Author Topic: pengampunan dosa ?  (Read 4198 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 29, 2017, 01:23:50 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12928
    • fossil coral cantik
Menurut Kekristenan hanya Tuhan yang berkuasa mengampuni dosa orang.

ilustrasi :
cuplis mencuri uang meylan
meylan mengetahui hal ini

meylan mengampuni kesalahan/dosa cuplis thdp dirinya
meylan tidak menghukum cuplis dgn menyeret cuplis ke pengadilan


Nah, berangkat dari ilustrasi ungu dan coklat - dikombinasiin dengan biru .... kelanjutan kalimatnya  jadi sbb :
tapi Tuhan BELON TENTU mengampuni kesalahan/dosa cuplis thdp meylan tersebut

Blakangan meylan menyadari bahwa biru.
Akibatnya meylan "banting stir" yang berupa :
saya tidak punya kuasa untuk mengampuni kesalahan/dosa cuplis - so, justice is justice
maka diseretnyalah cuplis ke pengadilan.




Dari sepanjang yang saya ketahui, kayaknya [di PL itu emang nggak ada diajarin agar orang mengampuni kesalahan/dosa orang lain] ---> (???) ---> masih question mark.

Jadi diketika setiap ada kesalahan/dosa seseorang - pengampunannya itu ya hanya oleh Allah melalui sesajen (whatever itu sesajen-nya karena bukan fokus saya). (berangkat dari sini ---> mungkin inilah yang menyebabkan orang2 di jaman PB shock ketika mengetahui ada manusia dalam hal ini Yesus yang mengampuni dosa/kesalahan orang)

So, apabila ilustrasi ungu itu terjadi di jaman PL - maka :
Meylan tidak mengampuni kesalahan/dosa si cuplis yg telah mencuri uangnya tsb (karena biru).
Dan agar Tuhan mengampuni kesalahan/dosa si cuplis thdp meylan tsb, maka dilaksanakanlah sesajenan.



Pertanyaannya :
jadi begimana dengan perihal yang seperti ilustrasi ungu ?

berangkat dari biru, (imo) seyogyanya meylan ijo.
tapi pabila meylan coklat, mengingat biru maka kelanjutannya oranye.
either way, di pov saya janggal  :char11:

Akibatnya saya berpendapat :
Nggak ada itu Tuhan ngampun2in kesalahan/dosa orang (sehingga tidak ada hukuman).
Yang ada itu Karma ---> setiap kesalahan orang akan ada karma-nya, entah itu terjadi sewaktu ybs masih idup - entah nanti setelah ybs mati. So sekalipun meylan mengampuni kesalahan/dosa cuplis thdp dirinya - tetep aja cuplis entah kapan akan menerima karma-nya.

Terus terang saya masih belon ngerti konsep [Tuhan mengampuni dosa orang],
Palagi ditambah lagi dgn konsep [Tuhan menghukum dosa orang].
Secara dari pov saya : "kok jadi berkontradiksi yah ?".

Mungkin ada member yang bisa tolong kasih pencerahannya ?

Belon lagi perbedaan perbendaharaan kata antara bhs indo dan bhs inggris.

Di bhs indo, ada [memaafkan] ada [mengampuni]
yg secara general, pengertiannya nggak berbeda
namun secara lebih jauh, pengertiannya bisa jadi berbeda.

Di bhs inggris adanya cuma [forgive].


:)
salam.
« Last Edit: January 29, 2017, 11:12:33 PM by odading »
January 29, 2017, 06:38:28 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
Terus terang saya masih belon ngerti konsep [Tuhan mengampuni dosa orang],
Palagi ditambah lagi dgn konsep [Tuhan menghukum dosa orang].
Secara dari pov saya : "kok jadi berkontradiksi yah ?".
Mungkin ada member yang bisa tolong kasih pencerahannya ?

Soal sederhana dijadikan njelimet pakai ilustrasi tidak relevan.

Kamu pelajari saja contohnya dengan Grasi Presiden.

Yang diberikan Grasi berarti sudah diampuni kesalahannya dan tidak jadi menerima hukuman mati.

Yang tidak diampuni ya dieksekusi alias menerima hukuman mati.

Gitu aja kok bengong ?
« Last Edit: January 29, 2017, 06:55:33 AM by semper »
January 30, 2017, 09:56:31 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
Grasi presiden diberikan ke orang yang sudah sedang di hukum, goblog.

Loe yg goblognya setengah mati karena semua manusia sebelum bertobat sudah berada dibawah hukuman maut karena dosa mereka.

Roma 6:23Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Roma 5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.

Makanya jangan sok tahu kalau masih gob*** soal Alkitab Kristen

Quote
Quote
Yang diberikan Grasi berarti sudah diampuni kesalahannya dan tidak jadi menerima hukuman mati.
Goblog. Grasi presiden nggak selalu hanya di perihal hukuman mati.

Semakin goblog saja kamu karena Grasi memang ada  yg menyangkut hukuman mati sedangkan semua manusia sedang berada dibawah hukuman maut karena dosa.

Quote
PIKIR!
Sso membunuh dengan sadis satu keluarga.
Hakim memutuskan hukuman mati.
Presiden memberi grasi [si ybs BEBAS TOTAL] walopun realitanya ybs membunuh ?
PIKIR !
Goblog jangan dipiara cong.

Lho goblogmu sudah minta ampun gawatnya  tidak paham masalah Hukum bahwa Presiden memang mempunyai hak prerogatif (hak istimewa) mengampuni hukuman orang kok Tuhan tidak boleh ???

Itulah kalau manusia tidak bertuhan,makanya menjadikan dirinya sebagai tuhan padahal goblognya setengah mati.


Quote
Quote
Yang tidak diampuni ya dieksekusi alias menerima hukuman mati.
Sekali lagi, goblog jangan dipiara. Grasi itu nggak selalu hanya di perihal hukuman mati !

Kalau hukuman mati tidak menerima grasi akhirnya dieksekusi atau tidak ?

gob*** itu jangan dipertontonkan,itu memalukan diri sendiri.

Quote
Otak udang.
Keluarga elu dibantai sampai semua pada modar oleh mr.X
Tanggal 1, hakim menjatuhkan hukuman mati.
Tanggal 2, mr.X ketawa-tiwi di Mall dikerubutin wartawan KARENA grasi Presiden [mr.X diampuni kesalahannya dalam membantai keluarga elu].
Dan elu tereak2 : "ya itulah kedaulatan dan keadilan presidenku !".
Otak udang.

Itulah kalau tidak mengenal aturan Hukum tetapi belagak paham,makanya sudah gob*** ternyata isi otakmu otak udang semua.
« Last Edit: January 30, 2017, 10:04:03 AM by semper »
January 30, 2017, 01:00:29 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
Bold itu cuma khayalan orang mabok.

Grasi itu diberikan secara nyata ke para napi.

Hanya orang konyol yang tidak paham paralelisasi antara Grasi dan Karunia Tuhan yg bersifat pengampunan.

Kalau orang kafir yg percaya cuma karma tidak percaya Tuhan sepertimu ya tidak perlu diherankan.

Quote
Quote
Roma 6:23Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Roma 5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.

Makanya jangan sok tahu kalau masih gob*** soal Alkitab Kristen
nah ini. Orang goblog tereak goblog.   . Dikasih tau bhw grasi itu tidak selalu urusannya di perihal hukuman mati, eh karena nggak bisa disangkal - akibatnya loncat lagi ke ayat2. Najis kan luh.

Kalau otak dogol ya tidak paham juga bahwa grasi itu juga berlaku bagi orang yang terhukum mati.


Quote
Semakin goblog saja kamu karena Grasi memang ada yg menyangkut hukuman mati sedangkan semua manusia sedang berada dibawah hukuman maut karena dosa.
Bold itu khayalan orang mabok.

Orang bodoh mana mungkin paham urusan Hukum dan dosa kecuali bisanya hanya cuap cuap kosong doang.


Quote
Quote
Semakin goblog saja kamu karena Grasi memang ada yg menyangkut hukuman mati
huahahaha.... kliatan banget goblognya. Elu itu mengulang APA yang gue kasih tau. Gue kasih tau bahwa [grasi itu tidak mlulu menyangkut hukuman mati]. Eh elu ulang secara bold.

Dan gue kasih tau satu lagi :
dibatalkannya napi dari hukuman mati ---> ini tidak sertamerta artinya ybs BEBAS TOTAL dari hukuman apapun.

Ngerti gak cing ?

Kebodohan ditunjukin lagi,umumnya Grasi menyangkut hukuman mati dimana mana.

Makanya kalau butahuruf soal Hukum jangan sok pamer kebodohan.

Quote
Quote
Lho goblogmu sudah minta ampun gawatnya tidak paham masalah Hukum bahwa Presiden memang mempunyai hak prerogatif (hak istimewa) mengampuni hukuman orang kok Tuhan tidak boleh ???
Elu cuma pahamnya hak prerogatif. Tapi elu nggak paham apa itu keadilan.

SEKALIPUN Presiden punya hak prerogatif, hanya apabila Keadilan terlibat - maka kelogisannya :
tidak akan ada Presiden yang memberikan grasi ke pembunuh satu keluarga dimana hakim sudah memvonis hukuman mati berupa [si pembunuh BEBAS TOTAL].

Pake otak ! Goblog jangan di piara.
Malu malu-in guru elu atopun ortu elu.

Grasi itu sama sekali bukan menghilangkan kejahatannya  tetapi hukumannya dihapuskan nyong.

Keadilan hanya menyangkut penghukuman bagi kejahatan sedangkan pengampunan menyangkut belas kasihan.

Kalau adil ya hukuman harus dijalankan bukan dibatalkan nyong.

Makanya ketololanmu semakin nyata sebab tidak paham soal hukum tapi belagak tahu.

Quote
Dan karena kegoblogan elu, makanya lu ga nangkep point dari thread ini.
Thread ini nggak lagi ngomongin perihal hukuman mati, cicing.
Thread ini lagi ngomongin ...

gue bilang :
orang yang bersalah akan mendapat ganjaran ---> PASTI ada Karmanya.

nah sekarang gue tanya ke pihak Kristen :
di pov Kekristenan, orang yang bersalah akan mendapat hukuman/ganjaran ato kagak ?

eh tau tau ada cicing ngegonggong.... :
liat itu grasi presiden, orang dihukum mati nggak jadi dihukum mati.

Kalau bodoh ya tetap saja bodoh ditambah munafik karena kerjamu kan selalu bikin ilustrasi konyol membuat persoalan yg sederhana menjadi njelimet tidak karuan,begitu diberikan ilustrasi yang benar otakmu kagak mampu nangkep sebab dogol sih.

Hukum karmamu itu hanya ajaran sampah didalam Kekristenan sebab berasal dari kekafiran.

« Last Edit: January 30, 2017, 01:37:34 PM by semper »
January 30, 2017, 06:32:01 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12928
    • fossil coral cantik
Vonis hakim [hukum mati] thdp si pembantai seluruh keluarga tsb.
grasi presiden menghapuskan [hukuman mati] tsb
---> ini tidak sertamerta artinya orang ybs bebas total dari segala bentuk hukuman, goblog.

grasi presiden yang berupa ungu,
menyebabkan hukumannya berubah, misal [penjara seumur hidup].

Presiden itu JELAS haruslah orang yang adil.
Maka sekalipun presiden membatalkan [hukuman mati] si pembantai tsb ---> ini tidak sertamerta artinya presiden meniadakan segala jenis hukuman ke si pembantai tsb.
« Last Edit: January 30, 2017, 06:34:15 PM by odading »
January 30, 2017, 06:35:05 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12928
    • fossil coral cantik
Makanya ketololanmu semakin nyata sebab tidak paham soal hukum tapi belagak tahu.

Kalau bodoh ya tetap saja bodoh ditambah munafik karena kerjamu kan selalu bikin ilustrasi konyol membuat persoalan yg sederhana menjadi njelimet tidak karuan,begitu diberikan ilustrasi yang benar otakmu kagak mampu nangkep sebab dogol sih.

Hukum karmamu itu hanya ajaran sampah didalam Kekristenan sebab berasal dari kekafiran.
Eh cicing.... udah deh. Jangan nyampah disini.
Elu hapus semua posting2 elu disini.

Mending gue dengan sabar nunggu orang yang bukan iblis nge-respond thread ini  :D
January 30, 2017, 10:18:15 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
Vonis hakim [hukum mati] thdp si pembantai seluruh keluarga tsb.
grasi presiden menghapuskan [hukuman mati] tsb
---> ini tidak sertamerta artinya orang ybs bebas total dari segala bentuk hukuman, goblog.

grasi presiden yang berupa ungu,
menyebabkan hukumannya berubah, misal [penjara seumur hidup].

Kalau grasi Presiden tidak bisa menghapuskan hukuman mati maka ketololanmu jelas sekali sok tahu tapi dogol.

Quote
Presiden itu JELAS haruslah orang yang adil.
Maka sekalipun presiden membatalkan [hukuman mati] si pembantai tsb ---> ini tidak sertamerta artinya presiden meniadakan segala jenis hukuman ke si pembantai tsb.

Kalau tidak pernah tahu bahwa grasi membebaskan sama sekali hukuman mati maka sekali lagi ketololanmu itu sudah mendarah daging,susah diperbaiki lagi,dan hanya menjadi sampah masyarakat doang.
« Last Edit: January 30, 2017, 10:21:06 PM by semper »
January 30, 2017, 10:19:48 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
Eh cicing.... udah deh. Jangan nyampah disini.
Elu hapus semua posting2 elu disini.

Mending gue dengan sabar nunggu orang yang bukan iblis nge-respond thread ini  :D

Makanya kalau tidak paham soal grasi jangan sok pintar ujung-ujungnya hanya meunjukkan ketololanmu doang jeng.

Pardon : an executive action that mitigates or sets aside punishment for a crime. An act of grace from governing power which mitigates the punishment the law demands for the offense and restores the right and privileges forfeited on account of the offense .

Grasi merupakan upaya hukum istimewa, yang dapat dilakukan atas suatu putusan pengadilan yang telah memiliki keuatan hukum yang tetap, termasuk putusan Mahkamah Agung. Istilah grasi berasal dari kata “gratie” dalam bahasa Belanda atau “granted” dalam bahasa Inggris. Yang berarti wewenang dari Kepala Negara untuk memberikan pengampunan terhadap hukuman yang telah dijatuhkan oleh hakim, untuk menghapus seluruhnya, sebagian atau mengubah sifat/bentuk hukuman itu.

Secara singkat, Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan grasi sebagai ampunan yang diberikan Kepala Negara terhadap seseorang yang dijatuhi hukuman. Sedangkan menurut Pasal 1 Undang-Undang No. 20 Tahun 2002, yang dimaksud Grasi adalah pengampunan berupa perubahan, peringanan, pengurangan, atau penghapusan pelaksanaan pidana kepada terpidana yang diberikan oleh Presiden.

 Dari berbagai pengertian diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan grasi ialah sebuah tindakan yang dilakukan oleh Presiden dalam memberikan ampunan pada seseorang dengan cara mengubah, menghapus atau mengurangi hukuman yang diberikan oleh hakim.

https://junetbungsu.wordpress.com/2013/01/11/analisis-pemberian-grasi-amnesti-abolisi-dan-rehabilitasi-terhadap-teori-pemidanaan/


Jadi kelihatan sekali kebodohanmu berdasarkan penjelasan diatas bahwa :

1.Grasi itu bisa diilustrasikan sebagai grace sehingga cocok dengan karunia pengampunan oleh Tuhan.

2.Grasi juga bisa mencakup pembebasan total atau penghapusan seluruhnya hukuman pidana ybs.

Nampak kan kebodohanmu yg tidak ketulungan itu !
« Last Edit: January 30, 2017, 10:32:46 PM by semper »
January 31, 2017, 09:59:21 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9615
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Hanya Tuhan yang berkuasa mengampuni dosa

namun kita harus mengampuni orang yang bersalah kepada kita kalau tidak Bapa juga tidak mengampuni dosa kita

gitu aja udah
males ribet2

*kabur
February 07, 2017, 12:25:01 PM
Reply #9
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: Kharismatik
allow bro mnrut pendpt gw;

bagi gw pengampunan dosa itu antara Tuhan dan ciptaannya. klo sesama kt melakukan dosa/pelanggaran dan saling mengampuni itu =  selesai ga jd masalah bro. tp yg jd masalah klo kt yg berdosa kpd Tuhan itu bgmna?

Tuhan itu suci sempurna dan kudus Dia yg punya surga dan tinggal di surga....jd suka2 Dia donk kt mo masuk mana setelah mati....dan itu masalahnya bro klo kt mati tp tidak dekat Tuhan bgmna???
yg jelas klo kt hidup dekat Tuhan mk kt bisa tinggal bersama Tuhan alias masuk surga.
utk hidup dekat Tuhan mk kt hrs melakukan segala perintahnya dan menjauhi larangannya alias jgn berbuat dosa thd Tuhan. itu tandanya kt mengasihiNya.
seorang teman yg sayang sama temannya dia toh tidak akan melakukan yg buruk thd temannya,...demikian kt thd TUhan. apalagi Dia suci bro, itu yg menyebabkan masalah lagi. knp masalah nya?? krn klo kt mo deket sama Tuhan yg suci mk kt juga hrs suci sesuai standarNya Dia.
Yesaya 59:1-2:
“Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.”

jadi klo kt melakukan suatu kesalahan kpd Tuhan mk kt wajib minta ampun dan mengakui dosa2 kita. klo tidak Tuhan ga mo deket sama kita alias sembunyi dari kt. mknya itu di PL ada korban binatang/sesajen. klo di PB udah ada korban kristus.
so suka ga suka kt butuh "PENGAMPUNAN DOSA ITU"

Kristen = pengikut kristus mknya hrs ikuti ajaran Yesus.
Yesus bilang kasihilah Tuhan Allahmu dan kasihilah sesamamu manusia... so dstu sudah jelas bahwa kt hrs mengasihi Tuhan dan mengasihi manusia jd artinya jgn berbuat dosa thd Tuhan dan juga manusia.
~ GBU
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)