Author Topic: Ajaran "Kristen"vs ajaran alkitab  (Read 25966 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 31, 2017, 03:54:39 PM
Reply #60
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 842
  • Denominasi: Kharismatik
waspada itu bener
kepada yang bertentangan dengan kita
makanya siapapun yang tidak menentang kita itulah teman kita
kan seperti itu

apakah soal claim bahwa Petrus adalah pendiri gereja di Roma itu tidak inline dengan Alkitab?
apakah gereja Katolik menentang kita? saya bilang sih kagak

tapi ya
yang paling penting dari semuanya itu adalah kita sendiri tinggal dalam kasih

1 Yohanes 2
10. Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan.

so hati2 kalo ada ajaran atau kotbah yang isinya "nyuruh" (baik tersirat ato tersurat" untuk benci ato suudzon kepada doktrin gereja lain
apalagi kalo mempersoalkan sesuatu yang hasilnya bisa "meruntuhkan" gereja yang telah dibangun oleh orang lain
hindari itu

kita ini disuruh mengasihi sesama, bahkan musuh pun harus dikasihi
apalagi saudara seiman

paling aman adalah tetap tinggal dalam kasih

Menentang kita kita tetap mengasihi, karena kasihilah musuhmu

Menentang alkitab juga tetap kita kasihi,dengan cara mengingatkan
February 01, 2017, 12:23:00 AM
Reply #61
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1571
  • Denominasi: Gak tau dah...
Kesan yang ane tangkap,

1 paul menginjil ke roma kisah rasul 28

2. Paul pergi ketempat lain, karena memang paul habitatnya keliling. Dari tempat lain inilah Paul tulis surat.
Roma 15:25
Tetapi sekarang aku sedang dalam perjalanan ke Yerusalem untuk mengantarkan bantuan kepada orang-orang kudus.


Jika hanya satu kali saja Paulus membawa uang sumbangan ke Yerusalem, maka surat tersebut kemungkinan besar ditulis olehnya sebelum dia sendiri bertemu kembali dengan Yakobus di Yerusalem (Kisah Para Rasul 21).

Yang menjadi masalah:
1. Apakah jemaat Kristen sudah ada sebelum Paulus berkunjung ke Roma?
2. Jika jemaat Kristen sudah ada, kenapa Paulus tidak tinggal di rumah salah satu jemaat tersebut?

Saya coba jawab sendiri:
1. Sepertinya sudah ada.

Kisah Para Rasul 28:14-16 LAI BIS (sengaja saya ambil terjemahan BIS dari LAI)
14 Di situ kami bertemu dengan beberapa orang yang percaya kepada Yesus, dan atas undangan mereka kami tinggal dengan mereka selama seminggu. Lalu kami berangkat ke Roma.
15 Saudara-saudara di Roma yang percaya kepada Yesus mendengar kabar tentang kami, sehingga mereka datang sampai ke Pasar Apius dan Pasanggrahan Tiga untuk menyambut kami. Ketika Paulus berjumpa dengan mereka, ia mengucap terima kasih kepada Allah dan hatinya menjadi tabah.
16 Waktu sampai di Roma, Paulus diperbolehkan tinggal sendiri dengan dikawal oleh seorang prajurit.



2. Karena seperti yang sudah Anda katakan sendiri, status Paulus ini untuk mendapatkan pengadilan banding. Saya coba pakai istilah dari disiplin ilmu lain, status Paulus di Roma adalah tahanan kota (ayat 16). Jadi cukup masuk akal Paulus tidak tinggal di rumah salah satu saudara.

Quote
Roma 15:20 Dan dalam pemberitaan itu aku menganggap sebagai kehormatanku, bahwa aku tidak melakukannya di tempat-tempat, di mana nama Kristus telah dikenal orang, supaya aku jangan membangun di atas dasar, yang telah diletakkan orang lain,

Paul nulis dia tidak ingin nginjil ditempat yang kristus sudah dikenal

Kalau memang di roma dia bukan penginjil pertama saya rasa dia tidak nulis ayat ini kan malu sendiri

Kan dijelaskan doi sendiri dengan ayat selanjutnya, Bro. Saya ambil sebagai satu kesatuan biar lebih enak membacanya.

Roma 15:20-24
20 Dan dalam pemberitaan itu aku menganggap sebagai kehormatanku, bahwa aku tidak melakukannya di tempat-tempat, di mana nama Kristus telah dikenal orang, supaya aku jangan membangun di atas dasar, yang telah diletakkan orang lain,
21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis: "Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia, dan mereka, yang tidak pernah mendengarnya, akan mengertinya."
22 Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu.
23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat kerja di daerah ini dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin mengunjungi kamu,
24 aku harap dalam perjalananku ke Spanyol aku dapat singgah di tempatmu dan bertemu dengan kamu, sehingga kamu dapat mengantarkan aku ke sana, setelah aku seketika menikmati pertemuan dengan kamu.


February 01, 2017, 01:18:24 AM
Reply #62
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 842
  • Denominasi: Kharismatik
Roma 15:25
Tetapi sekarang aku sedang dalam perjalanan ke Yerusalem untuk mengantarkan bantuan kepada orang-orang kudus.


Jika hanya satu kali saja Paulus membawa uang sumbangan ke Yerusalem, maka surat tersebut kemungkinan besar ditulis olehnya sebelum dia sendiri bertemu kembali dengan Yakobus di Yerusalem (Kisah Para Rasul 21).

Yang menjadi masalah:
1. Apakah jemaat Kristen sudah ada sebelum Paulus berkunjung ke Roma?
2. Jika jemaat Kristen sudah ada, kenapa Paulus tidak tinggal di rumah salah satu jemaat tersebut?

Saya coba jawab sendiri:
1. Sepertinya sudah ada.

Kisah Parqqa Rasul 28:14-16 LAI BIS (sengaja saya ambil terjemahan BIS dari LAI)
14 Di situ kami bertemu dengan beberapa orang yang percaya kepada Yesus, dan atas undangan mereka kami tinggal dengan mereka selama seminggu. Lalu kami berangkat ke Roma.
15 Saudara-saudara di Roma yang percaya kepada Yesus mendengar kabar tentang kami, sehingga mereka datang sampai ke Pasar Apius dan Pasanggrahan Tiga untuk menyambut kami. Ketika Paulus berjumpa dengan mereka, ia mengucap terima kasih kepada Allah dan hatinya menjadi tabah.
16 Waktu sampai di Roma, Paulus diperbolehkan tinggal sendiri dengan dikawal oleh seorang prajurit.



2. Karena seperti yang sudah Anda katakan sendiri, status Paulus ini untuk mendapatkan pengadilan banding. Saya coba pakai istilah dari disiplin ilmu lain, status Paulus di Roma adalah tahanan kota (ayat 16). Jadi cukup masuk akal Paulus tidak tinggal di rumah salah satu saudara.

Kan dijelaskan doi sendiri dengan ayat selanjutnya, Bro. Saya ambil sebagai satu kesatuan biar lebih enak membacanya.

Roma 15:20-24
20 Dan dalam pemberitaan itu aku menganggap sebagai kehormatanku, bahwa aku tidak melakukannya di tempat-tempat, di mana nama Kristus telah dikenal orang, supaya aku jangan membangun di atas dasar, yang telah diletakkan orang lain,
21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis: "Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia, dan mereka, yang tidak pernah mendengarnya, akan mengertinya."
22 Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu.
23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat kerja di daerah ini dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin mengunjungi kamu,
24 aku harap dalam perjalananku ke Spanyol aku dapat singgah di tempatmu dan bertemu dengan kamu, sehingga kamu dapat mengantarkan aku ke sana, setelah aku seketika menikmati pertemuan dengan kamu.


15 And from there, when the brethren heard about us, they came to meet us as far as Appii Forum and Three Inns. When Paul saw them, he thanked God and took courage

Kok kjv dalam ayat 15 tidak ada kata roma


Roma 15:20
 20 And so I have made it my aim to preach the gospel, not where Christ was named, lest I should build on another man’s foundation

Waktu paulus di roma kan dia panggil orang2 yahudi dan preach disana

Lalu dia tulis surat dia tidak ingin preach pada orang yang sudah kenal Kristus

Kalau benar waktu itu sudah ada gereja di Roma, orang gereja roma yang baca surat ini akan bilang, paulus pembohong katanya tidak mau membangun diatas fondasi yang dibangun orang lain

the market of Appius" ( Acts 28:15 , RSV), a town on the road, the "Appian Way," from Rome to Brundusium. It was 43 miles from Rome. Here Paul was met by some Roman Christians on his way to the capital. It was natural that they should halt here and wait for him, because from this place there were two ways by which travellers might journey to Rome.


Ingat jarak market of appius sampai roma 43miles. Sekitar 69,2 km

Masak si orang jalan kaki dari roma untuk sambut paul sampai 69 km padahal paul mau ke roma juga
« Last Edit: February 01, 2017, 06:41:09 AM by Ahmaddani »
February 01, 2017, 08:57:31 AM
Reply #63
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1571
  • Denominasi: Gak tau dah...
15 And from there, when the brethren heard about us, they came to meet us as far as Appii Forum and Three Inns. When Paul saw them, he thanked God and took courage

Kok kjv dalam ayat 15 tidak ada kata roma
Kan dijelaskan dengan yang tak bold.

Quote
Roma 15:20
 20 And so I have made it my aim to preach the gospel, not where Christ was named, lest I should build on another man’s foundation

Waktu paulus di roma kan dia panggil orang2 yahudi dan preach disana

Lalu dia tulis surat dia tidak ingin preach pada orang yang sudah kenal Kristus

Kalau benar waktu itu sudah ada gereja di Roma, orang gereja roma yang baca surat ini akan bilang, paulus pembohong katanya tidak mau membangun diatas fondasi yang dibangun orang lain
Baca keseluruhan dong, jangan diputus di ayat 20. Itu kan di atas sudah tak copas mulai dari ayat 20 sampai 24. Saya coba ulangi lagi.

Roma 15:20-24
20 Dan dalam pemberitaan itu aku menganggap sebagai kehormatanku, bahwa aku tidak melakukannya di tempat-tempat, di mana nama Kristus telah dikenal orang, supaya aku jangan membangun di atas dasar, yang telah diletakkan orang lain,
21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis: "Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia, dan mereka, yang tidak pernah mendengarnya, akan mengertinya."
22 Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu.
23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat kerja di daerah ini dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin mengunjungi kamu,
24 aku harap dalam perjalananku ke Spanyol aku dapat singgah di tempatmu dan bertemu dengan kamu, sehingga kamu dapat mengantarkan aku ke sana, setelah aku seketika menikmati pertemuan dengan kamu.


Lihat di ayat 20. Paulus berkata, "Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu." Kenapa Paulus merasa terhalang? Oleh karena Paulus tidak mau membangun di atas dasar yang sudah dibangun orang lain.

Terus Paulus menjilat ludah sendiri dong waktu dia bilang ingin ke Roma? Kan dijelasin lagi sama Paulus dalam ayat 23 dan 24. Masa gak boleh sih Paulus ingin berjumpa dengan saudara-saudara seiman...

Quote
the market of Appius" ( Acts 28:15 , RSV), a town on the road, the "Appian Way," from Rome to Brundusium. It was 43 miles from Rome. Here Paul was met by some Roman Christians on his way to the capital. It was natural that they should halt here and wait for him, because from this place there were two ways by which travellers might journey to Rome.


Ingat jarak market of appius sampai roma 43miles. Sekitar 69,2 km

Masak si orang jalan kaki dari roma untuk sambut paul sampai 69 km padahal paul mau ke roma juga
Maaf Bro ya, potongan artikel di atas malah memperlemah argumen Anda sendiri. Tolong dibaca lagi potongan artikel tersebut, terutama yang saya beri warna merah.
February 01, 2017, 09:46:18 AM
Reply #64
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6474
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Saya perlu tekankan lagi,

Petrus disebut Uskup Roma Pertama (first bishop of Rome) adalah gelar kehormatan.

Petrus dan Paulus dianggap 2 Rasul yg sangat berperan thd Kekristenan di Roma, namun yang diberikan kehormatan utk mnyandang gelar Uskup Pertama Roma adalah Petrus.

Di zaman dulu ketika orang pada jadi martir dan agama Kristen ditolak oleh majority Yahudi dan majority Romawi apakah pikir kalian ada yg namanya gedung Gereja?
Apa pikirnya ada upacara penahbisan Uskup Pertama Roma yg disiarkan langsung dan dihadiri pejabat kota?
Kaga ada ituuuu.

First Bishop of Rome itu gelar penghormatan pd Petrus.

Jauuuuuuuh sebelum ada yg namanya Gereja Katolik Roma, jauuuuuh sebelum ada yg namanya Gereja Orthodox, bahkan jauuuuuh sblm Gereja diakui negara, semua uskup di seluruh dunia Kekristenan mengakui dan sepakat menerima Petrus sbg Uskup Pertama Roma sbg penghormatan.

Dari sejak abad pertama,
Uskup Roma siapapun itu dipandang oleh seluruh dunia Kekristenan sbg primus inter pares, yg utama dari yg setara krn mreka mhormati Rasul Petrus. Itu sblm lahir institusi Gereja yg diakui negara.

Jd Petrus diberi gelar Uskup Pertama Roma adalah fakta sejarah Gereja, bukan atas ambisi Petrus sendiri (krn Petrus ngga bakal dah angkat-angkat dirinya utk jadi First Bishop), tp krn seluruh umat Kristen menghormati dia.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
February 01, 2017, 10:34:09 AM
Reply #65
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 842
  • Denominasi: Kharismatik
Kan dijelaskan dengan yang tak bold.
Baca keseluruhan dong, jangan diputus di ayat 20. Itu kan di atas sudah tak copas mulai dari ayat 20 sampai 24. Saya coba ulangi lagi.

Roma 15:20-24
20 Dan dalam pemberitaan itu aku menganggap sebagai kehormatanku, bahwa aku tidak melakukannya di tempat-tempat, di mana nama Kristus telah dikenal orang, supaya aku jangan membangun di atas dasar, yang telah diletakkan orang lain,
21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis: "Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia, dan mereka, yang tidak pernah mendengarnya, akan mengertinya."
22 Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu.
23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat kerja di daerah ini dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin mengunjungi kamu,
24 aku harap dalam perjalananku ke Spanyol aku dapat singgah di tempatmu dan bertemu dengan kamu, sehingga kamu dapat mengantarkan aku ke sana, setelah aku seketika menikmati pertemuan dengan kamu.


Lihat di ayat 20. Paulus berkata, "Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu." Kenapa Paulus merasa terhalang? Oleh karena Paulus tidak mau membangun di atas dasar yang sudah dibangun orang lain.

Terus Paulus menjilat ludah sendiri dong waktu dia bilang ingin ke Roma? Kan dijelasin lagi sama Paulus dalam ayat 23 dan 24. Masa gak boleh sih Paulus ingin berjumpa dengan saudara-saudara seiman...
Maaf Bro ya, potongan artikel di atas malah memperlemah argumen Anda sendiri. Tolong dibaca lagi potongan artikel tersebut, terutama yang saya beri warna merah.

1. Memang ada 2 hal yang disampaikan paulus di ayat 20
A. Paul ingin memberitakan injil ditempat yang belum ada gereja
B. Tidak ingin membangun diatas fondasi orang lain, artinya tidak ingin meneruskan yang sudah ada gereja

Namun rupanya Paulus rindu ketemu mereka, kesan ane mereka itu dulunya hasil penginjilan Paulus
Biasalah, bekas orang yang dimenangkan dan pernah jadi anak didik,rindu untuk ketemu

2 kutipan ane itu cuman ane pakai untuk menunjukan jaraknyasaja 70km
Tapi bahwa mereka datang dari roma, itu janggal dan tidak terdapat di versi kjv

15 And from thence, when the brethren heard of us, they came to meet us as far as Appii forum, and The three taverns: whom when Paul saw, he thanked God, and took courage.
February 01, 2017, 10:37:01 AM
Reply #66
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 842
  • Denominasi: Kharismatik
Saya perlu tekankan lagi,

Petrus disebut Uskup Roma Pertama (first bishop of Rome) adalah gelar kehormatan.

Petrus dan Paulus dianggap 2 Rasul yg sangat berperan thd Kekristenan di Roma, namun yang diberikan kehormatan utk mnyandang gelar Uskup Pertama Roma adalah Petrus.

Di zaman dulu ketika orang pada jadi martir dan agama Kristen ditolak oleh majority Yahudi dan majority Romawi apakah pikir kalian ada yg namanya gedung Gereja?
Apa pikirnya ada upacara penahbisan Uskup Pertama Roma yg disiarkan langsung dan dihadiri pejabat kota?
Kaga ada ituuuu.

First Bishop of Rome itu gelar penghormatan pd Petrus.

Jauuuuuuuh sebelum ada yg namanya Gereja Katolik Roma, jauuuuuh sebelum ada yg namanya Gereja Orthodox, bahkan jauuuuuh sblm Gereja diakui negara, semua uskup di seluruh dunia Kekristenan mengakui dan sepakat menerima Petrus sbg Uskup Pertama Roma sbg penghormatan.

Dari sejak abad pertama,
Uskup Roma siapapun itu dipandang oleh seluruh dunia Kekristenan sbg primus inter pares, yg utama dari yg setara krn mreka mhormati Rasul Petrus. Itu sblm lahir institusi Gereja yg diakui negara.

Jd Petrus diberi gelar Uskup Pertama Roma adalah fakta sejarah Gereja, bukan atas ambisi Petrus sendiri (krn Petrus ngga bakal dah angkat-angkat dirinya utk jadi First Bishop), tp krn seluruh umat Kristen menghormati dia.

Waktu itu bapa gereja mana yang memberi gelar itu mas

Bisa kasih linknya mas
« Last Edit: February 01, 2017, 10:59:51 AM by Ahmaddani »
February 01, 2017, 11:17:20 AM
Reply #67
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9654
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
1. Memang ada 2 hal yang disampaikan paulus di ayat 20
A. Paul ingin memberitakan injil ditempat yang belum ada gereja
B. Tidak ingin membangun diatas fondasi orang lain, artinya tidak ingin meneruskan yang sudah ada gereja

Namun rupanya Paulus rindu ketemu mereka, kesan ane mereka itu dulunya hasil penginjilan Paulus
Biasalah, bekas orang yang dimenangkan dan pernah jadi anak didik,rindu untuk ketemu

2 kutipan ane itu cuman ane pakai untuk menunjukan jaraknyasaja 70km
Tapi bahwa mereka datang dari roma, itu janggal dan tidak terdapat di versi kjv

15 And from thence, when the brethren heard of us, they came to meet us as far as Appii forum, and The three taverns: whom when Paul saw, he thanked God, and took courage.

mungkin ini bisa membantu mencerahkan (ada baiknya baca full bro)

Acts recounts that on the way to Rome for his appeal as a Roman citizen to Caesar, Paul was shipwrecked on "Melita" (Malta),[Acts 27:39–44] where the islanders showed him "unusual kindness" and where he was met by Publius.[Acts 28:1–10] From Malta, he travelled to Rome via Syracuse, Rhegium and Puteoli.[Acts 28:11–14] He finally arrived in Rome around 60, where he spent another two years under house arrest.[80] The narrative of Acts ends with Paul preaching in Rome for two years from his rented home while awaiting trial.[Acts 28:30–31]

Irenaeus wrote in the 2nd century that Peter and Paul had been the founders of the church in Rome and had appointed Linus as succeeding bishop.[81] Paul was not a bishop of Rome, nor did he bring Christianity to Rome since there were already Christians in Rome when he arrived there.[Acts 28:14–15] Also, Paul wrote his letter to the church at Rome before he had visited Rome.[Romans 1:1,7,11–13;15:23–29] Paul only played a supporting part in the life of the church in Rome


https://en.wikipedia.org/wiki/Paul_the_Apostle
February 01, 2017, 11:36:37 AM
Reply #68
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 842
  • Denominasi: Kharismatik
mungkin ini bisa membantu mencerahkan (ada baiknya baca full bro)

Acts recounts that on the way to Rome for his appeal as a Roman citizen to Caesar, Paul was shipwrecked on "Melita" (Malta),[Acts 27:39–44] where the islanders showed him "unusual kindness" and where he was met by Publius.[Acts 28:1–10] From Malta, he travelled to Rome via Syracuse, Rhegium and Puteoli.[Acts 28:11–14] He finally arrived in Rome around 60, where he spent another two years under house arrest.[80] The narrative of Acts ends with Paul preaching in Rome for two years from his rented home while awaiting trial.[Acts 28:30–31]

Irenaeus wrote in the 2nd century that Peter and Paul had been the founders of the church in Rome and had appointed Linus as succeeding bishop.[81] Paul was not a bishop of Rome, nor did he bring Christianity to Rome since there were already Christians in Rome when he arrived there.[Acts 28:14–15] Also, Paul wrote his letter to the church at Rome before he had visited Rome.[Romans 1:1,7,11–13;15:23–29] Paul only played a supporting part in the life of the church in Rome


https://en.wikipedia.org/wiki/Paul_the_Apostle

Orang bisa nulis apa saja mas, namun kesan ane, melihat reaksi dari orang2 yahudi di roma, kisah 28, kesan ane belum ada kelompok Kristen disana

Juga surat roma paulus menasehati, membangun iman mereka dll padahal dia bilang tidak mau membangun diatas yang sudah didirikan orang lain. Kesan ane sidang roma didirikan paul

Masih banyak alasan lain, tapi saya belum ingat sepenuhnya
February 01, 2017, 11:40:41 AM
Reply #69
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9654
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Orang bisa nulis apa saja mas, namun kesan ane, melihat reaksi dari orang2 yahudi di roma, kisah 28, kesan ane belum ada kelompok Kristen disana

Juga surat roma paulus menasehati, membangun iman mereka dll padahal dia bilang tidak mau membangun diatas yang sudah didirikan orang lain. Kesan ane sidang roma didirikan paul

Masih banyak alasan lain, tapi saya belum ingat sepenuhnya

ya sama bro
anda juga bisa nulis sama aja
tapi kalo ngga ada buktinya ya bodong

yang saya copas itu ngga cuma omong doang btw
ini kan udah dari catatan sejarah
udah dari ensiklopedia yang netral
kesaksian dari Ireneus juga harusnya kita percaya karena itu murid Rasul Yohanes (kalo tak salah ingat)

kalo saya sih jelas sy percaya yang ada bukti sejarahnya daripada cuma omongan kosong belaka
opini tetap jadi opini bila ga ada bukti2 yang mendukungnya

dan kalo anda sudah membantah bukti2 yang ada dan hanya berpegang kepada opini belaka ya artinya emang anda sudah yakin diri anda pasti benar bro
ngapain diskusi kalo gitu
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)