Author Topic: Ajaran "Kristen"vs ajaran alkitab  (Read 18866 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 29, 2017, 06:02:11 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 842
  • Denominasi: Kharismatik
Ajaran dari kelompok yang mngatakan Kristen ternyata bermacam macam.

Ada katolik ada protestan, ada mormon dll

Pedoman merekapun berbeda beda, tentu hal ini sah sah saja, karena kepercayaan tidak boleh dipaksakan

Setelah ikut diskusi dan googling, saya punya kesan bahwa diantara sekian banyak aliran protestan baik karismatik maupun non k mempunyai kesamaan yaitu berpedoman alkitab.

Katolik berpedoman pada magisterium itu kesan saya

Kesan saya, meskipun ajaran vatican bertentangan dengan alkitab, kesan saya umat tetap milih percaya

Contoh, setahu ane yahudi dan muslim tidak terangkum dalam rencana keselatan dengan kata lain diluar Yesus tidak ada keselatan, namun tangkapan ane vatican mengatakan islam terangkum dalam rencana keselatan


Lumen gentium bab 2/16

Akhirnya mereka yang belum menerima Injil dengan berbagai alasan diarahkan kepada Umat Allah[32]. Terutama bangsa yang telah dianugerahi perjanjian dan janji-janji, serta merupakan asal kelahiran Kristus menurut daging (lih. Rom 9:4-5), bangsa terpilih yang amat disayangi karena para leluhur; sebab Allah tidak menyesali kurnia-kurnia serta panggilan-Nya (lih. Rom 11:28-29). Namun rencana keselamatan juga merangkum mereka, yang mengakui Sang Pencipta; di antara mereka terdapat terutama kaum muslimin, yang menyatakan bahwa mereka berpegang pada iman Abraham, dan bersama kita bersujud menyembah Allah yang tunggal dan maha rahim

https://www.katolisitas.org/vatikan-ii-misteri-gereja/


Memang tidak ada paksaan untuk menerima alkitab sepenuhnya, penambahan atau edit adalah hak asasi vatican

Tergantung kita masing masing memilih yang paling kita anggap benar
« Last Edit: January 29, 2017, 06:14:33 PM by Ahmaddani »
January 30, 2017, 10:22:10 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Emang siapa yang melakukan "Kanonisasi Alkitab PB"? Gerejanya Luther atau Calvin atau Gereja yg laen...?

Meski saya bukan Katolik, kita harus fair memandang sejarah. "Kanonisasi Alkitab PB" adalah karya monumental para Bapa Gereja (Katolik).

Nah Kalo Anda mengatakan "edit"? Edit-nya di mananya? Wong yang kita pegang ini karya mereka! Melihat ini harus dengan kacamata yang jujur, sejujur-jujurnya.

Kalau ada "Tradisi Suci" dalam ibadah mereka, ya itu beda...
Kalau ini dipermasalahkan... bukankah gereja-gereja yang lain juga punya "tradisi"-nya masing2?
Contoh Gereja Kharismatik jaman sekarang, model gereja bapak anak-mantu, kan gereja milik aset keluarga... bukankah ini juga merupakan "Tradisi"?

dan menegnai Hierarki dan proses suksesi Gereja, saya memandang dengan kacamata fair-jujur. Justru Katolik-lah yang paling rapi dari semua jenis gereja (termasuk gereja2 yg suka menghina-hina Katolik).



Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
January 30, 2017, 11:32:32 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
Emang siapa yang melakukan "Kanonisasi Alkitab PB"? Gerejanya Luther atau Calvin atau Gereja yg laen...?

Meski saya bukan Katolik, kita harus fair memandang sejarah. "Kanonisasi Alkitab PB" adalah karya monumental para Bapa Gereja (Katolik).

Nah Kalo Anda mengatakan "edit"? Edit-nya di mananya? Wong yang kita pegang ini karya mereka! Melihat ini harus dengan kacamata yang jujur, sejujur-jujurnya.

Kalau ada "Tradisi Suci" dalam ibadah mereka, ya itu beda...
Kalau ini dipermasalahkan... bukankah gereja-gereja yang lain juga punya "tradisi"-nya masing2?
Contoh Gereja Kharismatik jaman sekarang, model gereja bapak anak-mantu, kan gereja milik aset keluarga... bukankah ini juga merupakan "Tradisi"?

dan menegnai Hierarki dan proses suksesi Gereja, saya memandang dengan kacamata fair-jujur. Justru Katolik-lah yang paling rapi dari semua jenis gereja (termasuk gereja2 yg suka menghina-hina Katolik).

Emangnya Gereja Katolik kapan lahirnya ?

Sejak kapan pula kanon PL dibuat oleh Gereja Katolik ?

Siapa yang kamu anggap para Bapak Gereja katolik itu ?

January 30, 2017, 11:44:54 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Contoh....

"Trinitas" itu asalnya dari bahasa apa? Bahasa Perancis? atau Bahasa Jerman?
Bapa Gereja Tertulianus berbahasa apa? Kok ajarannya diserap sama orang Reformed?
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
January 30, 2017, 11:51:24 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 842
  • Denominasi: Kharismatik
Emang siapa yang melakukan "Kanonisasi Alkitab PB"? Gerejanya Luther atau Calvin atau Gereja yg laen...?

Meski saya bukan Katolik, kita harus fair memandang sejarah. "Kanonisasi Alkitab PB" adalah karya monumental para Bapa Gereja (Katolik).

Nah Kalo Anda mengatakan "edit"? Edit-nya di mananya? Wong yang kita pegang ini karya mereka! Melihat ini harus dengan kacamata yang jujur, sejujur-jujurnya.

Kalau ada "Tradisi Suci" dalam ibadah mereka, ya itu beda...
Kalau ini dipermasalahkan... bukankah gereja-gereja yang lain juga punya "tradisi"-nya masing2?
Contoh Gereja Kharismatik jaman sekarang, model gereja bapak anak-mantu, kan gereja milik aset keluarga... bukankah ini juga merupakan "Tradisi"?

dan menegnai Hierarki dan proses suksesi Gereja, saya memandang dengan kacamata fair-jujur. Justru Katolik-lah yang paling rapi dari semua jenis gereja (termasuk gereja2 yg suka menghina-hina Katolik).

Setahu ane kanon alkitab memang ada dua pandangan. Ada yang bilang katolik ada yang tidak

Edit yang ane maksudkan ya

Kok bisanya bilang islam menyembah Tuhannya abraham

Kalau islam menyembah Tuhannya abraham kenapa Tuhan yang sama ini tidak berfirman dalam quran bahwa Yesus itu Tuhan
 Segitu dulu
January 30, 2017, 11:56:38 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 842
  • Denominasi: Kharismatik
Contoh....

"Trinitas" itu asalnya dari bahasa apa? Bahasa Perancis? atau Bahasa Jerman?
Bapa Gereja Tertulianus berbahasa apa? Kok ajarannya diserap sama orang Reformed?

Rasanya ini bukan yang kita bicarakan disini
January 30, 2017, 12:03:00 PM
Reply #6
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Tidak se-simple itu Ahmadddd.

Kamu bisa lihat di dalam tubuh Protestan yg sealiran bisa ada banyak denominasi.
Dalam ragam denominasi itu ada banyak doktrin yg berbeda satu sama lain.

Misal,
ada amillenial,
ada premillenial,
ada postmillenial,
ada pro-bahasa roh,
ada kontra-bahasa roh,
ada baptis harus selam,
ada baptis tidak harus selam,
ada yg stuju infant baptizm,
ada yg kontra infant baptizm,
ada yg stuju rapture pretribulation,
ada yg rapture posttribulation,
ada yg stuju calvinism,
ada yg anut arminianism,
ada yg radical grace,
ada yg ngga boleh makan babi,
dan masih banyak lagi.

Skrg coba Ahmad renungkan, apa sih yg mbuat Alkitab yg sama bisa mmunculkan ragam ajaran yg berbeda satu sama lain?

Yg menyebabkannya adalah otoritas Gereja.

Pendeta yg satu meyakini A,
pendeta yg lain meyakini B,
pendeta sebelah meyakini C,
pendeta seberang meyakini D.
Semua mreka kutip dari Alkitab yg sama.

One bible many interpretations.

Nah, yg menetapkan ajaran Gereja lokal adalah pimpinan Gereja lokal tsb,
Dan pimpinan Gereja itu yg disebut sbg magisterium.

Jadi Ahmad, semua Gereja punya magisteriumnya sendiri, bukan cuma Katolik.
Semua Gereja mengikuti ajaran magisteriumnya.
Pendetamu bilang A, ya semua gerejamu ajarkan A walau gereja sebelah ajarkan B.

Apa yg diinterpretasikan magisteriummu bisa beda dg interpretasi magisterium sebelah.

Nahhhh,
Pengajaran magisterium yg mengikat bagi Gerejamu, itu namanya tradisi suci.

Ada gereja yg magisteriumnya mewajibkan perpuluhan (krn mreka interpretasikan bhw perpuluhan adalah Alkitabiah),
Maka perpuluhan mjd tradisi suci di gereja tsb krn sifatnya wajib.

Misalnya ada Gereja yg mewajibkan sidi,
Maka Sidi itu jadi tradisi suci di gereja tsb.
Coba cari di Alkitab ada nggak itu ayatnya soal sidi.
Kaga adaaaaa.

Org kalo mau kawin harus lulus kelas pendalaman Alkitab, itu juga tradisi suci.
Ada gak ayatnya? Kaga adaaaaa.
Apa bener Tuhan Yesus pernah bilang syarat menikah hrs lulus kelas Alkitab?
Kagaaaaa.

Itulah gambarannya, Bro Ahmad.

Jd sblm kamu mengkritik tradisi gereja sebelah, kamu perlu tau dulu apa itu Alkitab, Magisterium dan Tradisi Suci.

Ya kita stand-against tradisi suci dan ajaran magisterium yg bertentangan dg Alkitab,
Tp ya coba-cobalah telaah dulu apa bener itu btentangan, atau jangan-jangan hanya beda interpretasi aja.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 30, 2017, 12:13:07 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
Contoh....

"Trinitas" itu asalnya dari bahasa apa? Bahasa Perancis? atau Bahasa Jerman?
Bapa Gereja Tertulianus berbahasa apa? Kok ajarannya diserap sama orang Reformed?

Lho,ngomongin kanonisasi kok loncat ke Trinitas ?

Bisa jawab nggak pertanyaan saya atas komentar anda yg diatas itu ?

January 30, 2017, 12:13:36 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 842
  • Denominasi: Kharismatik
Tidak se-simple itu Ahmadddd.

Kamu bisa lihat di dalam tubuh Protestan yg sealiran bisa ada banyak denominasi.
Dalam ragam denominasi itu ada banyak doktrin yg berbeda satu sama lain.

Misal,
ada amillenial,
ada premillenial,
ada postmillenial,
ada pro-bahasa roh,
ada kontra-bahasa roh,
ada baptis harus selam,
ada baptis tidak harus selam,
ada yg stuju infant baptizm,
ada yg kontra infant baptizm,
ada yg stuju rapture pretribulation,
ada yg rapture posttribulation,
ada yg stuju calvinism,
ada yg anut arminianism,
ada yg radical grace,
ada yg ngga boleh makan babi,
dan masih banyak lagi.

Skrg coba Ahmad renungkan, apa sih yg mbuat Alkitab yg sama bisa mmunculkan ragam ajaran yg berbeda satu sama lain?

Yg menyebabkannya adalah otoritas Gereja.

Pendeta yg satu meyakini A,
pendeta yg lain meyakini B,
pendeta sebelah meyakini C,
pendeta seberang meyakini D.
Semua mreka kutip dari Alkitab yg sama.

One bible many interpretations.

Nah, yg menetapkan ajaran Gereja lokal adalah pimpinan Gereja lokal tsb,
Dan pimpinan Gereja itu yg disebut sbg magisterium.

Jadi Ahmad, semua Gereja punya magisteriumnya sendiri, bukan cuma Katolik.
Semua Gereja mengikuti ajaran magisteriumnya.
Pendetamu bilang A, ya semua gerejamu ajarkan A walau gereja sebelah ajarkan B.

Apa yg diinterpretasikan magisteriummu bisa beda dg interpretasi magisterium sebelah.

Nahhhh,
Pengajaran magisterium yg mengikat bagi Gerejamu, itu namanya tradisi suci.

Ada gereja yg magisteriumnya mewajibkan perpuluhan (krn mreka interpretasikan bhw perpuluhan adalah Alkitabiah),
Maka perpuluhan mjd tradisi suci di gereja tsb krn sifatnya wajib.

Misalnya ada Gereja yg mewajibkan sidi,
Maka Sidi itu jadi tradisi suci di gereja tsb.
Coba cari di Alkitab ada nggak itu ayatnya soal sidi.
Kaga adaaaaa.

Org kalo mau kawin harus lulus kelas pendalaman Alkitab, itu juga tradisi suci.
Ada gak ayatnya? Kaga adaaaaa.
Apa bener Tuhan Yesus pernah bilang syarat menikah hrs lulus kelas Alkitab?
Kagaaaaa.

Itulah gambarannya, Bro Ahmad.

Jd sblm kamu mengkritik tradisi gereja sebelah, kamu perlu tau dulu apa itu Alkitab, Magisterium dan Tradisi Suci.

Ya kita stand-against tradisi suci dan ajaran magisterium yg bertentangan dg Alkitab,
Tp ya coba-cobalah telaah dulu apa bener itu btentangan, atau jangan-jangan hanya beda interpretasi aja.

Protestan ada ribuan, dan kalau mas namun mereka mengaku berpedoman alkitab, lalu penafsiran berbeda.

Kalau katolik memang tunduk tidak hanya alkitab tapi magisterium

Apakah mas percaya islam menyembah allahnya abraham?

Setahu ane alkitab mengatakan diluar Yesus tidak ada keselatan.

Namun ane mengakui alkitab tidak boleh dipaksakan, yang mau turut ajaran manusia ya silahkan

Dan kalau ada protestan mengajar ada keselamatan diluar Yesus, saya anggap aliran itu bukan Kristen, sekali lagi saya memang tidak punya hak melarang, sebagai anngota jemaat biasa, saya hanya merasa wajib melakukan pertimbangan saja, kok menurut saya sudah menyimpang dari alkitab
January 30, 2017, 12:18:32 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 925
Tidak se-simple itu Ahmadddd.

Kamu bisa lihat di dalam tubuh Protestan yg sealiran bisa ada banyak denominasi.
Dalam ragam denominasi itu ada banyak doktrin yg berbeda satu sama lain.

Misal,
ada amillenial,
ada premillenial,
ada postmillenial,
ada pro-bahasa roh,
ada kontra-bahasa roh,
ada baptis harus selam,
ada baptis tidak harus selam,
ada yg stuju infant baptizm,
ada yg kontra infant baptizm,
ada yg stuju rapture pretribulation,
ada yg rapture posttribulation,
ada yg stuju calvinism,
ada yg anut arminianism,
ada yg radical grace,
ada yg ngga boleh makan babi,
dan masih banyak lagi.

Skrg coba Ahmad renungkan, apa sih yg mbuat Alkitab yg sama bisa mmunculkan ragam ajaran yg berbeda satu sama lain?

Yg menyebabkannya adalah otoritas Gereja.

Pendeta yg satu meyakini A,
pendeta yg lain meyakini B,
pendeta sebelah meyakini C,
pendeta seberang meyakini D.
Semua mreka kutip dari Alkitab yg sama.

One bible many interpretations.

Nah, yg menetapkan ajaran Gereja lokal adalah pimpinan Gereja lokal tsb,
Dan pimpinan Gereja itu yg disebut sbg magisterium.

Jadi Ahmad, semua Gereja punya magisteriumnya sendiri, bukan cuma Katolik.
Semua Gereja mengikuti ajaran magisteriumnya.
Pendetamu bilang A, ya semua gerejamu ajarkan A walau gereja sebelah ajarkan B.

Apa yg diinterpretasikan magisteriummu bisa beda dg interpretasi magisterium sebelah.

Nahhhh,
Pengajaran magisterium yg mengikat bagi Gerejamu, itu namanya tradisi suci.

Ada gereja yg magisteriumnya mewajibkan perpuluhan (krn mreka interpretasikan bhw perpuluhan adalah Alkitabiah),
Maka perpuluhan mjd tradisi suci di gereja tsb krn sifatnya wajib.

Misalnya ada Gereja yg mewajibkan sidi,
Maka Sidi itu jadi tradisi suci di gereja tsb.
Coba cari di Alkitab ada nggak itu ayatnya soal sidi.
Kaga adaaaaa.

Org kalo mau kawin harus lulus kelas pendalaman Alkitab, itu juga tradisi suci.
Ada gak ayatnya? Kaga adaaaaa.
Apa bener Tuhan Yesus pernah bilang syarat menikah hrs lulus kelas Alkitab?
Kagaaaaa.

Itulah gambarannya, Bro Ahmad.

Jd sblm kamu mengkritik tradisi gereja sebelah, kamu perlu tau dulu apa itu Alkitab, Magisterium dan Tradisi Suci.

Ya kita stand-against tradisi suci dan ajaran magisterium yg bertentangan dg Alkitab,
Tp ya coba-cobalah telaah dulu apa bener itu btentangan, atau jangan-jangan hanya beda interpretasi aja.


Unity memang tidak harus Uniformity.

Berbeda kalau tidak prinsipil dan tidak kompromi atas kebenaran Alkitab itu sah sah saja menurutku,sepanjang mereka masih tetap didalam satu landasan yaitu Sola Scriptura bukan Bible Plus.....
« Last Edit: January 30, 2017, 12:21:02 PM by semper »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)