Author Topic: OSAS : Analisis Kata pada Yohanes 6:39, 10:28 dan Roma 8:38-39  (Read 4491 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 11, 2017, 02:49:33 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Izinkan sy melalui thread ini "membela" OSAS. Sy menggunakan tiga ayat. Sy ga paham bahasa Yunani (bahasa aslinya), jadi sy percaya pada terjemahan biblehub.com (atau rekan2 bisa pake translator Android)

Sy coba artikan seobjektif mungkin dengan melihat langsung bahasa aslinya.

Yohanes 6:39
"Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang HILANG, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman."

John 6:39 (NIV)
"And THIS IS THE WILL OF HIM who sent me, that I SHALL LOSE NONE of all those he has GIVEN me, but raise them up at the last day." --> Tuhan Yesus ga akan kehilangan orang2 percayaNya.

Yohanes 6:39
τοῦτο δέ ἐστιν τὸ θέλημα τοῦ πέμψαντός με, ἵνα πᾶν ὃ δέδωκέν μοι μὴ ἀπολέσω ἐξ αὐτοῦ, ἀλλὰ ἀναστήσω αὐτὸ ἐν τῇ ἐσχάτῃ ἡμέρᾳ.

τοῦτο      = this
δέ              = moreover
ἐστιν              = is
τὸ              = the
θέλημα      = will
τοῦ              = of the [One]
πέμψαντός  = having sent
με,              = me,
ἵνα              = that
πᾶν              = all
ὃ              = that
δέδωκέν      = he has given
μοι              = me,
μὴ              = NOTHING
ἀπολέσω      = I SHOULD LOSE
ἐξ              = of
αὐτοῦ,      = it,
ἀλλὰ              = but
ἀναστήσω   = will raise up
αὐτὸ              = it
ἐν              = at
τῇ              = the
ἐσχάτῃ      = last
ἡμέρᾳ.      = day.

Yohanes 10:28
"dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka PASTI tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku."

John 10:28 (NIV)
"I give them eternal life, and THEY SHALL NEVER perish; no one will snatch them out of my hand." --> sekali percaya secara pribadi maka ga akan binasa.

Yohanes 10:28
κἀγὼ δίδωμι αὐτοῖς ζωὴν αἰώνιον, καὶ οὐ μὴ ἀπόλωνται εἰς τὸν αἰῶνα, καὶ οὐχ ἁρπάσει τις αὐτὰ ἐκ τῆς χειρός μου.

κἀγὼ              = and I
δίδωμι      = give
αὐτοῖς      = them
ζωὴν              = life
αἰώνιον,      = eternal;
καὶ              = and
οὐ              = NEVER
μὴ              = NOT
ἀπόλωνται  = SHALL they perish,
εἰς              = for
τὸν              = the
αἰῶνα,      = age,
καὶ              = and
οὐχ              = never
ἁρπάσει      = will seize
τις              = anyone
αὐτὰ              = them
ἐκ              = out of
τῆς              = the
χειρός      = hand
μου.              = of me.

Roma 8:38-39
8:38        
"Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,"

8:39        
"atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, TIDAK AKAN DAPAT MEMISAHKAN kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita."

Roma 8:38-39 (NIV)
8:38
"For I am convinced that neither death nor life, neither angels nor demons, neither the present nor the future, nor any powers,"

πέπεισμαι γὰρ ὅτι οὔτε θάνατος οὔτε ζωὴ οὔτε ἄγγελοι οὔτε ἀρχαὶ οὔτε ἐνεστῶτα οὔτε μέλλοντα οὔτε δυνάμεις

πέπεισμαι      = I am persuaded
γὰρ              = indeed
ὅτι              = that
οὔτε              = neither
θάνατος      = death,
οὔτε              = nor
ζωὴ              = life,
οὔτε              = nor
ἄγγελοι      = angels,
οὔτε              = nor
ἀρχαὶ      = rulers,
οὔτε              = nor
ἐνεστῶτα      = PRESENT, --> baik sekarang
οὔτε              = nor
μέλλοντα      = THINGS TO BE, --> maupun akan datang
οὔτε              = nor
δυνάμεις      = powers,

8:39
"neither height nor depth, NOR ANYTHING ELSE in all creation, will be able to separate us from the love of God that is in Christ Jesus our Lord."

-CUT-

*Cetak tebal adalah penekanan oleh sy sendiri. Menurut sy kata "PASTI" menunjukkan bahwa Tuhan Yesus akan selalu menuntun orang percaya sehingga orang yg percaya kepadaNya tidak akan hilang keselamatannya (= batal selamat).


Membaca Alkitab bahasa asli, bukan hanya memaknai satu kata artinya apa, tapi juga SANGAT PENTING MENIMBANG SISI GRAMMATICAL-nya

Apalagi Anda memberi judul: OSAS : Analisis Kata pada Yohanes 6:39, 10:28 dan Roma 8:38-39

Kalau Anda mau menganalisis secara BENAR, ya harus menimbang gramatical kata per kata. Dan Anda kalau benar2 mempelajari Alkitab bahasa asli secara mendalam (Ibrani & Yunani). Anda akan begitu takjub betapa Alkitab ditulis dengan sastra yang begitu tiggi, ribuan tahun yang lalu!

Mengenai kajian ayat Yohanes 6:39, bandingkan dengan yg saya jelaskan di http://www.sarapanpagi.org/yohanes-6-65-tafsir-vt3435.html#p19168

Dari penjelasan di situ, coba pahami ttg MODUS SUBJUNCTIVE!
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
January 11, 2017, 09:19:26 AM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Membaca Alkitab bahasa asli, bukan hanya memaknai satu kata artinya apa, tapi juga SANGAT PENTING MENIMBANG SISI GRAMMATICAL-nya

Apalagi Anda memberi judul: OSAS : Analisis Kata pada Yohanes 6:39, 10:28 dan Roma 8:38-39

Kalau Anda mau menganalisis secara BENAR, ya harus menimbang gramatical kata per kata. Dan Anda kalau benar2 mempelajari Alkitab bahasa asli secara mendalam (Ibrani & Yunani). Anda akan begitu takjub betapa Alkitab ditulis dengan sastra yang begitu tiggi, ribuan tahun yang lalu!

Mengenai kajian ayat Yohanes 6:39, bandingkan dengan yg saya jelaskan di http://www.sarapanpagi.org/yohanes-6-65-tafsir-vt3435.html#p19168

Dari penjelasan di situ, coba pahami ttg MODUS SUBJUNCTIVE!

Kalau yang saya lihat malah anda yang berusaha mengaburkan arti ayat dengan memakai tameng 'study kata'.

Pada Yoh 3:39:

"This is the will of the Father who sent Me, that of all He has given Me I should lose nothing, but should raise it up at the last day."

Kata 'I should', memang menggunakan mood Subjunctive.
Dan memang benar, mood Subjunctive berarti menganggap bahwa tindakan bukanlah suatu fakta yang terjadi sekarang, tetapi kemungkinan atau berpotensi menjadi fakta, tergantung kepada situasi.

Tapi kepastian dari keselamatan adalah karena Yesus sendiri yang mengatakan, meskipun ditulis dengan mood subjunctive.

Seperti misalkan:
Acidking berkata: If I hold my racket tightly, I should not lose it.
Acidking memang bermaksud untuk tidak kehilangan/melepas raketnya dengan memegang erat-erat.
'tidak kehilangan raket' itu bukanlah fakta yang terjadi sekarang, hanya kemungkinan atau berpotensi menjadi fakta, tergantung kepada situasi.

Penilaian pembaca untuk mengerti kalimat ini adalah pada pribadi Acidking. Kalau si Acidking adalah pemain tenis yang hebat maka kemungkinan besar fakta itu akan terjadi sesuai yang dimaksudkan oleh Acidking.
Tapi kalau Acidking adalah seorang anak kecil yang baru belajar main tenis, besar kemungkinan fakta itu tidak akan terjadi.

Jadi demikian juga dalam memahami Yoh 3:39, meskipun 'I should', menggunakan Mood Subjunctive, fakta itu PASTI terjadi. Dikarenakan yang berintensi adalah Yesus sendiri.

Demikianlah, 'study kata' bisa malah menjerumuskan dan membelokkan arti dari Firman Tuhan, karena dengan menekankan kata PROBABILITAS pada definisi Subjunctive, membuat seolah-olah ayat tersebut bukanlah suatu fakta yang pasti terjadi.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
January 11, 2017, 10:09:19 AM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Justru karena mengabaikan Grammatic-nya, John Calvin abad 16 gagal paham Rasul Yohanes (yang diilhami ROH KUDUS) Abad 1 Masehi .

Apa yang disampaikan Rasul Yohanes selaras dengan Kitab Wahyu "barangsiapa Menang".... karena ada kesetiaan yg harus dipegang
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
January 11, 2017, 10:23:51 AM
Reply #33
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Alkitab itu dibaca oleh beragam jenis orang.

Bagi yg telah beriman,
Saat mbaca pjelasan ini, ia akan melihat dari sudut pandang kredibilitas dan kemampuan Kristus dalam menjaga.

Bagi yg emang maen-maenan, ayal-ayalan, petantang-petenteng,
Saat mbaca pjelasan ini, ia akan sadar bhw ini mnggunakan modus subjunctive.

Malah mnrt saya inilah hebatnya ROH KUDUS saat menulis Alkitab.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 11, 2017, 10:28:18 AM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9602
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
lah bukan

justru inspirasi ROH KUDUS sudah sangat luar biasa makanya pembacaan ayat itu ngga boleh diartikan lain2 lagi
sudah ditulis oleh bahasa yang sastra gramatiknya tinggi

plus juga sudah diberi peringatan bahwa kitab suci ini ngga boleh diartikan sendiri2
January 11, 2017, 10:36:11 AM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Justru karena mengabaikan Grammatic-nya, John Calvin abad 16 gagal paham Rasul Yohanes (yang diilhami ROH KUDUS) Abad 1 Masehi .

Apa yang disampaikan Rasul Yohanes selaras dengan Kitab Wahyu "barangsiapa Menang".... karena ada kesetiaan yg harus dipegang
Lho kok malah ke Kalvin?
Anda yang membelokkan arti ayat dengan alasan study kata, kok.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
January 11, 2017, 11:03:41 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Alkitab itu dibaca oleh beragam jenis orang.

Bagi yg telah beriman,
Saat mbaca pjelasan ini, ia akan melihat dari sudut pandang kredibilitas dan kemampuan Kristus dalam menjaga.

Bagi yg emang maen-maenan, ayal-ayalan, petantang-petenteng,
Saat mbaca pjelasan ini, ia akan sadar bhw ini mnggunakan modus subjunctive.

Malah mnrt saya inilah hebatnya ROH KUDUS saat menulis Alkitab.
Aneh kalau modus subjunctive dipakai orang untuk meragukan perkataan Kristus.

Yang petantang petentang harusnya disadarkan bahwa yang menjaga itu Kristus, bukan dirinya.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
January 11, 2017, 12:12:16 PM
Reply #37
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Aneh kalau modus subjunctive dipakai orang untuk meragukan perkataan Kristus.

Yang petantang petentang harusnya disadarkan bahwa yang menjaga itu Kristus, bukan dirinya.

Kl tipe petantang-petenteng itu orgnya ngeyelan,
Mreka ini tipe yg bandel dan bebal,
Dikasih ati minta jantung.

Ada aja org yg kaya gitu.

Kl ama tipe bginian ROH KUDUS punya cara utk tidak mbuat mreka mrasa mapan di dalam gaya hidup mreka yg jelek.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 11, 2017, 01:13:24 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Kl tipe petantang-petenteng itu orgnya ngeyelan,
Mreka ini tipe yg bandel dan bebal,
Dikasih ati minta jantung.

Ada aja org yg kaya gitu.

Kl ama tipe bginian ROH KUDUS punya cara utk tidak mbuat mreka mrasa mapan di dalam gaya hidup mreka yg jelek.
Benar, ROH KUDUS ada caranya sendiri. Bukan wewenang kita untuk mendikte ROH KUDUS.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
January 11, 2017, 01:59:41 PM
Reply #39
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6470
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Benar, ROH KUDUS ada caranya sendiri. Bukan wewenang kita untuk mendikte ROH KUDUS.


Naaah ini bener bangetttt
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)