstantin?

yang merubah ayat itu siapa??
September 08, 2016, 06:30:18 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
...Tidak tersirat sedikitpun di Matius 16 Yesus sedang mendirikan suatu lembaga keagamaan, apalagi penunjukan Simon Petrus sebagai pemimpin lembaga keagamaan.
Apa pengertian kata 'lembaga/institusi' ?
Apa pengertian kata 'agama' ?

Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas BATU KARANG ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Dengan jawaban Petrus akan pernyataan Allah Bapa bahwa YESUS ADALAH MESIAS inilah Yesus akan membentuk jemaatNya. JemaatNya ini tentu yang percaya Yesus adalah Mesias. Dan jemaatNya yang percaya Yesus ini masih ada sampai saat ini tidak hilang lenyap dikuasai oleh alam maut sekalipun berusaha diburu dan dibinasakan oleh babel besar seperti yg dinubuatkan di Wahyu.

Kemudian masih di Matius 16 Yesus melarang murid2Nya memberitakan bahwa Dia adalah MESIAS karena belum tiba saatnya. Yesus tidak melarang murid2Nya untuk memberitakan bahwa Dia membuat agama yang dipimpin rasul Petrus, apalagi mendirikan takhta di Roma, karena Yesus memang TIDAK berkata demikian di ayat sebelumnya, namun mengenai dirinya adalah MESIAS.

Pertanyaannya, kenapa Matius 16 ini yang entah bagaimana trus diajarkan Gereja Katolik sebagai alasan Yesus sendiri yang mendirikan satu2nya lembaga agama Katolik di kekaisaran Romawi?

Dan barangsiapa percaya bahwa Yesus adalah Meaias Anak Allah yang hidup adalah jemaatNya dan terdiri dari berbagai golongan seperti kata rasul muridNya.
Sebelum ente tanya demikian, ente jawab dulu pertanyaan sederhana dari saya:
Coba ente buktikan bhw seluruh Jemaat Katolik Roma itu BUKAN termasuk anggota UNIVERSAL CHURCH (CATHOLIC CHURCH) ?
Coba ente buktikan bhw seluruh umat anggota dari Jemaat Katolik Roma itu BUKAN termasuk anggota TUBUH KRISTUS (THE CHURCH) ?

Silahkan sajikan jawaban yg kredibel, bukan cuman NGASAL NJEPLAK komentar SAMPAH doang!


Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
September 08, 2016, 06:56:50 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1725
JemaatNya jelas sekali bukan suatu bangunan gedung, organisasi, agama atau kekaisaran.

Dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu



silakan pelajari tentang gereja protestan,barangkali anda tertarik buat berjemaat disitu(secara anda ga sepaham dgn pengajaran katolik)??klo dasarnya udah ga percaya ya emang kaga bisa dipaksa sih.demikian pula anda ga bisa maksa orang lain supaya memiliki pemahaman & keyakinan yg sama dgn anda.sama halnya di protestan klo ada orang Kristen yg ga percaya dgn bahasa roh & karunia2 roh juga ngga bisa kita paksa berjemaat di gereja kharismatik.
September 08, 2016, 09:54:54 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Terima kasih referensinya pak.

Ada yang ingin saya tanyakan, waktu Simon bin Yunus menjawab bahwa Yesus adalah MESIAS ANAK ALLAH YANG HIDUP, Yesus kemudian berkata diatas batu karang ini itu merujuk pada diri Petrus atau pada jawaban Petrus akan siapa sesungguhnya Yesus?


Secara Naskah: Kita sebenarnya dapat melihat bahwa maksud "diatas batu karang ini" merujuk kepada "jawaban Petrus akan siapa sesungguhnya Yesus" dan itu sebuah "pengakuan iman."

"Pengakuan Iman" inilah yang membentuk Jemaat Kristus.

*** Saya tidak mempersoalkan pemahaman kalangan Katolik Roma yang percaya bahwa Gereja mereka adalah didirikan oleh Rasul Petrus. Siapa saja boleh mempercayai apa yang dipercayainya, itu namanya "freedom of faith" ***


Namun, kalau kita membahas naskahnya, baik Naskah Yunani, Aramaic ataupun Ibrani. Kita mendapatkan 2 Nomina "BATU/ The Rock":

BATU yang satu sebagai "Nama orang" (PETROS/ KEFA)  dan dirujuk dengan "personal pronoun"
BATU yang satunya lagi "sebagai nomina" (PETRA/ KEFA/ HATSUR) dan dirujuk dengan "demonstrative pronoun."


Nah mengapa Naskah Yunani/ Aram/ Ibrani menggunakan 2 macam pronoun yang berbeda?
Saya membahasnya di:
http://www.sarapanpagi.org/batu-dasar-jemaat-vt381.html#p810


Blessings,
BP
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)