Author Topic: eksisnya kaum Eseni diantara orang2 yg hidup di era Yesus, hoax ato bukan ?  (Read 2110 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 02, 2017, 12:41:24 PM
Reply #50
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8766
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Pertanyaanmu di quote atas, menunjukan bhw di povmu : info [eksisnya Eseni dgn tata cara hidupnya yang bla3x] TIDAK BENAR. Yang benar itu info yang ada di Alkitab.

ya iyalah
wong udah jelas tertulis di Alkitab kek begitu
yang ngerayain diluar itu ngaco udah

kok logic simple gini aja kamu panjang2in sih? konyol

ini sama aja kayak udah jelas tertulis proklamasi Indonesia itu 17 Agustus 1945
dokumennya ada, tanggalnya jelas
trus kamu ngotot mau ngerayain dihari lain
yang ngaco siapa coba?

mereka ada, mereka rayain paskah sendiri itu ngga ada hubungannya
walaupun mereka lakukan seperti itu tetep aja yang tertulis di Alkitab itulah yang Yahudi jalankan sampai sekarang, yang juga Yesus jalankan
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 02, 2017, 01:31:29 PM
Reply #51
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11987
    • fossil coral cantik
ini ngga penting
tata cara dan sebagainya walaupun ada pun mereka itu seperti yg sy bilang hanya sebagian kecil kaum aja
kalo mereka merayakan paskah diluar yang tertulis di taurat itu ya urusan mereka

makanya saya bilang itu kan kita aja tafsir2 saat ini bahwa saat itu ada 2 versi
apakah waktu tahun 0 itu beneran ada 2 versi? i doubt it
Dengan demikian artinya kamu tidak sependapat dengan info mengenai [keberadaan Eseni di jaman Yesus tsb].

Di pov mu, info itu either HOAX or meragukan.


Quote
sekarang gini aja dulu deh
andaikata itu kaum Eseni bener merayakan paskah beda dengan yang tertulis di PL
menurut kamu yang bener yang mana? yg tertulis di PL ato Eseni?
gitu aja dulu deh
Jangan kamu loncat ke perihal tata-cara.

Sbb ini dulu yg di urusin :
ANDAIKATA kaum Eseni eksis di jaman Yesus tsb - namun padahal TIDAK ADA Alkitab tulis bhw kaum Eseni eksis saat itu, yang bener yang mana ? Yang terbaca di Alkitab ? ataukah yang terbaca di info tsb ?

Quote
gimana gak dibawa2?
wong pendapatnya aja aneh, udah jelas2 tertulis itu paskah di hari berapa bulan berapa
trus masih ngotot ada 2 versi?
wah wah waaaaahhh... goblog kok di piara hen. BEBAL !

Nyampenya orang ke kesimpulan "di jaman Yesus itu ada dua versi PP" nggak ada hubungannya dengan ayat2 PL Alkitaaaaaaaaabbbbb.

Nyampenya orang ke kesimpulan "di jaman Yesus itu ada dua versi PP" adalah AKIBAT orang ybs sependapat dengan info yang dia baca at present time yang berupa [Eseni eksis dijaman Yesus + tata2 cara (PP dalam hal ini) mereka ].

LOGIKA BENER akibat kesependapatan orang ybs thdp ungu,
maka orang itu sendiri (orang yg berlogika bener yah, bukan berlogika bebal) PASTI akan nyampe ke kesimpulan "dengan demikian di jaman Yesus itu ada dua versi PP".

Laen cerita lagi pabila orang ybs ngebandingin dengan ayat2.
Membaca ayat2, di pov orang ybs "nggak ada tuh dikisahkan ada dua versi PP di jaman Yesus" dimana selanjutnya orang ybs berkeyakinan "dengan demikian hanya ada satu versi PP dijaman Yesus" ... maka otomatis ybs MENOLAK informasi tsb yang diperihal [tata cara PP Eseni].

Anyway, orang ini nggak konsisten.
Karena berangkat seperti oranye, maka orang ybs ---logika kekonsistenan-nya--- juga akan MENOLAK informasi [Eseni eksis di jaman Yesus]. Yakni dengan argumen "nggak ada tuh ayat2 mengisahkan bhw Eseni eksis di jaman Yesus".

bersambung
May 02, 2017, 01:31:36 PM
Reply #52
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11987
    • fossil coral cantik
Quote
masih pula ngotot Yesus ngikutin tradisi yang ngga sesuai tulisannya di Alkitab?
Masih juga ngotot [Eseni eksis di jaman Yesus] sementara padahal Alkitab tidak ada mengisahkannya ?

Quote
ya pertanyaannya simple aja : kalo ada 2 versi yang bener yang sesuai tertulis atau tidak?
jawab please
Kamu jawab dulu ini :

KALO [ada Eseni di jaman Yesus], yang bener sesuai dengan yang terbaca di Alkitab ato tidak ?
Logika kekonsistenan-nya : info [ada Eseni di jaman Yesus] itu TIDAK BENAR. Karena tidak ada di Alkitab.


Quote
eksis nggaknya Eseni dengan tata cara kehidupan mereka ngga ada hubunganya serius
Apalagi ini, segala "serius" dibawa bawa.

Quote
dari sini aja kan udah kliatan kesimpulanmu yang menyatakan Yesus mengikuti tradisi Eseni itu ngga berdasar
Goblog jangan di piara, hen. Lama lama nanti dirimu jadi berlogika iblis kayak member laen itu.  :D

Kesimpulan itu eksis karena adanya informasi at present time yakni [Eseni eksis di jaman Yesus + tradisi PP Eseni sehari sebelum tradisi PP Yahudi pada umumnya]

Saya sependapat/menerima info ungu.

Maka logika yang bener dengan saya menerima ungu, kesimpulannya adalah :
"dengan demikian di jaman Yesus itu, ada dua versi PP".

Itu dulu kronologikanya yang dilalui.
Dirimu melalui kronologika seperti diatas ato kagak ?

Selanjutnya saya detailkan lagi kesimpulan saya tsb, sbb :

di jaman Yesus hidup, dua versi PP tsb adalah :
1. PP a'la Eseni (yakni sehari sebelum PP a'la Yahudi)
2. PP a'la Yahudi (yakni sehari setelah PP a'la Eseni)

Dari informasi PL, PP yg Yesus adakan itu diadakan sehari sebelumnya PP a'la Yahudi.
Dengan demikian, PP yg Yesus adakan itu MUNGKIN seturut PP a'la Eseni.

Quote
dari sini aja kan udah kliatan kesimpulanmu yang MENYATAKAN Yesus mengikuti tradisi Eseni itu ngga berdasar
Goblog jangan di piara, hen.

Baca itu KESIMPULAN saya yang berupa kalimat merah.
Kesimpulan yang saya NYATAKAN adalah :  PP yg Yesus adakan itu MUNGKIN seturut PP a'la Eseni

SAYA TIDAK SEDANG MENYATAKAN : [Yesus mengikuti tradisi Eseni] tau hai bebal ? Ijo BUKAN Kesimpulan.

[PP yg Yesus adakan itu seturut PP a'la Eseni] adalah PILIHAN pribadi saya sendiri berdasarkan kesimpulan MUNGKIN tsb. Ngerti, bebal ?

« Last Edit: May 02, 2017, 02:04:19 PM by odading »
May 02, 2017, 01:49:16 PM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11987
    • fossil coral cantik
Pak Sarpag mengajukan logikanya.
Dalam hal ini belum sampai jauh terkait PP Yesus.

Tuhan Yesus menyebutkan secara khusus seorang laki-laki (ανθρωπος - anthrôpos  ♂).
Namun, ada yang tidak lazim di sini, sebab laki-laki itu sedang membawa "kendi air"!

Di Israel kala itu, membawa kendi air adalah pekerjaan seorang wanita. Namun di sini dikatakan secara khusus oleh Tuhan Yesus "seorang laki-laki  ♂." Kita ingat tentang catatan kisah Tuhan Yesus dan Perempuan Samaria, bahwa membawa buli-buli air adalah pekerjaan perempuan. Demikian juga nama-nama seperti Ribka dan Rahel, mereka adalah para perempuan pembawa buli-buli air.


Sampe diatas, pertanyaan yang timbul :
"kok laki laki di jaman tsb ada yang membawa kendi2 air ? sementara tradisi PADA UMUMNYA di jaman tsb, laki2 Yahudi tidak membawa kendi2 air, melainkan para wanita saja ?"

Tidak terjawab.
UNTIL, ada info mengenai [Eseni eksis di jaman Yesus + tata cara hidup mereka] ... yakni berupa :
kaum Eseni sebagian dari mereka hidup selibat, tidak menikah, sebagai Nazir Allah.
Si laki-laki  ♂  itu tidak memiliki istri untuk membawa baginya buli-buli air
So, laki laki Eseni ini sendiri yang membawa baginya buli2 air.


Nah, apabila info ungu diterima oleh pembaca - maka logika bener (bukan logika bebal) akan bisa nyampe ke KESIMPULAN : Laki2 pembawa buli2 air yg Yesus suruh muridnya temui itu POSSIBLE adalah orang Eseni.

Orang yang memilih [laki2 pembawa buli2 air yg Yesus suruh muridnya temui itu adalah orang Eseni] berdasarkan perihal POSIBILITAS diatas, ini adalah pilihan pribadi org ybs itu sendiri.

Begimana pula itu jadinya ada orang tereak "ijo tidak ada di Alkitab !!" ---- "KESIMPULAN ijo salah, yang bener adalah [laki2 pembawa buli2 air yg Yesus suruh muridnya temui itu BUKAN orang Eseni]" ? Sementara padahal kronologika yg dilalui orang yg tereak ini BERBEDA dgn kronologika yg dilalui orang yg nyampe ke kesimpulan merah dimana ijo itu BUKAN kesimpulan, melainkan pilihan berangkat dari kesimpulan merah ?

« Last Edit: May 02, 2017, 02:07:50 PM by odading »
May 02, 2017, 01:55:08 PM
Reply #54
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8766
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Astaganaga Odaaaaaaaa

gini ya kita reset dari awal

saya percaya ada Eseni? percaya walaupun ngga tertulis di Alkitab
sampe situ jelas? Jangan diplintir2 lagi saya ngga percaya Eseni ada karena ngga tertulis di Alkitab
saya ngga mendewakan Alkitab

kamu bilang Yesus ngikutin tradisi Eseni karena Dia merayakan paskah sehari sebelum
saya bilang itu ngaco Yesus pasti ngikutin yang tertulis di PL, Dia ngerayakan paskah H-1 karena emang ga bisa ngerayain hari H aja
sampe situ jelas?

kamu bilang kemungkinan dari info present bahwa paskah jaman itu ada 2 versi?
saya bilang WALAUPUN ada 2 versi yang bener yang mana? yang tertulis di PL ato bukan?
ini blom kamu jawab, so coba jawab please? jangan bisanya ngalor ngidul kemana2 tapi pertanyaan yang begini simplenya kamu ngga bisa jawab

udah jelas lom?

trus kamu masih ngotot Yesus ngerayain paskah menurut Eseni?
alasannya karena Yesus ngerayain H-1? sudah saya terangkan dengan ilustrasi ultah

masih lom jelas juga masa?
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 02, 2017, 03:08:18 PM
Reply #55
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11987
    • fossil coral cantik
Astaganaga Odaaaaaaaa

gini ya kita reset dari awal

saya percaya ada Eseni? percaya walaupun ngga tertulis di Alkitab
sampe situ jelas?
Jangan sepotong hen. Karena infonya itu berupa [Eseni eksis di jaman Yesus dan tata cara kehidupan mereka (dalam hal ini PP)]

Quote
Jangan diplintir2 lagi saya ngga percaya Eseni ada karena ngga tertulis di Alkitab
Pertanyaan-nya kamu juga percaya ato nggak thdp info [Eseni mengadakan PP sehari sebelum PP Yahudi pada umumnya].

Quote
kamu bilang [Yesus ngikutin tradisi Eseni] karena Dia merayakan paskah sehari sebelum
Ijo itu adalah pilihan ! ---> Pilihan eksis karena saya nyampe ke KESIMPULAN [PP Yesus MUNGKIN PP a'la Eseni] ---> Kesimpulan merah eksis, karena saya menerima info ungu !

Quote
saya bilang itu ngaco Yesus pasti ngikutin yang tertulis di PL
Kamu nggak akan bilang "ngaco" pilihan ijo saya APABILA kamu ngliat kronologika yang saya lalui. NGERTI ?

Ini kronologika yg saya lalui :
1. Mendapat info ungu
2. Menerima info ungu
3. Logika BENER menerima info ungu, mengakibatkan [di jaman Yesus ada dua versi PP]
4. Menyimpulkan merah berangkat dari nomor 3
5. Memilih ijo.

Quote
Dia ngerayakan paskah H-1 karena emang ga bisa ngerayain hari H aja
sampe situ jelas?
Yang kamu ajukan itu hanyalah berupa ungkapan keyakinan-mu saja sendiri.

[PP Yesus = PP Yahudi].
Cukup sampai disitu, saya abaikan dulu itu perihal tanggal.

Nah... sekarang saya kasih info : PP Yahudi itu
HARUS mengadakan ritual persembahan domba bakaran.
Domba ini lalu HARUS dimakan setelahnya.


Dirimu NGOTOT [PP Yesus = PP Yahudi].
Nah.... apakah kamu bisa ajukan informasi BAHWA :
A. Di PP Yesus itu, mereka makan sate domba
B. Domba ini bekas dipakai sebagai persembahan korban bakaran.

Saya nggak perlu nunggu jawabanmu.
Karena JELAS kamu tidak akan bisa ngajuin info yg berisi seperti A dan B diatas.

Nah... selanjutnya sekarang,
dirimu menerima ato kagak info oranye dari saya diatas ?

Pabila kamu terima DAN kamu tetep ngotot [PP Yesus = PP Yahudi] ---> maka ini adalah KEYAKINAN dirimu.
Kamu tidak memerlukan detail logika. informasi spt A dan B, di pov mu tidak diperlukan, karena berangkat dari keyakinanmu sendiri  [Yesus PASTI makan sate domba, dan domba ini PASTI bekas dipakai sebagai persembahan korban bakaran].

dimana giliran saya tanya :
kok elu bilang coklat itu PASTI ?

maka dirimu muter ke keyakinanmu itu sendiri....:
Karena [PP Yesus = PP Yahudi] itu PASTI, oda.



Quote
kamu bilang kemungkinan dari info present bahwa paskah jaman itu ada 2 versi?
Ini sudah BUKAN KEMUNGKINAN anymore di pov saya, melainkan LOGIKA YANG BENER diketika saya menerima info ungu, hen.

Yang KEMUNGKINAN itu adalah :
[PP Yesus MUNGKIN PP a'la Eseni]

Sepertinya kamu masih belon nangkep kronologikanya. Saya ulang :

1. ADA informasi ungu :
[Eseni mengadakan PP sehari sebelum PP Yahudi pada umumnya].

2. Saya menerima informasi ungu.

3. LOGIKA BENER, OTOMATIS nyampe ke pemikiran :
"dengan demikian di jaman Yesus ada dua versi tradisi PP".

4. MENYIMPULKAN :
[PP Yesus MUNGKIN PP Eseni]

5. MEMILIH :
[PP Yesus adalah PP Eseni]

bersambung
May 02, 2017, 03:08:35 PM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11987
    • fossil coral cantik
Quote
saya bilang WALAUPUN ada 2 versi yang bener yang mana? yang tertulis di PL ato bukan?
Kamu menerima info oranye saya ato kagak ? Info oranye setidaknya mewakili yang ditulis di PL terkait PP Yahudi.

Quote
ini blom kamu jawab, so coba jawab please?
Sudah saya jawab, namun kamu tidak nangkep2.
Saya jawab lagi secara laen :

Saya tidak mempunyai informasi A dan B.
Dengan demikian saya tidak bisa NGOTOT bhw [PP Yesus = PP Yahudi], karena PP Yahudi itu setidaknya oranye. HANYA APABILA saya punya informasi A dan B, maka informasi ini bisa saya pake sbg bukti kengototan saya bahwa [PP Yesus = PP Yahudi].

Anyway, secara logika laen lagi --- yang berupa :
Menjelang kematianNYA, Yesus itu sendiri adalah calon "domba persembahan". Dimana ritual persembahan ini AKAN di perform besokannya. Nah, berangkat dari argumen ini, nyampe ke pendapat : "di PP Yesus tidak ada sate domba. Tidak ada itu kerabat Yesus yg melakukan ritual persembahan korban bakaran sebelum makan2. Apalagi ada makan2 sate domba yg bekas dipakai untuk persembahan korban bakaran".

However, di pov-mu sepertinya tidak akan setuju thdp biru - karena keyakinanmu
1. PP Yahudi oranye.
2. PP Yesus = PP Yahudi.
3. Dengan demikian PP Yesus PASTI oranye, tidak mungkin PP Yesus biru.

Adalah BEBAL, apabila kronologika mu sendiri spt sbb :
1. PP Yahudi oranye.
2. PP Yesus biru.
3. Dengan demikian [PP Yesus = PP Yahudi].

Quote
jangan bisanya ngalor ngidul kemana2 tapi pertanyaan yang begini simplenya kamu ngga bisa jawab
logic logic logic. It's so simple. Silahkan baca itu paparan saya diatas.

Quote
trus kamu masih ngotot Yesus ngerayain paskah menurut Eseni?
1000 x saya tulis, 1000 x itu pula kamu tidak bisa mengerti. Disini BUKAN perihal PILIHAN nya saya. Melainkan LOGIC ! Perhatikan kronologika nya itu kayak begimana.

Quote
alasannya karena Yesus ngerayain H-1?
oda :
1. KARENA PP Yesus sehari sebelumnya PP Yahudi pada umumnya
2. KARENA saya tidak mempunyai informasi A dan B
3. KARENA berdasarkan info at present time [dijaman Yesus ada dua tradisi PP, dimana PP Eseni sehari sebelumnya]
4. KARENA saya menerima informasi di nomor-3

5. MAKA KESIMPULAN :
PP Yesus MUNGKIN PP Eseni.

oda pribadi MEMILIH :
PP Yesus adalah PP Eseni

X. Merah dan ijo TIDAK AKAN BISA EKSIS pabila sama sekali tidak ada info [eksisnya Eseni di jaman Yesus + PP a'la Eseni sehari sebelum PP Yahudi]. Merah dan ijo JUGA TIDAK AKAN BISA EKSIS walopun informasi ungu eksis TAPI saya TIDAK menerimanya.

Sekarang bandingkan dengan tereakan2 KEYAKINANmu.
Y. Tereakan2 keyakinanmu itu TIDAK MEMBUTUHKAN adanya informasi ungu !
Mao ada kek itu info ungu, nggak ada kek .... keyakinanmu sudah eksis duluan ---> [PP Yesus = PP Yahudi]. Kamu tidak memerlukan pemikiran. Kamu tidak memerlukan info A dan B itu eksis. Kamu tidak memerlukan "mengolah" pemikiran di perihal [Yesus itu sendiri adalah dombanya] sehingga kamu tidak akan nyampe ke biru.

Quote
masih lom jelas juga masa?
Silahkan diliat perbedaannya antara X dan Y, agar dirimu sendirilah yang bisa menjadi jelas.
« Last Edit: May 02, 2017, 03:25:35 PM by odading »
May 02, 2017, 03:32:34 PM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11987
    • fossil coral cantik
Pope Benedict JUGA memilih [PP Yesus adalah PP Eseni].
Pilihan dia ada latar belakangnya, yakni terkait "konflik" yang terbaca di kitab Yohanes.

Pope Benedict :
In the meantime, the discovery of the [Dead Sea] Scrolls at Qumran has led us to a POSSIBLE and convincing solution which, although it is not yet accepted by everyone, is a highly plausible hypothesis. We can now say that John's account is historically precise.


Untuk lebih jelasnya terkait hal ini, bagi yang kepingin tau, ini link-nya :
http://w2.vatican.va/content/benedict-xvi/en/homilies/2007/documents/hf_ben-xvi_hom_20070405_coena-domini.html

May 02, 2017, 04:23:25 PM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8766
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
lho kamu ini ngerti gak sih maksud saya?
ngga usah kemana2 sampe bawa2 pope segala

saya terima info kamu
sekarang saya tanya nih WALAPUN dijaman Yesus itu ada 2 hari paskah, yang benar yang sesuai Yahudi itu yang ditulis dalam PL bukan?

kamu jawab macam begini?

Saya tidak mempunyai informasi A dan B.
Dengan demikian saya tidak bisa NGOTOT bhw [PP Yesus = PP Yahudi], karena PP Yahudi itu setidaknya oranye. HANYA APABILA saya punya informasi A dan B, maka informasi ini bisa saya pake sbg bukti kengototan saya bahwa [PP Yesus = PP Yahudi].

Anyway, secara logika laen lagi --- yang berupa :
Menjelang kematianNYA, Yesus itu sendiri adalah calon "domba persembahan". Dimana ritual persembahan ini AKAN di perform besokannya. Nah, berangkat dari argumen ini, nyampe ke pendapat : "di PP Yesus tidak ada sate domba. Tidak ada itu kerabat Yesus yg melakukan ritual persembahan korban bakaran sebelum makan2. Apalagi ada makan2 sate domba yg bekas dipakai untuk persembahan korban bakaran".

However, di pov-mu sepertinya tidak akan setuju thdp biru - karena keyakinanmu
1. PP Yahudi oranye.
2. PP Yesus = PP Yahudi.
3. Dengan demikian PP Yesus PASTI oranye, tidak mungkin PP Yesus biru.

Adalah BEBAL, apabila kronologika mu sendiri spt sbb :
1. PP Yahudi oranye.
2. PP Yesus biru.
3. Dengan demikian [PP Yesus = PP Yahudi]

jujur aja saya ngga melihat ada jawaban atas pertanyaan saya disitu
bebal lah apa lah
ngga ada hubungannya
ngotot lah nggak lah
info A dan B apaan?
kalo gini caranya tar kamu dapet info A yang isinya "Yesus ngga bangkit dari kematian" juga kamu percaya dong?
kenapa ga skalian lu revisi aja tu Alkitab sehingga semua perdebatan ini pasti lu menangin?

mutar2 kek bajaj ngedrift tapi srius ngga ada isinya ;D ;D
pertanyaan saya simple kok

jadi sekali lagi nih :
WALAUPUN ada 2 hari paskah di jaman Yesus, yang bener itu yang tertulis di PL ato tidak?

ato kamu mau bilang nggak tahu, mungkin ngga ada yang bener ;D ;D ;D
jadi kesimpulannya PL itu belum tentu bener sodara sodaraaaaaaaaaa

kalo jawabanmu begini ya bilang dari awal dong
ngga usah sok2 panjang lebar
saya juga ngga mau ngeladenin orang yang meragukan kebenaran Alkitab
ini masih forumKristen man meskipun boardnya emg buat nonK

coba ulangi lagi jawab yang baik ngga usah panjang2
« Last Edit: May 02, 2017, 04:31:04 PM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
May 08, 2017, 12:54:30 PM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8766
  • Gender: Male
  • You are free to choose
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kbiasaan Oda :p

kalo udah ngga bisa jwab kabur :p :p :p

anggap sajalah dia bilang tanggal paskah di PL itu salah
jadi ngga perlu lagi diperpanjang
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)