Author Topic: yang pernah ikut KOM masuk ya.Saya mau nanya.  (Read 624 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 03, 2016, 07:08:22 AM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 11
Jadi gini ceritanya,,saya punya teman jemaat dari gereja yg lain,,trus sekarang karena dia lg kerja di jakarta,,dia masuk ke GBI,dan ikut KOM,,
Beberapa waktu yg lalu saya sempat bertanya,,ketika dia nanti punya pasangan,apakah dia mau kembali ke tempat tinggal asalny,,tetapi teman sya bilang klo dia ingin tetap di sana,,karena setelah dia lulus dari KOM dia ingin melayani di gereja tersebut,,
Yang ingin saya tanyakan adalah,,apa KOM bersifat mengikat,,sehingga ketika lulus harus melayani di gereja tersebut,,padahal menurut saya..melayani kan bisa di mana saja,,
Maaf kalo pertanyaan saya aneh,dan tata bahasa saya belepotan
.
Heheh
December 03, 2016, 08:58:26 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1725
ya benar,pelayanan bisa dilakukan dimana saja & dalam bentuk apa saja.seperti contohnya pelayanan multimedia di gereja kan itu sifatnya lebih ke arah 'supportive' saja & bukan sesuatu yg wajib(toh orang2 Kristen jaman dulu tetap bisa2 aja tuh ibadah tanpa adanya fasilitas multimedia yg kerap ditemukan di gereja jaman skrng).makanya saya ga setuju klo fasilitas multimedia dijadiin 'tolok ukur' buat menilai sebuah gereja.jangan sampai krn 'mendewakan' benda mati seperti multimedia atau sound system trus malah melupakan esensi sejati dari pelayanan itu sendiri.
« Last Edit: December 03, 2016, 09:00:56 PM by jegan2000 »
December 05, 2016, 12:59:17 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
KOM dan pendalaman Alkitab lainnya dalam Protestan ngga ada yang bersifat mengikat, tapi juga ngga ada yang bersifat untuk umum (dalam artian berlaku untuk semua denominasi)

jadi istilahnya setelah lulus KOM boleh ngga pelayanan di gereja lain? ya boleh aja, hanya mungkin kalau gereja itu punya aturan sendiri tentang hal ini ya ikut lagi dari awal kelas pendalaman Alkitabnya
December 19, 2016, 02:38:32 PM
Reply #3
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
Gbi jg nga ngikat kok...A KOM disana juga pernah melayani disana jg....Tuhan berkati
December 28, 2016, 01:34:04 AM
Reply #4
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 9
  • Denominasi: Karismatik
KOM adalah tempat untuk mempersiapkan jemaat GBI untuk melayani di gereja dimana KOM diselenggarakan. Diharapkan jemaat yang telah lulus KoM dpt melayani di gereja tersebut sbg sukarelawan dan sifatnya tdk mengikat, tergantung kerelaannya masing2. Bahkan ada jg yg sudah lulus KOM tapi gak melayani dan tetap jadi jemaat biasa, gpp juga yg penting pengetahuan alkitabnya bertambah.
Lulusan KOM dpt melayani di gereja lain? Tergantung gerejanya. Kalo sama2 GBI yg tgl tunjukan setifikat KOM nya. Kalo gereja lain yg tetgantung kebijakan gereja tersebut. Apa bisa langsung melayani atau mengikuti pendalaman alkitab versi gereja tsb.
December 28, 2016, 09:15:22 AM
Reply #5
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Kayaknya terbalik deh Bro.
Persyaratan utk melayani adalah lulus KOM.

Makanya saya myakini temanmu itu ikut KOM krn ingin melayani di gereja tsb,
Bukan kebalikannya seolah dia harus melayani di gereja itu krn udh lulus KOM.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 23, 2017, 01:32:58 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4732
  • Gender: Male
Jadi gini ceritanya,,saya punya teman jemaat dari gereja yg lain,,trus sekarang karena dia lg kerja di jakarta,,dia masuk ke GBI,dan ikut KOM,,
Beberapa waktu yg lalu saya sempat bertanya,,ketika dia nanti punya pasangan,apakah dia mau kembali ke tempat tinggal asalny,,tetapi teman sya bilang klo dia ingin tetap di sana,,karena setelah dia lulus dari KOM dia ingin melayani di gereja tersebut,,
Yang ingin saya tanyakan adalah,,apa KOM bersifat mengikat,,sehingga ketika lulus harus melayani di gereja tersebut,,padahal menurut saya..melayani kan bisa di mana saja,,
Maaf kalo pertanyaan saya aneh,dan tata bahasa saya belepotan
.
Heheh

Tergantung keputusan hatinya ia hendak beribadah dan melayani di mana. KOM dan sebagainya entah apa namanya tiap gereja punya kelas pengajaran agama sediri-sendiri untuk jemaat atau yang ingin melayani. Tidak ada pelajaran agama di gereja yang bersifat mengikat seperti kontrak kerja, setelah lulus harus melayani dimana.

KOM berbeda dengan beasiswa akademis yang memuat kontrak kerja setelah lulus.
« Last Edit: January 23, 2017, 01:37:09 PM by Krispus »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)