Author Topic: eksisnya kaum Eseni diantara orang2 yg hidup di era Yesus, hoax ato bukan ?  (Read 2517 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 01, 2017, 12:05:15 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
    * Markus 14:12-17
    14:12 Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid Yesus berkata kepada-Nya: "Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"

    14:13 LAI TB,  Lalu Ia menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kota; di sana kamu akan bertemu dengan seorang (ANTHRÔPOS ♂) yang membawa kendi berisi air. Ikutilah dia
    KJV,  And he sendeth forth two of his disciples, and saith unto them, Go ye into the city, and there shall meet you a man (ANTHRÔPOS ♂) bearing a pitcher of water: follow him.
    TR,  και αποστελλει δυο των μαθητων αυτου και λεγει αυτοις υπαγετε εις την πολιν και απαντησει υμιν ανθρωπος κεραμιον υδατος βασταζων ακολουθησατε αυτω
    Translit interlinear,  kai {dan} apostellei {Dia mengutus} duo {dua} tôn mathêtôn {dari murid} autou {-Nya} kai {dan} legei {Dia berkata} autois {kepada mereka} hupagete {pergilah} eis {ke} tên polin {kota itu} kai {dan} apantêsei {akan bertemu} humin {dengan kalian} anthrôpos {seorang laki-laki, noun - nominative singular masculine  ♂} keramion {kendi/ bejana keramik} hudatos {(berisi) air} bastazôn {ia sedang membawa, verb - present active participle - nominative singular masculine} akolouthêsate {ikutilah} autô {dia}

    14:14 LAI TB,  dan katakanlah kepada pemilik rumah yang dimasukinya: Pesan Guru: di manakah ruangan yang disediakan bagi-Ku untuk makan Paskah bersama-sama dengan murid-murid-Ku?
    KJV,  And wheresoever he shall go in, say ye to the goodman of the house, The Master saith, Where is the guestchamber, where I shall eat the passover with my disciples?
    TR,  και οπου εαν εισελθη ειπατε τω οικοδεσποτη οτι ο διδασκαλος λεγει που εστιν το καταλυμα οπου το πασχα μετα των μαθητων μου φαγω
    Translit interlinear,  kai {dan} hopou ean {kemana saja} eiselthê {ia masuk} eipate {katakanlah} tô oikodespotê {kepada tuan rumah, noun - dative singular masculine} hoti {bahwa} ho didaskalos {Sang Guru} legei {berkata} pou estin {di manakah} to kataluma {ruangan} hopou {yang} to paskha {bagi paskah} meta {bersama} tôn mathêtôn {murid2} mou {-Ku} phagô {Aku dapat (tempat) untuk makan, verb - second aorist active subjunctive - first person singular}

    14:15 LAI TB,  Lalu orang itu akan menunjukkan kamu sebuah ruangan atas yang besar, yang sudah lengkap dan tersedia. Di situlah kamu harus mempersiapkan perjamuan Paskah untuk kita!"
    KJV,  And he will shew you a large upper room furnished and prepared: there make ready for us.
    TR,  και αυτος υμιν δειξει ανωγεον μεγα εστρωμενον ετοιμον εκει ετοιμασατε ημιν
    Translit interlinear,  kai {lalu} autos {dia} humin {kepada kalian} deixei {dia akan menunjukkan, verb - future active indicative - third person singular} anôgeon {ruangan atas} mega {yang besar} estrômenon {yg lengkap dg perkakasnya} etoimon  {yg sudah siap} ekei {di sana} etoimasate {kamu menyiapkan, verb - aorist active middle - second person} hêmin {untuk kita}

    14:16 Maka berangkatlah kedua murid itu dan setibanya di kota, didapati mereka semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah.
    14:17 Setelah hari malam, datanglah Yesus bersama-sama dengan kedua belas murid itu.


    [/list]
    Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
    May 01, 2017, 12:05:41 PM
    Reply #31
    • FK - Hero
    • *****
    • Posts: 4778
    • Merdeka di dalam Kristus
      • SARAPANPAGI BIBLIKA
    Perhatikan Markus 14:13, Tuhan Yesus menyebutkan secara khusus seorang laki-laki (ανθρωπος - anthrôpos  ♂). Namun, ada yang tidak lazim di sini, sebab laki-laki itu sedang membawa "kendi air"! Di Israel kala itu, membawa kendi air adalah pekerjaan seorang wanita. Namun di sini dikatakan secara khusus oleh Tuhan Yesus "seorang laki-laki  ♂." Kita ingat tentang catatan kisah Tuhan Yesus dan Perempuan Samaria, bahwa membawa buli-buli air adalah pekerjaan perempuan. Demikian juga nama-nama seperti Ribka dan Rahel, mereka adalah para perempuan pembawa buli-buli air.

    Apakah artinya ini?

    Artinya adalah, bahwa Tuhan Yesus secara khusus merujuk kepada khas dari kaum Eseni (yang sebagian dari mereka hidup selibat, tidak menikah, sebagai Nazir Allah). Si laki-laki  ♂  itu tidak memiliki istri untuk membawa baginya buli-buli air. Dan orang ini adalah orang Eseni! Maka, dengan pengkajian ini kita dapat melihat eksistensi orang Eseni di dalam Perjanjian Baru (meski kata "Eseni" maupun "Qumran" tidak terdapat dalam text Perjanjian Baru Bahasa Asli).
    Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
    May 01, 2017, 12:58:19 PM
    Reply #32
    • FK - Hero
    • *****
    • Posts: 12136
      • fossil coral cantik
    Terimakasih pak sarpag atas penjelasannya.

    Buat member yang kebetulan ngebaca thread ini, berdasarkan post2 saya mengenai "paskah" dan "eseni", disini saya nggak sedang ngotot dengan membuat sebuah kesimpulan PASTI, bahwa [Perjamuan Paskah yang Yesus adakan itu ngikut kalender/tradisi Eseni].

    Melainkan,
    dengan mengetahuinya bahwa [eksisnya kaum Eseni dan seperti begimana kehidupan mereka] bukan hoax (walopun tidak tertulis di Alkitab), maka yang saya ajukan dengan ngotot adalah [ungu itu POSSIBLE]. Sekali lagi, [ungu posibilitas bukan kepastian].

    :)
    salam.
    « Last Edit: May 01, 2017, 01:01:23 PM by odading »
    May 01, 2017, 02:13:43 PM
    Reply #33
    • FK - Hero
    • *****
    • Posts: 12136
      • fossil coral cantik
    maaf sy udah ngga niat jawab Oda
    Demikian juga saya, para pembaca lain. Keliatan kok tidak ada niatnya itu sudah duluan saya tunjukan di ilustrasi timbuktu.  :D

    Quote
    buat saya jawaban sy udah sangat jelas
    Nope. Pembaca, justru jawaban si henhen itu tidak jelas.
    Kecuali henhen bisa mengajukan bahwa [kronologi Perjamuan Paskah yg Yesus adakan tsb] sesuai dgn aturan tradisi Yahudi mengenai Perjamuan Paskah, salah satunya misal makan Passover Lamb

    Si henhen nggak nyadar bahwa dia sendiri tidak bisa mengajukan sebuah kepastian apakah [Perjamuan Paskah yang Yesus adakan tsb, ada makan Passover Lamb].

    Dan statement sbb ini = TRUE.
    Seturut tradisi Yahudi, pada Perjamuan Paskah yang mereka adakan, mereka harus makan Passover Lamb, dimana domba itu sendiri harus telah sbg korban persembahan para Yahudi.

    Anyway si henhen membutakan perihal ijo, dengan manipulasi :
    Seturut tradisi Yahudi, Perjamuan Paskah TIDAK HARUS ijo.

    Selanjutnya dia melangkah ke kesimpulan berdasarkan manipulasi diatas :
    dengan demikian, Yesus mengadakan Perjamuan Paskah seturut tradisi Yahudi.
    Dimana alesannya dia berupa "karena tradisi Paskah Yahudi itu tidak harus ijo, maka ya Yesus boleh suka sukanya dia aja ngadain Perjamuan Paskahnya itu kayak begimana".

    Quote
    saya tegaskan lagi aja jawabanya saya untuk yang kedua kalinya
    (dan ngga akan ada lagi berikutnya)
    Nggak perlu. Pembaca yang pake otak pasti bisa nangkep logikanya bahwa Perjamuan Paskah yang Yesus adakan tsb tidak seturut kalender/tradisi Yahudi.

    Quote
    ya emang, tahun2 sebelumnya mereka pasti melakukannya dengan demikian kok
    Nah bisa diliat disini, pembaca. Si henhen lari lari  :D. Apa yang lagi dibicarakan dia lari in ke tahun tahun sebelumnya. Padahal yang lagi dibicarakan ada di spesifik event, yakni event Perjamuan Paskah yang terbaca di ayat terkait.

    Quote
    yg saya ngga peduliin itu POVnya mereka bahwa mereka mencap Yesus ngga mau ikutin paskah sesuai tradisi mereka
    Dengan demikian secara gak sadar, berdasarkan dari kalimat diatas - si henhen mengakui bhw Yesus memang tidak sedang menjalankan Perjamuan Paskah sesuai tradisi Yahudi.

    Quote
    namanya juga ilustrasi
    and sadar ngga sadar dibudaya kita ada loh tradisi "ngga boleh merayakan ultah sebelum hari H"
    Nah itu. Pembaca, di budaya Yahudi, ada loh tradisi mengadakan "Perjamuan Paskah sebelum hari H".

    Q : Dari mana biru bisa diketahui ?
    A: Ya dari info di internet.

    Q : oh ya ? Yahudi mana tuh yang ngadain Perjamuan Paskah sehari sebelum tgl X pada umumnya ?
    A : Yahudi Eseni

    Quote
    trus apakah saya harus peduli POV kamu yang bilang saya salah merayakan ultah sebelum hari H?
    Dari kalimat diatas, keliatan si henhen tidak membaca tulisan2 saya sebelumnya dgn seksama. Saya nggak sedang ngomongin perihal "Yesus perduli ato kagak". Melainkan saya sedang ngajuin perihal [tanggal Yesus mengadakan Perjamuan Paskah saat itu, sesuai dengan kalender/tradisi Yahudi ato kagak].

    Anyway, pengajuan dari si henhen berupa  :
    masa bodoh, mao sesuai dengan kalender/tradisi Yahudi kek - nggak kek. Saya/Yesus nggak perduli.

    Quote
    tapi ini bukannya lalu taon depan saya akan merayakan hari ultah saya di hari H-1 lagiiiii
    kalo memang bisa ya pastinya saya rayakan di hari H
    Lagi, si henhen tidak fokus. Ngalor ngidul. Saya nggak lagi ngomongin SEBELUM dan SETELAH nya itu [kapan Yesus ngadain Perjamuan Paskah ?]. Melainkan SPESIFIK, [Perjamuan Paskah yang Yesus adakan YANG spt terbaca di ayat terkait itu sesuai dgn kalender/tradisi Yahudi ato kagak].

    Post ini bukan ditujukan buat henhen, melainkan ke para pembaca lain agar tidak tersesat oleh logika yang lari lari.  :char11:
    May 02, 2017, 07:47:11 AM
    Reply #34
    • FK - Hero
    • *****
    • Posts: 9062
    • Gender: Male
    • You are free to choose
      • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
    • Denominasi: Pentakosta Karismatik
    ngga usah panjang2 jelasin Oda, sok bijak tapi benernya ngga bijak kok kalo diteliti
    ini udah jelas kok tulisanmu
    sy cuma tanggepin bahwa kesimpulan bold ijomu itu prematur

    Ya ... mungkin demikian.

    Anyway, kalu siip dulu pernah sempet ngikutin thread "panas" saya, dimana sekian banyak lembar saya ngotot bahwa Yesus merayakan Paskah di hari yang berbeda dgn tradisi jatuhnya hari Paskah yg secara general berlaku saat itu TANPA saya bisa mengajukan sumber luar utk mendukung pendapat saya tsb. Di lembar-lembar terakhir, saya akhirnya menemukan dukungan atas pendapat saya tsb setelah pontang-panting ngegali info sana sini di internet  :char11:.
    http://w2.vatican.va/content/benedict-xvi/en/homilies/2007/documents/hf_ben-xvi_hom_20070405_coena-domini.html

    Nah... dukungan ini datangnya dari pihak Katolik DAN terkait dengan Qumran kalender dimana populasi Qumran ini adalah kaum Esseni. So, Yesus mengadakan Paskah memang sehari sebelum jatuhnya hari Paskah menurut tradisi umum saat itu karena mengikuti kalender kaum Esseni yang berbasis Solar (sementara Yahudi pada umumnya berbasis Lunar).

    Apabila ijo itu bener, ya semakin kuat bertanya-tanya nya saya : "kok kaum ini ga ada sedikitpun diceritain di Alkitab yah ?"
     So... sekalipun taroh kata kaum Esseni itu kaum asing yang nggak keliaran sekitar Yerusalem, pada asumsi ijo itu bener - maka setidaknya tradisinya ada dijalankan oleh orang2nya disekitaran Yerusalem.

    Sementara info dari http://www.jewishencyclopedia.com/articles/5867-essenes bilang bahwa [kaum Esseni inhabited many cities and villages of Judea]. Salah satu kota di area Judea adalah Yerusalem. Dengan demikian adalah possible disaat Yesus hidup, di Yerusalem ada orang2 Esseni selain orang2 Parisi dan Saduki.

    :)
    salam.


    post ini hanya ditujukan untuk Oda aja, bukan yang lain
    saya mah kalo ngomong straight to the point ngga perlu ngalor ngidul kemana2

    ;D

    nah silahkan ambil kesimpulan sendiri siapa yang sesat logika kan terburu2 mengambil kesimpulan
    Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
    I have decided, to follow Jesus, no turning back
    http://berbagi-sharing.blogspot.com/
    Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
    May 02, 2017, 09:18:49 AM
    Reply #35
    • FK Friend
    • FK - Hero
    • ******
    • Posts: 6337
    • Mistery
    • Denominasi: Karismatik
    TAPI
    C. TIDAK MUNGKIN di pov Yesus, Dirinya itu sedang mengadakan Perjamuan Paskah Yahudi. Karena Perjamuan Paskah yg sesuai dgn tradisi dan seturut kalender Yahudi saat itu adalah besokannya.
     

    Ngga jg Bro,
    Kmungkinan itu masih ada.

    Ada pjelasan dual calendar, ya kira-kira sama spt di sini ramadhan umumnya ada 2 standar hari, ada yg versi Muhammadiyah, ada yg versi pemerintah.

    Ada jg pnafsiran bhw surat Yohanes bukan merujuk ke hidangan paskah mlainkan makanan yg dimakan pd minggu paskah.

    Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

    https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
    May 02, 2017, 09:54:23 AM
    Reply #36
    • FK - Hero
    • *****
    • Posts: 12136
      • fossil coral cantik
    sy cuma tanggepin bahwa kesimpulan bold ijomu itu prematur
    Baik itu Yesus mengadakan Paskah
    A. a'la tradisi/kalender Yahudi pada umumnya ataupun
    B. a'la Eseni
    dua duanya prematur.
    Tidak seorangpun tau.
    Anyway, dua duanya possible.

    GK memilih yang B.
    Saya pun cenderung berpendapat yang B.

    Kalu orang lain tereak :
    "yang pasti bener itu yang Aaaaaa ! B imposibelllll .... karena Yesus itu Yahudi asliiiiii..."

    Saya NGGAK tereak "B yang benerrrr !"  :D


    May 02, 2017, 09:59:13 AM
    Reply #37
    • FK - Hero
    • *****
    • Posts: 12136
      • fossil coral cantik
    Ngga jg Bro,
    Kmungkinan itu masih ada.

    Ada pjelasan dual calendar, ya kira-kira sama spt di sini ramadhan umumnya ada 2 standar hari, ada yg versi Muhammadiyah, ada yg versi pemerintah
    Nah itu siip maksud saya pada kalimat :
    C. TIDAK MUNGKIN di pov Yesus, Dirinya itu sedang mengadakan Perjamuan Paskah Yahudi ===> C. TIDAK MUNGKIN di pov Yesus, Dirinya itu sedang mengadakan Perjamuan Paskah Pemerintah:D

    Dua duanya sama sama orang indo, sama sama muslim, sama sama ngadain lebaran. TAPI :
    Yang satu (si A) ngadain lebaran a'la Muhamadiyah
    Yang satu lagi (si B) ngadain lebaran a'la Pemerintah.

    Sesuai tradisi Muhamadiyah - si A sembayang lebaran ke mesjid di H-1 nya lebaran Pemerintah.
    Q : Apakah di pov si A "diriku sedang berlebaran a'la Pemerintah" ?
    oda : tidak mungkin.

    :)
    salam.
    « Last Edit: May 02, 2017, 10:11:23 AM by odading »
    May 02, 2017, 10:09:39 AM
    Reply #38
    • FK - Hero
    • *****
    • Posts: 9062
    • Gender: Male
    • You are free to choose
      • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
    • Denominasi: Pentakosta Karismatik
    Baik itu Yesus mengadakan Paskah
    A. a'la tradisi/kalender Yahudi pada umumnya ataupun
    B. a'la Eseni
    dua duanya prematur.
    Tidak seorangpun tau.
    Anyway, dua duanya possible.

    GK memilih yang B.
    Saya pun cenderung berpendapat yang B.

    Kalu orang lain tereak :
    "yang pasti bener itu yang Aaaaaa ! B imposibelllll .... karena Yesus itu Yahudi asliiiiii..."

    Saya NGGAK tereak "B yang benerrrr !"  :D

    kagak ada itu posibilitas Yesus merayakan sesuatu diluar kalender Yahudi secara SADAR dan SENGAJA mau mengubah hari yang jelas2 udah tertulis di taurat

    saya bilang : Yesus PASTI mengikuti paskah kalender Yahudi
    ngga mungkin Dia merayakan paskah pake kalender diluar Yahudi

    kalopun Dia merayakannya ngga pas pasti ada sesuatu, ngga mungkin Dia sengaja merayakannya diluar itu dengan tujuan untuk mengubah hukum taurat
    Dia itu Yahudi asli, taat sama hukum taurat, ngga pernah ngelanggar taurat
    sedangkan paskah itu jelas tertulis di hukum taurat, jelas bulan keberapa, tanggal keberapa

    ini pandangan umum sudah

    sedangkan kesimpulanmu itu ngga ada dasarnya sama sekali
    cuma berdasarkan posibilitas only
    Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
    I have decided, to follow Jesus, no turning back
    http://berbagi-sharing.blogspot.com/
    Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
    May 02, 2017, 10:11:47 AM
    Reply #39
    • FK Friend
    • FK - Hero
    • ******
    • Posts: 6337
    • Mistery
    • Denominasi: Karismatik
    Bukan, mksdnya, ada alternatif pjelasan bhw pd masa itu berlaku 2 penanggalan paskah,
    Versi yg beredar luas di masyarakat adalah mrayakan makan paskah pd hari yg sama dg Kristus mrayakannya (sesuai 3 Injil sinoptik); smentara versi imam-imam adalah mrayakan paskah pd hari Kristus wafat (versi Yohanes).

    Kl alternatif lainnya adalah mmahami konteks tulisan Yohanes bhw para imam bukan sdg mnantikan makan paskah (mreka sudah makan paskah pd yg sama dg perjamuan terakhir), mlainkan mreka mnantikan makan hidangan lain yg jatuh pd minggu paskah.

    Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

    https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
     


    [X]
    Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

    Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

    Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)