Author Topic: The Angel of The Lord  (Read 5152 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 10, 2016, 01:57:51 PM
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6238
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Di zaman PL, terdapat sesosok yg fenomenal dan misterius,
Ia muncul dalam banyak peristiwa tetapi tidak banyak yang Alkitab jelaskan secara khusus mengenai dia shg muncullah beragam tafsir mengenai siapa sesungguhnya tokoh ini.

Sosok ini adalah The Angel of The Lord
atau Malakh (Utusan) YHVH dalam bahasa Ibrani
atau Malaikat TUHAN dalam Alkitab TB (dengan M huruf besar).

Apakah yang fenomenal dari tokoh ini?

Kel 23:20-23
Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan.
Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia.
Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan segala yang Kufirmankan, maka Aku akan memusuhi musuhmu, dan melawan lawanmu.
Sebab malaikat-Ku akan berjalan di depanmu dan membawa engkau kepada orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Kanaan, orang Hewi dan orang Yebus, dan Aku akan melenyapkan mereka.


Saya pikir kuncinya itu ada di sana.

Nama TUHAN ada di dalam Sang Malaikat ini.

Itulah yg membuat malaikat ini istimewa, antara lain:

1. Ia berbicara dan menyampaikan firman dari dirinya sendiri menggunakan kata ganti orang pertama.

Hak 2:1-4
Lalu Malaikat TUHAN pergi dari Gilgal ke Bokhim dan berfirman: "Telah Kutuntun kamu keluar dari Mesir dan Kubawa ke negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyangmu, dan Aku telah berfirman: Aku tidak akan membatalkan perjanjian-Ku dengan kamu untuk selama-lamanya,
tetapi janganlah kamu mengikat perjanjian dengan penduduk negeri ini; mezbah mereka haruslah kamu robohkan. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku. Mengapa kamu perbuat demikian?
Lagi Aku telah berfirman: Aku tidak akan menghalau orang-orang itu dari depanmu, tetapi mereka akan menjadi musuhmu dan segala allah mereka akan menjadi jerat bagimu."
Setelah Malaikat TUHAN mengucapkan firman itu kepada seluruh Israel, menangislah bangsa itu dengan keras.


2. Ia memiliki otoritas untuk memberkati, mengutuk, mengampuni ataupun tidak mengampuni.

Hak 5:23
"Kutukilah kota Meros!" firman Malaikat TUHAN, "kutukilah habis-habisan penduduknya, karena mereka tidak datang membantu TUHAN, membantu TUHAN sebagai pahlawan.


---------

Ada beberapa tafsir terkait identitas malaikat ini, namun utk mempersingkat bahasan, maka saya coba utarakan opini pribadi saya.

Kel 23:20-23
Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan.
Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia.


Kita kembali pada apa yg Tuhan katakan mengenai malaikat ini:
Nama TUHAN ada di dalam dia.

Jika nama TUHAN ada di dalam dia, apakah berarti dia itu Tuhan?

Pada hakikatnya dia bukanlah Tuhan, tetapi untuk seketika waktu ia menjadi seperti Tuhan karena Tuhan memberikan namaNya kepada dia.

Ia dapat bertindak, berbicara dan bersikap seperti Tuhan sepanjang nama Tuhan ada dalam dia.
Malaikat ini Tuhan diberikan tugas beserta otoritas untuk menuntaskan tugas tersebut.

Apakah tugas dari Sang Malaikat ini?
Jika kita melihat alur kisahnya, maka tugas Malaikat Tuhan adalah mengawal dan memastikan hingga kedatangan Sang Mesias.

Makanya si malaikat itu bertindak:
1. Menyatakan diri dan berfirman kpd Abraham, Yakub, Musa, hakim-hakim dan nabi-nabi
2. Membawa Israel keluar dari Mesir dan masuk tanah perjanjian
3. Menjadi pengantara Perjanjian Taurat
4. Berkarya dalam sejarah Israel pra-mesianik

Zak 12:8
Pada waktu itu TUHAN akan melindungi penduduk Yerusalem, dan orang yang tersandung di antara mereka pada waktu itu akan menjadi seperti Daud, dan keluarga Daud akan menjadi seperti Allah, seperti Malaikat TUHAN, yang mengepalai mereka.


------

Pertanyaannya skrg, mengapa malaikat dan mengapa menggunakan malaikat?
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
November 10, 2016, 01:59:26 PM
Reply #1
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6238
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Kedudukan dan peran Malaikat Tuhan bagi Israel adalah sebuah bayangan, sebuah tipe, sebuah gambaran dari apa yg Tuhan akan lakukan melalui Mesias.

TUHAN dalam kemuliaan dan kebesaranNya tidak dapat berjalan langsung di tengah-tengah manusia, maka Ia mengutus seorang malaikat yang berjalan bersama-sama di tengah-tengah umat untuk mewakili Dia. Umat memandang sang malaikat seperti mereka memandang Tuhan.

Sang malaikat adalah representasi Tuhan yg nyata di tengah-tengah mereka.
Sang Malaikat berperan sbg 'The Angel of Theophany'.

Pertanyaan lanjutannya, mengapa 'malaikat'?
Ini akan terkait kelak dg inkarnasi.

Stefanus, Paulus dan (Apolos) menyatakan kpd kita bhw perjanjian Taurat adalah perjanjian antara Tuhan dg manusia melalui perantaraan malaikat. Dg kata lain, Taurat adalah perjanjian Tuhan yang disampaikan oleh malaikat.

Kis 7:38
Musa inilah yang menjadi pengantara dalam sidang jemaah di padang gurun di antara malaikat yang berfirman kepadanya di gunung Sinai dan nenek moyang kita; dan dialah yang menerima firman-firman yang hidup untuk menyampaikannya kepada kamu.

Gal 3:19
Kalau demikian, apakah maksudnya hukum Taurat? Ia ditambahkan oleh karena pelanggaran-pelanggaran--sampai datang keturunan yang dimaksud oleh janji itu--dan ia disampaikan dengan perantaraan malaikat-malaikat ke dalam tangan seorang pengantara.

Ibr 2:2-4
Sebab kalau firman yang dikatakan dengan perantaraan malaikat-malaikat tetap berlaku, dan setiap pelanggaran dan ketidaktaatan mendapat balasan yang setimpal,
bagaimanakah kita akan luput, jikalau kita menyia-nyiakan keselamatan yang sebesar itu, yang mula-mula diberitakan oleh Tuhan dan oleh mereka yang telah mendengarnya, kepada kita dengan cara yang dapat dipercayai, sedangkan
Allah meneguhkan kesaksian mereka oleh tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karena ROH KUDUS, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya.


Stefanus, Paulus dan (Apolos) adalah orang Yahudi terpelajar. Orang-orang Yahudi meyakini bhw yang menyampaikan Taurat kpd Musa memang adalah malaikat, yaitu Malaikat Tuhan yang berotoritas seperti Tuhan (krn nama Tuhan ada pada dia).

Mengapa malaikat?
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
November 10, 2016, 01:59:54 PM
Reply #2
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6238
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Karena kelak akan datang waktunya dimana Tuhan menetapkan dan meneguhkan sebuah perjanjian baru, perjanjian yang lebih baik daripada yang sebelumnya dan perjanjian baru ini harus disampaikan oleh pribadi yang lebih tinggi tingkatannya daripada malaikat.

Pada saat Paulus, Petrus dan Apolos membandingkan antara perjanjian Taurat dg perjanjian baru, maka mereka selalu membandingkan antara 'malaikat' dengan Yesus Kristus.

Ibr 1:1-7
Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi,
maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.
Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.
Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?"
Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."
Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api."


1Ptr 1:10-12
Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.
Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.
Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh ROH KUDUS, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.


Bahkan Tuhan Yesus sendiri pernah menyatakan keutamaan diriNya dibandingkan malaikat.

Yoh 1:51
Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.


Pada saat Ia mengucapkan kata ini kpd Natanael (seorang religius Yahudi), maka Ia sama seperti menunjukkan bhw diriNya adalah sosok yang lebih berkuasa daripada Malaikat Tuhan.

Itulah maksudnya mengapa Tuhan mengutus Malaikat Tuhan pada masa perjanjian lama, supaya jelas bahwa status Sang Mesias adalah lebih tinggi dan perjanjianNya lebih baik, lebih kokoh.

Yesus Kristus bukanlah Malaikat Tuhan zaman PL,
Yesus Kristus lebih tinggi statusnya, lebih tinggi kedudukannya. Ia adalah Sang Firman Allah.

Nah, Malaikat Tuhan itulah yang justru utk seketika waktunya diberikan keistimewaan utk mewakili gambaran Kristus pd umatNya, sama spt seekor domba yg seketika waktunya menjadi gambaran utk mewakili Anak Domba Allah.

Sekalipun diberi otoritas yang tinggi, Malaikat Tuhan rupanya tidak diberi kuasa utk menghardik Iblis.

Za 3:2
Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung yang telah ditarik dari api?"


Tp Yesus Kristus ternyata mampu menghardik dan mengusir Iblis dari hadapanNya.

Mat 4:10
Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"


Nah, jika ada orang berpendapat bhw Malaikat Tuhan ini adalah Kristus pra-inkarnasi, apakah pendapat ini beralasan?

Di satu sisi beralasan orang bpendapat dmikian krn Malaikat Tuhan itu memang dikondisikan oleh Tuhan untuk menggambarkan peran Kristus, yaitu pengantara perjanjian.
Jadi ketika orang membaca soal Malaikat Tuhan ini, maka mereka akan teringat pada Yesus Kristus.

Tp apakah Malaikat Tuhan dan Yesus Kristus adalah pribadi yang sama?

Ini saya tidak setuju.

Malaikat Tuhan menggambarkan sebagian peran dari Kristus tetapi tidak sepenuhnya.
Yesus Kristus jauh lebih utama dari Malaikat Tuhan sebagaimana Injil yang dibawaNya jauh lebih kokoh daripada Taurat.

Bukankah sesudah Kristus datang justru kita tidak mendapat kabar lagi dari Malaikat Tuhan itu?
« Last Edit: November 10, 2016, 02:10:14 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
November 10, 2016, 02:31:52 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
The Angel of The Lord adalah Yesus Kristus
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
November 10, 2016, 02:40:13 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
The Angel of The Lord adalah Yesus Kristus

Nice!
Dikenal dengan istilah theologis: Theofani/ Kristofani



Ada satu perempuan yg dilawat MAL'AKH YHVH, bukan cuma ditemui sekali, dua kali malah.... 
Ada yang tahu namanya?

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
November 10, 2016, 03:31:59 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8766
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Nice!
Dikenal dengan istilah theologis: Theofani/ Kristofani

theofani itu bukan artinya malaikat itu Yesus kan?

Ada satu perempuan yg dilawat MAL'AKH YHVH, bukan cuma ditemui sekali, dua kali malah.... 
Ada yang tahu namanya?

hagar?
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
November 10, 2016, 05:51:56 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

theofani itu bukan artinya malaikat itu Yesus kan?


Bukan.
Namun ada tafsir yang mengatakan bahwa MALAKH YHVH adalah hadirnya Oknum kedua dari Allah Tritunggal (Yesus Kristus) ke bumi (dalam "Theofani"), dalam perwujudan Malaikat.
Saya pribadi setuju dengan tafsir ini.


Note:
Teofani, adalah suatu istilah dalam ilmu teologi, yang berasal dari bahasa Yunani: τεοφάνια - THEOPHANIA, berasal dari dua kata, kata benda θεός - THEOS (Allah) dan kata kerja φανερόω - PHANEROÔ yang artinya menampakkan, mewujudkan (diri). Maka, THEOPHANIA adalah penampakan Allah/ appearance of God/ a manifestation of God to the world.
Reff: http://www.sarapanpagi.org/teofani-vt25.html#p62

hagar?


Yups, Hagar bukan "sosok kecelakaan" dalam Alkitab (demikian juga dengan Ismael). Itulah sebabnya dalam "MIDRASH"-nya orang Kristen, yaitu tulisan2 Rabbi Saul (Rasul Paulus). Dia melakukan kajian Midrash bahwa HAGAR-lah yang justru mewakili Israel Jasmani (Yerusalem yang Sekarang).

* Galatia 4:25
Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab--dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak-anaknya.


Aneh, Rasul Paulus justru menyamakan HAGAR dengan Israel sekarang ini. Penjelasan mengenai Kajian Rasul Paulus yang fenomenal ini kepada sosok HAGAR, dapat dibaca. di

Reff: http://www.sarapanpagi.org/pardes-exegesis-abraham-dua-puteranya-vt8215-40.html#p44862


HAGAR, adalah perempuan yang luar biasa, yang ditemui secara pribadi oleh MAL'AKH YHVH. Kepada Sarah-pun malah tidak pernah! Karunia yang diberikan kepada Hagar ini adalah justru karunia Kenabian! Bahkan dia satu2nya perempuan yang berani menamai Allah dengan nama: EL ROI

Bahasan sosok HAGAR ini juga sangat menarik,
Baca di

Bagian 1. EKSEGESIS פְּשָׁט - PESHAT:  HAGAR

DAFTAR ISI:

1. HAGAR, DARI MESIR KE KANAAN

2. LAWATAN ALLAH YANG PERTAMA BAGI HAGAR

3. HAGAR, HAMBA YANG SETIA

4. HAGAR, SANG BUDAK PEREMPUAN YANG DIKENAN "MEMBERI NAMA" KEPADA ALLAH: 'EL-ROI

5. INTERTEXTUALITY: HAGAR-MUSA-AYUB-YAKUB "MELIHAT" ALLAH (Kualitas Kenabian)

6. SUMUR LAHAI ROI - TEMPAT KHUSUS BAGI HAGAR

7. ISMAEL, PUTERA PERJANJIAN?

8. USIRLAH BUDAK PEREMPUAN INI DAN ANAKNYA!

9. LAWATAN ALLAH YANG KEDUA BAGI HAGAR
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
November 11, 2016, 02:24:14 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1046
  • Denominasi: Umum
Bukan.
Namun ada tafsir yang mengatakan bahwa MALAKH YHVH adalah hadirnya Oknum kedua dari Allah Tritunggal (Yesus Kristus) ke bumi (dalam "Theofani"), dalam perwujudan Malaikat.
Saya pribadi setuju dengan tafsir ini.


Kl melihat penjelasan diatas, sepertinya MALAKH YHVH memang adalah Yesus Kristus, hanya saja belum berinkarnasi menjadi manusia.
Tapi anda bilang bukan?

Di trit yg lain saya pernah bertanya, kenapa pada PL hanya ada satu oknum saja (Bapa) yg tertulis?, namun dengan adanya tafsir seperti ini, sepertinya selama PL juga ada oknum kedua yang juga hadir maupun berfirman dalam penampakan malaikat.

Apakah pandangan / tafsir Theofani ini telah diterima gereja2 Kristen secara umum?
November 11, 2016, 07:52:48 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

Kl melihat penjelasan diatas, sepertinya MALAKH YHVH memang adalah Yesus Kristus, hanya saja belum berinkarnasi menjadi manusia.
Tapi anda bilang bukan?


Jangan salah paham, saya sedang menjawab pertanyaan Bro HenHen ini:

theofani itu bukan artinya malaikat itu Yesus kan?


Saya membenarkan pertanyaan Henhen, bahwa memang "bukan".

Sebab, secara etimologis "Theofani" tidak bermakna "Malaikat" atau "Yesus". Tapi "Theofani" adalah cara Allah mewujudkan diri-Nya dalam wujud lain agar manusia dapat merasakan kehadiran-Nya. "The Burning Bush" yang dilihat Musa-pun adalah jenis "Theofani."

Kita tahu bahwa Allah tidak dapat memperlihatkan diri-Nya dalam hakikat-Nya yan Roh, sebab manusia akan mati jika melihat-Nya. Maka Allah melakukan cara menyapa manusia dalam berbagai wujud-wujud. Itulah Theofani.

Teofani, adalah suatu istilah dalam ilmu teologi, yang berasal dari bahasa Yunani: τεοφάνια - THEOPHANIA, berasal dari dua kata, kata benda θεός - THEOS (Allah) dan kata kerja φανερόω - PHANEROÔ yang artinya menampakkan, mewujudkan (diri). Maka, THEOPHANIA adalah penampakan Allah/ appearance of God/ a manifestation of God to the world.
Reff: http://www.sarapanpagi.org/teofani-vt25.html#p62





Tapi anda bilang bukan?


Coba pahami penjelasan saya selanjutnya:

ada tafsir yang mengatakan bahwa MALAKH YHVH adalah hadirnya Oknum kedua dari Allah Tritunggal (Yesus Kristus) ke bumi (dalam "Theofani"), dalam perwujudan Malaikat.
Saya pribadi setuju dengan tafsir ini.

Apakah pandangan / tafsir Theofani ini telah diterima gereja2 Kristen secara umum?


Kalangan Kristen mainstream menerima. Istilah theologis "Theofani" datangnya dari kalangan Kristen mainstream.



Di trit yg lain saya pernah bertanya, kenapa pada PL hanya ada satu oknum saja (Bapa) yg tertulis?, namun dengan adanya tafsir seperti ini, sepertinya selama PL juga ada oknum kedua yang juga hadir maupun berfirman dalam penampakan malaikat.


Saya pribadi seperti kalangan Kristen mainstream lainnya percaya dan menerima Doktrin Trinitas. Yang didalamnya terdapat definisi krusial-nya, yaitu mengimani bahwa Yesus Kristus adalah Allah.

Namun saya kurang setuju kalau segala sesuatu harus di-Trinitas-kan. Hal ini bukan berarti saya menentang Trinitas. Pribadi Allah itu Maha, dan ke-Maha'an-Nya adalah sangat pribadi.

Misalnya Kejadian 1:26 oleh kalangan trinitarian harus diartikan sebagai formula "Trinitas", namun sebenarnya secara konteks tidak demikian. Sebab Firman itu diucapkan Allah dalam Sidang Ilahi di hadapan Bala Tentara Sorgawi. Kata "Kita" merujuk kepada kumpulan kolektif dalam "Dewan Permusyawaratan YHVH" dalam Sidang-Nya itu.
Reff:
http://www.sarapanpagi.org/allah-dalam-sidang-ilahi-vt240.html#p521

http://www.sarapanpagi.org/kita-dlm-kejadian-1-26-merujuk-pd-trinitas-vt1680.html


Saya justru lebih terkesima ketika membaca Kejadian 1:1, secara implisit ayat ini menyiratkan kompleksitas Pribadi Allah.
ELOHIM itu nomina Plural, namun menggunakan Verba Singular:

* Kejadian 1:1
LAI TB, Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
KJV, In the beginning God created the heaven and the earth.
Hebrew, [size=150]
בְּרֵאשִׁית בָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ׃
[/size]Translit, BERE's#$% {pada mulanya} BARA' {Dia telah menciptakan, Verb Qal Perfect 3rd Mas. Sing.} 'ELOHIM {Allah, Noun Plural (Plural Majesty)} 'ET HASHAMAYIM {langit itu} VE'ET {dan} HA'ARETS {bumi itu}
Reff: http://www.sarapanpagi.org/bara-studi-kata-ibrani-vt211.html#p409


Dari awal Akitab kita ditulis, sudah menyiratkan "Pribadi Allah yang kompleks." Dan "Kompleksitas Allah" ini dijelaskan dengan baik oleh Bapa Gereja pada Abad Kedua Masehi dengan judul "Doktrin Trinitas."
 

Blessings,
BP




Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
November 11, 2016, 08:53:36 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11835
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Bukan.
Namun ada tafsir yang mengatakan bahwa MALAKH YHVH adalah hadirnya Oknum kedua dari Allah Tritunggal (Yesus Kristus) ke bumi (dalam "Theofani"), dalam perwujudan Malaikat.
Saya pribadi setuju dengan tafsir ini.


Note:
Teofani, adalah suatu istilah dalam ilmu teologi, yang berasal dari bahasa Yunani: τεοφάνια - THEOPHANIA, berasal dari dua kata, kata benda θεός - THEOS (Allah) dan kata kerja φανερόω - PHANEROÔ yang artinya menampakkan, mewujudkan (diri). Maka, THEOPHANIA adalah penampakan Allah/ appearance of God/ a manifestation of God to the world.
Reff: http://www.sarapanpagi.org/teofani-vt25.html#p62

Yups, Hagar bukan "sosok kecelakaan" dalam Alkitab (demikian juga dengan Ismael). Itulah sebabnya dalam "MIDRASH"-nya orang Kristen, yaitu tulisan2 Rabbi Saul (Rasul Paulus). Dia melakukan kajian Midrash bahwa HAGAR-lah yang justru mewakili Israel Jasmani (Yerusalem yang Sekarang).

* Galatia 4:25
Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab--dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak-anaknya.


Aneh, Rasul Paulus justru menyamakan HAGAR dengan Israel sekarang ini. Penjelasan mengenai Kajian Rasul Paulus yang fenomenal ini kepada sosok HAGAR, dapat dibaca. di

Reff: http://www.sarapanpagi.org/pardes-exegesis-abraham-dua-puteranya-vt8215-40.html#p44862


HAGAR, adalah perempuan yang luar biasa, yang ditemui secara pribadi oleh MAL'AKH YHVH. Kepada Sarah-pun malah tidak pernah! Karunia yang diberikan kepada Hagar ini adalah justru karunia Kenabian! Bahkan dia satu2nya perempuan yang berani menamai Allah dengan nama: EL ROI

Bahasan sosok HAGAR ini juga sangat menarik,
Baca di

Bagian 1. EKSEGESIS פְּשָׁט - PESHAT:  HAGAR

DAFTAR ISI:

1. HAGAR, DARI MESIR KE KANAAN

2. LAWATAN ALLAH YANG PERTAMA BAGI HAGAR

3. HAGAR, HAMBA YANG SETIA

4. HAGAR, SANG BUDAK PEREMPUAN YANG DIKENAN "MEMBERI NAMA" KEPADA ALLAH: 'EL-ROI

5. INTERTEXTUALITY: HAGAR-MUSA-AYUB-YAKUB "MELIHAT" ALLAH (Kualitas Kenabian)

6. SUMUR LAHAI ROI - TEMPAT KHUSUS BAGI HAGAR

7. ISMAEL, PUTERA PERJANJIAN?

8. USIRLAH BUDAK PEREMPUAN INI DAN ANAKNYA!

9. LAWATAN ALLAH YANG KEDUA BAGI HAGAR

IMO, eksegesisnya kok sepertinya ada 'agenda', seolah-olah ingin menampilkan Hagar dan Ismail adalah orang-orang baik. Lalu aplikasinya sebagai orang Kristen juga harus peduli dan mengasihi keturunan Ismail yaitu umat muslim sekarang ini.

Kalau nurut saya, cerita keluarga Abraham ini ditulis sedemikian rupa apa adanya. Baik Abraham, Sarah, Hagar maupun Ismail dicatat ada beberapa tindakannya yang tidak terpuji.
Kisah ini bukan sekedar kisah moral untuk kita ambil mana orang yang baik, mana yang jahat.

Yang lebih penting adalah makna rohaninya, seperti yang dijelaskan oleh Paulus bahwa Hagar adalah menggambarkan Gunung Sinai, Yerusalem yang sekarang, hidup dalam perhambaan.
Anak yang lahir darinya adalah diperanakkan menurut daging.

Sedangkan Sarah adalan perempuan merdeka, Yerusalem surgawi.
Anak yang dilahirkan adalah diperanakkan menurut Roh.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)