Author Topic: Anak Kecil Susah Minum Obat. Bgm Caranya?  (Read 3628 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 13, 2016, 02:01:17 PM
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 205
  • Gender: Male
  • Denominasi: protestan
Si kecil mau ultah ke 4, sekarang lagi sakit. Susah sekali klau disuruh minum obat. Obat puyer yg dicampur sirup pemanis, gak mau. Bahkan obat yg bentuknya sdh cair dan berasa strawberi pun gak mau juga. Kalau ditanya, alasannya sama : Pahit!  :mad0261:

Mungkin semua cara sudah kami lakukan, dan akhirnya cara yg paling tidak direkomendasikan pun dicoba : Si kecil dipaksa. Itu pun hanya 1/2 lebih dari dosis yg berhasil masuk. Itupun cuma 2x, klo dilakukan terus gak tega kasihan banget melihatnya .....  :'(

Bro n Sis, mohon sharing pengalaman dan tips nya cara meminumkan obat buat Si Kecil .... 

Terima kasih.


GBU
Sebanyak yang engkau butuhkan!
September 13, 2016, 05:01:07 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2910
  • Gender: Male
  • Salam
    • Google
  • Denominasi: Christian
Umm, apakah TS beri tahu akibatnya pd si anak apabila tdk minum obat? (ga bisa main, ga bisa ultah, ga bisa dll?)
« Last Edit: September 13, 2016, 05:04:14 PM by NicMus »
If your religion requires that you hate someone - you need a new religion.
September 13, 2016, 06:00:04 PM
Reply #2
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 205
  • Gender: Male
  • Denominasi: protestan
Umm, apakah TS beri tahu akibatnya pd si anak apabila tdk minum obat? (ga bisa main, ga bisa ultah, ga bisa dll?)

Sdh kasih penjelasan. Termasuk 'ntar temen2 di skolah (TK Kecil) pada nanyain lho kok adek lama ga skolah'. Dia nya klihatan berpikir tuh tp klo balik ditanya jwb "ga mau, pahit".

Udah diajak utk partisipasi dg tnya: ntar adek yg pegang sendok ok dek, mau pke tngn kanan ato kiri? Tetep aja ga mau. Padahal dah mau tuh pegang2 botol nya yg ada gambarnya hehehe....

Ya sdh jd nya ngandalin asupan mknan aja. Untungnya dia suka buah si...

Sebanyak yang engkau butuhkan!
September 20, 2016, 09:06:18 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 747
  • Gender: Female
  • no one perfect
  • Denominasi: follower of Jesus Christ
sudah coba mencampur dg minuman tertentu??  jus misalnya???
kalau memang anak sakitnya ga parah jangan pakai obat, dibantu regenerasi dr dlm aja...
banyakib vitamin,  madu air putih  pokoknya yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak...
pakai obat alami dr TUHAN bakal lebih ampuh soalnya
because things will get better,


one day i will say it wasn't easy, but i made it with christ
November 17, 2016, 10:11:00 PM
Reply #4
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 205
  • Gender: Male
  • Denominasi: protestan
Puji Tuhan, beberapa hari kemudian si kecil sembuh dan bisa Ultah potong kue tart n bagi2 bingkisan makanan anak di sekolah Minggu.

 :)



sudah coba mencampur dg minuman tertentu??  jus misalnya???
kalau memang anak sakitnya ga parah jangan pakai obat, dibantu regenerasi dr dlm aja...
banyakib vitamin,  madu air putih  pokoknya yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak...
pakai obat alami dr TUHAN bakal lebih ampuh soalnya

Sudah Sist, persis gitu, obat dicampurin di jus buah kesukaa dia, tapi si kecil kok tahu juga ya.... akhirnya jus ga habis dech, alias obat keminum dikit aja  :mad0261:

Betul. Krn menghadapi kesulitan begitu, jadi 'memaksa' kita utk ambil cara yg alamiah gitu : banyak minum dan makan yg dia sukai, tp klo madu dianya gak suka.

« Last Edit: November 17, 2016, 10:16:25 PM by epp.wiwoho »
Sebanyak yang engkau butuhkan!
November 17, 2016, 10:48:04 PM
Reply #5
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 205
  • Gender: Male
  • Denominasi: protestan
Kayaknya sudah jadi perilaku reflex kita smua di jaman sekarang ini, bila ada masalah pasti langsung cari info via google.  Tentu saja yg utama dibawa dalam doa dong  :wink:

Dari googling yg banyak ditemui ya cara-cara standar buat kasih minum obat anak kecil : dari cara yg prinsipiil (kasih pemahaman pd si kecil, jangan dipaksa, jangan dibohongi, jangan dijebak), cara alamiah (kesembuhan dari asupan makan n minuman n istirahat, obat nomor berikutnya aja), sampai cara modern dg melibatkan si kecil berpartisipasi dlm hal proses minum obat), dll lagi.

Ada satu artikel menarik di situsnya kompas, klo ga salah, disitu bukan tips cara-cara bgm melakukannya (meminumkan obat ke si kecil) tapi cuma pemahaman yg realistis. Inti artikel itu : Anak kecil (sebagian) memang sulit utk minum obat, jadi tunggu lah hingga usia 5 tahun. Nasehat pada artikel itu : "Jadi, Bapak dan Ibu, sabar ya!"

Dari share dg temen kantor, juga mengamini tentang usia 5 tahun itu.

Sungguh ini pengalaman penting. Sungguh itu informasi penting. Sungguh ini hikmat penting : Semua cara mesti dicoba tapi harus disertai dg satu hal : BERSABAR.

Terima kasih Tuhan. Terima kasih juga buat adanya teknologi internet.

 :)
« Last Edit: November 17, 2016, 10:58:29 PM by epp.wiwoho »
Sebanyak yang engkau butuhkan!
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)