Author Topic: kunci kerajaan surga TIDAK diberikan hanya ke Petrus ?  (Read 3002 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 20, 2016, 05:09:44 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3154
  • Gender: Male
  • Denominasi: Yesus itu Allah
Ijin nimbrung.Kutang-kap, perpecahan yang dimaksud pada 1 Kor 11:19 bukan pembentukan kelompok lalu menamakan diri Gereja. Pada awalnya, perpecahan dimaksud ialah perbedaan pikiran seorang dengan yang lainnya, walaupun sesama anggota jemaat. Namun, belakangan, memang terjadi perpecahan, pemisahan diri, pembentukan kelompok baru, dan dengan sendirinya memberontak dari keinginan Yesus Kristus mendirikan satu jemaat, sebab, pembentukan jemaat baru, akan menghasilkan jemaat yang berjumlah jamak.

Menurut penangkapanku, 1 Kor 11:20 Apabila kamu berkumpul, kamu bukanlah berkumpul untuk makan perjamuan Tuhan, menunjukkan bahwa pada mulanya, jemaat Kristus berkumpul untuk makan perjamuan Tuhan. Nah, bila pada waktu itu ada beberapa anggota jemaat yang berkumpul bukan untuk makan perjamuan Tuhan, yang kemudian kelompok itu semakin banyak dan tinggal menunggu pemicu saja untuk membentuk kelompok baru yang kita namakan perpecahan, lalu jemaat Kristus menjadi jamak. Masing-masing kelompok menamakan diri jemaat Kristus, padahal Yesus Kristus hanya sekali mendirikan jemaat-Nya.

Salam olahraga.
ke atas dulu dunk bro,

1 Kor 11:18 Sebab pertama-tama aku mendengar, bahwa apabila kamu berkumpul sebagai Jemaat, ada perpecahan di antara kamu, dan hal itu sedikit banyak aku percaya.

dan perjamuan malam itu salah satu contoh saja, sebab ada lagi nih..

1 Kor 11:34 Kalau ada orang yang lapar, baiklah ia makan dahulu di rumahnya, supaya jangan kamu berkumpul untuk dihukum. Hal-hal yang lain akan kuatur, kalau aku datang.

kalo jemaat Kristus yah pasti satu yakni jemaat yang mengikuti Kristus gak ada yg lain, dan jemaat itu tersebar seperti jemaat di Korintus, jemaat di Galatia, jemaat di Anthiokia, jemaat di Asia, dll.
memberontak dari keinginan Kristus itu hanya tudingan oknum saja  :char11:
datang sebagai anak kecil kepada Bapa - Yesus memberkatimu.
September 20, 2016, 06:52:32 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1046
  • Denominasi: Umum
Secara bunyi kalimat, betul tidak ada itu KKS di ayat2 lain, selain di event pembicaraan Yesus dgn Petrus di ayat terkait. Namun segera setelah text KKS, kalimat selanjutnya terdapat di Mat 18. Wajar pabila KKS jadinya dimengertikan berupa kalimat selanjutnya tsb. Konsekwensi ngambil pengertian spt ini, ya dengan demikian KKS tidak hanya diberikan kepada Petrus.

Nah... untuk ngambil pengertian bhw KKS itu hanya diberikan kepada Petrus, setidaknya buat saya, saya pingin tau APA itu maksudnya KKS ? Apakah maksudnya supremasi kepemimpinan seorang individu ?

Kl pengertian saya yg awam ini KKS menurut saya adalah kuasa yg diberikan untuk mengampuni dosa. Misalnya saat Yesus mengampuni seseorang lalu bilang pergilah dan jangan berbuat dosa lagi. Mungkin kuasa itu yg dimaksud?
CMIIW

Mengenai ber-hak ato kagaknya, saya gak tau. Namun berangkat dgn patokan pengertian saya diatas (imo) secara logika jadinya kayak gini : ketika shepherdnya udah gak ada di dunia lagi (Petrus mati), lalu siapa yang akan jadi shepherd-nya ? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka (imo) logically Petrus memilih shepherd penerus dirinya.

Jika pengertiannya demikian maka "kunci" tersebut hanyalah ungkapan simbolis saja bahwa Petrus disuruh meneruskan pelayanan Yesus dan menjadi pemimpin. Tidak ada penjelasan tentang melepas atau mengikat

Kembali lagi, jadi maksud istilah KKS itu apa ya secara versi lain yg bukan versi saya ?

Saya jadi nggak jelas juga lama-lama ;D
September 20, 2016, 07:02:44 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1046
  • Denominasi: Umum
Kl baca tulisan CB saya malah menangkapnya "kunci" itu benar-benar hanya diberikan kepada Petrus. Tidak pada orang lain, sehingga Petrus pun tidak berhak memberikannya pada orang lain.
Mungkin kunci itu telah dikembalikan pada Tuhan saat ia berpulang ke surga  :azn: Mungkin telah dikembalikan, mungkin juga belum dikembalikan. Jika berpedoman pada Alkitab saja, tidak ada penjelasan kelanjutan mengenai Kunci Kerajaan Sorga itu.
Bila berasumsi bahwa Kunci Kerajaan Sorga itu masih dipegang Petrus (karena tidak ada informasi penyerahannya kepada pihak lain), nanti, ketika memasuki dunia orang mati, kita bawa ayam jago saja. Kalo bisa, ayam jago yang dapat diperintah untuk berkokok. Nah, kalau Petrus nggak mau meminjamkan Kunci Kerajaan Sorga itu, perintah saja ayam jagonya berkokok, agar Petrus menangis menggerung-gerung (-karena ingat bahwa dia pernah mengaku tidak mengenal Yesus Kristus-), lalu ambil kunci Kerajaan Sorga, dan masuk sorga. Tapi, harus hati-hati. Kalo ketahuan membuka Kerajaan Sorga dengan kunci pinjaman, mungkin akan repot urusannya.

Salam olahraga.

Nggak perlu begitu, jika anda mengetahui bahwa "kunci" itu diwariskan dalam suksesi Paus berikut-berikutnya anda bisa sampaikan misalnya tertuang dalam dokumen apa, bentuk kuncinya seperti apa, prosesinya bagaimana, dst.
Dan apakah "kunci" yang diteruskan itu apakah hanya satu, bisakah menjadi "kunci-kunci" yg misalnya diberikan pada tiap pimpinan wilayah.
Yang masih menjadi misteri bagi saya adalah sebenarnya apa sesungguhnya "kunci Kerajaan Sorga" itu?
September 25, 2016, 09:05:43 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2515
  • Gender: Male
Menurut saya,
Saat itu, kunci kerajaan surga tidak diberikan hanya ke Petrus melainkan juga ke 12 Rasul.

Anyway, dari baca2 mengenai hal ini - sepertinya "problem" yang ada adalah :
adanya orang yg berpendapat bhw kunci kerajaan sorga diberikan ke semua orang yang beragama Kristen (???).

Nah, kalo yg ungu saya nggak sependapat.

Jadi saya siap "diberantemin" baik dari pihak yg bilang [kunci kerajaan sorga diberikan HANYA ke Petrus] maupun dari pihak yg bilang [kunci kerajaan sorga diberikan ke semua orang yg beragama Kristen]  :char11:.

Untuk sementara ini, alesan saya yg terutama adalah perihal yg ada di pov saya, yakni :
secara gak langsung, apa yg Yesus katakan tsb jadinya menyangkut ke perihal hirarki (tatanan / organisasi, whatever) ---> [ada pihak yg berotoritas - ada pihak yg dibawah otoritas tsb]. Jadi bukan perihal [siapa yang masuk sorga - siapa yang tidak masuk sorga dikarenakan perihal dapet konci ato kagak].

Nah, pihak mana dulu yang akan "ngeberantemin" saya ?
Silahkeeen....  :D

:)
salam.

kalo berdasarkan ayat :

Mat 16:18-19

Yoh 21:-17
-----------------

pengakuan Petrus :

Kis. 15:7-12

setelah semuanya itu, ada yang mengaku bahwa mereka adalah penerus rasul petrus dan mereka menganggap diri mereka sebagai pemegang kunci kerajaan surga.


mungkin bro oda bisa menilai kesaksian petrus tentang Yesus dibawah ini :

Kis 3:13-26

adakah hal ini yang diikuti oleh pewaris kunci kerajaan surga dimasa awal ataukan mereka membuat satu ajaran lainnya yang membenarkan tuduhan orang - orang yahudi yang tidak percaya Yesus.

apakah tuduhan itu?

Yesus menyamakan diriNya dengan TUHAN, Allah Israel.

Apa yang telah dilakukan para pewaris?

merumuskan konsep keillahan tidak berdasarkan kesaksian Petrus diatas, melainkan mengadopsi konsep dari pengadilan romawi dan mencari ayat - ayat yang mendukung lahirlah kemudian doktrin tritunggal.
----

sorry curhat diatas :)

jadi mengenai kunci kerajaan sorga tidak diberikan hanya kepada Petrus?

jawaban : kunci diberikan kepada Petrus sebagaimana tertulis dalam ayat yang saya tuliskan diatas namun terkait penerusnya bukanlah sebagaimana pengakuan belaka.


mungkin sekian dulu, silahkan ditanggapi jika berkenan.

Salam
Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka.
October 06, 2016, 02:54:33 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1425
  • Gender: Male
Quote
Ijin nimbrung.Kutang-kap, perpecahan yang dimaksud pada 1 Kor 11:19 bukan pembentukan kelompok lalu menamakan diri Gereja. Pada awalnya, perpecahan dimaksud ialah perbedaan pikiran seorang dengan yang lainnya, walaupun sesama anggota jemaat. Namun, belakangan, memang terjadi perpecahan, pemisahan diri, pembentukan kelompok baru, dan dengan sendirinya memberontak dari keinginan Yesus Kristus mendirikan satu jemaat, sebab, pembentukan jemaat baru, akan menghasilkan jemaat yang berjumlah jamak.

Menurut penangkapanku, 1 Kor 11:20 Apabila kamu berkumpul, kamu bukanlah berkumpul untuk makan perjamuan Tuhan, menunjukkan bahwa pada mulanya, jemaat Kristus berkumpul untuk makan perjamuan Tuhan. Nah, bila pada waktu itu ada beberapa anggota jemaat yang berkumpul bukan untuk makan perjamuan Tuhan, yang kemudian kelompok itu semakin banyak dan tinggal menunggu pemicu saja untuk membentuk kelompok baru yang kita namakan perpecahan, lalu jemaat Kristus menjadi jamak. Masing-masing kelompok menamakan diri jemaat Kristus, padahal Yesus Kristus hanya sekali mendirikan jemaat-Nya.
ke atas dulu dunk bro,

1 Kor 11:18 Sebab pertama-tama aku mendengar, bahwa apabila kamu berkumpul sebagai Jemaat, ada perpecahan di antara kamu, dan hal itu sedikit banyak aku percaya.

dan perjamuan malam itu salah satu contoh saja, sebab ada lagi nih..

1 Kor 11:34 Kalau ada orang yang lapar, baiklah ia makan dahulu di rumahnya, supaya jangan kamu berkumpul untuk dihukum. Hal-hal yang lain akan kuatur, kalau aku datang.

kalo jemaat Kristus yah pasti satu yakni jemaat yang mengikuti Kristus gak ada yg lain, dan jemaat itu tersebar seperti jemaat di Korintus, jemaat di Galatia, jemaat di Anthiokia, jemaat di Asia, dll.
memberontak dari keinginan Kristus itu hanya tudingan oknum saja  :char11:
Lhoh, di pos#29 yang @cipluk quote itu, kusampaikan, "perpecahan yang di 1 Kor 11:19, bukan pembentukan jemaat baru di luar yang didirikan Yesus Kristus". Lalu, itu @cipluk quote dan memuali pos dengan "Ke atas dulu dunk bro", seolah-olah, menurut @cipluk, 1 Kor 11:18 menunjukkan adanya perpecahan dalam arti pembentukan kelompok baru. Demikian juga, @cipluk mengajukan 1 Kor 11:34.
Berkenankah @cipluk menunjukkan, bagian mana dari 1 Kor 11:18 dan 1 Kor 11:34 itu yang mendorong @cipluk mengartikan bahwa berdasarkan 1 Kor 11:18 dan 1 Kor 11:34 telah terjadi perpecahan kelompok, atau sudah terbentuk kelompok baru?

Yang kutang-kap, perpecahan di sana dimaksudkan untuk menggembarkan perbedaan ikiran, bukan bertambahnya kelompok dan menamakan diri pengikut Kristus.

Salam olahraga.
Coba tebak, avatarku sedang sakit gigi atau menyeringai?
October 06, 2016, 03:04:24 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1425
  • Gender: Male
Nggak perlu begitu, jika anda mengetahui bahwa "kunci" itu diwariskan dalam suksesi Paus berikut-berikutnya anda bisa sampaikan misalnya tertuang dalam dokumen apa, bentuk kuncinya seperti apa, prosesinya bagaimana, dst.
Dan apakah "kunci" yang diteruskan itu apakah hanya satu, bisakah menjadi "kunci-kunci" yg misalnya diberikan pada tiap pimpinan wilayah.
Yang masih menjadi misteri bagi saya adalah sebenarnya apa sesungguhnya "kunci Kerajaan Sorga" itu?
Justru @Cinta Bhinneka tidak menemukan ayat dalam Alkitab selain Mat 16:19 yang menggunakan frasa "kunci Kerajaan Sorga". Dengan demikian, yang kutang-kap, kunci Kerajaan Sorga diberikan hanya kepada Simon Petrus.

Tentang "kunci Kerajaan Sorga", kumaknai sebagai pembuka atau pengunci Kerajaan Sorga. Dalam bentuk apapun "kunci Kerajaan Sorga", itu kumaknai sebagai pembuka atau pengunci Kerajaan Sorga.

Salam olahraga.
Coba tebak, avatarku sedang sakit gigi atau menyeringai?
October 08, 2016, 04:25:34 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, SUPAYA mereka menjadi satu sama seperti Kita


Dan penulis Korintus tidak setuju dengan ayat diatas, dengan menyatakan :
di antara kamu harus ada perpecahan, SUPAYA nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji

Konsekwensi logikanya,
penulis ayat di Korintus tsb tidak didalam kemungkinan berdoa semacem doa yg dipanjatkan Yesus.

:)
salam.

October 08, 2016, 04:32:12 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Dan pointnya tetap kunci kerajaan surga cuman diberikan ke Petrus.
Dimana Bro Oda beranggapan diberikan tidak hanya ke Petrus.
saya kepingin tau dulu definisi KKS itu di pov jerry kayak begimana ?

Spt yg saya post buat cinta,
apabila definisinya KKS adalah supremasi/kepemimpinan Petrus di pov jerry, maka (imo) ada ayat laen yg (sekali lagi imo) udah sulit utk dipungkiri bhw kalimat2 ayat tsb menuntun utk disimpulkan mengenai kepemimpinan Petrus. Jadi (imo) ya cukup satu ayat itu aja.... gak perlu ampe bawa2 ayat KKS.

Laen cerita apabila KKS yg di pov jerry BUKAN yg spt ungu.

:)
salam.
October 08, 2016, 04:49:06 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
Kl pengertian saya yg awam ini KKS menurut saya adalah kuasa yg diberikan untuk mengampuni dosa.
Oke. Di pov belajarlagi ... KKS adalah ungu.

Saya yg berangkat dari pov belajarlagi berpendapat sbb :
dengan demikian KKS tidak diberikan hanya ke Petrus.
Alesan saya : kalo ungu cuma bisa dilakukan oleh Petrus, ya nantinya repot diketika ada jemaat yg jauh dari Petrus, 300 km ---> ybs mesti travel 300 km utk ketemu Petrus agar Petrus mengampuni dosanya.  :char11:

Quote
Misalnya saat Yesus mengampuni seseorang lalu bilang pergilah dan jangan berbuat dosa lagi. Mungkin kuasa itu yg dimaksud?
CMIIW
Mungkin. Saya sendiri juga terus terang masih belon bisa mendefinisikannya :).

Quote
Jika pengertiannya demikian maka "kunci" tersebut hanyalah ungkapan simbolis saja bahwa Petrus disuruh meneruskan pelayanan Yesus dan menjadi pemimpin. Tidak ada penjelasan tentang melepas atau mengikat

Saya jadi nggak jelas juga lama-lama ;D
Oleh karena definisi-nya KKS masih gak jelas itulah, pabila perihal supremasi/kepemimpinan Petrus (imo) ayat KKS kurang pas dibawa-bawa.

:)
salam.
October 08, 2016, 04:57:40 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12811
    • fossil coral cantik
setelah semuanya itu, ada yang mengaku bahwa mereka adalah penerus rasul petrus dan mereka menganggap diri mereka sebagai pemegang kunci kerajaan surga.
Dalam hal ini, sebenernya saya nggak lagi "urus" mengenai pengakuan orang, LOT.

Saya ninjaunya dari segi logika  :azn:

Quote
jadi mengenai kunci kerajaan sorga tidak diberikan hanya kepada Petrus?

jawaban : kunci diberikan kepada Petrus sebagaimana tertulis dalam ayat yang saya tuliskan diatas namun terkait penerusnya bukanlah sebagaimana pengakuan belaka.

1. apa definisi KKS di pov LOT ?
2. berangkat dari bold, bagaimana dengan Rasul lain ?
menurut pov LOT mereka diberikan KKS ato kagak  ?

:)
salam.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)