Author Topic: Hubungan Cinta Dengan Sepupu  (Read 2448 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 02, 2017, 04:03:23 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1425
  • Gender: Male
Untuk yang ini:
...
maka pahlawan kesiangan itu akan dikucilkan dari org batak  (kalau tradisi jaman dulu... org itu bisa sampai dibunuh  lho..)
Tak tambahin dikit.

Pahlawan kesiangan seperti itu termasuk pada:
Tu harangan ikkon surbuon,
tu hau ikkon tabaon,
tu tao ikkon nongnongon
.

Terjemahan bebasnya:
Ke hutan harus dibakar,
ke pohon harus ditebang,
ke danau (tasik atau kali) harus dibenam.

Tapi itu dulu, ketika pencinta hak asasi manusia belum sekuat sekarang.

Nah, kalo sekarang, orang seperti itu(yang menjual marga, dan mengawini anak dari adik/abang ayahnya) harus menjauh dari budaya dan etnik Batak.

Salam olahraga.
Coba tebak, avatarku sedang sakit gigi atau menyeringai?
March 02, 2017, 04:36:16 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1775
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
Untuk yang ini:Tak tambahin dikit.

nambah banyak juga boleh  ;D

Quote from:  

Pahlawan kesiangan seperti itu termasuk pada:
Tu harangan ikkon surbuon,
tu hau ikkon tabaon,
tu tao ikkon nongnongon
.

Terjemahan bebasnya:
Ke hutan harus dibakar,
ke pohon harus ditebang,
ke danau (tasik atau kali) harus dibenam.


ini subernya dari mana Cin?


Quote from:  
Tapi itu dulu, ketika pencinta hak asasi manusia belum sekuat sekarang.

Nah, kalo sekarang, orang seperti itu(yang menjual marga, dan mengawini anak dari adik/abang ayahnya) harus menjauh dari budaya dan etnik Batak.

Salam olahraga.

betul :afro:
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
March 02, 2017, 04:49:50 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1425
  • Gender: Male
Quote
Pahlawan kesiangan seperti itu termasuk pada:
Tu harangan ikkon surbuon,
tu hau ikkon tabaon,
tu tao ikkon nongnongon.

Terjemahan bebasnya:
Ke hutan harus dibakar,
ke pohon harus ditebang,
ke danau (tasik atau kali) harus dibenam.
ini subernya dari mana Cin?
Lhoh, ya dari @Cinta Bhinnekaa dong.

Seorang Batak yang mengawini anak dari adik/kakak ayahnya, di orang Batak yang kuketahui, pasti 'ditiadakan'.
Demikian juga, jika seseorang yang membeli marga untuk hal yang bertentangan dengan adat, pasti 'ditiadakan' oleh pemilik marga dimaksud.
Nah, kalo marga yang diberikan kepada sesorang yang tadinya bukan Batak, sering kutemukan. Pemberian marga bukan dilakukan sembunyi-sembunyi, tetapi disaksikan khalayak, sedikitnya oleh marga-marga serumpun, dan teman sekampung (dongan sahuta). :D

Salam olahraga.
Coba tebak, avatarku sedang sakit gigi atau menyeringai?
March 03, 2017, 01:05:39 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9061
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
sedikit banyak tradisi orang Batak tentang marga ini mirip sama Israel ye

mungkin batak ni salah satu suku Israel yang hilang

:D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
March 03, 2017, 05:38:30 PM
Reply #24
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6553
  • Gender: Female
  • I have the simplest taste
Sebenernya kalo udah tau jawabannya apaan ngapain nanya lagi sik? Bingung gw jadinya.

Anyway, gw jawab dari sudut adat aja kali ya,... udah jelas di adat batak ngelarang nikah satu marga. Jadi gak usah ngeyel bakalan direstui.

Kalo emang niat banget buat nikah dan segitunya gak memperdulikan restu dan keluarga, ya gapapa tapi pastikan kalian menikah di negara lain aja. Soalnya ribet nikah di Indonesia apalagi kalo debatin sodara aja gak mampu.

Caranya menikah ya cari pendeta yang akan mau merestui, kalo kalian sangat siap mental ya udah silahkan stay di Indonesia.
Tapi kalo gak siap mental tinggal di luar negri aja supaya gak denger bisik-bisik sodara atau siapapun yang akan melarang kalian menikah.

Semoga membantu.
Dear God, please lead me to Your path, not my path. My path is fun, but it's suffering. Your path is abstract, but it's safe.
March 03, 2017, 05:42:57 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 790
  • Denominasi: Protestan
Secara hukum, menikahi sepupu tidak melanggar Hukum Sipil sebab tidak ada larangan untuk itu. Pasal 2 ayat 1 UU Perkawinan menyatakan bahwa "perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaannya itu. "

Perlu juga diketahui apakah hukum Taurat melarang atau membolehkan perkawinan dengan sepupu?

Imamat 18:6
LAI TB, Siapa pun di antaramu janganlah menghampiri seorang kerabatnya yang terdekat untuk menyingkapkan auratnya; Akulah TUHAN.
MILT, Tidak seorang pun di antaramu boleh mendekati kerabat keluarganya untuk menyingkapkan ketelanjangan; Akulah TUHAN .
KJV, None of you shall approach to any that is near of kin to him, to uncover their nakedness: I am the LORD.
Hebrew, אִישׁ אִישׁ אֶל־כָּל־שְׁאֵר בְּשָׂרֹו לֹא תִקְרְבוּ לְגַלֹּות עֶרְוָה אֲנִי יְהוָה׃ ס
Translit, 'ISY 'ISY 'EL-KOL-SYE'ER BESARO LO TIQ'REVU LEGALOT 'ERVAH 'ANI YEHOVAH (dibaca: 'Adonay)


Terjemahan2 di atas kayaknya kurang memuaskan yaitu "seorang kerabatnya yang terdekat" maupun "to any that is near of kin to him". Naskah Ibrani menulis "EL-KOL-SYE'ER BESARO", harfiah "atas seluruh daging dari dagingnya" yaitu pertalian darah dan pertalian keturunan. Bandingkan dengan terjemahan ini:

Young's Literal Translation, None of you unto any relation of his flesh doth draw near to uncover nakedness; I am Jehovah.

Ungkapan "daging" dalam bahasa Ibrani biasanya menggunakan kata בָּשָׂר - BASAR dengan padanan kata σάρξ - SARX, Yunani.

Kata שְׁאֵר - SYE'ER yang diterjemahkan LAI dengan "daging" dapat kita temukan di Mazmur 73:26, 78:20, 27; Amsal 5:11 ("tubuh"), 11:17 ("badan"); Mikha 3:2-3, selebihnya diterjemahkan dengan "kerabat" namun secara konseptual bermakna "darah-daging." Online Bible Hebrew Lexicon mendefinisikan kata ini dengan 'flesh relation', 'blood relation'.

Ayah dan anak perempuan memiliki hubungan "daging", hubungan "darah" biasanya dihubungkan dengan wanita. Selanjutnya dapat dikaji Imamat 18:1-20:27. Bagian ini membicarakan tentang dosa-dosa terhadap hukum kesusilaan.

Jadi dengan ini sebenarnya tidak ada larangan menikahi sepupu, secara hukum negara maupun hukum Taurat dalam Alkitab. Namun demikian kita perlu mengetahui resiko secara medis menikahi saudara sepupu:

Dalam ilmu genetik, pernikahan dengan sesama kerabat keluarga (sampai sejauh sepupu dengan grandparents yang sama) disebut dengan "consanguineous marriage". Secara umum "consanguineous marriage" diterjemahkan sebagai perkawinan sedarah.

Penelitian-penelitian secara populasional menunjukkan bahwa anak-anak hasil perkawinan sedarah antar sepupu ini memiliki risiko lebih besar menderita penyakit-penyakit genetik tertentu. Bahwa resiko terbesar terkait dengan penyakit-penyakit "autosomal recessive" yang terkait dengan gen-gen tertentu. Pembawa (carrier) penyakit genetik dengan sifat autosomal recessive adalah orang-orang sehat yang tidak menunjukkan gejala-gejala apapun, walaupun dalam gen-nya terdapat kerusakan.

Jika orang ini menikah dengan orang lain yang gen-nya tidak rusak, maka tidak akan ada diantara keturunannya yang menderita penyakit genetik dimaksud. Sementara itu karena orang-orang dalam satu keluarga memiliki proporsi materi genetik yang sama, maka suami istri yang memiliki hubungan kerabat dekat memiliki risiko membawa materi genetik yang sama. Jika salah satu adalah "carrier" suatu penyakit "autosomal recessive" maka terdapat kemungkinan bahwa yang lain juga pembawa. Seberapa besar kemungkinannya bergantung pada seberapa dekat kekerabatannya.

Selengkapnya di SINI.
June 26, 2017, 03:31:01 PM
Reply #26
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Denominasi: Kristen
Pengalaman anda mirip dengan saya 5 tahun yg lalu. Ketika Maasih ABG
Namun saya tidak bisa berbuat apa2 lagi
Bisa2 saya di tendang dari keluarga besar saya jika saya mengaku mencintai dia di hadapan keluarga
Saya amat menyukai dan menyayangi nya karena ada sesuatu di dalam dia yg menarik saya.
Tatapan mata kami pun sudah berbeda, ada sesuatu yg saling kita sembunyikan sebelum mengetahui perasaan satu sama lain.
Hubungan kami kian dekat, sampai  beberapa kali saat reuni keluarga ,  saya berciuman dengan dia,  saya tau ini dosa besar namun saat itu ada rasa ya tidak bisa di bendung lagi saat itu, seolah tidak ada tembok tembok sekat diantara kami ya satu darah ini ,
Kami mengikuti perasaan yg mengalir Begitu saja.
Kami sudah berkali2 melakukan hubungan suami istri , tidak satupun keluarga kami mengetahuinya,hal itu berlanjut beberapa bulan dan
 dia menghentikan semua yg kita lakukan, menurut dia, hal yg kita lakukan sudah SANGAT BERDOSA.  dan saat itu saya dan dia tidak berkomunikasi lagi hingga sekarang
Saya pun sudah memiliki suami, dan dia belum menikah namun sudah memiliki calon. Saya tidak membenci dia maupun pacar dia, saya menyayangi dia dan pacar dia.
Terkadang kamu reuni namun kami tidak banyak berbicara
Hati saya terkadang sakit mengingat masa lalu kami
Saya sempat berkonsultasi dengan Pendeta
Yg saya lakukan adalah benar, yg dia lakukan adalah benar.
Kami bukanlah Jodoh yg yg di persatukan Tuhan.
Disisi lain,  saya tidak mau mengorbankan garis keturunan keluarga kami.
Begitupun yg di pikirkan dia sepupu saya mungkin
Kami awalnya mengikuti perasaan kami saja yg naif.
Kiranya ini menjadi pertimbangan Saudara dalam memilih sebuah keputusan..
Bijaklah dan Dewasalah
April 06, 2018, 11:02:29 AM
Reply #27
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
Sebenernya kalo udah tau jawabannya apaan ngapain nanya lagi sik? Bingung gw jadinya.

Anyway, gw jawab dari sudut adat aja kali ya,... udah jelas di adat batak ngelarang nikah satu marga. Jadi gak usah ngeyel bakalan direstui.

Kalo emang niat banget buat nikah dan segitunya gak memperdulikan restu dan keluarga, ya gapapa tapi pastikan kalian menikah di negara lain aja. Soalnya ribet nikah di Indonesia apalagi kalo debatin sodara aja gak mampu.

Caranya menikah ya cari pendeta yang akan mau merestui, kalo kalian sangat siap mental ya udah silahkan stay di Indonesia.
Tapi kalo gak siap mental tinggal di luar negri aja supaya gak denger bisik-bisik sodara atau siapapun yang akan melarang kalian menikah.

Semoga membantu.

Hi Ribka long time no see  ;D :cheesy: :tongue:
April 09, 2018, 02:06:44 PM
Reply #28
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 298
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Bagaimana kalo TS menikah, diusir dan dikucilkan.. kemudian (mungkin bertahun2 kemudian) keluarga besarnya mengalami kemalangan, misalnya butuh bantuan dana yg besar, dan TS kembali muncul dan langsung mengatasi segala masalah keuangan keluarga besarnya kayak pahlawan gitu. Akankah TS diterima kembali dalam keluarga besarnya, atau bantuan atau kebaikannya tidak akan mungkin diterima keluarga besarnya?
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)