Author Topic: eksisnya kaum Eseni diantara orang2 yg hidup di era Yesus, hoax ato bukan ?  (Read 2496 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 27, 2017, 01:05:13 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12122
    • fossil coral cantik
Buat para pembaca yang kebetulan baca thread ini, supaya nggak tersesat - saya kasih ilustrasi mengenai TRADISI.

Alkisah di timbuktu ada sebuah tradisi yang mereka namakan tradisi POSKOH.
Seturut ancient kalender mereka, POSKOH itu jatoh di tgl X.
Dengan demikian, semua rakyat timbuktu mengadakan Poskoh di tgl X ---> Ini KEHARUSAN. Sesuai dgn tradisi yang ada dan pernah dilakukan nenek moyang Timbuktu.

Adapun keharusan2 yang lain adalah :
1. Di hari Poskoh setiap keluarga berkumpul makan bersama dan HARUS pd tgl X jam 7 malam.
2. Hidangan di acara makan bersama ini HARUS bekicot.
3. Bekicot ini ditangkep dan penangkepannya HARUS pada tgl X jam 4 sore.
4. Bekicot2 di persembahin dulu ke dewa dewi dan HARUS pada tgl X jam 5 sore.
5. Stiap keluarga nyanyi "balonku ada 7" rame2 dan ini HARUS pada tgl X jam 7 sore.
6. Setelah itu barulah sate bekicot boleh dimakan.

Tibalah tgl X.
Sesuai dgn keharusan tradisi Poskoh, maka sejak jam 4 sore semua rakyat beramai ramai nangkepin bekicot di got. Seru sekali acara nangkepin bekicot ramai2 tsb. Jam 5 sore mereka semua mempersembahkan tangkepan bekicot2 tsb ke para dewa dewi mereka, pulang ke rumah dgn membawa tangkepan bekicotnya masing2, selanjutnya disate lah bekicot2 tsb. Jam 7 malem, setiap keluarga di Timbuktu berkumpul, nyanyi "balonku ada 7", lalu makan sate bekicot tsb.

Event tsb telah terjadi berulang2 sejak jaman dahulu kala di setiap tgl X sesuai dgn tradisi dan kalender Timbuktu. Sampai disuatu ketika di tanggal X minus 1, ada satu kelompok warga Timbuktu - sebut saja kelompok A.

Kelompok A ini di tgl X minus 1, tepat jam 4 sore "sendirian" nangkepin bekicot.
"Sendirian" membersembahkan bekicot ke dewa-dewi jam 5 sore, masak bekicot, nggak lupa pula nyanyi "balonku ada 7", lalu makan rame2 sate bekicot jam 7 malem.

Tetangga heran ngliat ulah kelompok A, anyway kelompok A bilang "karena besok kami mao bunuh diri, makanya kami mengadakan Poskoh di tgl X minus 1".



Sekarang perhatikan penjelasan saya sbg observer. Sbb ....

di pov kelompok A ---> ya BETUL, mereka "pikir" mereka mengadakan Poskoh.
TAPI TIDAK di pov tradisi Timbuktu !

Di pov tradisi Timbuktu, kelompok A TIDAK MENGIKUTI ATURAN yang harus dijalankan.
Sekalipun kelompok A mlakukan event event dan jam jam-nya dengan "betul" TAPI tanggal-nya SALAH. So, apapun alesannya ... kelompok A tidak menjalani tradisi Poskoh sesuai dengan kalender Timbuktu. Karena yang sesuai dgn tradisi kalender Timbuktu, semua itu dilaksanakan HARUS di tanggal X.



Nah.... semoga tidak ada pembaca yang tersesat sehingga ngotot bilang : "kelompok A menjalankan tradisi Poskoh yang SESUAI dgn kalender Timbuktu"  :D :char11: :happy0025:. Kecuali rela untuk dikatakan sbg orang yg mempunyai logika mampet, jongkok, amburadol.

PEACE.
« Last Edit: April 27, 2017, 01:12:21 PM by odading »
April 27, 2017, 03:51:41 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
;D ;D ;D

NGGAK PENTING itu POV tradisi Timbuktu gimana

sama seperti saya NGGA PUSING POVmu gimana walaupun saya merayakan ultah sehari sebelumnya
yang jelas saya mau untuk merayakan ultah saya di hari H tapi TIDAK MEMUNGKINKAN makanya saya putuskan untuk merayakannya H-1, BUKAN SENGAJA, BUKAN MENENTANG, BUKAN UNTUK BIKIN TRADISI BARU "HEEEEEY GPP LOH NGERAYAIN ULTAH H-1"

setelah dijelasin begini masih ngga ngerti juga ya silahkan orang lain mau hujat gimana juga, bodo amat
lah wong gw ngerayain juga bersama 12 orang yang deket sama gw kok, istilahnye keluarga sendiri laaaaah

yang penting adalah dari orang yang merayakan itu NGGA SENGAJA untuk merayakan Paskoh di H-1 DENGAN TUJUAN UNTUK MERUSAK TRADISI ATAU TANGGAL YANG ADA

penjelasan ini semestinya bisa diterima....
kalau nggak juga
ya sudah biarkan orang itu tinggal dan mengikuti tradisi Timbuktu aja

;D ;D ;D
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
April 27, 2017, 04:33:56 PM
Reply #22
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Prematur kl mnyimpulkan Kristus mnyelenggarakan pjamuan paskah sesuai gaya Esseni hanya dg modal info bhw pjamuan terakhir diadakan h-1 paskah Yahudi.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
April 30, 2017, 03:20:14 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12122
    • fossil coral cantik
Prematur kl mnyimpulkan Kristus mnyelenggarakan pjamuan paskah sesuai gaya Esseni hanya dg modal info bhw pjamuan terakhir diadakan h-1 paskah Yahudi.
Buakn bold kesimpulannya, siip. Melainkan it's possible bold  :D.

So...
A. MUNGKIN di pov Yesus, DiriNya sama sekali emang tidak sedang mengadakan perjamuan Paskah. Melainkan sekedar acara "makan bersama".

B. MUNGKIN di pov Yesus, DiriNYa memang sedang mengadakan "Perjamuan Paskah" dgn tanda petik (spt versi siip / spt juga ilustrasi timbuktu ... karena beda satu hari dgn Perjamuan Paskah seturut tradisi Yahudi). So, kerabat Yesus motong domba sendiri (tidak bersamaan dgn para Yahudi lainnya) sbg korban persembahan - dimana domba tsb blakangan dimakan Yesus.

TAPI
C. TIDAK MUNGKIN di pov Yesus, Dirinya itu sedang mengadakan Perjamuan Paskah Yahudi. Karena Perjamuan Paskah yg sesuai dgn tradisi dan seturut kalender Yahudi saat itu adalah besokannya.

;D ;D ;D

NGGAK PENTING itu POV tradisi Timbuktu gimana
Well, kamu sendiri tereak bhw Yesus menjalankan Perjamuan Paskah sesuai dengan tradisi Yahudi dan kalender mereka.

Quote
sama seperti saya NGGA PUSING POVmu gimana walaupun saya merayakan ultah sehari sebelumnya
tradisi Yahudi Perjamuan Paskah nggak sama dengan merayakan ultah, hen.

Tradisi Perjamuan Paskah Yahudi itu EXACTLY seturut [kapan dan bagaimana] HARUS dijalankan.
[Kapan] is the first point - [Bagaimana] is the second point. So, walopun [Bagaimana]nya terpenuhi, seperti yang dilakukan kelompok-A di timbuktu tsb, however [Kapan]nya tidak terpenuhi.

[Yesus + kerabat2Nya] mempersembahkan korban domba dan memakan domba SEHARI SEBELUMnya.

Logika bisa memberikan pilihan yang berupa :
A. Di pov Yesus, DiriNya sama sekali TIDAK sedang mengadakan [Perjamuan Paskah] tradisi Yahudi.
Kerabat2Nya tidak ada melakukan persembahan korban domba bakaran.
Logika selanjutnya : tidak ada sate domba disaat makan bersama Yesus + murid2Nya tsb.

Ngotot point-A however ayat nulisnya :
Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"

Kalimat merah diayat atas sudah menegasi point-A.

Sisa pilihannya tinggal yang point-B. (idem dengan ilustrasi timbuktu).
Dengan demikian sikon point-B menuntun ke kesimpulan, sudah ada duluan beberapa kerabat Yesus yang sudah melakukan persembahan korban domba bakaran. So, Yesus dan murid2Nya tinggal terima beres. So, disini point [bagaimana] dari tradisi Yahudi terpenuhi - namun point [kapan] dari tradisi Yahudi tidak terpenuhi.

Quote
yang penting adalah dari orang yang merayakan itu NGGA SENGAJA untuk merayakan Paskoh di H-1
Baca itu ayat yang saya kopas diatas. Tak ulang aja deh : Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?".

Nggak keliatankah bhw dari kalimat murid tsb justru Yesus dengan sengaja mengabaikan tradisi Paskah Yahudi ? Bukankah asumsi dari pov keKristenannya, Yesus itu sendirilah domba yang dipersembahkan oleh para Yahudi sebagai Penebus ?


Sementara tradisi Yahudi itu sendiri saat itu sudah evolved....  Sementara ada ayat dimana mengisahkan Yesus ada pernah mengabaikan tradisi Yahudi .... Begimana pula ngotot [Yesus dewasa itu PATUH thdp tradisi Yahudi] ? Dengan argumen : [Yesus itu kan juga orang Yahudi asli].

Begimana jadinya ngotot :
KARENA Yesus itu Yahudi asli, MAKA TENTU Dia sepanjang hidupnya PATUH thdp tradisi Yahudi.

Kalo soal Yesus merayakan Paskah itu udah pasti sesuai dengan tradisi Yahudi bro

Yesus itu Yahudi asli
dididik secara Yahudi
istilahnya kalo Yesus hidup sekarang maka kita sebut dia agamanya Yahudi
ngga mungkin pake acuan paskah diluar Yahudi
"ngga mungkin pake acuan paskah diluar Yahudi".
Kenapa ngotot [nggak mungkin] sementara sudah jelas2 Perjamuan Paskah yg Yesus adakan DILUAR kalender dan tradisi Yahudi.

Coba henhen definisikan terkait [kapan dan bagaimana kronologi dan caranya] itu tradisi Perjamuan Paskah Yahudi saat itu
« Last Edit: April 30, 2017, 03:24:48 PM by odading »
May 01, 2017, 08:38:38 AM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
maaf sy udah ngga niat jawab Oda
buat saya jawaban sy udah sangat jelas
kalo ente ngga terima ya gpp
tapi pola pikir anda itu bener2 kek orang Farisi, pokoknya ngga sesuai ya ngga sesuai ngga peduli tu orang BISA ato NGGAK melakukannya

saya tegaskan lagi aja jawabanya saya untuk yang kedua kalinya
(dan ngga akan ada lagi berikutnya)

Well, kamu sendiri tereak bhw Yesus menjalankan Perjamuan Paskah sesuai dengan tradisi Yahudi dan kalender mereka.

ya emang, tahun2 sebelumnya mereka pasti melakukannya dengan demikian kok
yg saya ngga peduliin itu POVnya mereka bahwa mereka mencap Yesus ngga mau ikutin paskah sesuai tradisi mereka cuma gara2 Yesus tau Dia ga akan bisa melakukan hal itu karena mau mati

sama seperti saya sekarang ngga peduli POV kamu

tradisi Yahudi Perjamuan Paskah nggak sama dengan merayakan ultah, hen.

namanya juga ilustrasi
and sadar ngga sadar dibudaya kita ada loh tradisi "ngga boleh merayakan ultah sebelum hari H"
trus apakah saya harus peduli POV kamu yang bilang saya salah merayakan ultah sebelum hari H?

tapi ini bukannya lalu taon depan saya akan merayakan hari ultah saya di hari H-1 lagiiiii
kalo memang bisa ya pastinya saya rayakan di hari H

itu kalo kamu mau mikir
« Last Edit: May 01, 2017, 08:40:58 AM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 01, 2017, 11:56:32 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

Krn mreka mengasingkan diri dan nggak keliaran sekitar Yerusalem.


Reff: http://www.sarapanpagi.org/qumran-jemaat-qumran-eseni-vt7596.html#p50385

A. Eksistensi Jemaat Qumran/ Kaum Eseni

Dalam suatu bahasan tentang bukunya: "The Jewish Gospels: The Story of the Jewish Christ", Prof. Daniel Boyarin ditanya:

Apakah keberadaan Jemaat Qumran/ Kaum Eseni itu penting dalam Zaman Perjanjian Baru?
Jikalau penting, bagaimana mungkin nama "Qumran" maupun "Eseni" sama sekali tidak terdapat dalam naskah Perjanjian Baru?


Jawaban Prof Boyarin, menarik:

Walaupun nama mereka "Eseni/ Essenes/ Qum'ran" tidak disinggung di dalam Alkitab PB. Namun ciri-ciri kehidupan mereka dapat ditemukan di dalam Perjanjian Baru. Hal ini dapat dibandingkan dengan ciri-khas kehidupan mereka yang ditulis oleh sejarahwan Flavius Yosefus
Reff: http://www.biblicalarchaeology.org/daily/biblical-artifacts/dead-sea-scrolls/josephus-on-the-essenes/


Quote
The Jewish War, Book II, Chapter 8

(8.2)
119 For three forms of philosophy are pursued among the Judeans: the members of one are Pharisees, of another Sadducees, and the third [school], who certainly are reputed to cultivate seriousness, are called Essenes; although Judeans by ancestry, they are even more mutually affectionate than the others.
120 Whereas these men shun the pleasures as vice, they consider self-control and not succumbing to the passions virtue. And although there is among them a disdain for marriage, adopting the children of outsiders while they are still malleable enough for the lessons they regard them as family and instill in them their principles of character:
121 without doing away with marriage or the succession resulting from it, they nevertheless protect themselves from the wanton ways of women, having been persuaded that none of them preserves her faithfulness to one man.

(8.3)
122 Since [they are] despisers of wealth—their communal stock is astonishing—, one cannot find a person among them who has more in terms of possessions. For by a law, those coming into the school must yield up their funds to the order, with the result that in all [their ranks] neither the humiliation of poverty nor the superiority of wealth is detectable, but the assets of each one have been mixed in together, as if they were brothers, to create one fund for all.
123 They consider olive oil a stain, and should anyone be accidentally smeared with it he scrubs his body, for they make it a point of honor to remain hard and dry, and to wear white always. Hand-elected are the curators of the communal affairs, and indivisible are they, each and every one, [in pursuing] their functions to the advantage of all.

(8.4)
124 No one city is theirs, but they settle amply in each. And for those school-members who arrive from elsewhere, all that the community has is laid out for them in the same way as if they were their own things, and they go in and stay with those they have never even seen before as if they were the most intimate friends.
125 For this reason they make trips without carrying any baggage at all—though armed on account of the bandits. In each city a steward of the order appointed specially for the visitors is designated quartermaster for clothing and the other amenities. 126 Dress and also deportment of body: like children being educated with fear. They replace neither clothes nor footwear until the old set is ripped all over or worn through with age.
127 Among themselves, they neither shop for nor sell anything; but each one, after giving the things that he has to the one in need, takes in exchange anything useful that the other has. And even without this reciprocal giving, the transfer to them [of goods] from whomever they wish is unimpeded.
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
May 01, 2017, 11:59:49 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Quote
(8.5)
128 Toward the Deity, at least: pious observances uniquely [expressed]. Before the sun rises, they utter nothing of the mundane things, but only certain ancestral prayers to him, as if begging him to come up.
129 After these things, they are dismissed by the curators to the various crafts that they have each come to know, and after they have worked strenuously until the fifth hour they are again assembled in one area, where they belt on linen covers and wash their bodies in frigid water. After this purification they gather in a private hall, into which none of those who hold different views may enter: now pure themselves, they approach the dining room as if it were some [kind of] sanctuary.
130 After they have seated themselves in silence, the baker serves the loaves in order, whereas the cook serves each person one dish of one food.
131 The priest offers a prayer before the food, and it is forbidden to taste anything before the prayer; when he has had his breakfast he offers another concluding prayer. While starting and also while finishing, then, they honor God as the sponsor of life. At that, laying aside their clothes as if they were holy, they apply themselves to their labors again until evening.
132 They dine in a similar way: when they have returned, they sit down with the vistors, if any happen to be present with them, and neither yelling nor disorder pollutes the house at any time, but they yield conversation to one another in order.
133 And to those from outside, the silence of those inside appears as a kind of shiver-inducing mystery. The reason for this is their continuous sobriety and the rationing of food and drink among them—to the point of fullness.

(8.6)
134 As for other areas: although there is nothing that they do without the curators’ having ordered it, these two things are matters of personal prerogative among them: [rendering] assistance and mercy. For helping those who are worthy, whenever they might need it, and also extending food to those who are in want are indeed left up to the individual; but in the case of the relatives, such distribution is not allowed to be done without [permission from] the managers.
135 Of anger, just controllers; as for temper, able to contain it; of fidelity, masters; of peace, servants. And whereas everything spoken by them is more forceful than an oath, swearing itself they avoid, considering it worse than the false oath; for they declare to be already degraded one who is unworthy of belief without God.
136 They are extraordinarily keen about the compositions of the ancients, selecting especially those [oriented] toward the benefit of soul and body. On the basis of these and for the treatment of diseases, roots, apotropaic materials, and the special properties of stones are investigated.

(8.7)
137 To those who are eager for their school, the entry-way is not a direct one, but they prescribe a regimen for the person who remains outside for a year, giving him a little hatchet as well as the aforementioned waist-covering and white clothing.
138 Whenever he should give proof of his self-control during this period, he approaches nearer to the regimen and indeed shares in the purer waters for purification, though he is not yet received into the functions of communal life. For after this demonstration of endurance, the character is tested for two further years, and after he has thus been shown worthy he is reckoned into the group.
139 Before he may touch the communal food, however, he swears dreadful oaths to them: first, that he will observe piety toward the deity; then, that he will maintain just actions toward humanity; that he will harm no one, whether by his own deliberation or under order; that he will hate the unjust and contend together with the just;
140 that he will always maintain faithfulness to all, especially to those in control, for without God it does not fall to anyone to hold office, and that, should he hold office, he will never abuse his authority—outshining his subordinates, whether by dress or by some form of extravagant appearance;
141 always to love the truth and expose the liars; that he will keep his hands pure from theft and his soul from unholy gain; that he will neither conceal anything from the school-members nor disclose anything of theirs to others, even if one should apply force to the point of death.
142 In addition to these, he swears that he will impart the precepts to no one otherwise than as he received them, that he will keep away from banditry, and that he will preserve intact their school’s books and the names of the angels. With such oaths as these they completely secure those who join them.



Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
May 01, 2017, 12:01:06 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Quote

(8.8)
143 Those they have convicted of sufficiently serious errors they expel from the order. And the one who has been reckoned out often perishes by a most pitiable fate. For, constrained by the oaths and customs, he is unable to partake of food from others. Eating grass and in hunger, his body wastes away and perishes.
144 That is why they have actually shown mercy and taken back many in their final gasps, regarding as sufficient for their errors this ordeal to the point of death.


(8.9)
145 Now with respect to trials, [they are] just and extremely precise: they render judgment after having assembled no fewer than a hundred, and something that has been determined by them is non-negotiable. There is a great reverence among them for—next to God—the name of the lawgiver, and if anyone insults him he is punished by death.
146 They make it point of honor to submit to the elders and to a majority. So if ten were seated together, one person would not speak if the nine were unwilling.
147 They guard against spitting into [their] middles or to the right side and against applying themselves to labors on the seventh days, even more than all other Judeans: for not only do they prepare their own food one day before, so that they might not kindle a fire on that day, but they do not even dare to transport a container—or go to relieve themselves.
148 On the other days they dig a hole of a foot’s depth with a trowel—this is what that small hatchet given by them to the neophytes is for—and wrapping their cloak around them completely, so as not to outrage the rays of God, they relieve themselves into it [the hole].
149 After that, they haul back the excavated earth into the hole. (When they do this, they pick out for themselves the more deserted spots.) Even though the secretion of excrement is certainly a natural function, it is customary to wash themselves off after it as if they have become polluted.

(8.10)
150 They are divided into four classes, according to their duration in the training, and the later-joiners are so inferior to the earlier-joiners that if they should touch them, the latter wash themselves off as if they have mingled with a foreigner.
151 [They are] long-lived, most of them passing 100 years—as a result, it seems to me at least, of the simplicity of their regimen and their orderliness. Despisers of terrors, triumphing over agonies by their wills, considering death—if it arrives with glory—better than deathlessness.
152 The war against the Romans proved their souls in every way: during it, while being twisted and also bent, burned and also broken, and passing through all the torture-chamber instruments, with the aim that they might insult the lawgiver or eat something not customary, they did not put up with suffering either one: not once gratifying those who were tormenting [them], or crying.
153 But smiling in their agonies and making fun of those who were inflicting the tortures, they would cheerfully dismiss their souls, [knowing] that they would get them back again.



Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
May 01, 2017, 12:02:36 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Quote
(8.11)
154 For the view has become tenaciously held among them that whereas our bodies are perishable and their matter impermanent, our souls endure forever, deathless: they get entangled, having emanated from the most refined ether, as if drawn down by a certain charm into the prisons that are bodies.
155 But when they are released from the restraints of the flesh, as if freed from a long period of slavery, then they rejoice and are carried upwards in suspension. For the good, on the one hand, sharing the view of the sons of Greece they portray the lifestyle reserved beyond Oceanus and a place burdened by neither rain nor snow nor heat, but which a continually blowing mild west wind from Oceanus refreshes. For the base, on the other hand, they separate off a murky, stormy recess filled with unending retributions.
156 It was according to the same notion that the Greeks appear to me to have laid on the Islands of the Blessed for their most courageous men, whom they call heroes and demi-gods, and for the souls of the worthless the region of the impious in Hades, in which connection they tell tales about the punishments of certain men—Sisyphuses and Tantaluses, Ixions and Tityuses—establishing in the first place the [notion of] eternal souls and, on that basis, persuasion toward virtue and dissuasion from vice.
157 For the good become even better in the hope of a reward also after death, whereas the impulses of the bad are impeded by anxiety, as they expect that even if they escape detection while living, after their demise they will be subject to deathless retribution.
158 These matters, then, the Essenes theologize with respect to the soul, laying down an irresistible bait for those who have once tasted of their wisdom.

(8.12)
159 There are also among them those who profess to foretell what is to come, being thoroughly trained in holy books, various purifications, and concise sayings of prophets. Rarely if ever do they fail in their predictions.

(8.13)
160 There is also a different order of Essenes. Though agreeing with the others about regimen and customs and legal matters, it has separated in its opinion about marriage. For they hold that those who do not marry cut off the greatest part of life, the succession, and more: if all were to think the same way, the line would very quickly die out.
161 To be sure, testing the brides in a three-year interval, once they have been purified three times as a test of their being able to bear children, they take them in this manner; but they do not continue having intercourse with those who are pregnant, demonstrating that the need for marrying is not because of pleasure, but for children. Baths [are taken] by the women wrapping clothes around themselves, just as by the men in a waist-covering. Such are the customs of this order.


Selain dari kesaksian tulisan Flavius Yosefus, ada juga yang menurut kesaksian Philo dari Aleksandria. Maka, dapatlah dipastikan kegiatan mereka pada waktu di antara tahun 150 sebelum Masehi (di bawah pimpinan Yonatan dari Makabe) dan tahun 70 sM (perang Yahudi). Mereka hidup terutama di dekat En-Gedi, tidak jauh dari Laut mati. Hidup mereka menggunakan bentuk semacam persekutuan hidup biara. Mereka taat pada seorang pemimpin yang mereka pilih sendiri. Aliran mereka ini mempunyai mempunyai ciri yang khas karena hidup selibat, meninggalkan harta-milik maupun perdagangan, melakukan pertanian, mempertahankan perintah Sabat dengan keras, mengadakan pembersihan-pembersihan rituil, novisiat dan merahasiakan beberapa ajaran terhadap orang luaran. Aliran mereka ini menolak ibadah di Bait Allah di Yerusalem dan tidak melakukan persembahan kurban binatang. Jemaat Qumran mengasingkan  diri ke gurun, jauh dari pusat agama Yahudi, karena mereka bertentangan  dengan kalangan imam di Yerusalem, yang mereka anggap tidak sah dan sudah terkotori dengan dampur tangan keluarga Hasmonean, (reff: http://www.sarapanpagi.org/orang-hasmonean-vt3856.html#p21306http://www.sarapanpagi.org/israel-vt134.html#p279 ). Kelompok Eseni ini memisahkan diri dari ke-imamatan di Yerusalem karena menganggap keimaman di Yerusalem tidak murni lagi, dan mereka menginginkan keimaman dari garis Zadok.

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
May 01, 2017, 12:04:22 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Berkat naskah-naskah yang ditemukan, orang-orang mulai tahu tentang jemaat yang membangun "biaranya" di Qumran, juga dibicarakan oleh sejarahwan Yahudi Flavius Yosefus dan Philo dari Aleksandria, dan oleh penulis lainnya yaitu: Plinius. Jemaat itu menetap di Qumran sekitar tahun 75 sM hingga tahun 36 sM. Pada tahun 68 sM, tentara Roma mendekati dan mengepung Yerusalem.  Jemaat itu pun ikut berperang, dan mereka dimusnahkan oleh tentara  Roma. Pada waktu darurat itu, diperkirakan para anggota jemaat Eseni  menyembunyikan kitab-kitab sucinya di dalam gua-gua di sekitar Qumran,  yang ditemukan kembali pada tahun 1947.

Jemaat Qumran/ Jemaat Eseni adalah sebuah mazhab (kelompok sektarian) Yahudi dengan kecenderungan melakukan askese secara keras. Kata Eseni itu barangkali berasal dari bahasa Aram, yang berarti: "orang-orang saleh".

Jemaat di Qumran menyebut dirinya "Jemaat Perjanjian Baru (dan Kekal)". Anggota-anggota jemaat itu hidup bersama-sama dan sangat  sederhana, semua barang menjadi milik bersama. Sebagian (besar) di  antara mereka tidak menikah dengan motif eskatologis (akhir zaman) dan kemudian asketis (mengasingkan diri dari dunia luar). Seorang calon  yang mau masuk jemaat itu harus terlebih dulu melewati masa percobaan  selama tiga tahun. Jika berhasil, ia diizinkan menjadi anggota penuh  dengan mengangkat sumpah bahwa akan menepati Taurat Musa sesuai dengan  adat kebiasaan jemaat itu dan juga berpegang teguh pada ketertiban jemaat itu. Jemaat Qumran sangat teliti dalam melaksanakan Taurat Musa, bahkan lebih keras daripada kaum Farisi. Mereka sangat teliti dan saksama dalam hal najis dan tahir, haram dan halal, dan melakukan banyak pembasuhan sebelum beribadah. Mereka pun mempunyai tata ibadah sendiri, dan mereka tidak mempersembahkan kurban. Anggota-anggota  jemaat itu rajin dalam mempelajari Alkitab dan kitab-kitab saleh lain.


SEKELUMIT CONTOH EKSISTENSI JEMAAT ESENI DALAM PERJANJIAN BARU:

Dengan merujuk ciri-ciri komunitas Eseni yang disebutkan oleh Flavius Yosefus, kita dapat melihat bahwa ada kemungkinan ada hubungan/ latar belakang dari Yohanes Pembabtis dengan Jemaat Qumran/ Eseni meski kemudian tampaknya Yohanes Pembabtis "keluar" dari komunitas ini dengan melakukan pelayanan yang lebih terbuka (Note: Sebab Jemaat Eseni lebih tertutup pada komunitas mereka sendiri. Baca bahasan di http://www.sarapanpagi.org/suara-di-padang-gurun-jemaat-qumran-vs-yohanes-pembaptis-vt7601.html#p35784 ).

Komunitas Eseni, diantara mereka ada yang hidup berkeluarga, ada juga yang tidak menikah/ memilih sebagai Nazir Allah (Reff: The Jewish War, Book II, Chapter 8).  Yohanes Pembabtis-pun dirujuk sebagai seorang Nazir Allah yang tidak menikah, tetapi mendedikasikan kehidupannya untuk Kerajaan Allah. Ada eksistensi kelompok orang yang demikian, ada disinggung oleh Tuhan Yesus. Mari kita baca ayat ini:

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)