Author Topic: MESIAS atau Gereja Katolik di Matius 16:18?  (Read 6300 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 09, 2016, 02:10:56 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1425
  • Gender: Male
Pas kunci kerajaan sorga ada dong penyebabnya Cinta
baca deh ayat diatasnya tentang pengakuan Petrus
ngga ujug2 gitu aja Yesus ngasih "benda" sepenting itu ke sembarang orang tanpa alasan yang jelas
saya pikir sudah jelas semuanya koq
tinggal masing2 menilai saja
Boleh @HenHen tunjukkan, dari ayat atau kata-kata mana @HenHen menyimpulkan adanya hubungan sebab-akibat dari Pengakuan Petrus pada diberikan-Nya kunci Kerajaan Sorga kepada Petrus? Sampai sekarang, @Cinta Bhinneka belum menemukan kata yang menunjukkan bahwa Yesus Kristus memberikan kunci Kerajaan Sorga kepada Petrus karena pengakuan Petrus.

Kalau Gal 2:11-12, nyata bahwa pada awal ayat 12, dimulai dengan kata "karena". Menurut yang kutang-kap, itu artinya, ayat 11 terjadi karena ayat 12. Paulus mempersalahkan Petrus karena menurut Paulus, Petrus mengundurkan diri dari semeja dengan kaum tidak bersunat. Petrus mundur dari meja itu karena kalangan Yakobus (kaum bersunat) datang, lantas, Petrus takut diketahui kaum bersunat itu bahwa dia semeja dengan kaum tidak bersunat.

Salam olahraga.
« Last Edit: September 09, 2016, 02:51:36 PM by Cinta Bhinnekaa »
Coba tebak, avatarku sedang sakit gigi atau menyeringai?
September 09, 2016, 02:15:33 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9470
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
1. Ada bukti keterangan dari pihak SAKSI (penulis surat Acts) dlm ayat pada surat kisah para rasul bhw Petrus memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi ?
2. Ada bukti keterangan dari pihak TERTUDUH (Petrus) bhw Petrus memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi ?

mau bukti?

nih bukti

Galatia 2
11. Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah.

tertulis jelas di kitab yang gereja Katolik sendiri beri predikat "nihil obstat"

kurang?

lanjutin bacanya

13. Dan orang-orang Yahudi yang lainpun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.

apa adanya aja
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
September 09, 2016, 02:35:13 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Pertama, apa kamu ingin semua orang yang percaya Yesus namanya diganti Petrus?
Lu kan ngotot bhw the rock pada ayat Mat 16:18 itu BUKAN merujuk pada st. peter himself (as if the confession of faith ALONE is all it took for Jesus to built His church, and st peter himself has nothing to do with the matter)

So, tugas ente itu membuktikan bhw [the confession of faith ALONE is all it took for Jesus to built His church, and st peter himself has nothing to do with the matter]

Sedangkan dialkitab terdapat data2 mengenai 'confession of faith' dari orang2 selain Petrus, adapun HANYA dlm kejadian peter's confession fo faith sajalah Yesus menyatakan bhw Ia mendirikan jemaatNya.

Makanya gw tanya:
1. If the Rock is peter's confession alone, then why didn't Jesus called Martha, Nathanael, etc as "the rock" ?
2. If confession is all it took for Jesus to start making people rocks and handing out keys, then why did He wait until Peter professed it?

Sampe sini, situ jawab! Jangan malah ngeles dgn balik tanya!

« Last Edit: September 09, 2016, 02:39:42 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
September 09, 2016, 02:39:17 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1425
  • Gender: Male
Ijin nimbrung, kawan-kawan.

Btw, ada enggak apology dari Petrus di Alkitab PB yang merefute claim Rasul Paulus dalam Galatia 2:11 "bahwa dia bersalah."
Kupikir, Surat Paulus kepada Jemaat Galatia itu ditulis bukan dalam rangka bertukar-pikir antara Paulus dengan Petrus. Dengan demikian, Petrus tidak akan menulis komentar tentang surat Paulus. Demikian juga sebaliknya. Kemungkinan besar, Petrus tidak membaca surat Paulus itu, karena mesin fotokopi belum ditemukan, tinta (bahan untuk menulis) masih langka, kertas (tempat menulis) masih langka. Tekonologi masih primitif. Jika ada tulisan seorang rasul yang berkomentar tentang rasul lain, kuduga, itu bukan karena membaca tulisan rasul lain itu, melainkan karena mendengar kisah rasul yang dikomentari itu.

Alkitab sebaiknya dibaca apa adanya.
Sependapat, sepanjang tidak punya hubungan sebab-akibat.

Kalau ada sumber diluar Alkitab Kanonik (Tradisi Suci), yang mengoreksi Paulus atas pernyataannya dalam Galatia pasal2 dan Anda mempercayainya, ya itu pilihan. Saya tidak mempersoalkannya.
Kalau dengan alur pikir seperti yang sudah kukemukakan itu, bagaimana? Sungguh, tulisanku itu tidak kusadur dari tulisan siapapun. Dan itu kutulis bukan demi kewibawaan siapapun. Itu kutulis hanya berdasar pikiranku mencermati ayat-ayat itu saja.

Memang, pada Gal 2:11-12 itu dituliskan bahwa Petrus salah, kesalahannya terkait dengan ikap terhadap kaum tidak bersunat. Secara apa adanya, Petrus bersalah. Namun, di kisah yang lain, diceritakan bahwa Petrus menginjili kaum tidak bersunat. Secara apa adanya, ini menghantar pembaca kepada simpulan bahwa Petrus tidak mempersoalkan apakah seseorang bersunat atau tidak bersunat. Di kisah lain lagi, diceritakan bahwa Petrus tanpa takut-takut, sudah menebas telinga orang lain. Dibaca secara apa adanya, ini meunjukkan bahwa Petrus tidak punya rasa takut.

Freedom of faith.
Laquum dinuquum waliyadhien (poster taulaa... maafkan kalo salah eja).

Salam olahraga.
Coba tebak, avatarku sedang sakit gigi atau menyeringai?
September 09, 2016, 02:43:16 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
mau bukti?

nih bukti

Galatia 2
11. Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah.

tertulis jelas di kitab yang gereja Katolik sendiri beri predikat "nihil obstat"

kurang?

lanjutin bacanya

13. Dan orang-orang Yahudi yang lainpun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.

apa adanya aja
Itu namanya keterangan sepihak, yg bisa saja merupakan ASUMSI SUBYEKTIF atau bisa juga seperti opini Jerome yg SEHAT yakni konklusinya tidak menjelek2kan baik Paulus maupun Petrus  :)

Coba kita telusuri peristiwanya, nanti ketemu kok...
Yg pertama patut kita ketahui, orang2 bersunat yg datang itu ialah ORANG Kristen dari KALANGAN YAKOBUS.

Kemudian, silahkan baca Acts 15, disitu tertulis perihal Petrus mengeluarkan dogma perihal kasus terkait gentiles/jews

Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
September 09, 2016, 03:18:32 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Pertanyaan pertama anda juga sebagai jawaban pandangan gereja katolik mengenai matius 16 adalah mengenai berdirinya gereja katolik.
SEJARAH GEREJA itu kira2 begini:
Jesus created a basic organization of people, developed followers, who with a body of knowledge and revelation and a new covenant given to them by Jesus, established churches around the Mediterranean, including 5 major jurisdictions including Antioch, Byzantium, Rome, Jerusalem and Alexandria...

The institution which is commonly called the Roman Catholic Church today has historical continuity with that church

Umat Katolik juga diajarkan mengenai Petrus sebagai pemimpin Gereja di Antiokhia.



Ilustrasi: wa mendirikan 'a basic social organization of people' yg bergerak di bidang sosial, yg mana makin lama makin berkembang dan menyebar di berbagai wilayah.... setelah seabad kemudian, organisasi sosial yg berada di satu wilayah tsb menjadi sebuah PERUSAHAAN bernama PT. CINTA YESUS dan SESAMA...
mereka mengklaim bhw PT. CINTA YESUS dan SESAMA has historical continuity with [frase biru]

IMO: Klaim mereka itu VALID

Nah ente itu bikin trit ini seolah bermaksud MENGHARAMKAN mereka untuk mengklaim demikian..
Pertanyaan saya:  ENTE ITU PUNYA HAK OPO sok2an MENGHARAMKAN mereka mengklaim demikian ? HAH ?!

JAWAB! jangan kabur lu!



Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
September 09, 2016, 07:16:22 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Btw, ada enggak apology dari Petrus di Alkitab PB yang merefute claim Rasul Paulus dalam Galatia 2:11 "bahwa dia bersalah."

Alkitab sebaiknya dibaca apa adanya.

Kalau ada sumber diluar Alkitab Kanonik (Tradisi Suci), yang mengoreksi Paulus atas pernyataannya dalam Galatia pasal2 dan Anda mempercayainya, ya itu pilihan. Saya tidak mempersoalkannya.

Freedom of faith.
Tidak ada apology dari Santo Petrus tidak membuktikan apa2.
Contoh:
si A bilang: "ahok itu munafik kerana blah blah.."
pak Basuki Rahmat (gubernur DKI) ga ada refute perkataan si A
--> hal ini tidak membuktikan bhw pak Basuki Rahmat (gubernur DKI) bnr2 seperti yg dikatakan si A

1. Bisa saja tudingan si A itu merupakan PENILAIAN SUBYEKTIF si A sendiri terhadap pak gubernur.
2. Bisa saja pak gubernur tidak mengetahui adanya tudingan dari si A terhadapnya
3. Bisa saja tudingan si A itu bukan tertuju pada pak gubernur, melainkan pada orang lain yg bernama seperti namanya pak gubernur,
4. dll alternatif.



Sekarang gini deh...

IMO: In Acts 15, Paul and Barnabas return from Antioch to settle the matter of Judaizing once and for all.
No mention is made of Peter coming with them, only that “certain other of them” also came.
When they arrive in Jerusalem, Peter is there to take up their cause.
Acts bears no mention of any prior conflict or hypocrisy on the part of Peter.

Menurut anda, Acts 15 itu terjadi SETELAH Paulus rebuke Santo Petrus atau SEBELUM ?



Acts 15:7 ...berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka:
"Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.


So... Peter was willing to stand up publicly and confront those who were of the Pharisees within the Jerusalem church.

Why in the world would Peter be afraid of the brothers from James in Antioch?
It doesn't add up, and it doesn't make any sense to me.

Apakah anda punya ayat dari pihak SAKSI (Lukas- penulis Acts) perihal kejadian yg mengindikasikan:
1. peristiwa Paulus REBUKE Santo Petrus ?
2. peristiwa Santo Petrus itu bnr2 MUNAFIK ?

« Last Edit: September 09, 2016, 07:57:55 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
September 09, 2016, 08:35:16 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Tambahan perihal Gal 2:11

Apabila ayat Gal 2 tsb dibaca sekilas scr literal, maka muncul kejanggalan lain yakni:
Apa yg dituduhkan kepada Kefas (asumsi: St Petrus), dia sendiri melakukannya

Now look at what Paul did:
Apostle Paul, who has rebuked Peter for dissimulation..
Paul himself compelled to circumcise Timothy, the son of a Gentile, nay more, a Gentile himself (for he was not a Jew) !!!!!!

Apostle Paul, who has rebuked Peter for dissimulation...
Paul himself shaved his head, purified himself and made sacrifice according to the Mosaic law, which he had previously said is no longer to be followed.

etc


Alhasil: penafsiran dari pembacaan sekilas scr literal justru dapat menggiring pada opini negatif tentang Rasul Paulus.

----------------------

Bandingkan dgn penafsiran yg konklusinya tidak menjelek2an baik Rasul Paulus maupun Rasul Petrus..

St Jerome responded to this charge of Paul rebuking Peter by observing that,

1. Peter was well aware of the law of Moses, but was playing to those who were weak in their faith and out of fear that he might lose them, did what he did so like the Good Shepherd, would not lose ANYONE given to him. Now look at what Paul did
2. In Acts 16:1-3 Paul took a disciple named Timothy… and on account of the Jews of that region, Paul had Timothy a gentile, circumcised. Then
3. Acts 18:18, Acts 21: 18-26 Paul shaved his head, purified himself and made sacrifice according to the Mosaic law, which he had previously said is no longer to be followed.

Catch that? Paul rebukes Peter while giving himself a pass on far more.
But likely, Paul learned from Peter in this exercise that he would enjoin later in his ministry..
Because Paul later in his travels explains HIS behavior by saying, to the Gentiles he becomes as a Gentile, to win them over, as to the Jews he became a Jew so that some might be saved [1 Cor 9: 20-25].
This is what Peter did earlier with the gentiles and was rebuked by Paul for it.
Then Paul embraces this behavior for himself..



Kesan yg muncul menjadi berbeda....  :)
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
September 10, 2016, 12:01:40 AM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
ijin juga nimbrung dikit,

Di kisah lain lagi, diceritakan bahwa Petrus tanpa takut-takut, sudah menebas telinga orang lain. Dibaca secara apa adanya, ini meunjukkan bahwa Petrus tidak punya rasa takut.

jangan lupa dikisah lain 3x Petrus ketakutan abis nebas kuping
jangan lupa dikisah lain 3x Petrus diperingatkan gembalakan domba

hanya baca apa adanya saja
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
September 10, 2016, 03:02:33 AM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

Tambahan perihal Gal 2:11

Apabila ayat Gal 2 tsb dibaca sekilas scr literal, maka muncul kejanggalan lain yakni:
Apa yg dituduhkan kepada Kefas (asumsi: St Petrus), dia sendiri melakukannya

Now look at what Paul did:
Apostle Paul, who has rebuked Peter for dissimulation..
Paul himself compelled to circumcise Timothy, the son of a Gentile, nay more, a Gentile himself (for he was not a Jew) !!!!!!

Apostle Paul, who has rebuked Peter for dissimulation...
Paul himself shaved his head, purified himself and made sacrifice according to the Mosaic law, which he had previously said is no longer to be followed.

etc


Alhasil: penafsiran dari pembacaan sekilas scr literal justru dapat menggiring pada opini negatif tentang Rasul Paulus.



Saya justru mendapatkan bahwa membaca ayat yang secara "plain" apa adanya itu tidak menggiring pada opini negatif tentang Rasul Paulus" seperti pendapat Anda itu. Apa yang dilakukan Rasul Paulus merupakan teguran yang baik, dan yang mengoreksi suatu kesalahan, dan Petrus menerimanya, terbukti dengan diputuskannya suatu kesepakatan yang dicatat dalam Kisah Para Rasul pasal 15.

Demikian juga yang Pernah dilakukan Tuhan Yesus Kristus kepada pribadi yang sama, dan "dicatat dalam pasal yang sama" kepada murid-Nya: Rasul Petrus. Ketika Petrus melakukan yang benar, Tuhan Yesus memberikan apresiasi. Namun ketika Petrus melakukan kesalahan Tuhan Yesus juga menegurnya dengan sangat keras:

* Matius 16:16-19; 30-23
16:16   Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
16:17   Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
16:18   Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
16:19   Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

16:20   Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.
16:21   Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.
16:22   Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau."
16:23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."


Apakah Teguran Tuhan Yesus "secara literal" kepada Petrus juga akan Anda anggap "menggiring Tuhan Yesus kepada "opini negatif"? Tentu tidak! Sayapun beranggapan Anda tidak menganggap begitu. Sebab, teguran Tuhan Yesus kepada Petrus adalah untuk mengoreksi kesalahannya. Tuhan Yesus "terang terangan menentangnya" dengan perkataan sangat keras "enyahlah Iblis!" Dan Petrus menerimanya, Petrus bersedia ditegur atas kesalahannya.

Sesama rekan sepelayanan, saling menegur/ mengoreksi jika ada rekannya yang berbuat salah. Apa yang dilakukan Rasul Paulus kepada Petrus "sama sekali tidak menggiring pada opini negatif tentang Rasul Paulus."

Paulus memberikan koreksinya kepada Petrus, dan koreksi Paulus kepada Petrus adalah baik.

Dan pembacaan ayat dalam Galatia 2:11-14 yg "secara apa adanya (yang plain, yang lurus)" tidak akan  menghasilkan "opini negatif" baik kepada Rasul Paulus maupun kepada Rasul Petrus. Dan justru peristiwa di sini menunjukkan bahwa secara arif kemudian Petrus menerima tegoran dari Rasul Paulus. Menunjukkan bahwa para sesama Rasul, murid-murid Kristus "saling menegur." Paulus menegur karena peduli, Petrus mau ditegur agar pelayanannya tetap lurus. Demikian juga kita. Jika kita yang ditegur, belajarlah menerima teguran itu dengan besar hati sebagai salah satu cara Tuhan dalam mendidik kita (Amsal 6:23).

Paulus melaksanakan apa yg selaras dengan Amsal 6:23 itu: "Hendaklah perkataan Kristus tinggal dengan limpahnya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain." (Kolose 3:16)

Peristiwa dalam Galatia 2:11-14 tidak diragukan melatar-belakangi peristiwa terjadinya "Surat Keputusan Bersama ROH KUDUS dan Para Rasul" yang dicatat dalam Kisah pasal 15. Justru dari tegoran dalam Galatia 2:11-14 melahirkan suatu koreksi, dan melahirkan "Surat Keputusan Bersama ROH KUDUS dan Para Rasul."

Reff: http://www.sarapanpagi.org/sidang-gereja-bersama-untuk-pertama-kalinya-kisah-pasal-15-vt2639.html#p15191
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)