Author Topic: eksisnya kaum Eseni diantara orang2 yg hidup di era Yesus, hoax ato bukan ?  (Read 2778 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 12, 2017, 11:04:08 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12238
    • fossil coral cantik
Kalo bukan hoax,
mungkin ada yang tau kenapa kok di Alkitab infonya nihil ya ?

Tidak adanya info kaum ini di Alkitab, jadinya menuntun ke pemikiran :
di pov penulis PB,
either kaum Eseni itu kaum dibuang oleh orang orang
or kaum Eseni emang deliberately diumpetin oleh penulis


:)
salam.
February 13, 2017, 08:21:19 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 621
  • percaya predestinasi tapi ga percaya siksaan kekal
  • Denominasi: Topik fav.: eskatologi, setanologi, creationism, conditional immortality
Kalo bukan hoax,
mungkin ada yang tau kenapa kok di Alkitab infonya nihil ya ?

Tidak adanya info kaum ini di Alkitab, jadinya menuntun ke pemikiran :
di pov penulis PB,
either kaum Eseni itu kaum dibuang oleh orang orang
or kaum Eseni emang deliberately diumpetin oleh penulis


:)
salam.
Bung Oda, apakah Eseni termasuk golongan Yahudi atau bangsa lain? Sy tidak tahu sama sekali dengan orang Eseni ini. Mohon petunjuknya, maklum masih awam  :D
Kita tdk membunuh, mencuri tapi: bohong, sombong/serakah, program/film/lagu bajakan, manipulasi gaji/pajak, nyontek, langgar janji/lampu merah, malas, tunda/curi waktu, berkata kasar, canda/benci/iri/marah keterlaluan, abaikan Firman, ortu, org sakit, org miskin, gosip/fitnah, cabul. Jgn menghakimi.
February 13, 2017, 03:24:16 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
February 14, 2017, 03:03:11 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12238
    • fossil coral cantik
Bung Oda, apakah Eseni termasuk golongan Yahudi atau bangsa lain?
Sepanjang yang saya baca info di internet, setau saya kayaknya kaum Eseni itu kebanyakan orang Yahudi, acid.

Namun saya rasa tidak menutup kemungkinan ada orang non-Yahudi yang masuk sebagai kaum Eseni.

Quote
Sy tidak tahu sama sekali dengan orang Eseni ini. Mohon petunjuknya, maklum masih awam  :D
Terus terang saya juga tadinya nggak tau sama sekali perihal orang Eseni ini, acid.

Pengetahuan mengenai Eseni saya dapet ketika saya "ngotot" bahwa Yesus menjalani Paskah (perjamuan terakhir) itu sehari sebelum Paskah yang umumnya sedang berlaku di kalangan Yahudi saat itu. Sewaktu saya "ngotot" itu, cuma berdasarkan logika2 saya sendiri - tanpa punya referensi (sumber tertulis lainnya). Baru blakangan saya ngubek2 internet akhirnya ketemu perihal Eseni yang dimana apa yang saya "ngotot"in itu sepertinya possible. Hehehe...  :char11:.

:)
salam.
February 14, 2017, 03:10:18 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12238
    • fossil coral cantik
Kaum Eseni, juga dikenal dg nama Jemaat Qumran, ada bahasannya di http://www.sarapanpagi.org/qumran-jemaat-qumran-vt7596.html#p35699
Dari baca baca internet, ada info yang berpendapat bhw [keterkaitan-nya Qumran dgn Eseni] = possible. Hal ini kata internet dikarenakan ada kemungkinan lainnya, yakni keterkaitan Qumran itu dengan Saduki, pak. Namun memang secara general, sampe saat ini kayaknya memang dipendapati bhw Qumran itu berketerkaitan dgn Eseni.

Cuma ya itu... pabila Eseni itu ternyata emang eksis, jadinya menimbulkan pertanyaan di benak saya "kok nggak ada info-nya di Alkitab, yah ?".

:)
salam.
April 20, 2017, 11:32:44 AM
Reply #5
April 20, 2017, 11:50:29 AM
Reply #6
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Krn mreka mengasingkan diri dan nggak keliaran sekitar Yerusalem.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
April 20, 2017, 10:54:13 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12238
    • fossil coral cantik
Krn mreka mengasingkan diri dan nggak keliaran sekitar Yerusalem.
Ya ... mungkin demikian.

Anyway, kalu siip dulu pernah sempet ngikutin thread "panas" saya, dimana sekian banyak lembar saya ngotot bahwa Yesus merayakan Paskah di hari yang berbeda dgn tradisi jatuhnya hari Paskah yg secara general berlaku saat itu TANPA saya bisa mengajukan sumber luar utk mendukung pendapat saya tsb. Di lembar-lembar terakhir, saya akhirnya menemukan dukungan atas pendapat saya tsb setelah pontang-panting ngegali info sana sini di internet  :char11:.
http://w2.vatican.va/content/benedict-xvi/en/homilies/2007/documents/hf_ben-xvi_hom_20070405_coena-domini.html

Nah... dukungan ini datangnya dari pihak Katolik DAN terkait dengan Qumran kalender dimana populasi Qumran ini adalah kaum Esseni. So, Yesus mengadakan Paskah memang sehari sebelum jatuhnya hari Paskah menurut tradisi umum saat itu karena mengikuti kalender kaum Esseni yang berbasis Solar (sementara Yahudi pada umumnya berbasis Lunar).

Apabila ijo itu bener, ya semakin kuat bertanya-tanya nya saya : "kok kaum ini ga ada sedikitpun diceritain di Alkitab yah ?"

Krn mreka mengasingkan diri dan nggak keliaran sekitar Yerusalem.
So... sekalipun taroh kata kaum Esseni itu kaum asing yang nggak keliaran sekitar Yerusalem, pada asumsi ijo itu bener - maka setidaknya tradisinya ada dijalankan oleh orang2nya disekitaran Yerusalem.

Sementara info dari http://www.jewishencyclopedia.com/articles/5867-essenes bilang bahwa [kaum Esseni inhabited many cities and villages of Judea]. Salah satu kota di area Judea adalah Yerusalem. Dengan demikian adalah possible disaat Yesus hidup, di Yerusalem ada orang2 Esseni selain orang2 Parisi dan Saduki.

:)
salam.
April 21, 2017, 08:59:55 AM
Reply #8
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Kl mnrt saya sih krn mreka eksklusif Bro.
Kl farisi dan saduki kan majority, mreka menjabat posisi strategis di Mahkamah Agama dan ahli-ahli Taurat.
Mrekalah yg dianggap (dan menganggap diri) pengajar dan penjaga iman Israel.

Makanya mreka yg paling sering bersinggungan dg Tuhan.

Mgkn saking eksklusifnya kaum Esseni ini, nggak sampai ada di antara mreka yg scr terbuka bersoal-jawab dg Kristus.
Krn mreka minority maka Kristus jg tidak mrasa perlu speak up ttg mreka.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
April 21, 2017, 01:08:38 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Kalo soal Yesus merayakan Paskah itu udah pasti sesuai dengan tradisi Yahudi bro

Yesus itu Yahudi asli
dididik secara Yahudi
istilahnya kalo Yesus hidup sekarang maka kita sebut dia agamanya Yahudi
ngga mungkin pake acuan paskah diluar Yahudi
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)